Layanan Kesehatan di Indonesia

Layanan Kesehatan di Indonesia

Indonesia telah terbukti mengalami peningkatan yang signifikan dalam perawatan kesehatan dalam dekade terakhir. Namun, kebanyakan orang asing yang berkunjung dan tinggal di Indonesia percaya bahwa sisi buruk Indonesia terletak pada perawatan kesehatannya. Menemukan rumah sakit berperingkat global dan memadai di Indonesia dapat menjadi tantangan. Pasalnya, perawatan kesehatan di Indonesia secara umum belum memenuhi penilaian global untuk perawatan kesehatan.

Perawatan kesehatan di Indonesia secara tradisional terpecah menjadi dua bagian karena kesenjangan sosial yang sangat besar di antara warganya. Yakni berupa skema asuransi kesehatan swasta bagi mereka yang memiliki uang dan layanan kesehatan dasar negara untuk orang miskin, dengan banyak dukungan dari LSM di antaranya. Kendati demikian, tembok pembatas telah dirobohkan oleh pemerintah sejak mereka meluncurkan Jaminan Kesehatan Negara (JKN).

Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), merupakan skema asuransi kesehatan wajib. Tujuan dari kebijakan tersebut adalah untuk menyediakan fasilitas perawatan kesehatan dasar dan perawatan bagi semua warga negara. JKN menawarkan kesempatan kepada warga untuk menikmati berbagai fasilitas kesehatan publik serta beberapa layanan yang ditawarkan oleh organisasi swasta yang telah bergabung dalam skema JKN.

Namun visi JKN belum tentu bisa dibangun secara holistik. Fakta bahwa perawatan kesehatan premium yang ditanggung oleh pemerintah sangat rendah dan masuknya pasien yang sakit parah yang belum menerima obat dan perawatan melonjak. Oleh karena itu, sekeras apapun upaya pemerintah untuk mencakup semua warga negara, dengan fokus pada golongan bawah, pemerintah tetap tidak dapat memberikan perlindungan yang terbaik.

Alih-alih fokus memberi akses kepada warga, pemerintah juga harus memperhatikan seberapa besar layanan kesehatan di Indonesia ternyata belum cukup memadai untuk merawat pasien. Mereka kekurangan fasilitas, ruang, pelayanan, tenaga medis, dan lainnya. Penduduk lokal dan ekspatriat di pedesaan masih perlu melakukan perjalanan jauh ke kota-kota besar untuk mendapatkan pengobatan. Inilah inti dari perawatan kesehatan yang buruk di Indonesia.

Selain itu, rumah sakit di Indonesia secara teratur diberi peringkat berdasarkan layanan dan fasilitas akomodasinya. Akomodasi rumah sakit diklasifikasikan ke dalam beberapa tingkatan. Parameternya termasuk bangsal umum, kamar bersama, dan ruang VIP kualitas superior. Beberapa orang lebih memilih ruang VIP karena lebih privat, memiliki layanan yang lebih baik, kebersihan yang lebih baik, dan makanan. Rumah sakit besar cenderung memiliki perawatan medis yang lebih baik dibandingkan dengan rumah sakit kecil.

Ibukota, Jakarta, memiliki beberapa rumah sakit spesialis di mana kamu dapat memiliki akses ke fasilitas kesehatan yang tidak mudah ditemukan di bagian lain negeri ini. Oleh karena itu, banyak orang Indonesia yang datang ke Jakarta untuk mencari pengobatan dan fasilitas kesehatan yang lebih baik. Jumlah rumah sakit yang layak dan berstandar internasional di Indonesia hanya tersedia di kota-kota besar, khususnya Jakarta, Surabaya, dan Medan.

Layanan Kesehatan di Indonesia untuk Orang Asing

Sebagai orang asing di Indonesia, kamu dipersilakan untuk menggunakan rumah sakit umum atau swasta. Namun, kamu tidak berhak mendapatkan skema pemerintah seperti JKN di atas atau lainnya. Artinya, kunjungan dan check up di setiap rumah sakit di Indonesia akan ditanggung sendiri atau asuransi kamu di fasilitas kesehatan tertentu. Oleh karena itu, banyak orang asing di Indonesia yang mendapatkan asuransi pribadinya terlebih dahulu.

Sebagai aturan umum, Indonesia mewajibkan orang asing yang tinggal di negara tersebut untuk membeli rencana asuransi dari perusahaan asuransi yang sesuai dengan hukum Indonesia. Beberapa perusahaan asuransi yang beroperasi di Indonesia seperti AIA Financial, Prudential, AXA, dan Manulife. Beberapa karyawan ekspatriat bahkan mendapatkan asuransi kesehatan dari tempat kerjanya. Oleh karena itu, kamu harus menanyakan kepada atasan kamu untuk mengetahui apakah polis medis cukup untuk menutupi kebutuhan keluarga kamu dan diri kamu sendiri sebelum pindah ke negara ini untuk suatu proyek pekerjaan.

Oleh karena itu, memiliki asuransi kesehatan internasional menjadi suatu keharusan karena ekspatriat tidak termasuk dalam skema universal pelayanan kesehatan Indonesia. Asuransi kesehatan ini juga akan membantu kamu dalam memenuhi kebutuhan dan mendampingi kamu sepenuhnya melalui perawatan kesehatan Indonesia. Tidak hanya memastikan kenyamanan terbaik kamu, tetapi juga menutupi sebagian besar pengeluaran kamu untuk penggunaan kamu.

Kami menyarankan kamu untuk mencoba mencari International SOS atau Global Doctor terdekat segera setelah kamu tiba di Indonesia. Ini adalah dua institusi perawatan medis paling terkenal untuk ekspatriat. Kami berharap dengan menemukan klinik terdekat kamu sebelumnya, kamu akan tahu ke mana harus pergi jika kamu membutuhkan perawatan medis jika terjadi keadaan darurat. Lebih baik lagi, Global Doctor memberikan konsultasi telekonferensi dengan dokter di Australia. Pilihan lainnya adalah Rumah Sakit Medistra, yang memiliki banyak klinik dan juga dapat menawarkan layanan yang baik.

two masker stack into cross sign

Pelayanan Kesehatan Masyarakat di Indonesia

Meskipun pemerintah Indonesia telah meningkatkan akses perawatan kesehatan bagi masyarakat miskin, tetapi Indonesia masih kekurangan fasilitas kesehatan dan tenaga medis. Akibatnya, rumah sakit umum sering kali penuh, kekurangan dana, dan kekurangan staf. Tidak lupa waktu menunggu yang sangat lama. Sebagian besar kota di Indonesia belum memenuhi kriteria yang memadai. Fasilitas terbaik hanya akan ditemukan di dalam dan sekitar Jakarta.

Satu hal yang juga perlu diperhatikan adalah kelancaran bahasa Inggris di kalangan tenaga medis. Jadi, komunikasi di kebanyakan rumah sakit di Indonesia akan menjadi tantangan. Meskipun konsultasi sudah terjamin, tidak ada jaminan bahwa dokter atau perawat akan berbicara bahasa Inggris. Situasi ini membuat layanan kesehatan publik sulit diakses oleh sebagian besar ekspatriat di Indonesia. Kasus ini menjadikan alasan tambahan bagi kamu untuk memiliki asuransi kesehatan. Kamu dapat meminta bantuan mereka jika menemui kesulitan dalam berkomunikasi dengan pihak rumah sakit.

Selain itu, perlu diingat bahwa ekspatriat tidak berhak atas pertanggungan biaya yang didanai pemerintah berdasarkan skema asuransi kesehatan publik negara tersebut. Jadi, meskipun melakukan perawatan di rumah sakit umum, tetap akan membebani kamu.

Karena alasan ini, ekspatriat di Indonesia cenderung memilih layanan kesehatan swasta, yang relatif mahal tetapi menawarkan fasilitas dan cakupan yang jauh lebih baik.

Perawatan Kesehatan Swasta di Indonesia

Selain rumah sakit umum yang lusuh, kebanyakan rumah sakit swasta jauh lebih diperhatikan. Mulai dari layanan, ketersediaan kamar, tenaga medis, fasilitas canggih, dan lainnya. Namun, ini tidak datang dengan harga yang terjangkau. Khususnya rumah sakit swasta yang berada di tengah kota. Mereka cenderung membebani kamu dua hingga empat kali lebih banyak dibandingkan dengan rumah sakit umum.

Namun demikian, kami tidak dapat menjamin bahwa semua rumah sakit swasta telah memenuhi standar internasional dalam memberikan perawatan dan fasilitas terbaik. Fasilitas khusus mungkin agak terbatas dan mengharuskan pasien pergi ke luar negeri untuk mencari pengobatan. Dengan kata lain, untuk keadaan darurat medis dan prosedur pembedahan yang kompleks, evakuasi medis ke negara tetangga dengan staf dan peralatan yang lebih khusus mungkin diperlukan.

Pelayanan kesehatan swasta juga berarti kamu akan mendapatkan semua layanan dan fasilitas berkualitas. Kemungkinan besar kamu juga akan didampingi oleh staf terlatih yang dapat berbicara dalam bahasa Inggris. Itulah mengapa sebagian besar ekspatriat di Indonesia menemukan bahwa rumah sakit swasta adalah pilihan yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka.

healthcare: medicine and thermometer

Apotek dan obat-obatan

Apotek dapat dengan mudah ditemukan di pusat perbelanjaan besar yang tersebar di semua jalan di kota. Rantai apotek utama termasuk Century Healthcare, Guardian, Apotek Melawai, dan Kimia Farma. Meski demikian, ada banyak apotek yang bisa dijangkau dengan mudah di sekitar kamu selain nama yang sudah disebutkan. Apotek juga dapat ditemukan di sebagian besar rumah sakit dan klinik medis, meskipun kasus khusus seperti ekspatriat atau obat-obatan dengan simbol K yang dilingkari merah memerlukan resep dari dokter tertentu di satu tempat dan mereka tidak mengisi resep dari tempat lain.

Menemukan obat-obatan di Indonesia cukup mudah. Apotek terdapat di mal atau bahkan pasar tradisional, layanan mereka biasanya obat-obatan yang dijual bebas, mereka juga memiliki apoteker untuk membantu pelanggan dengan pertanyaan terkait obat. Jadi, sering ditanyakan tentang obat-obatan tertentu kepada apoteker. Perlu diingat, umumnya apoteker Indonesia hampir tidak bisa berbicara dan mengerti bahasa Inggris. Karenanya, kamu mungkin ingin menggunakan aplikasi penerjemah atau apa pun yang dapat membantu kamu.

Bahaya kesehatan

Orang asing, terutama yang bukan berasal dari Asia, harus ingat bahwa lingkungan Indonesia adalah tropis dan sangat jauh jaraknya. Biasanya, di luar negeri, air ledeng aman diminum dan mudah terlihat. Di Indonesia, kamu tidak boleh meminum air keran langsung dari sumbernya. Sebab, umumnya air keran Indonesia belum dibersihkan dan belum bisa diminum. Meskipun relatif aman untuk mandi di air tanpa filter, yang terbaik adalah menggunakan air murni atau air kemasan untuk memasak, menyikat gigi, dan minum.

Apalagi, kota metropolitan di Indonesia umumnya memiliki kualitas udara yang buruk. Karena banyaknya kendaraan dan lainnya, maka udaranya rawan polusi. Situasi ini bisa memperburuk sistem pernapasan kamu. Oleh karena itu, kami menyarankan kamu menggunakan masker setiap kali kamu bepergian di luar ruangan. Untuk persiapan yang lebih baik, kamu mungkin ingin berkonsultasi dengan dokter kamu tentang cara mengurangi efek kualitas udara yang buruk.

Hal lain yang perlu disesuaikan di Indonesia adalah iklim. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Indonesia adalah negara tropis. Artinya cuaca di Indonesia lembab dan rawan cuaca panas di sebagian besar tempat. Suhu sebenarnya di atas 31 derajat Celcius di banyak tempat. Beberapa ekspatriat mendapati diri mereka menderita sengatan matahari, sengatan panas, dan dehidrasi. Di daerah terpencil Indonesia, kamu harus selalu waspada terhadap terjangkit penyakit malaria. Jika tinggal di salah satu area ini, pengobatan antimalaria harus dilakukan bersamaan dengan tindakan praktis lainnya seperti menutupi kulit telanjang, menggunakan pengusir serangga, dan tidur di bawah kelambu.

emergency call ambulance

Kontak darurat

Untuk masalah darurat, kamu dapat menghubungi 118 untuk mendapatkan bantuan untuk perawatan medis apa pun. Namun demikian, jika kamu membutuhkan ambulans segera, kami sarankan kamu naik taksi dan pergi ke rumah sakit atau klinik terdekat. Karena kemacetan lalu lintas di sebagian besar kota di Indonesia merupakan masalah besar yang harus diatasi.

Jika dalam beberapa kasus kamu masih perlu naik ambulans, jangan lupa untuk menyimpan nomor layanan kesehatan terdekat dan terpercaya di sekitar kamu. Karena setiap klinik atau rumah sakit memiliki ambulansnya sendiri dan mengoperasikannya sendiri. Rincian ini biasanya dapat diperoleh dari penyedia asuransi kesehatan atau rumah sakit.

Pembatasan dan Vaksinasi Sebelum Perjalanan

Saat ini tidak ada vaksinasi yang diwajibkan oleh pemerintah. Tetapi kami menyarankan kamu untuk memperbarui vaksinasi tifus, polio, hepatitis A dan B. Namun, jika kamu datang dari negara yang terinfeksi demam kuning seperti Afrika atau Amerika Selatan, ekspatriat akan diminta menunjukkan sertifikat demam kuning mereka di imigrasi.

Selain itu, jika kamu memilih untuk membawa obat-obatan tertentu ke Indonesia, sebaiknya simpan di wadah aslinya. Juga, jika memungkinkan, simpan resep dokter kamu untuk menghindari masalah dari inspektur Bea Cukai Indonesia.

Avatar

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

10 Cafe Ubud dengan Suasana Nyaman dan Kopi Lezat!

10 Cafe Ubud dengan Suasana Nyaman dan Kopi Lezat!

8 Toko Organik di Bali untuk Membantu Anda Menjadi Lebih Sehat

8 Toko Organik di Bali untuk Membantu Anda Menjadi Lebih Sehat

Volunteer di Bali: Tips dan Rekomendasi Program

Volunteer di Bali: Tips dan Rekomendasi Program

6 Taman Kerajaan Bali, Destinasi Wisata Sejarah yang Eksotis

6 Taman Kerajaan Bali, Destinasi Wisata Sejarah yang Eksotis

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *