Panduan Berkeliling Kawasan Monas

Panduan Berkeliling Kawasan Monas

Monumen Nasional, atau Monas, adalah monumen nasional Indonesia. Ini adalah menara setinggi 132 meter yang diatapi oleh api berlapis emas yang dibuka pada tahun 1975 oleh Presiden Soekarno. Monas adalah salah satu tujuan wisata paling populer di Jakarta. Warga Indonesia bahkan turis mancanegara pun telah mencap Monas sebagai destinasi yang wajib dikunjungi saat kamu berkunjung ke Jakarta. Banyak orang yang tidak tahu tentang ini, tetapi di puncak Monas bisa dikunjungi oleh para wisatawan. Kamu bisa naik ke puncak monumen dan melihat kota Jakarta secara keseluruhan. Ini adalah tujuan liburan yang sempurna untuk dikunjungi bersama orang yang kamu cintai. Mungkin kamu termasuk orang yang belum pernah ke Monas meski tinggal di Jakarta. Jadi untuk memudahkan perjalanan kamu, kami telah membuatkan panduan ke Monas untuk kamu!

Jam buka

This image has an empty alt attribute; its file name is 5c6a303962859189bd0eb394c349729c-1.jpg

Salah satu hal terpenting ketika kamu mengunjungi Monas adalah mengetahui kapan Monas buka. Monumen Nasional tutup pada hari Senin dan buka dari Selasa hingga Minggu. Jika hari libur nasional jatuh pada hari Senin, maka terbuka untuk umum. Ada dua sesi untuk masuk ke dalam monumen. Sesi pertama pukul 08.00-16.00 dan sesi kedua pukul 19.00-22.00. Pukul 16.00-18.00 operasional monumen ditutup sementara untuk mendinginkan elevator.

Harga tiket

Hal penting lainnya adalah harga tiket masuk monumen. Ada dua jenis harga tiket di Monas. Salah satunya adalah tiket masuk Monas dan yang lainnya adalah tiket masuk puncak Monas. Kamu harus membeli kedua tiket tersebut jika ingin mengunjungi puncak monumen. Harga tiket masuk tugu adalah Rp 5.000,00 untuk dewasa, Rp 3.000,00 untuk mahasiswa, dan Rp 2.000,00 untuk anak-anak dan pelajar. Sedangkan harga tiket masuk puncak adalah Rp 15.000,00 untuk dewasa, Rp 8.000,00 untuk mahasiswa, dan Rp 4.000,00 untuk anak-anak dan pelajar.

Memilih waktu yang tepat

Memilih waktu yang tepat untuk mengunjungi Monas sangat penting untuk memastikan kamu akan bersenang-senang di sana. Sebaiknya pilih waktu berkunjung selain pada hari libur nasional atau sekolah, karena Monas akan sangat ramai dikunjungi oleh rombongan wisata yang bisa mencapai hampir 5.000 pengunjung. Kamu harus mengunjungi monumen lebih awal pada pagi hari karena tempat itu akan diisi mulai pukul 12.00.

Menemukan tempat parkir

Mencari tempat parkir saat berkunjung di Monas mungkin sulit karena banyak pengunjung. Biasanya, kamu dapat memarkir kendaraan tepat di bawah tugu, tetapi peraturan tersebut berubah karena membuat tugu ramai. Kini kamu dapat memarkir kendaraan kamu di tempat parkir yang terletak di Jalan Merdeka Selatan. Kami menyarankan mencari tempat parkir di area barat karena pintu masuk pengunjung terletak di sana. Ongkos parkir sekitar Rp 2.000,00 per jam dan kamu bisa memberi ongkos parkir dalam tempo Rp 1.000,00.

Menemukan loket tiket

Kamu dapat membeli tiket kamu di loket tiket Monas. Loket tiket Monas berada di dekat Halte Tugu Monas yang terletak di utara kawasan. Pintu masuk pengunjung terbagi menjadi dua, jalur bawah tanah dan pintu sisi timur. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi jam sibuk pengunjung yang datang.

Pengecekan antrian menuju puncak

Setelah membeli tiket dari loket, sebaiknya segera cek antrian menuju puncak monumen. Jika antriannya tidak terlalu lama, sebaiknya kamu segera ke atas karena nanti akan ramai. Jika antrian terlalu panjang, kamu bisa mengunjungi tempat lain terlebih dahulu sambil menunggu antrian berkurang. Jangan terlalu lama jika kamu mengunjungi tempat lain karena kuota untuk pendakian dibatasi 2.600 tiket sehari.

Tidak perlu membawa makanan atau minuman dari rumah

Orang cenderung membawa bekal karena menganggap makanan yang dijual di Monas mahal. Namun kamu tidak perlu khawatir dengan makanan atau minuman saat berkunjung ke Monas. Mereka memiliki kantin dengan makanan enak dengan harga terjangkau. Ada juga banyak warung makan di sekitar Monas. Di sini kamu bisa mencoba berbagai kuliner lokal yang nikmat bersama orang tercinta!

Beli oleh-oleh

Ada toko suvenir di seluruh monumen yang dijual oleh pedagang kaki lima dan pedagang kaki lima. Jika kamu ingin membeli beberapa kenang-kenangan untuk orang yang kamu cintai di rumah, kamu dapat menemukan vendor ini dengan mudah. Harga oleh-olehnya relatif murah sehingga bisa membeli banyak barang. Para pedagang biasanya menjual barang-barang seperti gantungan kunci Monas dan magnet kulkas.

Naik kereta wisata gratis

Kamu mungkin akan sedikit lelah setelah berjalan berjam-jam sambil menjelajahi Monas. Jangan khawatir, kamu bisa naik kereta api yang menuju ke tempat parkir dan food court. Dan keretanya gratis, jadi kamu tidak perlu membayar untuk menaikinya.

Saksikan pertunjukan air di malam hari

Objek wisata ini terbuka untuk umum setiap hari Sabtu dan Minggu tanpa dipungut biaya. Pertunjukan mereka biasanya dilakukan dalam 2 sesi setiap hari. Durasi tiap sesi dimainkan kurang lebih 30 menit, dengan sesi pertama dimulai pukul 19.30 dan sesi kedua pukul 20.30. Beberapa lagu tradisional akan dimainkan mengiringi pertunjukan air mancur. Addie MS, musisi legendaris Indonesia, bertanggung jawab mengaransemen lagu. Air mancur ini juga dilengkapi dengan lampu dan laser warna-warni yang membuat objek wisata ini sangat indah.

Jangan lupa berfoto

Ada satu kesamaan yang pasti ingin dilakukan setiap orang saat berkunjung ke Monas, yaitu berfoto! Jangan lupa membawa kamera dan mengambil beberapa foto saat kamu berada di sana. Seluruh tempat ini dipenuhi spot-spot yang Instagramable seperti puncak monumen. Kamu dapat mempostingnya ke semua platform media sosial kamu untuk mengabadikan pengalaman kamu.

Jadi itulah panduan kamu ke Monas! Semoga panduan ini dapat membantu kamu dalam kunjungan kamu ke Monas di masa mendatang.

Avatar

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

Panduan Lengkap Jual-Beli Mobil di Jakarta

Panduan Lengkap Jual-Beli Mobil di Jakarta

11 Wisata Museum Terbaik di Jakarta

11 Wisata Museum Terbaik di Jakarta

Nikmati 10 Tempat Live Music Terbaik di Jakarta

Nikmati 10 Tempat Live Music Terbaik di Jakarta

Provider Kartu SIM di Indonesia

Provider Kartu SIM di Indonesia

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *