Panduan Musik Khas Indonesia

Panduan Musik Khas Indonesia

Seperti halnya kebanyakan negara, Indonesia juga memiliki produk dalam hal musik. Genre musiknya pun unik yaitu dangdut! Ini adalah genre musik yang disukai banyak orang untuk diajak bernyanyi, dari orang tua atau bahkan anak muda! Jadi, untuk membantu kamu memahami beberapa dasar-dasar dangdut, berikut beberapa fakta singkat tentang dangdut untuk membantu kamu.

Apa itu Dangdut?

Dangdut merupakan salah satu genre musik unik di Indonesia yang mengambil bentuk sebagai musik lokal yang lebih ‘danceable’. Musik mulai berkembang selama tahun 1940-an dan secara bertahap menelan pendengar secara nasional hingga puncaknya pada tahun 1990-an. Meskipun orang dapat mengatakan bahwa ini adalah salah satu bentuk musik Melayu, dangdut memiliki banyak ciri khas. Salah satunya dari penggunaan alat musik tabla, yaitu alat musik perkusi yang membuat nada dangdut menjadi unik.

Banyak orang akan menganggap lagu mereka asik dan sangat ringan untuk dinyanyikan dan menari bersama teman. Tema lagu dangdut biasanya berfokus pada hal-hal seperti cinta, patah hati, serta kekhawatiran dan kekhawatiran sehari-hari. Genre ini memadukan unsur-unsur musik Melayu, India, Arab, dan bahkan Barat dengan mulus sehingga membuat Dangdut seperti apa adanya. Dangdut pada akhirnya bertahan dalam ujian waktu di Indonesia karena tema-temanya yang universal. Hal ini membuatnya sering disebut sebagai ‘musik rakyat’.

Artis & Lagu Terkemuka

1. Rhoma Irama

This image has an empty alt attribute; its file name is rhoma.jpg

Sejauh ini, Rhoma Irama adalah nama yang sayang untuk dilewatkan bila kamu adalah penggemar dangdut sejati. Orang-orang melihatnya sebagai raja dangdut dan telah memegang gelar tersebut seiring perkembangan dangdut di Indonesia. Dia terkenal karena menghasilkan lagu dengan Soneta Group-nya yang hampir setenar nama solonya. Rhoma Irama terkenal sering mengganti gitarnya saat tampil di waktu yang berbeda tetapi lebih memilih hanya menggunakan tiga merek. Merek gitar tersebut adalah Fender, Rickenbacker, dan Steinberger. Lagunya yang paling terkenal sejauh ini adalah Begadang yang menampilkan lirik agar pendengarnya berhati-hati saat beraktivitas di malam hari.

2. Iis Dahlia

This image has an empty alt attribute; its file name is dah.png

Nama akrab lainnya di Dangdut, Iis Dahlia merupakan salah satu artis dangdut dengan biaya paling mahal saat tampil. Ia cukup dikenal publik Indonesia karena kemewahan dan kemewahannya dalam tampil dan tampil di depan umum. Beberapa lagunya yang paling terkenal termasuk klasik seperti Tamu Tak Diundang, Payung Hitam, Cinta Bukanlah Kapal, dan Saroja. Ia juga cukup aktif berperan dalam sinetron atau Sinetron Indonesia yang dibintangi oleh puluhan orang. Judul sinetron yang dibintanginya antara lain Gara-gara, Seroja, The Lajang, 3 Orang Perempuan, PadaMu Aku Bersimpuh, dan Mata Hati.

3. Inul Daratista

This image has an empty alt attribute; its file name is inul-1.jpg

Nama yang terkenal dan kontroversial di kancah dangdut, Inul Daratista memadukan keceriaan dangdut dengan tarian ekspresifnya. Salah satu lagunya yang lebih terkenal sejauh ini adalah Goyang Inul. Dia terlibat dalam debat dengan Rhoma Irama ketika dia memperkenalkan Goyang Ngebor eksplisitnya ke publik Indonesia. Rhoma Irama yang condong ke konservatisme Islam menyerukan untuk melarang pertunjukan Inul di televisi Indonesia untuk melestarikan nilai-nilai tradisional. Terlepas dari perselisihan itu, Inul terus menjadi bintang dan merupakan salah satu selebriti terpopuler di Indonesia. Ia bahkan membuka jaringan Karaoke bernama Inul Vizta di beberapa kota besar di Indonesia.

4. Caca Handika

This image has an empty alt attribute; its file name is caca.jpg

Salah satu yang kerap menjadi kolaborator Rhoma Irama, Caca Handika tak hanya dikenal di kancah hiburan musik dangdut. Beberapa lagunya yang paling terkenal adalah Undangan Palsu, Mandi Kembang, dan Bakar Kemenyan yang sukses hits di Indonesia. Ia juga dikenal di banyak acara TV seperti Yuk Keep Smile hingga 2014 dan Kampung Dangdut pada 2006. Kampung Dangdut adalah sinetron musik yang menampilkan Handika sebagai saudara dari karakter Rhoma Irama. Selain itu, ia pernah menjadi desainer motif batik dan pelatih vokal dalam ajang pencarian bakat dangdut D’Academy Celebrity.

Baca juga: Panduan Mendapatkan Surat Izin Mengemudi (SIM) untuk Orang Asing

Karya Modern Dangdut

1. Project Pop

This image has an empty alt attribute; its file name is pp-1024x582.jpg

Dari lagunya yang bertajuk Dangdut Musik Negeriku, band ini mengingatkan akan pentingnya Dangdut secara nasional. Meski bukan band eksklusif penghasil dangdut, Project Pop berhasil mengangkat kembali esensi tersebut. Lagu mereka membangkitkan dan merayakan ‘tarian’ dan kegembiraan dalam dangdut sebagai bagian dari ekspresi budaya Indonesia. Komedi keseluruhan mereka saat memproduksi lagu juga membantu menghidupkan kembali kegembiraan genre untuk dikonsumsi anak-anak. Lagu tersebut menjadi hit terkenal pada tahun 2003, bisa dibilang bertepatan dengan munculnya banyak penyanyi dangdut baru.

2. Ayu Ting Ting

This image has an empty alt attribute; its file name is ayu.png

Nama yang relatif baru di kancah Dangdut, Ayu Ting Ting berhasil merebut pasar dengan cepat setelah membuktikan keahliannya di genre tersebut. Dua lagunya yang menjadi hits adalah Geol Ajep Ajep dan Alamat Palsu yang memberinya pengakuan nasional. Alamat Palsu pernah menjadi salah satu lagu yang paling sering kamu dengarkan di Indonesia.

Siapa yang mendengarkan dangdut?

Jika kamu memikirkan pasar dangdut, kebanyakan didedikasikan untuk orang tua Indonesia. Genre ini sering dinyanyikan di pedesaan Indonesia, sehingga menjadi terkenal di sana. Saat ini, semakin banyak anak muda Indonesia mendengarkan mereka karena pesan mereka yang mudah dan ‘kemampuan menari’. Beberapa orang bahkan mungkin melihat Dangdut sebagai kesenangan yang bersalah karena sering kali bertema erotis dan lirik yang santai. Tapi secara keseluruhan, banyak orang Indonesia yang masih menikmatinya dari waktu ke waktu, apalagi dangdut ditampilkan di siaran langsung televisi Indonesia.

Itu dia, hal-hal penting yang perlu kamu ketahui tentang dangdut. Cobalah untuk mendengarkannya! Dangdut adalah genre ‘danceable’ ketika kamu membiarkan lagu dan lirik mengalir melalui telinga kamu. Ini juga merupakan lagu yang bagus untuk membuat ice breaking dengan banyak orang, dan sering kali dengan rekan kerja. Jadi tunggu apa lagi? Cari di YouTube atau bahkan Spotify dan mulailah menari, atau lebih khusus lagi, goyanganmu!

Avatar

Hello Flokq

Related Posts

Salon Mobil Jakarta

Salon Mobil Jakarta

Sepatu Lokal Indonesia

Sepatu Lokal Indonesia

5 Tempat Bowling di Jakarta dan Sekitarnya untuk Ide Kegiatan Weekend

5 Tempat Bowling di Jakarta dan Sekitarnya untuk Ide Kegiatan Weekend

Rokok Elektrik Pod: Praktis dan Mudah Dibawa!

Rokok Elektrik Pod: Praktis dan Mudah Dibawa!

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *