Pasar Bunga Rawa Belong, Jakarta

Pasar Bunga Rawa Belong, Jakarta

Jakarta Barat terkenal dengan kawasan perkantorannya setelah Jakarta Pusat. Selain sebagai kawasan perkantoran, Jakarta Barat juga terkenal dengan tempat wisata sejarahnya, salah satunya Pasar Bunga Rawa Belong. Pasar ini tidak hanya tempat untuk membeli bunga, tetapi juga diyakini memiliki sejarah dengan ‘Si Pitung’, pahlawan dari Betawi. Rawa Belong juga telah terkenal sebagai penghasil anggrek dan terus dikembangkan sebagai tempat wisata sekaligus pusat penjualan berbagai jenis bunga.

Terletak di Jl. Sulaiman No.56, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, pasar ini merupakan pasar bunga terbesar yang berada di Asia Tenggara. Toko bunga di pasar ini bisa menjangkau hingga 400 orang, mereka langsung menyelaraskan bunga yang mereka jual di tengah pasar sehingga pengunjung bisa melihat dan mencari langsung bunga yang ingin mereka beli. Karena itulah, pemandangan pasar ini menyerupai taman bunga yang indah.

Kamu bisa menemukan berbagai jenis bunga yang didatangkan dari berbagai kota di Indonesia. Bukan tidak mungkin menemukan bunga dari luar negeri di pasar ini. Kisaran harga bunga di pasar ini bervariasi dan cukup terjangkau, tergantung jenis bunganya atau berapa bunga yang ingin kamu beli. Namun, harganya bisa melonjak hingga 4 kali lipat pada momen seperti Valentine atau menjelang hari libur nasional di Indonesia. Harga biasa belasan mawar berkisar antara Rp 70.000,00 – 100.000,00, dan mawar yang ditawarkan di sini tidak hanya yang berwarna merah, melainkan bervariasi dari putih hingga biru, bahkan hingga warna pelangi. Ada banyak pilihan untuk memilih warna yang kamu suka.

Source

Selain mawar, bunga matahari juga menjadi salah satu bunga yang paling laris di sini. Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau, mulai dari Rp. 20.000,00 untuk lima tangkai bunga. Bunga kuning cerah ini biasanya dibeli untuk dekorasi ruangan atau dekorasi acara. Bunga impor seperti Anggrek Dendrobium dari Thailand juga bisa didapatkan di sini dengan harga Rp 120.000,00 per tandan, sedangkan bunga lokal dihargai Rp 80.000,00. Harga yang ditawarkan juga dipengaruhi oleh tempat di mana bunga tersebut ditanam, sehingga perkebunan yang berbeda berarti harga yang berbeda pula. Mereka juga memiliki krisan, eceng gondok, bunga teratai dan polong, lili, baby’s breath, dan banyak bunga lainnya yang dapat kamu temukan saat berjalan-jalan. Kamu tidak perlu takut bunga layu, karena pedagang di sini akan langsung mengganti bunga yang sudah terlihat layu dengan yang masih segar. Terlebih lagi, mereka juga memiliki opsi untuk mengirimkan bunga ke rumahmu.

Buka selama 24 jam, tempat ini juga memiliki keunikan lain, yaitu waktu datangnya bunga segar. Jika kamu menginginkan bunga segar dari Sukabumi dan Bandung, kamu bisa datang pada pagi hari pukul 02.00 – 06.00 WIB. Sedangkan pada pukul 14.00 – 21.00, kamu bisa melihat bunga segar yang berasal dari wilayah Sumatera. Tidak hanya menjual bunga, pasar bunga Rawa Belong juga terbagi menjadi tiga blok yaitu blok A, B, dan C. Blok A dan B merupakan tempat orang-orang menjual bunga basah dan hidup sedangkan Blok C tempat penjual bunga tiruan, tanaman hias, dan bahkan perlengkapan dekorasi pernikahan.

Source

Pasar bunga ini memiliki wilayah yang mudah di akses. Untuk bisa mengunjungi tempat ini, kamu bisa memilih berbagai transportasi umum yang tersedia di Jakarta, antara lain: 

  1. Transjakarta

Opsi pertama yang bisa kamu pilih adalah menggunakan bus Transjakarta. Dengan tarif murah hanya Rp 3.500,00, kamu bisa turun di beberapa halte yang terdekat dengan pasar bunga ini seperti halte Kelapa Dua Sasak, halte Pasar Pisang, dan halte Palmerah. Transjakarta hanya menerima pembayaran nontunai dengan kartu e-money seperti BCA Flazz, BNI Tap Cash, BRI BRIZZI, Mandiri e-money, Bank DKI JakCard, dan Bank Mega Mega Card. Transjakarta biasanya beroperasi selama 24 jam. Namun, jika masih membutuhkan moda transportasi lain untuk melanjutkan perjalanan, disarankan menggunakan moda ojek online untuk mempersingkat waktu.

  1. KRL Commuter Line

Kereta listrik ini merupakan moda transportasi yang cukup populer digunakan oleh masyarakat yang ingin mengunjungi Pasar Bunga Rawa Belong karena Stasiun Palmerah hanya berjarak 5 km. Jika kamu jarang menggunakan transportasi ini atau hanya ingin sesekali bepergian, Kamu bisa membeli tiket harian atau dikenal dengan THB (Tiket Harian Berjaminan) yang tersedia di loket stasiun kereta. Namun jika sering menggunakan mode ini, disarankan untuk membeli kartu multi trip (KMT) KRL Commuter Line, atau menggunakan kartu bank (e-money) yang sudah bekerjasama dengan Commuter Line. Tarif menggunakan transportasi ini bisa bermacam-macam, mulai dari seberapa jauh anda menempuh perjalanan, tarif untuk 25 km pertama adalah Rp. 3.000,00, dan Rp. 1.000,00 per tambahan 10 km.

  1. Jak Lingko

Jak Lingko merupakan sistem integrasi angkutan umum di Jakarta yang merupakan bagian dari program transformasi Ok-Otrip. Jika kamu ingin menggunakan moda transportasi ini, kamu bisa naik JAK14 dengan jurusan Tanah Abang – Meruya, kemudian masuk di Jl. Rawa Belong 2A dan terus berjalan ke Jl. Sulaiman sejauh 500 meter. Atau bisa juga menggunakan JAK56 dengan rute Terminal Grogol – Taman Kota Srengseng, dan turun di Jl. Sulaiman melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Tarif Jak Lingko adalah Rp 5.000,00 untuk tiga jam perjalanan, dan hanya menerima pembayaran dengan kartu non tunai (e-money) dari BNI Tap Cash, Kartu DKI (JakCard), dan kartu OK-Otrip. Jak Lingo beroperasi dari pukul 05.00 – 22.00

  1. Angkot (public minivan)

Pilihan transportasi selain yang disebutkan di atas adalah angkot (minivan umum). M09 (jalur Tanah Abang – Kebayoran Lama), M11 (jalur Tanah Abang – Meruya Ilir), dan M24 (jalur Srengseng – Slipi Kemanggisan – Tanjung Duren) merupakan jalur angkot yang melewati pasar bunga ini. Tarif menggunakan angkot di Jakarta ini berkisar Rp 4.000,00 – 5.000,00

  1. Online Transportation

Kamu juga bisa memilih untuk langsung menggunakan wahana e-hailing seperti taksi online atau ojek online, apalagi harganya lumayan murah dan tidak repot. Karena jalanan di sekitar kawasan ini cukup padat, menggunakan ojek mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat. Aplikasi ini dapat diakses 24 jam, dengan tarif awal berkisar Rp 15.000,00 – 20.000,00 tergantung jarak tempuh.

Jadi jika kamu mencari bunga yang terjangkau untuk menghiasi ruang keluarga, atau memiliki rencana untuk diberikan kepada seseorang yang istimewa dalam hidup, atau membutuhkannya untuk berbagai peristiwa tertentu, kunjungi pasar bunga terbesar di Jakarta ini. Temukan berbagai jenis bunga dan rangkaian bunga, dari yang baru dipotong, berbentuk buket, atau papan rangkaian bunga dengan harga lebih terjangkau!

Baca Juga : Best Florists in Jakarta For Your Loved Ones

Avatar

Hello Flokq

Related Posts

Coworking Spaces in Gading Serpong

Coworking Spaces in Gading Serpong

Rekomendasi Apartemen Dekat Stasiun MRT Lebak Bulus

Rekomendasi Apartemen Dekat Stasiun MRT Lebak Bulus

Coworking Spaces in Kelapa Gading

Coworking Spaces in Kelapa Gading

Types of Bed Sizes to Know

Types of Bed Sizes to Know

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *