6 Patung Ikonik di Jakarta: Dekorasi Kota Terbaik!

6 Patung Ikonik di Jakarta: Dekorasi Kota Terbaik!

Sebagaimananya ibukota, Jakarta dihiasi banyak sekali patung dan monumen bersejarah. Ibukota ini terletak di Pulau Jawa yang merupakan pusat komersial, budaya, dan politik Indonesia. Jakarta memiliki lima kota administratif, yaitu Jakarta Timur, Jakarta Utara, Jakarta Barat, Jakarta Pusat, dan Jakarta Selatan. Banyak gedung penting yang terletak di kota ini, seperti kedutaan besar, Bursa Efek Indonesia, gedung perkantoran, Bank Indonesia, dan masih banyak lagi. Sebagai kawasan ibu kota, kamu bisa menemukan pusat perbelanjaan, pusat rekreasi, museum, patung, dan masih banyak lagi.

Berbicara soal patung, Jakarta punya beberapa patung yang bisa kamu kunjungi. Karena setiap patung memiliki sejarah dan semangat yang berbeda. Kami telah mengumpulkan 6 patung ikonik Jakarta yang patut dikunjungi!

Monumen Selamat Datang

Monumen Selamat Datang pada malam hari
Monumen Selamat Datang

Pada 1960-an, Presiden Soekarno memutuskan membuat beberapa gedung dan patung untuk menyambut atlet asing di Asian Games 1962 Jakarta. Salah satu bangunan dan patung tersebut adalah Monumen Selamat Datang yang terletak di Bundaran Hotel Indonesia. Monumen Selamat Datang berarti kegembiraan dan keterbukaan orang Indonesia terhadap pengunjung Asian Games. Henk Ngantung, Wakil Gubernur Jakarta saat itu, membuat sketsa desain Monumen Selamat Datang. Pembangunan patung ini dimulai pada tahun 1961 dan selesai pada tahun 1962. Patung ini dipahat oleh pematung hebat, Edhi Sunarso. Monumen Selamat Datang menampilkan dua sosok perunggu yang melambai sebagai tanda ramah seorang pria dan seorang wanita. Wanita itu memegang buket di tangan kirinya.

Tinggi patung perunggu ini dari kepala sampai kaki adalah 5 meter, sedangkan tinggi keseluruhan dari kaki sampai tangan yang melambai dan tinggi kaki patung adalah 7 meter dan 10 meter. Pembuatan patung ini membutuhkan waktu sekitar satu tahun. Monumen Selamat Datang diresmikan oleh Soekarno pada tahun 1962.

Alamat: Jl. Kebon Melati 1 No.5, RT.1 / RW.5, Menteng, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10310

Patung Pemuda Membangun

Patung Pemuda Membangun
Monumen Pemuda Membangun

Jika kamu berada di Jalan Sudirman, kamu dapat melihat patung ini di ujung selatan jalan. “Pemuda Membangun” artinya pemuda-pemudi dan patung itu dibuat untuk mendorong kaum muda ikut andil dalam membangun negara. Patung ini juga melambangkan bahwa kamu akan memasuki Kebayoran Baru, salah satu kecamatan di Jakarta Selatan. Pada awalnya, pembangunan itu diharapkan selesai pada 28 Oktober 1971, bertepatan dengan perayaan Hari Sumpah Pemuda. Namun, Patung Pemuda Membangun selesai dibangun pada tahun 1972. Gaya patung tersebut menggambarkan seorang pemuda mengangkat piring berisi api di atas kepalanya, mengencangkan ototnya dengan latihan maksimal. Piring yang menyala berarti orang muda menerangi masa depan. Menariknya, beberapa orang menyebut patung ini sebagai “Manusia Pizza”.

Alamat: RT.2 / RW.6, Selong, Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan, Jakarta 12120

Patung Arjuna Wijaya

This image has an empty alt attribute; its file name is 800px-Arjuna_Wijaya_chariot_statue_in_Jakarta.jpg
Patung Arjuna Wijaya

Arjuna Wijaya yang ikonik ini terletak di persimpangan Jalan MH Thamrin dan Jalan Medan Merdeka. Patung ini juga dikenal dengan sebutan Patung Asta Brata dan diresmikan pada tahun 1987. Arjuna Wijaya berbentuk kereta kuda dengan pancuran air. Patung ini dirancang oleh Nyoman Nuarta, seorang pematung hebat dari Bali. Selain itu, patung ini merupakan simbol bahwa hukum harus ditegakkan tanpa pandang bulu. Arjuna Wijaya direnovasi pada tahun 2014 dan ada penambahan, seperti bayangan kuda, perbaikan instalasi air mancur, dan tempat berpose di bagian depan patung.

Alamat: Jl. Medan Merdeka Barat No.21, RT.5 / RW.2, Gambir, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10110

Monumen Pembebasan Irian Barat

patung di jakarta
Monumen Pembebasan Irian Barat

Jika kamu sedang berada di Lapangan Banteng, kamu bisa melihat patung ikonik Jakarta ini di tengah-tengah tempat itu. Kamu bisa melihat panggung perunggu di atas monumen, terlihat sebagai alas setinggi 36 meter. Patung ini memperlihatkan seorang pria yang memiliki suara teriakan yang melambangkan pemberontakan dan kemerdekaan. 

Sketsa Monumen Pembebasan Irian Barat dibuat oleh Henk Ngantung, mantan Gubernur Jakarta. Patung itu terbuat dari perunggu dan didirikan setinggi 36 meter. Tim Pematung Keluarga Area Yogyakarta membuat patung perunggu dan dipandu oleh Edhi Sunarso.

Alamat: Kawasan Lapangan Banteng, Jl. Banteng Barat, Ps. Baru, Kecamatan Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10710

Baca Juga: 9 Galeri Seni yang Wajib Dikunjungi di Jakarta

Monumen Proklamasi

patung proklamasi patung di jakarta
Monumen Proklamasi

Patung pahlawan nasional Indonesia bisa kamu temukan di Taman Proklamasi, Jakarta Pusat. Patung ini menggambarkan dua buah patung perunggu Soekarno dan Hatta yang berdiri bersebelahan. Setiap patung memiliki berat 1.200 kilogram dan tingginya sekitar 4,6 meter dan tinggi 4,3 meter. Di latar belakang patung-patung tersebut, terdapat patung monolitik sebanyak 17 dengan ukuran terbesar yakni 8 meter dan 45 tonjolan pada air terjun riam yang melambangkan tanggal Hari Kemerdekaan Indonesia.

Alamat: Jl. Proklamasi No.10, RW.2, Pegangsaan, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10320

Monumen Dirgantara

dirgantara patung di jakarta
Monumen Dirgantara

Terletak di kawasan Pancoran, monumen ini juga dikenal dengan nama Tugu Pancoran. Selain itu, nama lain dari patung ini adalah Monumen Gatot Kaca. Monumen ini berlokasi strategis di persimpangan antara Jalan Gatot Subroto dan Jalan M.T. Haryono, di sepanjang Jalan Dr. Supomo dan menghadap ke Tebet. Monumen Dirgantara dibangun setelah Presiden Soekarno menginginkan adanya patung sebagai apresiasi terhadap kemajuan teknologi udara Indonesia dan penaklukan ruang angkasa.

Alamat: Jl. Gatot Subroto No.1, RT.2 / RW.1, Menteng Dalam, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12780

Itu dia, 6 patung ikonik Jakarta yang patut dikunjungi. Selain itu, jangan lupa untuk melihat lebih banyak rekomendasi di blog kami!


Kamu bisa tinggal di Jakarta yang memiliki segudang patung ikonik ini, lho! Hunian yang ditawarkan Flokq berkonsep co-living yang bisa kamu sewa dan pastinya seru banget untuk pengalaman baru!

Ingin tahu lebih lanjut? Hubungi tim Flokq di +62 813-1490-5690 atau klik tombol di bawah ini, ya!

Klik disini untuk lihat unit hunian dari Flokq di Jakarta
Avatar

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

13 Restoran Italia Bali: Menjanjikan dan Terenak

13 Restoran Italia Bali: Menjanjikan dan Terenak

Lawar Bali: Hidangan Khas Cita Rasa Bali

Lawar Bali: Hidangan Khas Cita Rasa Bali

Memperkenalkan Nyat Nyat: Makanan Khas Bali Terkenal Nikmat

Memperkenalkan Nyat Nyat: Makanan Khas Bali Terkenal Nikmat

10 Restoran Meksiko Bali: Wajib Kamu Coba!

10 Restoran Meksiko Bali: Wajib Kamu Coba!

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *