10 Jenis Tanaman Hias Yang Cocok Untuk Pemula

10 Jenis Tanaman Hias Yang Cocok Untuk Pemula

Merawat makhluk hidup seperti tanaman hias bukanlah sesuatu yang mudah. Terlebih jika kamu adalah pemula dalam dunia tanaman. Kamu perlu mengetahui dengan baik tanaman hias mana yang cocok dengan situasi dan lingkunganmu

Dalam artikel ini, kamu akan mengetahui 10 jenis tanaman hias yang dapat kamu pilih sebagai pemula. Jangan khawatir, tanaman hias yang sedikit perawatannya bukan berarti tidak cantik. Berikut adalah 10 jenis tanaman hias yang tidak membutuhkan perawatan terlalu banyak, namun dapat tumbuh cantik di sekitarmu. Sangat cocok untuk pemula!

Baca juga: Tumbuhan Pengusir Nyamuk Terbaik

1. Lili Paris (Spider Plant)

Lili Paris tanaman hias pemula
source: gardeningknowhow.com

Tanaman ini tidak perlu kamu manjakan dengan dengan banyak air, cahaya, atau suhu. Tanaman ini tumbuh cukup mudah setelah kamu meletakkannya di keranjang atau di atas pilar. Setelah batangnya cukup panjang, ia akan memberikan tampilan gantung yang menakjubkan untuk dilihat mata.

2. Lidah Mertua (Snake Plant) 

Lidah Mertua tanaman hias pemula
source: floralartanddecor.com

Mirip dengan Lili Paris, tanaman hias Lidah Mertua mudah tumbuh karena tidak pilih-pilih cahaya dan air. Tidak hanya itu, tanaman ini juga merupakan pilihan yang bagus jika kamu ingin membantu menghilangkan racun dari udara di kamar. Jadi, tidak hanya nyaman, tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan.

3. Lidah Buaya (Aloe)

Lidah Buaya tanaman hias pemula
source: patchplants.com

Kamu juga dapat mencoba tanaman hias yang bisa bermanfaat sebagai obat jika kamu adalah orang yang lebih konsisten dalam memberikan sinar matahari dan air sebagai langkah pertama untuk menjadi pemula yang baik. Setelah tumbuh dengan baik, kamu juga bisa menuai apa yang kamu tabur untuk kebaikanmu sendiri ‘kan?

4. Peace Lily

Peace Lily tanaman hias pemula
Sumber: almanac.com

Secara estetika enak dipandang dan mudah dirawat, tanaman hias ini bisa kamu letakkan di kamar atau bahkan di kantor. Selain itu bunga Lily juga dikenal dengan kemampuannya dalam menyaring udara. Jadi, kamu mendapatkan tanaman yang indah, rendah perawatan, dan bermanfaat dengan sekaligus. Kamu cukup meletakkannya kembali di bawah cahaya dan memberinya air begitu daunnya mulai rontok. Jangan khawatir, mereka akan mekar kembali dan kamu hanya perlu menunggu.

5. Palem (Palm)

Palem
source: thespruce.com

Palem adalah jenis tanaman yang dapat kamu miliki dan diamkan begitu saja, karena betapa sedikitnya perhatian yang dibutuhkan untuk merawatnya. Jadi, jika kamu merasa sangat sibuk namun masih ingin mencoba menanam satu atau dua kali, palem adalah tanaman yang ideal. Faktanya, Kamu tidak boleh menyirami tanaman ini secara berlebihan agar tidak mudah hancur. Cukup tuangkan air ketika kamu melihat 2 inci teratas dari tanahnya mulai mengering.

6. Pohon Dolar (Zanzibar Gem) 

Pohon Dolar
Sumber: medium.com

Kebalikan dari tanaman yang biasanya membutuhkan cahaya, tanaman Pohon Dolar atau Zanzibar Gem justru tumbuh lebih baik dalam kondisi minim cahaya. Oleh karena itu, kamu dapat meletakkannya di sudut yang lebih gelap di kamar atau kantor dan tanaman tersebut akan tetap tumbuh dengan baik, bahkan akan menjadi lebih baik. Mirip dengan palem, kamu tidak perlu banyak menyiraminya setiap hari, cukup lakukan saat 2 inci teratas tanahnya kering.

7. Sirih Gading (Pothos/Devil’s Ivy)

Sirih Gading
source: thespruce.com

Tanaman hias ini dianggap sebagai salah satu tanaman gantung paling populer, terutama untuk pemula. Ia akan tetap tumbuh dengan baik meskipun kamu meletakkannya di bawah cahaya redup, yang juga berarti kamu dapat melatih batangnya untuk pergi ke mana pun kamu suka. Karena hanya memerlukan perawatan minim, penting untuk diingat bahwa ia akan berakar dengan mudah saat kamu menyiramnya bahkan hanya dengan segelas air.

8. Monstera 

Monstera
source: realestate.com.au

Tanaman ini adalah salah satu tanaman hias termudah yang mungkin kamu temukan. Tanaman ini mungkin memiliki perbedaan ukuran dan bentuk. Monstera adalah tanaman yang relatif lambat. Kamu hanya perlu meletakkannya di bawah cahaya terang atau sedang, kemudian memberinya air setelah tanahnya mengering. Dengan begitu, kamu tidak perlu memeriksanya setiap hari dan ini membuatmu merasa sangat nyaman bahkan sebagai pemula.

9. Kuping Gajah (Laceleaf / Pink Anthurium)

Kuping Gajah
source: pinterest

Jika kamu menginginkan tanaman hias dengan pemeliharaan minim namun masih menumbuhkan beberapa bunga cantik, tanaman ini sangat sempurna. Meskipun itu sebenarnya bukanlah bunga asli tetapi daun lilin yang termodifikasi. Kamu hanya perlu meletakkannya di bawah cahaya terang tidak langsung agar tumbuh maksimal dan menyiramnya setiap satu atau dua minggu saat tanahnya cukup kering. Untuk memberi masukkan, kamu dapat menyimpan tanaman ini dalam jarak satu atau dua kaki dari jendela.

10. Sri Rezeki (Aglaonema Stripes)

Sri Rezeki
source: costafarms.com

Tumbuhan hias ini tumbuh sangat lambat namun dapat bertahan hidup dengan baik bahkan dengan kurangnya cahaya dan air. Selain itu, pastikan saja tempat yang ingin kamu  taruh tanaman ini tidak ada aliran udara atau akan menyebabkan daun menjadi coklat dan gugur. Kamu tentunya tidak ingin tanaman yang kehilangan nilai estetikanya, bukan?


Itu dia, 10 tanaman yang direkomendasikan untukmu sebagai pemula. Singkatnya, tanaman tersebut tidak membutuhkan terlalu banyak langkah dan ketentuan, sehingga sangat mudah perawatannya. Jadi kamu tidak perlu ragu lagi untuk merawat tanaman sendiri untuk keindahan ruangan, untuk memanjakan mata, atau untuk alasan medis jika kamu punya.

Mungkin kamu juga ingin baca artikel berikut: Tips Merawat Tanaman Hias Dalam Ruangan and Rekomendasi Toko Tanaman Online di Jakarta

Avatar

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

Panduan Sewa Apartemen di Thamrin

Panduan Sewa Apartemen di Thamrin

Hal Yang Perlu Diketahui Sebelum Memilih Sewa Apartemen Bulanan

Hal Yang Perlu Diketahui Sebelum Memilih Sewa Apartemen Bulanan

10 Aplikasi Kesehatan Terbaik di Indonesia untuk Menjaga Kesehatan serta Pencegahan Pandemi

10 Aplikasi Kesehatan Terbaik di Indonesia untuk Menjaga Kesehatan serta Pencegahan Pandemi

8 Resep Rice Bowl dengan Berbagai Lauk: Cocok untuk Bekal

8 Resep Rice Bowl dengan Berbagai Lauk: Cocok untuk Bekal

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *