25 Tanaman Hias Terbaik untuk Dekorasi Rumah

25 Tanaman Hias Terbaik untuk Dekorasi Rumah

Pada umumnya, rumah cenderung dipenuhi dengan berbagai jenis furnitur. Menggunakan tanaman hias sebagai dekorasi akan membuat ruangan menjadi lebih hidup dan menghadirkan kesegaran serta keteduhan pada rumah. Selain itu juga, terdapat beberapa tanaman hias yang dapat menyaring udara, sehingga dapat membuat rumah menjadi sehat dan segar. Tanaman hias untuk dekorasi rumah sendiri dibedakan menjadi dua jenis, yaitu tanaman indoor dan outdoor. Untuk bisa membedakannya, yuk simak penjelasannya di bawah ini!

Perbedaan Tanaman Hias Indoor dan Outdoor

Tanaman hias outdoor cenderung tumbuh di alam sehingga membutuhkan perawatan khusus, seperti pencahayaan yang baik untuk fotosintesis, sehingga jenis tanaman ini tidak dapat bertahan lama di dalam rumah. Sedangkan tanaman hias indoor cenderung lebih tahan terhadap sedikit udara dan kurangnya penerangan alami. Bisa juga dikatakan tanaman indoor ini sangat mudah perawatannya dan bisa bertahan di dalam ruangan. Tanaman hias indoor ini menjadi pilihan menarik bagi kamu yang ingin mendekorasi rumah dengan tanaman yang tidak terlalu sulit untuk dirawat, namun ada hal penting yang harus diperhatikan saat merawat jenis tanaman yang satu ini.

Manfaat Memelihara Tanaman Hias di Rumah

Tanaman hias baik untuk kesehatan Anda – dan bukan hanya untuk kecantikan visualnya. Mengapa? Mereka pada dasarnya melakukan kebalikan dari apa yang kita lakukan saat kita bernapas: melepaskan oksigen dan menyerap karbon dioksida. Ini tidak hanya menyegarkan udara, tetapi juga menghilangkan racun berbahaya. Penelitian ekstensif oleh NASA telah mengungkapkan bahwa tanaman hias dapat menghilangkan hingga 87 persen racun udara dalam 24 jam. Penelitian juga telah membuktikan bahwa tanaman dalam ruangan meningkatkan konsentrasi dan produktivitas (hingga 15 persen!), mengurangi tingkat stres dan meningkatkan suasana hati Anda – menjadikannya sempurna tidak hanya untuk rumah tetapi juga ruang kerja.

Di tempat kerja, letakkan tanaman, terutama yang berdaun lebar, di atas meja Anda; mereka akan membantu mengatur kelembapan dan meningkatkan tingkat kepositifan – melihat tanaman hijau dan alam membantu kita merasa lebih rileks dan tenang, yang pada gilirannya menguntungkan suasana hati Anda setiap hari. Tanaman dalam ruangan memiliki tujuan praktis dan estetika, dan akan meningkatkan kehidupan Anda. 

Taman dekorasi rumah yang ada di dalam ruangan bisa menjadi perlindungan Anda dari dunia luar, dan bagi banyak orang itu adalah sumber kegembiraan yang besar. Apakah Anda tinggal di apartemen kecil, atau rumah besar, dengan memperkenalkan tanaman tertentu ke dalam rumah Anda, Anda akan mulai memperhatikan peningkatan kesehatan, dan kebahagiaan secara keseluruhan. Selain meningkatkan mood Anda dan menciptakan ruang hidup yang menenangkan, tanaman juga dapat membantu mengatasi kesepian dan depresi: merawat makhluk hidup memberi kita tujuan dan bermanfaat – terutama ketika Anda melihat makhluk hidup itu mekar dan berkembang.

Cara Merawat Tanaman Hias Indoor

Meski tidak membutuhkan perawatan ekstra, namun perawatan tanaman hias indoor membutuhkan perlakuan yang berbeda dengan tanaman hias yang diletakkan di luar ruangan. Agar tanaman hias indoor tidak cepat layu, ada beberapa perawatan yang dibutuhkan tanaman hias tersebut, seperti penyiraman, pencahayaan, suhu, pemupukan, pemangkasan, dan penggantian media tanam.

Penyiraman tanaman hias indoor tidak perlu dilakukan setiap hari. Banyaknya air yang disiramkan akan menyebabkan pembusukan akar. Tanaman indoor hanya perlu disiram saat tanah mulai mengering. Selain itu, saat penyiraman tanaman hias indoor juga perlu diperhatikan. Waktu yang tepat untuk menyiram tanaman hias indoor ini adalah pada pagi hari. Pasalnya, air memiliki waktu untuk menyerap seluruh bagian tanaman sebelum menguap saat terkena sinar matahari di siang hari.

Semua jenis tanaman membutuhkan sinar matahari agar tetap tumbuh subur, termasuk tanaman hias indoor. Tanaman hias indoor yang memperoleh cahaya sangat terbatas perlu dipindahkan ke luar ruangan setidaknya dua minggu sekali. Selain itu, menempatkan tanaman hias indoor juga perlu menghindari posisi yang membuatnya terkena sinar matahari langsung.

Tanaman hias indoor sangat beresiko mengalami kekeringan akibat penurunan suhu dan tingkat kelembaban. Menjaga suhu dan tingkat kelembaban bisa dilakukan dengan menempatkan pot pada wadah yang berisi campuran air, pasir dan kerikil, atau bisa juga dengan meletakkan tanaman berdekatan. Ya, cukup untuk perkenalan, berikut rekomendasi tanaman terbaik untuk menghias rumahmu.

Peace Lily

tanaman hias Peace Lily
Peace Lily

Tanaman pertama di daftar rekomendasi kami adalah Peace Lily. Yang satu ini merupakan salah satu tanaman yang cocok untuk dijadikan tanaman indoor. Warna hijau tua dari daun dan bunga putih membuat perpaduan warnanya terlihat cantik sehingga cocok sebagai dekorasi rumah. Peace Lily juga bagus untuk membersihkan udara, tanaman ini juga terkenal mampu menghilangkan racun benzene dan formaldehyde.

Sansevieria

Tanaman hias Sansevieria sering disebut sebagai “lidah mertua”. Selain sebagai penghias ruangan, tanaman ini juga bermanfaat sebagai penyaring udara. Sansevieria memiliki bentuk daun yang tinggi dengan beberapa bagian yang membentuk lekukan. Sansevieria ini cocok ditempatkan di salah satu sudut ruangan guna mempercantik ruangan.

Monstera

Saat ini, tanaman hias ini menjadi salah satu incaran para pecinta tanaman. Mulai dari warna hijau hingga farigata dengan sentuhan warna putih membuat tanaman ini banyak dicari. Apalagi dengan bentuk daunnya yang berlubang-lubang tersebut membuatnya terlihat cantik dan menarik.

Tanaman Karet

Rekomendasi ketiga kami adalah Tanaman Karet. Tanaman dengan nama latin Ficus robusta merupakan tanaman hias yang mempunyai fungsi menyerap formaldehida dan menghasilkan oksigen. Artinya, tanaman ini cocok untuk dekorasi sekaligus penyegar ruangan. Daunnya berwarna hijau dan bertekstur kenyal, sehingga dikenal sebagai tanaman karet. Tanaman memiliki warna kemerahan di area batangnya bila mendapat sinar matahari yang cukup.

Orang-orang juga membaca Cara Berkebun secara Indoor

Chinese Money

Berikutnya adalah Chinese Money. Tanaman yang memiliki nama latin Pilea paperomiodes, ini memiliki bentuk yang sangat indah sehingga cocok untuk tanaman hias indoor yang digantung atau diletakkan di atas meja. Tanaman indoor ini tidak banyak membutuhkan air, jadi kamu hanya perlu menyiramnya tiga kali seminggu.

Sirih Gading

Tanaman ini adalah pilihan tanaman yang tepat untuk pemula. Sirih Gading juga merupakan tanaman merambat, sehingga bisa digantung atau dipasang di dinding sebagai hiasan. Tanaman indoor ini juga memiliki warna yang beragam. Warnanya berkisar dari hijau tua hingga kuning cerah. Selain itu, sirih gading ini juga merupakan tumbuhan yang unik karena dapat hidup jika ditempatkan di air juga.

Lavender

Selain mempercantik ruangan, aroma tanaman ini juga bisa membuat ruangan menjadi segar alami. Aroma khas tanaman ini sebenarnya sangat tidak disukai nyamuk, sehingga akan membuat semua aktivitas di rumah lebih nyaman tanpa gangguan nyamuk.

Lili Paris

Lili Paris

Berikutnya, kami menyarankan Lili Paris. Yang satu ini merupakan tanaman hias indoor yang memiliki istilah Chlorophytum comosum. Bentuknya yang unik dan memiliki manfaat sebagai penyaring udara membuat tanaman ini cocok sebagai hiasan di dalam rumah.

Tanaman Hias Kaktus

tanaman hias kaktus
Kaktus

Kaktus juga merupakan salah satu tanaman hias yang bisa menjadi hiasan rumah! Kamu bisa menempatkan tanaman ini yang mempunyai berbagai bentuk di hampir semua area. Selain itu, kamu hanya perlu menyiramnya seminggu sekali, sehingga memudahkan dalam perawatannya. Tanaman hias jenis ini terutama dapat memperindah ruang kerja menjadi lebih nyaman dan tidak kaku. Ruang tengah juga merupakan tempat yang bagus untuk menaruh tanaman jenis ini.

Tanaman Anggrek

Tanaman anggrek bukanlah hal yang asing bagi manusia. Kamu bisa memilih di antara berbagai jenis tanaman ini. Kamu bisa memilih yang bisa digantung atau diletakkan di pot. Kedua jenis ini tidak kalah cantik satu sama lain.

Tips Tambahan

Tanaman hias juga membutuhkan pupuk untuk menambah nutrisinya. Lakukan pemupukan di awal atau tepat pada musim hujan karena tanaman akan tumbuh lebih efektif dibandingkan pada musim kemarau. Tanaman hias yang tumbuh terlalu tinggi dan lebat terlihat kurang enak dipandang. Untuk itu, perlu dilakukan pemangkasan secara rutin agar tidak mengganggu pandangan dan aktivitas. Berbagai kebutuhan tanaman, seperti media tanam, wadah/pot juga perlu diganti secara berkala. Gantilah media tanam bila kondisi tanaman hias indoor menjadi terlalu lembab atau kering sehingga tidak mampu menyuplai unsur hara. Gantilah pot saat tanaman sudah mulai tumbuh untuk memastikan ketersediaan ruang tanam.

Dracaena

Dracena

Pohon naga atau Dracaena marginata, merupakan tanaman hias yang memiliki daun panjang dan tipis elegan dengan tepi merah. Daun bagian bawah berangsur-angsur rontok untuk menampakkan batang tipis. Pohon naga terlihat bagus dengan sendirinya dan juga berguna untuk memberikan ketinggian di antara sekelompok tanaman hias.

Dracaena marginata adalah tanaman dengan perawatan rendah yang dapat bertahan selama bertahun-tahun. Ia lebih suka tempat yang terang atau teduh ringan tetapi juga akan mentolerir tingkat cahaya yang lebih rendah. Tanaman ini menyukai kompos yang lembab tetapi toleran terhadap penyiraman yang tidak menentu. Seka daun sesekali agar bebas debu dan berkilau, cabut daun yang sudah mati.

Tanaman Zebra

Tanaman Zebra

Aphelandra Squarrosa, yang lebih dikenal dengan sebutan tanaman Zebra, merupakan tanaman hias tropis yang berasal dari Brazil. Biasanya ditanam di dalam ruangan, ia dipuji karena daun gelapnya yang unik yang bergaris-garis dengan urat putih, serta bunganya yang berwarna-warni. Saat mekar (yang biasanya terjadi di akhir Agustus atau awal September) tanaman Zebra “membuahkan” bracts emas tinggi yang bisa mencapai beberapa inci dan jumlahnya antara dua hingga empat per tanaman, bertahan hingga enam minggu. 

Seperti banyak tanaman tropis, tanaman Zebra bisa menjadi tantangan untuk tumbuh di dalam ruangan, terutama di daerah beriklim sedang – tapi cocok untuk tanaman dekorasi rumah di wilayah panas seperti Jakarta. Tanaman membutuhkan banyak kelembapan, kehangatan, dan makanan untuk tumbuh, dan kondisi dalam ruangan tidak selalu kondusif secara alami untuk tanaman. Meski begitu, dengan perawatan dan perhatian yang tepat, tanaman Zebra dapat tumbuh subur selama beberapa bulan, jika tidak hingga tahun berikutnya.

Pachira Aquatica

Pachira Aquatica

Anda mungkin pernah memperhatikan bahwa praktisi feng shui cenderung menyukai tanaman. Tanaman hias sangat membantu penyesuaian feng shui karena beberapa alasan. Pertama, memiliki tanaman di dalam rumah membantu menghubungkan kembali kita dengan alam. Di dunia kita saat ini, kita menghabiskan begitu banyak waktu di dalam sehingga kita bisa merasa terputus dari dunia alami di sekitar kita. Tanaman dalam ruangan adalah cara yang bagus untuk mengatasi hal ini dan membantu membawa alam ke dalam ruangan kita.

Pachira aquatica adalah tanaman lain yang bernama pohon uang. Ini sering digunakan sebagai penyesuaian feng shui untuk membawa kemakmuran dan keberuntungan. Ini juga merupakan tanaman yang mudah dirawat; ia tumbuh dengan baik di dalam ruangan dan dapat mentolerir lingkungan dengan cahaya rendah. Batangnya sering dijalin, melambangkan keterkaitan dan umur panjang. Tiga batang dapat mewakili permulaan baru sementara lima berhubungan dengan lima elemen.

Kuping Gajah (Alocasia Polly Dragon)

tanaman kuping gajah, tanaman hias, tanaman dekorasi rumah, alocasia polly dragon
Kuping Gajah

Tanaman tropis dalam genus Alocasia menampilkan dedaunan yang menakjubkan yang dapat menjadi pusat dari sebuah taman atau ruangan. Dalam kondisi yang tepat, tanaman dekorasi rumah ini dapat tumbuh dengan sangat cepat, tetapi mereka juga merupakan tanaman yang sensitif. Alocasia tumbuh subur di pot besar; mereka bisa tumbuh subur di musim panas dan kemudian dibawa ke dalam ruangan di musim hujan. Jika Anda memiliki anak atau hewan peliharaan, Anda mungkin ingin menghindari tanaman ini karena daunnya beracun bagi manusia dan hewan. 

Di bulan-bulan musim panas yang hangat di musim tanam, tanaman hias ini dapat menghasilkan daun baru setiap minggu. Setiap daun baru mungkin berukuran dua kali lipat dari minggu sebelumnya. Bentuk daunnya bisa bervariasi dari mata panah ramping hingga daun lebar berbentuk hati. Mereka memiliki urat warna-warni dan berbagai tekstur dari yang tebal, seperti lilin, licin, dan mengkilap.

Anthurium Andreanum

tanaman anthurium merah, tanaman hias, tanaman dekorasi rumah, anthurium andreanum
Anthurium Andreanum

Bunga Flamingo, atau Anthurium Andreanum, adalah tanaman dekorasi rumah yang spektakuler, dengan daun hijau tua, daun berbentuk panah mengilap, dan bunga palet pelukis dalam warna putih, merah muda, atau merah. Bunga atau tanaman hias ini asli sari daerah hutan tropis Amerika Selatan, dan tumbuh subur di lingkungan yang hangat dan lembab. 

Untuk hasil terbaik, tanam Anthurium andreanum dalam kompos tanaman hias berkualitas baik dan jaga agar tetap tersiram air dengan baik. Beri makan dua minggu sekali dengan pupuk tanaman rumahan umum, dan pakaian atas setiap tahun untuk menyegarkan kompos.

Bromeliad Aechmea Pink

tanaman bromeliad, tanaman hias, tanaman dekorasi rumah, bromeliad
Bromeliad

Tanaman hias Bromeliad berasal dari Brasil. Di alam liar, mereka biasanya tumbuh di pohon sebagai epifitEpifit mengembangkan akar minimal dan menyerap sebagian besar nutrisi melalui dedaunannya. Mereka memiliki bunga mekar yang indah dan tahan lama dalam warna lembut yang sempurna. 

Bromeliad unik karena Anda menyirami bagian tengah tanaman, bukan tanah. Jaga agar bagian tengah tanaman selalu terisi air – sampai setengahnya. Setiap beberapa minggu, kosongkan air, bilas, dan isi dengan air bersih. Ini membantu mencegah penumpukan garam dan mineral. Sirami tanah hanya sekitar sekali setiap bulan. Saat menyiram tanah, air sampai cairan mengalir melalui lubang drainase di dasar pot dan buang air yang menumpuk di piring.

Calathea

tanaman calathea, tanaman hias, tanaman dekorasi rumah, calathea
Calathea

Karena Calatheas berasal dari Brasil, Guyana, dan Kolombia, umum untuk berpikir bahwa tanaman hias ini akan merasa “nyaman” berada di bawah paparan hangat sinar matahari – cocok dengan karakteristik umum cuaca di Indonesia. Sebenarnya, Calatheas lebih suka cahaya menyebar yang datang dari jendela dengan sinar yang membelai daun mereka di sore hari – seperti pakis. Anda akan mengenali paparan cahaya yang berlebihan dari warna yang memudar dan terkadang – menguning di tengah daun. 

Penggemar tanaman menyatakan bahwa komponen perawatan yang paling penting untuk si cantik tanaman hias Calatheas adalah penyiraman, karena mereka sangat sensitif terhadap perubahan pH dan suhu di sistem akarnya.

Red Aglaonema (Aglaonema Lipstik/Siam Aurora)

tanaman red aglaonema, tanaman hias, tanaman dekorasi rumah, aglaonema lipstik, siam aurora
Aglaonema Lipstik

Tanaman dekorasi rumah jenis Red Aglaonema atau Chinese Evergreen (Red) atau Siam Aurora adalah salah satu tanaman hias pemurni udara dalam ruangan terbaik yang direkomendasikan oleh NASA. Ia mampu menghilangkan zat berbahaya terutama BenzenaFormaldehida & memberikan Oksigen segar. Ini adalah pelembab alami. Tanaman hias cantik ini memiliki batas merah cerah pada daun yang terlihat seperti lipstik. 

Menjadi salah satu tanaman hias yang paling mudah untuk tumbuh, Aglaonema memiliki dedaunan berwarna cerah spektakuler yang terlihat serasi dengan bagian bagian dalam rumah Anda. 

Siam Aurora adalah tanaman tahunan hijau yang memiliki daun lebar. Mereka berasal dari daerah tropis dan subtropis di Asia. Ini terlihat sangat indah di dalam ruangan. Oleh karena itu, ini adalah salah satu tanaman rumah tangga yang paling umum. Tanaman ini juga masuk dalam daftar teratas pabrik pemurni udara NASA.

Rex Begonia

tanaman rex begonia, tanaman hias, tanaman dekorasi rumah, begonia
Rex Begonia

Begonia sering dianggap agak ketinggalan jaman, tetapi varietas baru yang berani membantu melepaskan citra Begonia yang cantik yang sering membentuk skema tempat tidur formal tahun 1950-an dan 1960-an.

Rex begonia ditanam untuk warna-warni, dedaunan dramatisnya, dan biasanya ditanam sebagai tanaman hias. Ada banyak kultivar yang berbeda, dengan daun besar dengan guratan, spiral atau urat, dan seringkali dengan percikan perak, merah muda, ungu hijau dan merah anggur. Bunga cenderung tidak mencolok dan sebaiknya dibuang agar daunnya tetap terlihat bagus. Begonia rex memiliki daun hijau metalik yang besar dengan percikan perak di permukaan atas, dan warna kemerahan di bawahnya.

Kalanchoe

tanaman kalanchoe, tanaman hias, tanaman dekorasi rumah, kalanchoe
Kalanchoe

Genus Kalanchoe mencakup lebih dari 100 spesies tumbuhan, tetapi hanya sedikit yang secara teratur terlihat dalam budidaya. Kalancho berasal dari Madagasgar dan tumbuh subur di lingkungan yang gersang, menjadikannya succulents yang populer. Para penyuka tumbuhan jatuh cinta pada Kalanchoe karena kemudahan perawatannya dan daun serta bunganya yang menarik, yang mekar secara konsisten sepanjang tahun sebagai respons terhadap siang hari. Mereka adalah varietas yang tumbuh lambat, rata-rata membutuhkan waktu antara dua dan lima tahun untuk mencapai ukuran dewasa. Tersedia dalam warna-warna cantik seperti merah, merah muda, kuning, dan putih, tanaman hias Kalanchoe dapat ditemukan dengan mudah di sebagian besar toko bahan makanan, pembibitan, dan toko bunga, terutama di sekitar hari libur.

Jika Anda ingin menanam sukulen dengan sedikit keindahan ekstra, Anda bisa memilihi tanaman dekorasi rumah jenis Kalanchoe. Seperti kebanyakan sukulen, Kalanchoe adalah varietas yang relatif lepas tangan, lebih menyukai banyak sinar matahari dan tanah yang dikeringkan dengan baik. Ini juga cocok untuk berbagai suhu, tetapi tidak akan mekar selama bulan-bulan musim hujan. Namun, mulai musim panas Anda akan disuguhi semburan bunga berwarna-warni yang dapat bertahan beberapa minggu dan dapat muncul kembali sepanjang tahun, selama tanaman menerima paparan cahaya yang tepat dan dipangkas dengan benar di antara mekarnya dengan menghilangkan kepala berbunga dan memberikan penyiraman minimal selama beberapa minggu.

Gardenia

bunga gardenia, tanaman hias, tanaman dekorasi rumah, gardenia
Bunga Gardenia

Bunga Gardenia (Gardenia jasminoides) adalah pepohonan berdaun lebar tropis, biasanya ditanam sebagai spesimen pot dalam ruangan besar demi bunga putih beraroma spektakuler. Gardenia adalah tanaman yang disukai karena alasan yang sangat sederhana bahwa hanya sedikit aroma alami yang luar biasa, menggugah, dan berkesan. Jika bukan karena daya tarik spektakuler ini, hanya sedikit pecinta tanaman yang akan mencoba menanam gardenia karena cara pemeliharaan yang cukup rumit, yang rentan terhadap banyak serangga dan penyakit. Mereka paling sering ditemukan di konservatori dan rumah kaca. Namun demikian, bahkan beberapa bulan dengan bunga gardenia yang mekar di rumah menjadikannya tanaman hias tambahan yang berharga untuk koleksi Anda.

Di iklim hangat, penanaman di luar ruangan tanaman pembibitan paling baik dilakukan di musim panas menjelang musim penghujan. Gardenia lebih menyukai tanah yang kaya dan asam yang mengalir dengan baik. Memperbaiki area penanaman dengan banyak bahan organik adalah ide yang bagus. Tempatkan gardenia di tempat teduh terang atau sedang, jika Anda lebih suka Gardenia menjadi tanaman dekorasi rumah Anda. Tanah harus secara teratur ditutup dengan lapisan mulsa yang tebal untuk mengendalikan gulma daripada membudidayakannya.

Zanzibar Gem

tanaman zanzibar gem, tanaman hias, tanaman dekorasi rumah, zanzibar gem, ZZ
Zanzibar Gem

Mencari tanaman dekorasi rumah dengan perawatan rendah untuk merapikan ruang Anda tanpa komitmen besar? Tidak terlihat lagi selain tanaman ZZ yang terkenal, juga dikenal sebagai permata zanzibar! Ditandai dengan daun hijau tua mengkilap berbentuk oval, tanaman ZZ membuat tambahan yang bagus untuk rumah atau kantor mana pun.

Tanaman ZZ terkenal karena perawatan yang rendah, mudah dirawat untuk kalian yang the beginners. Yang mereka butuhkan untuk berkembang adalah cahaya yang cukup, dan penyiraman yang baik setiap beberapa minggu. Namun, jangan terlalu khawatir tentang lupa menyirami tanaman ZZ Anda — tanaman ZZ tumbuh dari rimpang yang membantu mereka menyimpan air di bawah tanah, menjadikannya tanaman yang ‘tahan kekeringan’.

Tanaman Karet (Ficus Elastica)

tanaman karet, tanaman hias, tanaman dekorasi rumah, ficus elastica
Tanaman Karet

Ficus Elastica, juga dikenal sebagai tanaman karet, adalah tanaman hias yang tampak tidak biasa dari daerah tropis Asia Tenggara dengan daun besar dan lembut serta nama yang eksotis. Di habitat aslinya, ia dapat tumbuh 50 hingga 100 kaki dengan kanopi besar yang menggantungkan daun oval sepanjang kaki. Seperti banyak ficus, ia memiliki akar gantung dan mengembangkan batang bergelang seiring waktu. Di rumah, ini adalah tanaman standar yang sangat baik yang tumbuh subur dengan cahaya tidak langsung yang terang, penyiraman teratur, kehangatan, dan pupuk.

F. elastica membutuhkan cahaya terang yang disaring dan dapat mentolerir sinar matahari pagi. Tanaman yang tidak mendapat cukup cahaya akan menjadi berkaki panjang, kehilangan daun bagian bawah, dan warna daun menjadi kusam, bukannya berkilau dan cerah. Ingat, berikan air secara teratur! Tanaman dekorasi rumah ini perlu dijaga tetap lembab tetapi tidak basah. Itu rentan terhadap kekeringan yang berlebihan. Tanah pot yang bagus dan cepat kering kemungkinan akan berhasil. Beri makan tanaman pupuk cair yang lemah sepanjang musim tanam. Mereka adalah pengumpan yang relatif berat saat sehat.

Jade

tanaman jade, tanaman hias, tanaman dekorasi rumah, jade
Jade

Tanaman Jade (Crassula Ovata) adalah tanaman hias sukulen yang populer dengan daun berdaging berbentuk oval dan batang kayu tebal yang menyerupai batang pohon kecil. Jade dapat tumbuh hingga ukuran 3–6 inci, tetapi tumbuh dengan lambat, hanya tumbuh sekitar dua inci setahun. 

Kadang disebut tanaman uang atau pohon, tanaman keberuntungan, tanaman persahabatan, atau tanaman dolar, tanaman dekorasi rumah ini dulunya dianggap membawa keberuntungan bagi pemiliknya sehingga sering diberikan sebagai hadiah pindahan rumah. Beberapa spesies terkadang terlihat diberi label sebagai tanaman giok di pusat taman, karena mereka memiliki persyaratan budaya yang sama. 

Tanaman Jade umumnya tidak banyak “menuntut” dan mudah tumbuh, tetapi mereka rentan terhadap kutu putih dan penyakit jamur. Seperti semua sukulen, penyiraman yang berlebihan pasti berakibat fatal, jadi lakukan kesalahan pada sisi yang terlalu kering daripada terlalu basah. Mereka membutuhkan tangan yang rata dengan air dan banyak cahaya untuk mengembangkan potensi penuh mereka. Dengan kondisi yang tepat ini, tanaman giok akan menghasilkan bunga putih di akhir musim dingin, membuat tampilan yang menarik dan sedikit harum.

Lidah Buaya (Aloe Vera)

tanaman lidah buaya, tanaman hias, tanaman dekorasi rumah, aloe vera
Lidah Buaya

Aloe Vera biasanya ditanam sebagai tanaman hias dan disukai karena gel dari daunnya membuat salep kulit yang menenangkan, meski beberapa orang malah teriritasi oleh gel tersebut. Ada lebih dari 300 spesies lidah buaya, tetapi yang paling umum ditanam sebagai tanaman hias adalah Aloe Barbadensis. Tanaman dekorasi rumah Ini memiliki daun tebal dan berair yang ditumbuk dengan gel encer. Daunnya tumbuh dari pangkal tanaman, berbentuk roset, dan memiliki tepi bergerigi dengan duri yang fleksibel.

Bunga runcing muncul di batang tinggi, dalam nuansa kuning, oranye dan merah. Lidah buaya muda biasanya tidak berbunga dan membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk menghasilkan tangkai.

Tanaman Payung (Schefflera)

tanaman payung, tanaman hias, tanaman dekorasi rumah, schefflera
Tanaman Payung

Spesies Schefflera adalah tumbuhan tropis yang indah. Schefflera yang lebih besar (kadang-kadang disebut tanaman payung) memiliki daun hijau oval yang panjang dan berkilau yang menjuntai dengan anggun dari tangkai tengah, menyerupai payung. Schefflera dewasa mungkin memiliki 12 hingga 16 helai daun dari satu tangkai, sementara schefflera yang belum dewasa lebih cenderung memiliki empat hingga enam helai. Jenis arboricola (kadang-kadang disebut schefflera kerdil) memiliki daun yang lebih kecil dan mengkilap, kadang-kadang dengan warna krem.

Tanaman hias Schefflera tahan hanya untuk zona 10 (hangat/panas). Dalam iklim yang lebih dingin, mereka tumbuh di dalam ruangan selama sebagian besar tahun dan dapat dibawa keluar selama bulan-bulan hangat. Di dalam ruangan, mereka akan tumbuh subur bersama tanaman tropis lainnya. Namun, tanaman dekorasi rumah ini tidak mungkin mekar di dalam. Mereka biasanya harus tumbuh di luar ruangan untuk menampilkan pertunjukan bunga seperti tentakel merah, putih, atau merah muda. 

Schefflera bukanlah tanaman yang sulit tumbuh jika menerima banyak cahaya tidak langsung, kehangatan, dan kelembapan. Di iklim yang sangat dingin, panas bawah mungkin diperlukan. Tanaman hias ini berkaki panjang dapat dipangkas untuk menghasilkan tanaman yang lebih penuh. Di dalam ruangan, schefflera rentan terhadap masalah dengan kutu daun, yang meninggalkan embun madu yang menyebabkan jamur jelaga; obati kutu daun dengan semprotan sabun insektisida. Di luar ruangan, tanaman rentan terhadap beberapa hama, termasuk kutu putih, tungau laba-laba, kutu daun, dan serangga yang dikenal sebagai sisik.

Itu dia, beberapa tanaman dekorasi rumah terbaik untuk menghias rumahmu. Pilih tanaman sesukamu. Cari tahu mana yang menurutmu cocok untuk digunakan sebagai dekorasi rumahmu.

Avatar

Hello Flokq

Related Posts

fallback-image

15 Computer Desk Designs: Minimalist and Modern

15 Desain Meja Komputer Minimalis dan Modern

15 Desain Meja Komputer Minimalis dan Modern

Cara Membersihkan Laptop yang Tepat, Mudah dan Aman!

Cara Membersihkan Laptop yang Tepat, Mudah dan Aman!

10 Cara Membungkus Kado Unik, Mudah dan Kreatif!

10 Cara Membungkus Kado Unik, Mudah dan Kreatif!

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *