Tips Bepergian dengan Kereta di Indonesia

Tips Bepergian dengan Kereta di Indonesia

Indonesia adalah negara yang sangat luas dengan kepadatan penduduk yang terpusat terutama di Pulau Jawa. Karena populasinya yang padat, pembangunan infrastruktur transportasi umum di pulau Jawa sangat masif. Hal ini terutama terjadi pada infrastruktur kereta api dan rel kereta api yang melewati kota-kota besar di pulau Jawa.

Aplikasi Travel Terbaik di Indonesia

Kereta api biasanya menjadi alternatif perjalanan yang lebih murah daripada pesawat, terutama untuk perjalanan antar kota di pulau Jawa. Kualitas kereta api Indonesia telah meningkat secara signifikan. Jadi jangan khawatir, harganya yang terjangkau bukan berarti pelayanannya buruk. Untuk membantu perjalananmu dengan kereta api, berikut adalah panduan bepergian dengan kereta api!

Tempat membeli tiket

1. Stasiun kereta

train station travel indonesia

Kamu bisa pergi ke stasiun kereta api terdekat jika ingin membelinya secara langsung. Kamu juga bisa mengetahui cara untuk penjadwalan ulang tiket keberangkatan. Pembatalan dan penjadwalan ulang tiket kereta api bisa dengan memproses tiket yang sudah dipesan di stasiun kereta. Membeli tiket di stasiun cocok untuk calon penumpang yang lebih memilih membayar tiket secara tunai. Selain itu, tiket kereta api jarak dekat hanya dibeli di stasiun dan tidak akan tersedia selain membeli dari KAI Access.

Agen Travel Terbaik di Indonesia

2. KAI Access

kai access train travel indonesia
KAI Access

Sebagai aplikasi milik perusahaan Kereta Api Indonesia, KAI Access melayani semua calon penumpangnya dengan baik secara digital. Aplikasi ini menyediakan informasi, seperti jadwal kereta, harga, dan metode pembayaran online untuk kenyamananmu. KAI Access juga menyediakan tiket jarak dekat yang bisa dibeli secara online. KAI Access akan memberimu boarding pass dan kode QR. Pembayaran akan lebih mudah jika kamu memiliki dompet elektronik LinkAja! KAI Access juga menerima pembayaran dengan kartu kredit.

3. Traveloka

traveloka train travel indonesia
Sumber: Wikipedia

Aplikasi yang sudah sangat familiar untuk para pelancong, Traveloka  adalah aplikasi yang wajib ada di smartphone-mu. Khusus untuk membeli tiket kereta api, Traveloka akan memberikan all-in-one dengan berbagai pilihan dan layanannya. Tidak hanya memberikan jadwal dan rute kereta api, tetapi juga akan memberikan pilihan tempat menginap.

Traveloka juga akan memberikan pilihan rental mobil dengan harga terjangkau. Traveloka juga sering mengadakan promo besar, jadi kamu pasti bisa berhemat! Kalau kamu ingin dijemput atau melanjutkan perjalanan dari stasiun atau bandara, kamu bisa memesan jasa penjemputan juga di aplikasi ini, lho!

Tips bepergian

1. Saat Check-in

check in train travel indonesia

Sebelum check-in, persiapkan kartu identitasmu dan tiket keberangkatanmu. Pastikan kamu sudah berada di stasiun setidaknya satu jam sebelum jadwal keberangkatan agar tidak ketinggalan kereta.

Jangan lupa untuk bertanya ke meja informasi di mana keretamu, terutama jika stasiunnya sangat besar. Maka dari itu, kamu harus datang lebih awal, ya! Selain itu, jangan lupa persiapkan uang tunai kalau kamu ingin membeli makanan di dalam kereta.

2. Makanan

food train travel indonesia coffee cup

Biasanya di stasiun kereta api ada Loko Café yang menyediakan makanan jika kamu ingin makan terlebih dahulu sebelum masuk ke dalam kereta. Banyak toko di stasiun untuk membeli air mineral dan roti untuk ngemil di dalam kereta nantinya.

Saat di dalam kereta, petugas biasanya menawarkan air dan makanan ke setiap gerbong. Jika kamu ingin meregangkan tubuh dan makan selain di tempat dudukmu, kamu bisa berjalan ke gerbong kantin. Mereka akan menawarkan hal yang sama dan meminjamkan microwave jika kamu membawa makanan sendiri. Oh ya! jangan lupa membawa uang tunai karena mereka biasanya hanya menerima uang tunai untuk pembayarannya.

3. Barang-barangmu

belongings leather bag traint travel indonesia

Bawa uang tunai lebih jika kamu ingin menggunakan jasa kuli angkut untuk membawa barang-barangmu yang berat. Jika kamu ingin membawanya sendiri, jangan turun ke peron dulu. Tunggu sampai kereta berhenti sepenuhnya, agar kamu tidak berjalan lagi menuju pintu kereta.

Terkadang ada pengait di dekat tempat duduknya, kamu bisa menaruh tas kecil atau jaketmu di situ. Ada stopkontak juga yang bisa kamu gunakan untuk mengisi daya smartphone-mu. Jika kamu melakukan perjalanan jauh, lebih baik bawa tas kecil atau ransel untuk memudahkanmu menyimpan air atau barang elektronikmu. Jangan lupa membawa jaket, ac di dalam kereta sangat dingin!

Kami berharap artikel ini berguna untukmu! Semoga semua yang kami jelaskan sudah cukup jelas untukmu melakukan perjalanan menggunakan kereta api. Jangan lupa selalu simpan tiket di dekatmu untuk menghindari masalah dengan otoritas kereta dan petugas keamanan!

Avatar

Hello Flokq

Related Posts

Best Apartments near Soekarno Hatta Airport

Best Apartments near Soekarno Hatta Airport

Best Kost-kostan Near Kalibata

Best Kost-kostan Near Kalibata

Rekomendasi Drama Korea Romance Comedy

Rekomendasi Drama Korea Romance Comedy

Rekomendasi Drama Korea Terkini

Rekomendasi Drama Korea Terkini

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *