Universitas Terbesar di Jakarta

Universitas Terbesar di Jakarta

Jakarta memiliki banyak pilihan dalam hal pendidikan. Ada beberapa universitas ternama di Jakarta. Setiap universitas memiliki keunggulannya sendiri. Secara umum, peringkat akan membantu untuk memahami keunggulan masing-masing. Universitas-universitas ini juga memiliki nilai tambah tertentu seperti kedekatan kampus dan aksesibilitas bagi mahasiswanya. Nah, inilah 8 universitas terbesar di Jakarta berdasarkan pemeringkatan 2019 oleh Kemenristek.

Universitas Indonesia

Dikenal dengan jaket almamater kuningnya yang khas, Universitas Indonesia merupakan universitas terkemuka di berbagai bidang ilmu. Karena warnanya yang khas, mahasiswa Universitas Indonesia sering disebut sebagai Jakun atau ‘Jaket Kuning’.

Universitas Indonesia Memiliki dua lokasi kampus yang terpisah, yaitu di Salemba dan Depok. Di bidang penelitian, UI memiliki lebih dari 60 organisasi penelitian di 18 fakultas, 2 sekolah, dan program vokasi. Alumni terkemuka dari UI, seperti Menteri Keuangan Indonesia saat ini Sri Mulyani dan Mohammad Hatta sebagai wakil presiden pertama Indonesia.

Universitas Bina Nusantara

Biasa dikenal sebagai ‘BINUS’, universitas ini adalah universitas swasta yang didirikan pada tahun 1996 dan berevolusi dari lembaga pelatihan komputer. Itu sebabnya BINUS memiliki banyak program terkait tekonologi, seperti dalam cybersecurity dan sistem informasi. BINUS memiliki tiga fakultas dan empat sekolah, calon mahasiswa juga bisa memilih program online sepenuhnya dan gelar sarjana ganda.

Kampus mereka tersebar di 3 tempat di Jakarta, yaitu di Jakarta Barat, Jakarta Selatan, dan Alam Sutera. BINUS juga memiliki kampus di Malang, Bandung, dan Bekasi – yang terakhir bisa dibilang paling dekat dengan Jakarta.

Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

Universitas ini didirikan pada tahun 1960 dan dikenal dengan lambang hijau yang khas dan akar Katolik dalam sejarahnya. Universitas ini membebaskan mahasiswa untuk berkembang di luar kelas dalam berbagai organisasi. Universitas ini memiliki 8 fakultas dan satu sekolah pascasarjana. Beberapa fakultas tersebut meliputi Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, dan Fakultas Teknik.

Biasa disingkat Unika Atma Jaya, universitas ini memberikan kesempatan kepada mahasiswanya untuk mengembangkan kemampuan linguistiknya. Unika Atma Jaya memiliki 3 kampus di Jakarta yang terletak di Semanggi, Pluit, dan Bumi Serpong Damai (BSD)..

Universitas Tarumanagara

Universitas ini termasuk perguruan tinggi swasta tertua di Indonesia bersama dengan Unika Atma Jaya. Biasa disingkat sebagai ‘UNTAR’, universitas ini didirikan pada tahun 1959 dan dibangun untuk pendidikan tinggi di bidang ekonomi. UNTAR memiliki 8 fakultas dengan 40 program studi yang bisa dipilih oleh calon mahasiswa. Program studi tersebut termasuk desain komunikasi visual, hukum, arsitektur, psikologi, teknik industri, teknik mesin, akuntansi, desain interior, kedokteran, teknik sipil, dan manajemen.

Universitas Tarumanagara memiliki kampus di tiga tempat yang terletak di Jakarta Barat untuk kampus pertama dan kedua. Sementara itu, kampus ketiga berlokasi di Jakarta Selatan dan kampus keempat yang sedang dibangun berlokasi di Karawaci.

Universitas Trisakti

Disingkat ‘Usakti’, Universitas Trisakti didirikan dengan nama Universitas Baperki, kemudian menjadi Universitas Res Publika sebelum menggunakan nama saat ini. Usakti semula hanya memiliki lima fakultas, namun kemudian bertambah menjadi empat fakultas lagi untuk mengimbangi pembangunan nasional Indonesia. Dari 8 program tersebut, Usakti memiliki 23 program sarjana (S1), 12 program pascasarjana (S2), dan 3 program doktor (S3).

Seluruh fakultas Universitas Trisakti tersebar di 6 kampus di seluruh Jakarta. Kampus A, B dan G di Jakarta Barat, C dan F di Timur, sedangkan D di Selatan. Mereka juga memiliki kampus di Nagrak, namun tidak digunakan untuk kegiatan belajar-mengajar sehari-hari.

Universitas Pancasila

Universitas ini adalah salah satu universitas swasta terbaik di Indonesia yang didirikan pada tahun 1966. Universitas yang berdiri saat ini merupakan hasil penggabungan antara Universitas Pancasila yang lama dan Universitas Bung Karno. Universitas Pancasila memiliki 7 fakultas dan fakultas hukumnya dicatat oleh Tempo sebagai fakultas favorit di Indonesia.

Universitas Pancasila terbagi menjadi dua lokasi, kampus utamanya di Jagakarsa, Jakarta Selatan, dan Kampus Pascasarjana di Menteng. Universitas tersebut hampir dijadikan universitas negeri pada tahun 2015, tetapi dibatalkan karena kurangnya tanah yang dimiliki.

Universitas Mercu Buana

Perguruan tinggi swasta ini berdiri pada tahun 1985, awalnya bernama Akademi Wirausaha Dewantara pada tahun 1981. Pendirian perguruan tinggi dari akademi tersebut dilakukan berdasarkan Surat Keputusan Ketua Yayasan Menara Bhakti. Universitas Mercu Buana memiliki 6 fakultas, program pascasarjana, dan program kejuruan dalam kurikulum universitasnya.

Universitas Mercu Buana (UMB) memiliki 4 kampus, yaitu A, B, C, dan D. Kampus A dan B berlokasi di Jakarta, sedangkan Kampus C di Depok dan Kampus D di Bekasi. Hal ini menjadikan kampus A dan B menjadi kampus yang secara teknis berada di Jakarta.

Universitas Gunadarma

Didirikan pada tahun 1981, Universitas Gunadarma (UG) awalnya lembaga pendidikan komputer. Baru pada tahun 1996 berganti menjadi universitas. Ngomong-ngomong, UG adalah salah satu universitas swasta terpopuler untuk calon mahasiswa yang akan masuk perguruan tinggi. UG memiliki 6 fakultas yang melayani mahasiswa sarjana (S1), pascasarjana (S2), dan doktor (S3).

Universitas Gunadarma dipisahkan menjadi beberapa kampus, dengan total empat belas kampus. Kampus A, B, C, H2, J5, dan L berada di Jakarta. Kampus lainnya berada di Depok, Bekasi, dan Tangerang. Kampus ini memiliki total 167 ruang kuliah.

Ada beberapa pertimbangan yang mungkin dilakukan sebelum memilih salah satunya. Hal-hal seperti sulitnya masuk, jarak dari rumah, biaya hidup menjadi hal-hal yang perlu dipertimbangkan. Daftar ini hanyalah gambaran umum dari universitas di atas. Jadi lakukan riset dan tanyakan teman, keluarga, dan cek di internet untuk informasi lebih lanjut! Jika mungkin membutuhkan informasi yang berbeda dari yang kami taruh di sini.

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

8 Rekomendasi Apartemen Terbaik Dekat UMN!

8 Rekomendasi Apartemen Terbaik Dekat UMN!

Top 10 Restoran Korea di Jakarta, Dijamin Bikin Ngiler!

Top 10 Restoran Korea di Jakarta, Dijamin Bikin Ngiler!

10 Apartemen Murah Di Jakarta Selatan, Bikin Nyaman Di Dompet

10 Apartemen Murah Di Jakarta Selatan, Bikin Nyaman Di Dompet

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *