Tempat Oleh-Oleh Terbaik di Jakarta

Entah kamu tinggal untuk waktu yang lama atau singkat, oleh-oleh adalah suatu keharusan jika kamu tinggal di Jakarta. Selama kamu tahu ke mana harus mencari, menemukan kerajinan tangan yang terjangkau dan berkualitas tinggi adalah hal yang mudah. Tapi, jika kamu tidak tahu di mana (atau bagaimana) mencarinya, berburu oleh-oleh kerajinan tangan bisa jadi rumit dan menghabiskan waktu. Karena itu, kami menyusun daftar toko oleh-oleh terbaik di Jakarta untuk kamu jelajahi.

Baca juga: Mal Perbelanjaan Terbaik di Jakarta

Iangan lupa meluangkan satu hari penuh untuk mengunjungi tempat-tempat ini, karena ada banyak cinderamata dan oleh-oleh menunggumu!

1. Pusat Oleh-Oleh dan Kerajinan Jakarta

woodworks souvenir shop jakarta

Pusat Oleh-oleh dan Kerajinan Jakarta atau dikenal sebagai Pusat Cinderamata dan Kerajinan Jakarta adalah hotspot oleh-oleh yang sangat didukung oleh pemerintah Jakarta. Pusat ini bertujuan untuk memberdayakan pemilik usaha kecil dan menengah yang memproduksi cinderamata buatan tangan, dari ornamen hingga makanan jalanan.

Pusat Cinderamata dan Kerajinan Jakarta adalah tempat yang tepat untuk mencari oleh-oleh asli Betawi dan Jakarta. Di sini, kamu dapat membeli oleh-oleh unik seperti batik tulis (batik tulis yang menggambarkan pemandangan Jakarta) dan boneka Ondel-Ondel. Namun, cinderamata terlaris di toko ini adalah produk makanan kering mereka, seperti kembang goyang dan kue semprong.

Jika kamu belum sempat mencoba makanan asli Betawi, luangkan waktu luangmu di sini dan cobalah Gado-Gado dan Soto Betawi yang dijual di depan pusat!

Alamat: Jl. Satrio No 7, Kuningan, Jakarta Selatan.

Kisaran Harga: Rp15.000,00-Rp300.0000,00

Jam Buka: 10.00-19.00, 10.00-16.00 (Ramadhan)

2. Betawi Store

betawi store souvenir shop jakarta
Betawi Store

Lenggang Jakarta merupakan bagian dari kompleks Monumen Nasional (Monas), terdapat sebuah rumah warisan Betawi yang dicat putih dengan perabotan kayu antik dan aksen hijau-emas. Itu adalah Betawi Store, pusat cinderamata yang mendistribusikan barang-barang yang dibuat oleh bisnis kerajinan tangan kecil dari seluruh Jakarta.

Di Betawi Store, kamu bisa menemukan cinderamata peninggalan Betawi yang jarang kamu temukan di tempat lain. Kamu bisa menemukan kebaya krancang, kedok, sendal lily, bangku Betawi, dll.

Toko ini sangat terkenal dengan penjual jajanannya. Pilihan favorit penduduk sekitar dan turis adalah kerak telor yang legendaris dan bir pletok yang selalu populer (bir ‘halal’ versi Betawi).

Alamat: Jalan Medan Merdeka Selatan RT.5/RW.2 Lenggang Jakarta MONAS, RT.5 / RW.2, Gambir, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10110

Kisaran Harga: Rp10.000,00-Rp1.500.000,00

Jam Buka: 09.00-19.00 (hari kerja), 07.00-20.00 (akhir pekan)

3. Pasar Jatinegara

souvenir shop jakarta

Pasar Jatinegara, secara historis dikenal sebagai Pasar Mester atau Pasar Kemis, telah ada sejak zaman kolonial Belanda. Bahkan sampai sekarang, tempat ini masih menjadi pasar utama bagi penduduk sekitar di Jakarta.

Pasar Jatinegara pun cukup luas dan barang yang bisa kamu beli juga sangat beragam. Sebagai permulaan, kami sarankan kamu membeli makanan ringan tradisional (atau kue), karena itu adalah pilihan favorit di Pasar Jatinegara.

Tips dari kami: waspadai pencopet dan jangan mengenakan pakaian atau aksesori mencolok. Pastikan kamu juga membawa uang tunai karena sebagian besar toko tidak menerima kartu kredit.

Alamat: Jl. Tim Jatinegara., Bali Mester, Kecamatan Jatinegara, Kota Jakarta Timur, Jawa Timur 13310

Kisaran Harga: bervariasi (biasanya kurang dari Rp500.000,00)

Jam Buka: beragam (pasar loak buka 24 jam)

4. Thamrin City

Hanya empat menit dari pasar Tanah Abang yang terkenal, Thamrin City adalah pusat ritel untuk para fashionista yang mencari pakaian dengan harga terjangkau namun berkualitas.

Thamrin City adalah tempat terbaik untuk berbelanja pakaian barat maupun tradisional. kamu tidak hanya akan menemukan kaos sablon (yang bisa kamu dapatkan dengan harga murah dalam jumlah besar) di sini, tetapi juga pakaian Betawi seperti pangsi dan kebaya Betawi. Omong-omong, jika kamu berpikir untuk membawa pulang kebaya, Thamrin City memiliki koleksi rok batik yang bersahabat dengan kantong untuk melengkapi penampilanmu.

Toko-toko di Thamrin City, selain menjual pakaian tradisional, juga memiliki kerajinan tangan Jakarta seperti miniatur Monas dan boneka Ondel-Ondel dari kayu. Sebut saja, mereka pasti punya!

Tips: untuk orang asing, bawa teman Indonesia yang bisa kamu percaya untuk membantumu untuk menawar harga. Kamu bisa mendapatkan penawaran yang lebih baik, loh!

Baca juga: Apartemen Terjangkau di Thamrin

Alamat: Jl. K.H. Mas Mansyur, Kb. Melati, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10230

Kisaran Harga: Rp35.000,00-Rp260.000,00 (pakaian)

Jam Buka: 09.00-22.00

5. Mpok Romlah

mpok romlah oleh oleh souvenir shop jakarta
Mpok Romlah Oleh-Oleh Jakarta

Masih membutuhkan lebih banyak pasokan oleh-oleh khas Jakarta? Jangan khawatir! Mpok Romlah Oleh-Oleh Jakarta adalah tempat yang pas buat kamu yang membutuhkan lebih banyak cinderamata khas Jakarta berkualitas dengan harga yang wajar.

Di sana, kamu dapat menemukan kerajinan tangan kontemporer yang tampak unik seperti tas cetak, tas kanvas, dan tas laptop dengan tambalan Jakarta. Semuanya patut dicoba, semuanya terjangkau, dan terkadang Mpok Romlah memberikan diskon ketika kamu membeli dalam jumlah besar.

Mpok Romlah sangat terkenal karena kue dan makanan ringannya, seperti pencok, biji ketapang, sagon, dan rengginang berbagai rasa. Singkatnya, Mpok Romlah adalah tempat yang wajib kamu kunjungi jika kamu ingin membawa pulang paket kue untuk tetangga atau gurumu yang sudah lansia.

Situs Web: https://romlah.com/

Alamat: Jl. Swadaya II No.20B, RT.7/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530

Kisaran Harga: Rp7.500,00-Rp 57.000,00

Jam Buka: 09.00-20.00 (hari kerja), 09.00-17.00 (akhir pekan)

6. Babakan Setu

Dikenal sebagai kampung warisan budaya, Babakan Setu adalah tempat oleh-oleh untuk pernak-pernik dan pakaian Betawi.

Ada bermacam-macam barang unik yang dapat kamu temukan di sini, dari topeng Ondel-Ondel hingga boneka, bahkan keris dan parang tradisional Betawi. Hadiah anti-mainstream lainnya termasuk miniatur bajaj dan kerak telor.

Setu Babakan adalah surga kuliner. Di sini, kamu dapat mencoba berbagai jajanan seperti nasi ulam, kerak telor, rujak bebek, es selendang mayang, dan banyak lagi.

Selain itu, tempat ini merupakan cagar budaya, kamu bisa menikmati pertunjukan seperti Tari Topeng atau balas pantun. Terutama bagi kamu yang sedang belajar budaya Betawi, tempat ini sangat direkomendasikan!

Situs Web: http://www.setubabakanbetawi.com/en/

Alamat: Jl. RM. Kahfi II, RT.13/RW.8, Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan, DKI Jakarta, Indonesia, 12640.

Kisaran Harga: bervariasi dari toko ke toko

Jam Buka: 06.00-18.00

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

5 Rekomendasi Coworking Space Tangerang Terbaik

5 Rekomendasi Coworking Space Tangerang Terbaik

7 Daftar Rumah Sakit Terbaik di Tangerang

7 Daftar Rumah Sakit Terbaik di Tangerang

10 Rekomendasi Toko Cerutu di Jakarta: Produk Rokok Terbaik

10 Rekomendasi Toko Cerutu di Jakarta: Produk Rokok Terbaik

8 Rekomendasi Menu Burger King Terbaik, Enak dan Harganya Sepadan!

8 Rekomendasi Menu Burger King Terbaik, Enak dan Harganya Sepadan!

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *