12 Rekomendasi Anime Romantis: Dari Komedi hingga Tragedi, Sediakan Cemilan dan Tisu Anda!

12 Rekomendasi Anime Romantis: Dari Komedi hingga Tragedi, Sediakan Cemilan dan Tisu Anda!

Di masa PPKM ini, kesepian bukan hal baru bagi banyak orang. Namun, ada juga yang masih membutuhkan masa sendiri ini untuk beristirahat dari kesibukan kehidupan sosial, baik yang sedang istirahat dari hubungannya ataupun Anda yang baru putus dan ingin sendiri dulu. Meskipun demikian, manusia sebagai makhluk sosial tetap membutuhkan rasa, atau apapun yang dapat menstimulasi rasa tersebut. Jika Anda memiliki masalah yang sama, 12 anime romantis ini dapat mengaduk gelak tawa Anda juga mengucurkan air mata.

1. Tsuki ga Kirei

source: Tsuki ga Kirei

Sebagai salah satu serial romansa remaja sekolah, serial Tsuki ga Kirei memiliki jalur cerita yang cukup sederhana dan cukup relatable bagi banyak orang. Anime ini fokus pada latar sekolah dan para siswa yang menjadi sebagian besar tokoh cerita.

Tokoh utama serial ini adalah Kotarou Azumi yang gemar membaca buku dan sering mengutip penulis Osamu Daza untuk meningkatkan nuansa keindahan dari anime ini. Dalam episode terakhirnya, banyak adegan yang cukup intens dipertontonkan. Serial ini juga tidak mengabaikan tokoh pendukung dalam alur ceritanya, sehingga Anda juga dapat mengetahui apa saja yang terjadi di luar jalan hidup tokoh utama sendiri.

2. Fruit Basket

Termasuk genre komedi, romansa, dan supernatural, Fruit Basket merupakan anime romantis yang cukup populer hingga saat ini. Anime ini fokus pada Tooru Honda dnegan Yuki Souma, sang pangeran sekolah, dan sepupunya, Shigure Souma, penulis terkenal. Mereka saling berkaitan karena Tooru tanpa sengaja mengetahui rahasia keluarga Souma yang dapat berubah menjadi binatang sesuai zodiac mereka jika dipeluk sesorang.

Meskipun terdengar imut, hal ajaib ini sebenarnya berasal dari kutukan sejarah gelap keluarga Souma. Ini juga yang menjadi konflik tambahan dalam plot anime ini. Berbekal keteguhan dan kebaikan hatinya, Tooru bertemu dengan satu per satu anggota Souma dan terlibat semakin dalam dengan rahasia keluarga mereka.

3. Beastars

Dalam anime ini, para tokohnya adalah hewan antropomorfik (berperilaku dan berpenampilan seperti manusia). Masyarakat antropomorfik ini juga memiliki masalah utama yakni perbedaan antara kelas karnivora dan herbivora, yang juga menjadi konflik utama plot anime. Tokoh utamanya adalah Legoshi, serigala abu-abu yang tidak percaya diri dan sering mengalami kecurigaan akibat statusnya sebagai karnivora.

Legoshi adalah seorang siswa SMA yang kemudian jatuh cinta pada Haru, kelinci putih yang sering dirundungi oleh teman-teman sekolah lain. Dari sinilah plot anime semakin berkembang dan cenderung melibatkan elemen gelap seperti pembunuhan, perundungan, dan lain sebagainya.

4. Kamisama Hajimemashita

Momozono Nanami yang sedang lari dari hutang akibat perjudian ayahnya bertemu dengan Mikage, seorang dewa tanah, yang sedang diganggu oleh anjing liar. Setelah menyelamatkan Mikage, Nanami kemudian ditawari untuk tinggal di rumah Mikage yang sebenarnya adalah sebuah kuil, namun Nanami baru mengetahui hal tersebut setelah menyetujui tawaran Mikage untuk menjaga kuil tersebut, alias menjadi dewi pengganti Mikage.

Nanami pun memulai hidup baru sebagai dewi kuil yang mengharuskannya belajar mengurusi tanggung jawab Mikage, bersosialisasi dengan dewa dan dewi lain, juga siluman-siluman seperti Tomoe, siluman rubah pengabdi Mikagi yang kini menjadi pembimbing Nanami untuk menjadi dewi tanah yang baik. Anime ini memiliki unsur romansa dan komedi sebagai genre utamanya, namun unsur supernatural dan horor juga tidak kalah banyak dalam anime ini.

5. Akatsuki no Yona

Putri Yona yang awalnya hidup damai dalam kemewahan istananya harus lari bersama Son Hak, pelindung sekaligus teman masa kecil Yona, setelah sepupu Yona, Su-won, membunuh raja dan ayah Yona. Dari sini Yona kemudian mengetahui bahwa dahulu kala, nenek moyang Yona berasal dari Naga Merah yang menjelma menjadi manusia. Naga Merah seharusnya dijaga oleh Naga Kuning, Naga Putih, Naga Biru, dan Naga Hijau yang juga menjelma menjadi manusia, namun setelah beberapa generasi tiap Naga saling terpencar.

Untuk mengembalikan kerajaannya, kini Yona berpetualang bersama Son Hak untuk mengumpulkan para Naga. Sepanjang perjalanan ini juga Yona mulai belajar akan rahasia di balik sejarah keluarga kerajaan dan alasan pemberontakan Su-won terhadap keluarganya sendiri. Anime romantis ini mengandung genre historis, supernatural, komedi, dan romansa.

6. Akagami no Shirayuki-hime

source: Akagami no Shirayuki-hime

Shirayuki, si gadis berambut merah cerah, adalah seorang apoteker handal di toko herbalnya. Hidupnya mulai terganggu ketika Pangeran Raji berusaha memaksa Shirayuki menjadi selirnya. Untuk menghindari lamaran tersebut, Shirayuki memotong rambutnya dan lari ke hutan. Di sinilah Shirayuki bertemu dengan Pangeran Zen Wistalia dari negeri Clarines. Untuk membalas budi Zen, Shirayuki bertekad untuk menjadi ahli herbal kerajaan.

Petualangan di anime romantis ini berpusat pada kehidupan Shirayuki di istana kerajaan Clarines juga perjalanan Zen agar dapat menjadi pewaris tahta yang layak bagi kerajaannya. Kedua tokoh saling bahu membahu dalam mencapai tujuan mereka dan mengalahkan musuh-musuh yang menghalangi mereka.

7. My Next Life As A Villainess: All Routes Lead To Doom!

Anime romantis ini memiliki genre isekai, yakni genre di mana tokoh utama merupakan manusia dari dunia biasa yang terlahir kembali di dunia lain. Katarina Claes adalah tokoh utama manusia yang terlahir dalam dunia permainan di mana dirinya seharusnya menjadi tokoh antagonis. Dalam dunia ini, Katarina Claes ditakdirkan untuk menghadapi nasib mengenaskan sebagai tokoh antagonis. Berbekal pengalaman dan pengetahuannya akan jalan cerita permainan tersebut, Katarina mulai menciptakan kembali jalan ceritanya sendiri untuk menghindari nasib mengenaskan tersebut.

Konflik utama yang menjadi tantangan terbesar Katarina ialah Katarina baru mengingat masa lalunya sebagai manusia di dunia biasa pada usia 18 tahun, di mana ia telah terkenal sebagai salah satu putri bangsawan terkejam di kalangan sosialnya. Kini, tugas Katarina ada 2—untuk menghindari nasib tragisnya sendiri, dan menyelamatkan semua tokoh yang telah menjadi korban kekejaman Katarina selama bertahun-tahun sebelumnya.

8. Ore Monogatari!!

source: Ore Monogatari!!

Dari poster ini Anda dapat menebak bahwa anime romantis ini memiliki genre komedi. Tokoh utama Takeo Gouda, tokoh laki-laki sebelah kiri pada poster, merupakan seorang siswa SMA dengan tubuh kekar dan tinggi. Bagi teman-temannya, Takeo merupakan sosok yang baik hati dan lembut, namun penampilannya selalu menakuti gadis yang ingin ia dekati sebelum Takeo sempat memperkenalkan diri. Belum lagi teman dekat Takeo yang tampan dan pendiam, Makoto Sunakawa, selalu tanpa sengaja mencuri hati tiap gadis yang disukai Takeo

Suatu hari, Takeo menyelamatkan Rinko Yamato. Takeo langsung jatuh hati pada Rinko, namun langsung menyerah karena curiga Rinko akan lebih memilih Makoto. Dengan dirinya yang masih mencintai Rinko, Takeo pun berusaha untuk mendekatkan Rinko pada Makoto.

9. Sakurasou no Pet na Kanojo

source: Sakurasou no Pet na Kanojo

Sorata Kanda, siswa penggemar kucing, jatuh cinta pada Hikari, kucing jalanan yang dipungutnya untuk diam-diam dipelihara di asrama sekolah. Namun, karena ketahuan, Sorata pun dipindahkan ke Aula Sakura yang menampung siswa-siswi bermasalah seperti Jin, playboy genit, Ryuunosuke, penyendiri akut, dan Mashiro, seniman yang selalu tenggalam dalam dunianya sendiri sehingga penjaga asrama, Ny. Sengoku, menugaskan Sorata untuk mengurusi Mashiro berikut dengan kucing-kucing jalanannya.

10. Mahoutsukai no Yome

Chise Hatori yang baru berusia 15 tahun menemukan dirinya sedang dilelang sebanyak 5 juta pon. Dengan masa lalunya yang penuh perundungan dan pengucilan dari lingkungan, Chise tidak peduli lagi dengan kelanjutan lelangan tersebut.

Akhirnya Chise dibeli oleh Elias Ainsworth, seorang tukang sihir kuno dengan wujud manusia kecuali untuk kepalanya yang berupa tengkorak hewan. Elias menyatakan bahwa Chise dibeli sebagai murid dan calon pengantin bagi Elias. Dari sinilah dimulai petualang Chise yang dikelilingi oleh peri, sihir, jin, dan makhluk-makhluk supernatural lainnya.

11. Plastic Memory

Sebagai peringatan awal, anime ini merupakan anime romantis-tragis di mana tokoh utamanya mengalami jatuh cinta yang tidak mungkin bersambung. Tsukasa Mizugaki yang berhasil mendapatkan kerja di Sion Artificial Intelligence Corporation atau SAIC yang terkenal akan produk mereka, Gifts, yakni android yang sangat mirip dengan manusia. Gifts berusia 9 tahun dan 4 bulan, dan Tsukasa ditugaskan untuk merawat salah satu dari Gift tersebut hingga tanggal kadalwarsanya.

12. I Want to Eat Your Pancreas

source: Guilty Crown

Mengambil tema Apokolips, anime ini menceritakan Jepang yang sedang dilanda Virus Apocolypse. Kini kekuasaan ada pada organisasi militer global yang disebut GHQ, kelompok yang memeriksa penyebaran virus and memberi vaksin.

Shuu Ouma, tokoh utama yang apatis, menghabiskan kesehariannya dalam kamar dan menghindari interaksi dengan banyak orang. Namun ketika Inori, seorang idola pop yang sedang lari dari tentara GHQ, Shuu memutuskan untuk menyelamatkannya.

Saat mencoba menyelamatkan Inori, Shuu memperoleh kekuatan Void Gene yang memungkinkannya untuk menarik item atau senjata dari siapa pun yang berusia di bawah tujuh belas tahun. Sekarang, Shuu harus memutuskan apakah akan bergabung dengan ‘Funeral Parlor’ dan melawan GHQ, atau mengabaikan kekuatan barunya dan melanjutkan kehidupan normalnya.

Dengan asumsi bahwa GHQ atau pemimpin karismatik Funeral Parlor, Gai, akan membiarkan Shuu hidup setelah memperoleh Void Gene.


Cemilan siap? Tisu sekotak siap? Karena tidak hanya tiap anime tersebut memiliki plot yang sangat menarik, namun juga terdiri dari sejumlah episode dan beberapa musim untuk dihabiskan. Selamat menikmati anime Anda!

Butuh lebih banyak rekomendasi anime sedih? Simak artikel berikut!

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

10 Apartemen Dekat Thamrin City dengan Fasilitas Lengkap

10 Apartemen Dekat Thamrin City dengan Fasilitas Lengkap

Membuat Ruang Sholat Keluarga yang Nyaman dalam 7 Langkah

Membuat Ruang Sholat Keluarga yang Nyaman dalam 7 Langkah

4 Cara Mudah Untuk Memperbaiki Keran Bocor

4 Cara Mudah Untuk Memperbaiki Keran Bocor

Konsisten Zero Waste Lifestyle untuk Selamatkan Bumi

Konsisten Zero Waste Lifestyle untuk Selamatkan Bumi

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *