Film Anime Sedih Untuk Kamu: 15 Film Yang Wajib Ditonton!

Untuk pecinta film di luar sana, kami tahu beberapa dari kamu benar-benar menikmati menonton film sedih. Jika kamu mencari sesuatu yang baru untuk ditambahkan ke daftar tontonanmu, mungkin kamu dapat mencoba menonton beberapa film anime sedih. Tapi tentu saja, kamu selalu bisa memilih genre lain dari serial, drama, atau bahkan animasi Jepang atau yang biasa disebut anime untuk menghibur diri sendiri.

Film anime menawarkan jalan cerita yang beragam, seperti romansa, misteri, dan kesedihan. Salah satu genre film anime yang diminati oleh banyak orang adalah kisah sedih yang akan membuatmu menangis. Film anime sedih bisa jadi salah satu rekomendasi untuk kamu tonton, karena bisa membantumu untuk melepaskan emosi.

Siapkan tisu, karena kami telah menyiapkan 11 rekomendasi film anime sedih yang bisa kamu tonton.

1. Hotarubi no Mori e (To the Forest of Firefly Lights) – 2011

Penggemar anime pasti sudah tidak asing lagi dengan film anime sedih yang satu ini. Anime pendek berdurasi kurang lebih 45 menit ini sukses membuat dada sesak. “To the Forest of Firefly Lights” bercerita tentang seorang gadis kecil dari kota bernama Takegawa Hotaru dan kisah cinta pertamanya dengan arwah yang tampak seperti manusia menggunakan topeng. Tapi, ada masalah, arwah ini tidak bisa disentuh oleh manusia, atau dia akan hilang selamanya. Film romantis tragis ini memperlihatkan bagaimana dua makhluk yang saling mencintai, namun tidak akan pernah bisa bersama karena hal-hal yang berada di luar kendali mereka. Kisah cinta mereka akan membuatmu menangis tersedu-sedu.

2. Koe no Katachi (A Silent Voice) – 2016

Dari semua film anime sedih yang ada di sini, anime ini memiliki tema yang sedikit berbeda, yaitu tentang bullying. Anime berjudul “A Silent Voice” ini menceritakan tentang Shouko Nishimiya, seorang gadis tuna rungu yang pindah ke sekolah dasar. Di sekolah barunya, ia sering di-bully oleh Shouya Ishida, yang membuat Shouko pindah sekolah. Akibat ulah Shouya, ia diintimidasi oleh teman-temannya dan menjadikannya sosok yang pendiam. Shoya berusaha keras untuk mendapatkan pengampunan darinya. Melihat upayanya, kamu akan merasakan gejolak emosi yang dimainkan dengan alur cerita yang menyedihkan.

Orang-orang juga membaca Film Komedi Romantis Thailand Terbaik

3. Kimi no Na wa (Your Name) – 2016

Film anime yang berjudul “Your Name” merupakan salah satu film terpopuler, karena dikenal dengan eksekusi visualnya yang memukau. Oleh karena itu, film ini berhasil mendapatkan predikat sebagai anime terbaik di Jepang tahun 2016. Film ini bercerita tentang seseorang yang berada di dalam tubuh orang lain, mereka berusaha untuk beradaptasi dan menemukan satu sama lain untuk memahami kejadian aneh tersebut. Film ini akan membuatmu merasa seperti sedang menaiki rollercoaster. Manis, lucu, sedih sampai bikin nangis.

4. Ano Hi Mita Hana no Namae wo Bokutachi wa Mada Shiranai (Anohana: The Flower We Saw That Day) – 2011

Terlepas dari judulnya yang panjang, film ini merupakan anime sedih terbaik yang akan membekas di hatimu karena jalan ceritanya. Anohana bercerita tentang persahabatan dan tragedi. Persahabatan 6 anak SD yang manis, namun semua itu berubah, ketika salah satu temannya yang bernama Menma meninggal dunia. Lima teman yang tersisa menyalahkan diri sendiri satu sama lain, hingga memenuhi pikiran mereka sendiri. Mereka semua berusaha menghabiskan hari demi hari untuk menghilangkan rasa bersalah mereka, hingga salah satu dari mereka dihampiri oleh roh Menma yang menghantui.

5. Ookami kodomo no Ame to Yuki (Wolf Children) – 2012

Wolf Children merupakan film yang menceritakan tentang perjuangan seorang ibu bernama Hannah yang membesarkan kedua anaknya yang setengah manusia dan setengah serigala. Dianggap berbahaya bagi tetangganya, Hana memutuskan untuk tinggal bersama kedua anaknya yang tidak bisa mengontrol perubahan mereka. Di kediaman barunya, kesabaran Hannah dalam merawat kedua anaknya serigala benar-benar diuji.

Orang-orang juga membaca Film Romantis Terbaik Sepanjang Masa

6. Hotaru no Haka (Grave of the Fireflies) – 1988

Penggemar anime pasti pernah mendengar anime yang satu ini. “Grave of the Fireflies” merupakan salah satu karya Hayao Miyazaki yang pertama kali tayang pada tahun 1988. Anime ini mengambil kisah nyata dari Perang Dunia II yang sedang berlangsung. Sepasang kakak beradik yang menjadi korban bom atom yang dijatuhkan oleh Amerika di Hiroshima dan Nagasaki. Perjuangan hidup mereka selama masa perang ini benar-benar akan membuat kalian berlinang air mata. Di akhir cerita, kalian akan paham arti dari kunang-kunang yang menjadi judul dari anime ini.

7. Shigatsu wa Kimi no Uso (Your Lie in April) – 2016

Your Lie in April merupakan salah satu anime sedih populer yang dianggap menggambarkan pentingnya cinta dan persahabatan melalui musik. Film ini diawali dengan seorang pianis bernama Arima Kousei yang mengalami trauma bermain piano akibat kematian ibunya. Kemudian, dia bertemu Miyazono Kaori, seorang gadis pemain biola, yang berusaha membuat Kousei kembali bermain musik. Seberapa dekat dan indahnya hubungan kedua karakter tersebut justru membawa kita ke jurang kesedihan yang mendalam.

8. Clannad: After Story – 2009

“Clannad: After Story” adalah sekuel anime Clannad yang telah dirilis sebelumnya. Film ini bercerita tentang seorang remaja nakal Tomoya yang tinggal bersama ayahnya. Suatu saat, dia bertemu Nagisa dan kemudian menjadi sepasang suami istri. Tomoya dan Nagisa harus melalui banyak rintangan dalam hidup, terutama pada bagian yang menceritakan kisah hidup Tomoya bersama putranya, Ushio. Drama romantis yang menceritakan kisah cinta dan keluarga bisa dirasakan di sini.

9. Boku dake ga Inai Machi (Erased) – 2016

Anime ini menceritakan sebuah kisah misterius. Kalau kamu seorang penggemar cerita detektif, kamu pasti akan menyukai anime ini. Erased bercerita tentang kehidupan seorang komikus berusia 29 tahun, Satoru Fujinuma, yang menemukan fakta bahwa dirinya mampu bergerak mundur dalam waktu meski belum terlalu menguasai kekuatan tersebut. Dia menggunakan kemampuan ini untuk melakukan hal-hal yang baik.

Orang-orang juga membaca Rekomendasi Film Indonesia yang Wajib Ditonton Ekspat

10. Sen to Chihiro no Kamikakushi (Spirited Away) – 2001

Sen to Chihiro no Kamikakushi yang terkenal, lebih dikenal sebagai Spirited Away, adalah anime yang menceritakan tentang seorang gadis berusia 10 tahun bernama Chihiro Ogino yang baru saja pindah rumah bersama orang tuanya. Orang tua Chihiro adalah pribadi yang serakah sehingga mereka berubah menjadi babi. Chihiro harus melakukan sesuatu untuk bisa mengembalikan orang tuanya. Agar orang tuanya kembali menjadi manusia, Chihiro diharuskan bekerja untuk roh. Banyak hal menyedihkan akan terjadi saat Chihiro berusaha memenuhi tugasnya.

11. When Marnie was There – 2014

When Marnie was There – 2014

Animasi dari Ghibli ini diangkat dari novel berjudul sama karya Joan G. Robinson. “When Marnie was There” berkisah tentang Anna, bocah SD yang mengalami depresi hingga membuat penyakit asmanya sering kambuh. Berdasarkan saran dokter, akhirnya Anna pergi berlibur ke rumah paman dan bibinya di desa. Di desa itu kehidupan Anna pun mulai berubah. Saat sedang berjalan-jalan Anna melihat sebuah rumah tua yang terbengkalai. Karena penasaran ia pun menjelajahi rumah kosong itu. Siapa sangka Anna malah bertemu dengan sosok Marnie, gadis berambut pirang yang sangat cantik. Seiring waktu, pertemanan mereka mengungkap hubungan antara Marnie dan Anna.

12. Mirai no Mirai – 2018

Mirai no Mirai - 2018
Mirai no Mirai – 2018

Bagi kamu yang suka anime fantasi terbaik, Mirai no Mirai bisa jadi rekomendasi tontonan kamu berikutnya. Anime sedih terbaik ini juga memiliki elemen petualangan dan drama yang seru.

Berkisah tentang Kun Oota, seorang anak berusia 4 tahun yang disayangi oleh semua orang. Kehidupannya berubah ketika ia memiliki seorang adik perempuan bernama Mirai. Tiba-tiba, Kun tidak lagi menjadi sosok yang paling disayang oleh semua orang.

Merasa marah, suatu hari Kun pergi ke taman dan ia bertemu dengan beberapa tamu dari masa lalu dan masa depan. Salah satunya adalah remaja perempuan yang mengaku sebagai Mirai dari masa depan. Bersama-sama mereka melakukan petualangan di luar angkasa dan belajar lebih dalam mengenai keluarga.

13. Kono Sekai no Katasumi ni – 2016

Kono Sekai no Katasumi ni - 2016
Kono Sekai no Katasumi ni – 2016

Salah satu anime terbaik, seperti Grave of the Fireflies bukan merupakan satu-satunya anime paling sedih yang berlatarbelakang di Perang Dunia II. Namun, ada juga anime dengan judul Kono Sekai no Katasumi ni.

Anime yang satu ini nggak cuman menceritakan penderitaan dan juga kehilangan, melainkan juga bagaimana cara hidup sebahagia mungkin bahkan ketika waktu hidup sedang di masa yang sulit.

Suzu Urano adalah seorang wanita yang cantik dan pekerja keras. Ia pindah ke Kure di Hiroshima setelah menikah saat baru berusia 18 tahun. Selama perang, Suzu harus berjuang menghidupi keluarganya dengan keadaan kekurangan makanan akibat meledaknya bom Hiroshima.

14. Toki wo Kakeru Shoujo (The Girl Who Leapt Through Time) – 2006

Film anime sedih lainnya yang akan membuatmu menangis adalah Toki wo Kakeru Shoujo. Berdasarkan novel remaja yang ditulis oleh Tsutsui Yasutaka, adaptasi anime ini dirilis kembali pada tahun 2006. Ceritanya tentang seorang gadis SMA yang ceria dan santai bernama Konno Makoto. Hidupnya berubah drastis setelah dia secara tidak sengaja menemukan bahwa dia mampu melompati waktu. Ketika dia memutuskan menggunakan kekuatan barunya untuk memuaskan keinginannya sendiri, dia segera menyadari bahwa semua pilihannya memiliki konsekuensi dan dapat mempengaruhi kehidupan orang lain sama seperti dirinya sendiri. Film ini telah memenangkan begitu banyak penghargaan di Jepang dan kalau kamu mencari sesuatu untuk ditonton yang dapat menguras air mata, kamu pasti tidak akan mau melewatkan film ini!

15. Kimi no Suizou wo Tabetai (I Want to Eat Your Pancreas) – 2018

Terakhir tapi tidak kalah penting adalah film I Want to Eat Your Pancreas. Ini adalah salah satu film anime sedih populer yang dirilis pada tahun 2018. Bercerita tentang seorang siswa sekolah menengah yang menemukan buku harian teman sekelasnya yang ceria, Sakura Yamauchi. Mulai dari titik itu, dia kemudian mengetahui bahwa Sakura memiliki penyakit mematikan dan gadis itu hanya memiliki waktu hitungan hari di dunia ini. Film anime ini adalah film memilukan yang menggambarkan persahabatan yang indah dan cinta yang sedang mekar. Tapi lebih dari itu, film ini juga memberi kita jalan cerita yang sempurna tentang bagaimana seseorang belajar menghargai makna hidup yang sebenarnya.

Nah, itulah 15 rekomendasi film anime dengan cerita sedih yang sudah Flokq pilihkan untuk kamu. Dijamin, kamu akan hanyut ke dalam plot film yang sedih dari anime-anime ini, bahkan mungkin bisa membuatmu menangis. Sebelum menonton, jangan lupa siapkan tisu. Selamat menonton!

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

5 Rekomendasi Warna yang Cat Rumah Sejuk & Tips Memilih

5 Rekomendasi Warna yang Cat Rumah Sejuk & Tips Memilih

Panduan Lengkap Anggur Merah atau Amer khas Indonesia

Panduan Lengkap Anggur Merah atau Amer khas Indonesia

10 Apartemen Dekat Thamrin City dengan Fasilitas Lengkap

10 Apartemen Dekat Thamrin City dengan Fasilitas Lengkap

10 Inspirasi Kamar Tidur Dengan Tema Unik, Pasti Betah Di Kamar!

10 Inspirasi Kamar Tidur Dengan Tema Unik, Pasti Betah Di Kamar!

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *