Bahasa 101 : Transportasi Umum

Bahasa 101 : Transportasi Umum

Transportasi umum yang baik dan berfungsi dengan baik dianggap sebagai perkembangan terkini menuju arah yang benar di Indonesia. Perlu dicatat bahwa pengalaman menggunakannya di Jakarta saat ini dapat dibandingkan dengan yang digunakan di kota-kota besar seperti New York atau Singapura. Jadi jika kamu ingin menghemat uang atau kamu salah satu dari orang-orang yang terbiasa melintasi hutan beton, maka Transportasi umum di Jakarta adalah pilihan utama kamu untuk bepergian! Jadi untuk membantu kamu, berikut adalah beberapa kata dan frasa dalam Bahasa yang akan membantu kamu saat menggunakan transportasi umum di Jakarta!

Kata Dasar

Saldo

Saldo adalah Bahasa untuk ‘saldo’ seperti saldo kartu transportasi umum kamu. kamu juga dapat menggunakan ini untuk merujuk ke saldo di debit atau kartu kredit kamu, atau apa pun yang benar-benar digital. Itu sebenarnya adalah kata pinjaman dari bahasa Belanda yang artinya sama.

Halte

Halte berarti ‘berhenti’ seperti di halte bus. kamu akan melihat bahwa beberapa kata dalam Bahasa Indonesia terutama yang berkaitan dengan hal-hal yang relatif modern menggunakan kata pinjaman dalam bahasa Belanda. Ini karena banyak budaya mereka terjalin dalam waktu yang lama di masa lalu.

Stasiun

Seperti yang mungkin bisa kamu tebak, hanya dari suaranya kamu bisa memahami bahwa itu berarti ‘stasiun’. Ini bisa merujuk ke stasiun jalur komuter atau stasiun kereta. Cara mengucapkannya seperti mengucapkan bagian ‘sta’ seperti mengatakan ‘start’, bagian ‘si’ seperti kira-kira mengucapkan kata ‘yes’ dalam bahasa Spanyol, dan ‘un’ yang keras seperti di Kim jong-Un.

Tarif

‘Tarif’ berarti biaya transportasi tertentu. Kata itu juga ada untuk menunjukkan ‘tarif’ dalam arti ekonomi. Membacanya masih relatif mudah bagi penutur asli bahasa Inggris karena cara kamu mengucapkannya seperti mengucapkan ‘tarif’ tetapi ‘a’ diucapkan seperti dalam pengucapan ‘mobil’.

Rute / Jalur

‘Rute’ secara kasar berarti (sekali lagi, seperti yang kamu duga) ‘rute’. ‘Jalur’ juga memiliki arti yang sama. Alternatifnya, orang terkadang masih menggunakan versi ‘rute’ dan ‘jalur’ yang bisa dibilang lebih lama yaitu ‘jurusan’.

Etiket

etiquette

Maaf, kursinya dipakai

Frasa ini secara tepat berarti ‘maaf, kursi ini sudah diambil’ yang tentunya memiliki fungsi untuk memberitahu orang agar tidak salah mengira kursi teman kamu yang tampak kosong itu sebenarnya kosong. Cara lainnya, kamu bisa mengucapkan ‘maaf, dipakai’, atau ‘maaf, ada orangnya’.

Maaf, saya tidak tahu

Frasa ini berarti ‘maaf, saya tidak tahu’ dan juga ‘maaf, saya tidak tahu’. Perhatikan bahwa frasa tersebut dapat digunakan untuk present tense dan juga past tense. Ini karena bahasa Indonesia tidak mementingkan kata kerjanya dengan detail waktu. Yang pertama dapat digunakan untuk memberi tahu orang-orang bahwa kamu tidak mengetahui sesuatu secara umum dan yang terakhir kamu dapat digunakan untuk meminta maaf karena tanpa disadari melanggar aturan atau mungkin karena mengambil kursi orang lain yang tampak kosong.

Maaf, saya tidak sengaja

Frasa ini secara kasar diterjemahkan menjadi ‘maaf, saya tidak bermaksud melakukan itu’, yang memiliki fungsi yang sama dengan frasa seperti ‘maaf, itu adalah kesalahan’ atau ‘maaf, itu kecelakaan’. kamu dapat menggunakan ini secara umum dalam situasi ketika kamu perlu meminta maaf.

Permisi

Sekarang kita beralih ke frasa yang akan membantu dalam hal melintasi antara kerumunan penumpang. ‘Permisi’ berarti ‘permisi’ dan kamu dapat menggunakannya dalam arti memaafkan diri kamu sendiri untuk bergerak melalui tempat yang relatif sempit. kamu juga dapat menggunakan kata ini setelah mengetuk pintu seseorang. kamu juga dapat menggunakannya beberapa kali dalam kedua kasus. Tentu saja, gunakan secara proporsional.

Silahkan

Silahkan diterjemahkan menjadi ‘please’ dalam bahasa Inggris. Konteksnya di sini adalah untuk mengizinkan seseorang mengambil tempat duduk atau tempat kamu atau bahkan melewati ruang sempit yang mungkin bisa membuat kamu merasa tidak nyaman. Salah satu contoh penggunaan bisa untuk memberikan tempat duduk kamu kepada penumpang yang lebih tua, penumpang yang tampak lelah dan tegang, atau penumpang yang sedang hamil.

Pertanyaan

questions bahasa public transportation

Isi saldo di mana?

Frasa ini berarti ‘di mana saya dapat menambah saldo saya?’ Yang sangat berguna saat kamu sedang terburu-buru dan kamu perlu mengisi ulang kartu dengan cukup cepat sebelum jalur komuter atau bus berikutnya.

Maaf, apa ini untuk ke arah + (masukkan nama di sini)?

Frasa ini berarti ‘permisi, apakah ini akan + (masukkan nama di sini)?’. Perhatikan bahwa arti ‘maaf’ berubah menjadi ‘permisi’ daripada ‘maaf’ yang sangat baik dalam Bahasa Indonesia. Jenis cara yang sama menggunakan ‘permisi dan’ maaf ‘secara bergantian dalam bahasa Inggris dalam konteks alasan memaafkan diri sendiri untuk mengganggu seseorang untuk bertanya dan menanyakan informasi tertentu.

Untuk ke + (masukkan tempat / area di sini) + ikut jalur / rute mana?

Sekarang kita beralih ke yang lebih kompleks yaitu frase. Frasa khusus ini secara kasar diterjemahkan menjadi ‘untuk pergi ke + (masukkan tempat / area di sini) + rute mana yang harus saya ambil?’. Atau, kamu dapat mengganti posisi sedikit untuk mengubahnya menjadi ‘ikut jalur / rute mana untuk ke + (masukkan tempat / area di sini)?’

Kursi ini kosong?

Frasa ini diterjemahkan menjadi ‘apakah kursinya kosong?’ Yang merupakan salah satu cara untuk mengatakan ‘apakah kursinya sudah diambil?’ Tetapi dengan cara terbalik. kamu bisa membuatnya lebih sopan dengan mengucapkan ‘permisi’ atau ‘maaf’ sebelum mengucapkan kalimat tersebut. Masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang sangat menghargai etiket, jadi cobalah beradaptasi kapan pun kamu bisa!Jika kamu sudah berhasil sampai sejauh ini dengan artikel, selamat! kamu telah mempelajari banyak sekali kalimat penting bahasa Indonesia dan kata penting bahasa Indonesia yang dapat kamu gunakan untuk bepergian keliling kota atau negara dengan transportasi umum. Beberapa di antaranya bahkan dapat digunakan untuk pengaturan sosial lainnya. Jadi saat kamu mempelajari 101 percakapan lebih lanjut, kamu dapat mulai memahami hubungan antara satu frasa atau kata dengan yang lain. Pelajari lebih banyak kata di pengaturan sosial lainnya untuk menghubungkan lebih banyak!

Avatar

Hello Flokq

Related Posts

Tips untuk Tetap Produktif Dengan Banyak Deadline

Tips untuk Tetap Produktif Dengan Banyak Deadline

7 Coliving Space Terbaik di Bali

7 Coliving Space Terbaik di Bali

Kos-kosan Terbaik di Kebayoran Lama

Kos-kosan Terbaik di Kebayoran Lama

Apartemen Terbaik di Pasar Minggu

Apartemen Terbaik di Pasar Minggu

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *