Ingin Tinggal di Bali? Simak Rincian Biaya Hidup di Denpasar Bali!

Ingin Tinggal di Bali? Simak Rincian Biaya Hidup di Denpasar Bali!

Pulau Bali merupakan salah satu tujuan wisata yang paling terkenal di kalangan wisatawan lokal maupun internasional. Selain memiliki beragam tempat wisata alam, budaya, sejarah, pulau ini juga merupakan rumah bagi hotel, resort, dan restoran pinggir pantai yang menjadi favorit para pengunjung. Hal ini membuat banyak orang berpikir bahwa tinggal di Bali itu menjadi pengalaman yang menyenangkan. Pasalnya, Anda bisa bekerja sekaligus berlibur. Namun, tak sedikit orang yang berpikir bahwa biaya hidup di Bali termasuk mahal karena Bali merupakan salah satu kawasan wisata. Simak penjelasan selengkapnya dalam artikel berikut ini mengenai rincian biaya hidup khususnya di Denpasar, Bali.

Baca juga: 15 Guest House di Bali: Harga dan Penawaran Terbaik!

Tempat Tinggal

Ilustrasi Tempat Tinggal
Unsplash

Hal yang paling utama Anda harus pikirkan dan menjadi pertimbangan ketika Anda ingin tinggal di Denpasar, Bali adalah biaya hidup untuk tempat tinggal Anda selama menetap di Bali. Biaya yang Anda harus keluarkan untuk tempat tinggal sangatlah bervariasi tergantung dengan berbagai lokasi, jenis, luas, dan fasilitas yang disediakan.

Biaya tempat tinggal di Bali akan terasa lebih murah jika Anda memilih daerah tempat tinggal seperti Denpasar dan Singaraja dibandingkan dengan tinggal berdekatan dengan kawasan wisata seperti Kuta, Sanur, Seminyak, dan Canggu.

Sebagai contoh, villa dengan fasilitas terbaik dan lengkap yang terletak di daerah Sanur mencapai Rp. 8.000.000/bulan, sementara di daerah Denpasar sendiri hanya sebesar Rp. 5.000.000.

Ragam tempat tinggal yang tersedia di Bali khususnya untuk para perantau adalah kost, villa, atau rumah kontrakan. Namun, sekadar tambahan informasi bahwa ketika Anda berada di Bali, Anda tidak akan menemukan gedung-gedung apartemen yang tinggi seperti di kota-kota besar lainnya, sehingga pilihan tempat tinggal di Bali memang cukup terbatas.

Sebagai perhitungan rata-rata yang dapat Anda jadikan pertimbangan, harga sewa kost di daerah Denpasar dengan fasilitas lengkap, termasuk kamar mandi dalam dan WiFi, berkisar dari Rp. 1.000.000 hingga 2.000.000/bulan. Untuk kost elit dengan kolam renang, Anda perlu mengeluarkan biaya mencapai Rp. 4.000.000/bulan. Jika Anda berencana tinggal dalam waktu lama, membawa keluarga, atau tinggal bersama teman-teman Anda, sewa rumah bisa menjadi pilihan yang tepat karena tempat yang ditawarkan lebih luas dan harganya pun dapat dibagi rata.

Makan dan Minum

Ilustrasi Makan dan Minum
Unsplash

Kebutuhan pokok lainnya yang tak kalah penting dan wajib Anda masukkan sebagai daftar biaya hidup di Denpasar adalah biaya untuk kebutuhan makan dan minum sehari-hari. Tentunya biaya yang perlu Anda keluarkan untuk kebutuhan makan dan minum ini berbeda-beda dan tergantung bagaimana gaya hidup setiap orangnya.

Sebagai contoh jika Anda ingin makan di luar, minimal Anda perlu mengeluarkan sekitar Rp. 25.000/hari untuk bisa menikmati makanan di tempat makan yang standar. Namun, sebagai pilihan alternatif, Anda juga dapat berbelanja bahan makanan dan memasaknya sendiri sehingga Anda lebih menghemat biaya hidup untuk kebutuhan makan dan minum sehari-hari.

Biaya Transportasi

Ilustrasi Biaya Transportasi
Unsplash

Untuk menunjang mobilitas dalam kegiatan sehari-hari, pastinya Anda memerlukan transportasi. Transportasi sendiri terbagi atas dua pilihan yang dapat menjadi pertimbangan Anda, yaitu transportasi umum atau pribadi.

Di daerah Denpasar sendiri, terdapat pilihan transportasi seperti kendaraan online, taksi konvensional, bus, dan angkutan kota. Namun, jika Anda tipikal orang yang sangat memerlukan transportasi untuk memenuhi kebutuhan Anda sehari-hari, sangat disarankan agar Anda memiliki kendaraan pribadi.

Sepeda motor dapat Anda jadikan pilihan dan Anda pun dapat menyewa sepeda motor di Denpasar. Untuk sewa motor tipe Vario dan Scoopy, kisaran harga sewa yang Anda harus bayar adalah Rp. 600.000 hingga 700.000 selama satu bulan, namun harga tersebut belum termasuk bensin. Sementara, harga sewa motor seperti Nmax bisa mencapai Rp. 1.300.000 hingga 1.500.000.

Belanja Kebutuhan Bulanan

Ilustrasi Belanja Kebutuhan Bulanan
Unsplash

Hal selanjutnya yang Anda perlu perhatikan dalam mengatur biaya hidup di Denpasar adalah kebutuhan belanja bulanan terutama berbelanja kebutuhan pokok, seperti bahan-bahan untuk memasak, persediaan camilan dan makanan instan, serta aneka perlengkapan kebersihan.

Biaya yang dikeluarkan untuk kebutuhan belanja bulanan ini tentunya berbeda-beda bagi setiap orangnya dan tergantung gaya hidup seseorang. Sebagai contoh perbandingan, jika Anda ingin berbelanja di pasar tradisional untuk kebutuhan selama seminggu, Anda memerlukan biaya sekitar Rp. 300.000 hingga 400.000. Sementara, jika Anda ingin berbelanja di supermarket, pengeluaran Anda bisa mencapai sekitar Rp. 4.000.000/bulan.

Biaya Tak Terduga

Ilustrasi Biaya Tak Terduga
Unsplash

Anda juga harus menyisihkan sebagian dari penghasilan Anda untuk kebutuhan biaya tak terduga. Biaya tak terduga sendiri merupakan bentuk upaya antisipasi terhadap hal-hal yang tidak diinginkan seperti sakit, atau dana darurat. Namun, tidak ada angka yang mutlak untuk kebutuhan ini, setidaknya Anda sudah memiliki tabungan dari penghasilan Anda.

Itulah rincian biaya hidup yang dapat Anda pertimbangkan jika Anda sudah memutuskan ingin tinggal di Denpasar, Bali dalam waktu yang lama. Semoga artikel ini membantu Anda!

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

Top 10 Cafe di Seminyak Yang Wajib Dikunjungi!

Top 10 Cafe di Seminyak Yang Wajib Dikunjungi!

Ini Dia Apartemen Mewah di Jakarta Di Bawah Rp 10 Jutaan!

Ini Dia Apartemen Mewah di Jakarta Di Bawah Rp 10 Jutaan!

Rekomendasi Apartemen Dekat Kokas yang Siap Dihuni

Rekomendasi Apartemen Dekat Kokas yang Siap Dihuni

7 Rekomendasi Coffee Shop Bali: Nyaman Untuk Bekerja!

7 Rekomendasi Coffee Shop Bali: Nyaman Untuk Bekerja!

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *