10 Kelas Memasak di Bali Untuk Mengenal Budaya Bali

10 Kelas Memasak di Bali Untuk Mengenal Budaya Bali

Mengikuti kelas memasak di Bali bisa menjadi salah satu dari sedikit cara untuk belajar tentang Bali dan budayanya. Ya, ada lebih dari beberapa kesempatan di sekitar pulau untuk mempelajari budayanya. Mempelajari cara memasak makanan Bali akan membuat kamu lebih sadar tentang keseharian orang Bali pada umumnya dan juga budayanya.

Bayangkan membuat makanan Bali kamu sendiri atau mungkin membawa pulang keterampilan dan resep tersebut untuk memperkaya keahlian kuliner kamu. Jika kamu tidak memercayai keahlian memasakmu, ini bisa menjadi kesempatan kamu untuk belajar cara memasak. Jadi bagaimana? Berikut 10 kelas memasak di Bali untuk belajar lebih banyak tentang makanan, orang, dan budaya Bali.

1. Pemulan Bali farm Cooking Schools Ubud 

source: pinterest

Untuk mempelajari tentang makanan, kamu perlu mempelajari tentang dari mana asalnya. Pengalaman seperti itulah yang ingin diberikan oleh Pemulan Bali. Sebagai wujud komitmen mereka terhadap masakan organik. Mereka akan mengajak kamu melihat-lihat pertanian pertumbuhan mereka agar kamu bisa menikmati udara yang menyegarkan dan mengenal berbagai bahan penting untuk membuat hidangan tradisional.

Selain itu, kamu juga bisa mencoba memanen bahan-bahan ini sendiri. Mereka juga dapat membawa kamu untuk melihat hiruk pikuk pasar petani lokal agar kamu merasakan energi positif dan ceria yang ditunjukkan oleh pedagang dan pelanggan. Namun kegiatan ini hanya untuk kelas pagi, jadi pastikan untuk datang lebih awal ya.

Dalam hal kelas memasak, mereka memiliki tiga jenis. Kelas pertama dirancang untuk mereka yang ingin bersenang-senang dan belajar memasak masakan Bali. Kelas kedua adalah untuk koki tingkat lanjut yang ingin mencoba menguasai masakan tradisional Bali atau Indonesia. Terakhir, kelas ketiga akan memberi kamu kesempatan untuk menikmati pemandangan alam pedesaan yang melimpah selain belajar memasak makanan Bali.

Karena mereka memiliki kelas pagi dan sore, kamu bisa pergi di pagi hari atau atau di sore hari. Mereka juga memiliki kelas vegetarian dan non-vegetarian , jadi jangan khawatir ya!

Alamat: Banjar Patas, Taro, Gianyar, Bali 80561

Kontak: +62 812-3953-4446

Jam buka: 8 pagi – 5 sore

2. Canting Bali cooking class

Jika kamu ingin mempelajari bagaimana orang Bali memanfaatkan alam di sekitarnya untuk membuat makanan yang enak, maka kamu harus datang ke Canting Bali Cooking Class. Mereka mempunyai kelas pagi di mana kamu dapat mengunjungi pasar lokal dan mengenal petani lokal. Setelah berkeliling ke area sekitar, kamu akan memasak bersama orang-orang ramah yang mengoperasikan Canting. Canting Bali dipimpin dan dioperasikan sepenuhnya oleh orang Bali, jadi kamu pasti akan mendapatkan pengalaman belajar yang orisinal. Terakhir, mereka juga menawarkan penjemputan dari daerah Nusa Dua, Kuta, Sanur, dan Ubud.

Untuk makanannya, mereka juga menawarkan daftar menu yang sangat rinci tentang apa yang akan kamu buat berdasarkan pilihan vegetarian atau pilihan reguler. Pilihan reguler yang terkenal termasuk sate lilit, sambal matah (saus yang enak untuk ditambahkan ke buku resep memasak kamu dan bisa dikonsumsi oleh vegetarian juga), dan dadar gulung. Sementara itu, pilihan vegetarian yang terkenal termasuk tempe lalah manis, sate tempe, dan lawar bali.

Alamat: Jl. Raya Laplapan, Petulu, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali 80552

Kontak: +62 878-6010-3676

Jam buka: 8 Pagi – 5.30 Sore

3. Periuk Bali Cooking Class 

Jika kamu ingin kelas memasak yang sangat ramah bagi pemula tentang makanan Bali, kamu bisa belajar dengan Periuk Bali cooking class. Sebelum memasak, mereka akan membawa kamu menikmati pemandangan sawah Ubud dan pasar lokal pagi yang sibuk. Setelah itu, mereka akan mengajari cara menyiapkan dan memasak makanan Bali yang lezat. Pilihan vegetarian dan reguler pun juga ada di menu. Kamu dapat mencoba membuat kare tempe vegeratian atau sayur urab atau tempe manis biasa dan sup ayam Bali.

Selain kelas memasak, mereka juga memberikan pelajaran tentang hal-hal lain. Ini termasuk pembuatan Canang Sari (sejenis sesajen ritual Bali), pasta bumbu Bali, dan minyak kelapa yang sering digunakan masyarakat Bali dalam masakan mereka. Terakhir, mereka juga menawarkan penjemputan di Nusa Dua, Kuta, Sanur, Ubud. Untuk area terakhir, mereka memberikan layanan penjemputan gratis.

Alamat: Jl. Raya Laplapan, Petulu, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali 80571

Contact: +62 813-3879-2368

Jam buka: 8.30 pagi – 4.30 sore

4. Chef Mudana Cooking Class Sanur 

Ingin mendapatkan pengalaman kelas memasak profesional? Kemudian bergabunglah dengan Chef Mudana di restorannya Warung SMS untuk mengikuti kelas memasak. Kelas memasak ini memiliki tiga pilihan. Paket pertama disebut Island Delights, dan selain kelas memasak, kamu juga akan mendapatkan transportasi gratis di area Sanur dan kesempatan untuk mengunjungi pasar lokal di Jimbaran, yang kedua dan ketiga akan menjadi kelas memasak standar pagi dan sore. pengalaman.

Menu yang akan dibuat tergantung pada hari apa kamu datang berkunjung. Untuk hari Senin, Selasa, dan Rabu kamu akan diajari cara memasak makanan pokok Indonesia seperti gado-gado dan soto ayam makanan rumahan nasional. Jika kamu berkunjung pada hari Kamis, Jumat, dan Sabtu, kamu akan mencoba membuat menu khas Bali seperti Ayam betutu!

Salah satu kelebihan dari kelas memasak ini adalah kamu dapat memetik dan memilih rempah-rempah untuk digunakan dalam masakan kamu dengan memeriksa bahan-bahan dari kebun herbal kecil yang tersedia di lokasi. Dengan kata lain, kamu bisa bermain peran sebagai ramuan alami atau pengumpul rempah-rempah untuk ditambahkan ke dalam campuran bahan kamu! Setelah menyelesaikan semua aktivitas, kamu akan mendapatkan buklet dan sertifikat yang dikirim melalui Email. Jadi, kamu tidak hanya mahir membuat makanan Bali, tetapi kamu juga bersertifikat!

Alamat: Jalan Betngandang I No.25, Sanur, Sanur Kauh, Kec. Denpasar Sel., Kota Denpasar, Bali 80228

Kontak: +62 896-5903-3433

Jam buka: 7 Pagi – 9 Sore

5. Paon Bali Cooking Class 

source: pinterest

Salah satu yang paling terkenal dalam hal kelas memasak di Bali, Paon Bali akan membawa kamu ke jantung Ubud untuk menikmati pemandangan dan menikmati membuat masakan Bali sendiri. Jika kamu mengikuti kelas pagi, kamu dapat menikmati memetik rempah-rempah segar dan rempah-rempah di pasar tradisional terdekat. Jika tidak, kamu dapat meluangkan waktu dan bergabung dengan kelas sore mereka. Daftar hidangan yang dapat kamu coba dan masak termasuk pilihan vegetarian dan non-vegetarian. Terakhir, mereka juga memberikan resep dan catatan untuk kamu bawa pulang loh.

Untuk kenyamanan kamu, Paon juga menyediakan jasa penjemputan di seluruh pulau. Jika kamu berada di Ubud, mereka akan memberi Anda tumpangan gratis. Sangat nyaman!

Alamat: Jalan Raya Laplapan, Petulu, Ubud, Petulu, Kecamatan Ubud, Bali, 80552

Kontak: +62 813-3793-9095

Jam buka: 7 Pagi – 10 Malam

6. Anika Cooking Class

Selanjutnya ada kelas memasak Anika. Terletak di kawasan Kuta, kelas memasak Anika jauh lebih mudah dijangkau jika kamu tinggal di kawasan Kuta. Kelas pagi dan malam tersedia untuk kamu ikuti. Untuk kelas pagi kamu akan mendapat keuntungan ekstra karena bisa mengunjungi pasar tradisional di dekat Seminyak dan untuk kelas malam kamu akan mendapatkan transportasi gratis ke Kuta dan sekitarnya.

Selain itu, ada juga paket 2 hari kelas pagi yang akan memberikan banyak waktu bagi kamu untuk membiasakan diri dengan masakan khas Bali. Terakhir, Jika kamu memiliki rombongan besar, mereka dapat menyelenggarakan kelas memasak hingga 300 orang. Mereka juga akan memberikan sertifikat yang bisa kamu pamerkan kepada teman dan keluarga.

Dengan Anika cooking class, kamu dapat mempelajari hingga sembilan hidangan utama tradisional yang berbeda dan makanan penutup khas Bali. Ditambah lagi, hidangan tersebut juga dibedakan berdasarkan hari sehingga kamu tidak akan mendapatkan makanan yang sama dua kali! Mereka juga memberikan jasa penjemputan, jadi kamu tidak perlu khawatir terlambat atau tidak mempunyai tumpangan.

Alamat: Jl. Nuri No.2, Tuban, Kuta, Kabupaten Badung, Bali 80361

Kontak: +62 818-889-369

Jam buka:

  • 7 Pagi – 6 Sore (Senin dan Kamis)
  • 7 Pagi – 3 Sore (Selasa, Rabu, Jumat, and Sabtu)

7. Ketut’s Bali Cooking Class

ketut's bali cooking class
source: ketut’s bali cooking class

Jika Anda ingin kelas memasak Anda lebih personal, hubungi Ketut untuk pengalaman tak terlupakan memasak makanan Bali. Dia menekankan pendekatan yang ramah dan langsung, yang berarti Anda akan langsung terjun ke dalam memasak daripada melihat orang memberi instruksi. Ketut menawarkan dua kelas, satu di pagi hari dan satu lagi di sore hari. Jika Anda mengikuti kelas paginya, Anda juga akan mengunjungi pasar lokal untuk mencoba bahan-bahan petik tangan. Untuk menu, tersedia pilihan vegetarian dan reguler.

Ketut sangat mengedepankan pendekatan personal dan ramah dalam banyak mengajar, sehingga ia bersedia mencampur menu untuk Anda. Jika Anda memiliki menu tradisional tertentu yang ingin Anda coba, jangan ragu untuk bertanya kepadanya. Ia juga menawarkan layanan transfer gratis di Ubud dan sekitarnya.

Address: Jalan Laplapan Banjar Laplapan Ubud, Pejeng Kawan, Tampaksiring, Kabupaten Gianyar, Bali 80571

Contact: 62 812-4636-8226

Open hours: 7 AM – 6 PM

8. Nia’s cooking class

Kelas memasak Nia akan menunjukkan dan mengajari Anda cara menjadi lebih baik dalam masakan buatan tangan. Jika Anda berada di Seminyak, maka Anda harus mendaftar ke kelas memasak mereka untuk mendapatkan pengalaman mendalam tentang masakan Bali. Tujuan Anda di kelas ini adalah membuat Rijsttafel Bali (pada dasarnya banyak sekali hidangan). Mereka memiliki berbagai macam hidangan untuk Anda pilih, dengan makan malam dan kelas siang memiliki 12 hidangan yang terdiri dari makanan pembuka, hidangan utama, dan makanan penutup dengan pilihan vegetarian dan reguler tersedia. Anda bahkan dapat mencoba keahlian Anda dalam menyiapkan hidangan hidangan Anda sendiri! Kelas mereka juga akan mencakup kunjungan ke pasar ikan atau pasar petani di pagi hari.

Keunggulan yang Nia bandingkan dengan kelas memasak lainnya adalah inovasi. Jika mau, Anda dapat meminta koki profesional dan berbakat Nia untuk menyiapkan kelas memasak pribadi di vila Anda. Kelasnya juga singkat, namun berwawasan sehingga Anda memiliki lebih banyak waktu untuk menjelajahi Bali lebih banyak.

Alamat: Kayu Aya Square No, Jl. Kayu Aya No.19, Seminyak, Kec. Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali 80361

Kontak: +62 877-6155-6688

Jam buka: 9 Pagi – 10 Sore

9. Ubad Ubud Bali Cooking Class 

source: tripadvisor

Kelas memasak Ubad Ubud Bali menyoroti kesehatan dan kebugaran dalam pendekatan mereka dalam memberikan pelajaran. Sebagai permulaan, mereka memiliki kelas pagi dan sore. Mereka akan mengajari Anda cara mencari dan mengumpulkan rempah-rempah dan jamu untuk keperluan kuliner dan pengobatan di pasar tradisional Bali. Saat Anda berjalan-jalan dengan sedih di sepanjang area desa, Anda juga akan disuguhi pemandangan sawah yang indah.

Sebelum kembali memasak, Anda akan dikejutkan dengan nasi ketan kecil namun menggiurkan dan minuman gratis. Anda pasti senang mengetahui bahwa Anda juga akan segera belajar cara membuat bubuh injin, nasi ketan yang baru saja Anda makan bersama makanan Bali dan Indonesia lainnya dengan menu vegetarian / pilihan reguler. Selain makanan, mereka juga akan memberikan kursus membuat obat tradisional Bali. Terakhir, jika Anda tinggal di Ubud maka Anda termasuk dalam layanan penjemputan gratis mereka!

Alamat: Jl. Ki Pasung Grigis, Banjar Tengkulak Kaja, Sukawati Desa Tengkulak, Blahbatuh, Kemenuh, Ubud, Gianyar, Bali 80581

Kontak: +62 813-3776-9264.

Jam buka: 8.30 AM – 8.30 PM

10. Subak Bali Cooking Class Ubud 

source: tripadvisor

Terakhir, kami memiliki kelas Memasak Subak! Dari semua kelas memasak di daftar, mereka memiliki jumlah paket paling banyak. Mari kita mulai dengan dasar-dasarnya. Subak memiliki kelas pagi dan sore untuk Anda coba. Untuk kelas pagi mereka, mereka akan memberi Anda tur ke pasar terdekat, rumah Bali, dan sawah untuk memulai. Kemudian, mereka akan memperkenalkan Anda pada 9 hidangan berbeda yang bisa Anda pelajari, buat, dan cicipi di tempat. Manfaat lainnya termasuk transportasi gratis di dalam area Ubud (biaya termasuk jika Anda berada di luar Ubud) dan air mineral. Hal yang sama berlaku untuk sore hari, tetapi sekali lagi Anda akan merindukan pasar tradisional.

Oh, tapi belum selesai. Seperti yang telah kami katakan sebelumnya, mereka memiliki lebih dari sekedar kelas memasak untuk kesenangan Anda. Mereka juga menawarkan tur sebagai aktivitas pelengkap untuk pengalaman kelas memasak Anda. Beberapa contoh wisata yang bisa Anda coba adalah wisata bersepeda dan wisata Barong. Sungguh menyenangkan untuk menikmati waktu Anda di Ubud.

Alamat: Jl. Werkudara, Tampaksiring, Kabupaten Gianyar, Bali 80552

Kontak: +62 812-3887-9210. 

Jam buka: 24 hours

Baca juga: 13 Makanan Lokal di Bali Yang Wajib Kamu Coba!

Dan itulah 10 cooking class di Bali di mana Anda dapat belajar lebih banyak tentang masyarakat, budaya, dan warisan kuliner di pulau tersebut. Pastikan untuk menghemat waktu untuk mereka, karena mereka pasti tidak boleh dilewatkan saat menginap di Bali. Ikuti terus kabar terbaru kami untuk mengetahui apa yang memasak tentang gaya hidup dan kehidupan di Bali.


Ingin mencari pilihan rental untuk liburan kamu di Bali? Flokq mempunyai beberapa pilihan rental di Bali dengan harga yang sangat terjangkau. Kunjungi Flokq atau klik tombol di bawah ini untuk mengetahui lebih lanjut.

KLIK UNTUK MELIHAT PILIHAN RENTAL DI BALI

Avatar

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

13 Villa Terbaik di Lembongan: Elegan dan Nyaman

13 Villa Terbaik di Lembongan: Elegan dan Nyaman

13 Guesthouse Yang Terjangkau di Lembongan, Bali

13 Guesthouse Yang Terjangkau di Lembongan, Bali

20 Villa Seminyak Terbaik Untuk Liburan Kamu di Bali

20 Villa Seminyak Terbaik Untuk Liburan Kamu di Bali

13 Jalur Hiking Bali Terindah Yang Harus Kamu Coba

13 Jalur Hiking Bali Terindah Yang Harus Kamu Coba

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *