Daftar Taman di Jakarta: Hiburan Murah, Cocok Untuk Healing!

Daftar Taman di Jakarta: Hiburan Murah, Cocok Untuk Healing!

Di tengah sesaknya gedung-gedung pencakar langit dan bangunan megah lainnya, kehadiran berbagai macam taman di Jakarta diibaratkan seperti layaknya oase di padang gurun yang tandus. Rindangnya pepohonan, rerumputan yang menghijau, serta gemericik air di danau buatan yang ada di taman Jakarta menawarkan pemandangan segar memanjakan mata Anda.

Tentu saja, Anda dapat menemukan taman-taman yang asri dan indah tersebut di seluruh wilayah Jakarta. Namun, satu hal yang menarik adalah taman di Jakarta tersebut tidak hanya sekadar menjadi hiasan kota belaka, melainkan juga bisa dimanfaatkan sebagai tempat berkumpul bersama keluarga atau kerabat Anda.

Meski Kota Jakarta terkenal sebagai pusat bisnis dengan banyak bangunan yang megah mengelilinginya, namun masih ada beberapa taman kota yang dapat memberikan Anda sedikit atmosfer asri yang menyegarkan di tengah hiruk-pikuknya keseharian beraktivitas di Jakarta. Berikut rekomendasi beberapa taman di Jakarta yang dapat menjadi referensi Anda untuk mengisi waktu luang di akhir pekan.

Baca juga: 8 Rekomendasi Coffee Shop di Jakarta: Cocok Untuk Bekerja

1. Taman Suropati

Taman Suropati
Taman Suropati

Taman Suropati terletak tak jauh dari Masjid Sunda Kelapa, tepatnya di Jalan Pangeran Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat. Taman di Jakarta ini merupakan salah satu ikon yang cukup populer karena sering digunakan untuk kegiatan kreatif anak muda Jakarta. Selain itu, Taman Suropati juga dilengkapi oleh fasilitas yang cukup memadai, seperti WiFi spot hingga jajanan kuliner.

Selain itu, pepohonan di Taman Suropati juga kerap dihinggapi burung-burung yang sangat cantik. Berada di pusat kota dan merupakan salah satu tempat berkumpulnya para seniman kreatif, Taman Suropati ini kerap mengadakan pertunjukan musik hingga melukis. Di taman ini juga dijadikan sebagai sentra kuliner karena banyaknya penjual makanan yang memasang tempat di sekitar area taman.

Keunikannya semakin terlihat lantaran Taman Suropati menjadi tempat menampung seni patung perwakilan dari negara-negara di ASEAN. Taman yang dulunya bernama Burgemeester Bisschopplein ini dibangun tahun 1920 silam dan letaknya yang strategis membuat taman ini sangat dekat dengan pusat-pusat penting di Jakarta.

Alamat: Jl. Taman Suropati No. 5, Menteng, Kecamatan Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, 10310.

2. Taman Menteng

Taman Menteng
Taman Menteng

Masih berada di kawasan Jakarta Pusat, Taman Menteng merupakan salah satu taman yang menjadi destinasi berkumpul favorit bagi para anak muda Jakarta. Taman di Jakarta yang terletak tepatnya di Jalan HOS Cokroaminoto ini terbilang cukup lengkap. Anda bisa menikmati waktu sore hari sambil olahraga di jogging track, lapangan basket, ataupun lapangan futsal. Terdapat pula area bermain anak yang cocok jika Anda ingin mengunjungi Taman Menteng ini bersama si kecil.

Salah satu ciri khas dari Taman Menteng adalah keberadaan rumah-rumah kaca yang kerap digunakan untuk berbagai acara-acara menarik, seperti pameran dan sebagainya. Taman yang terletak di antara Jalan Moh. Yamin dan Jalan HOS Cokroaminoto di kawasan Menteng ini buka dari jam 5 pagi sampai 10 malam. Selain tiket masuk yang gratis, daya tarik utama taman ini adalah tersedianya banyak fasilitas yang menunjang, seperti jogging track, WiFi, hingga area bermain anak dan lapangan olahraga basket, voli, serta futsal.

Suasananya yang sejuk dan dekat dengan kawasan taman lainnya ini juga menjadikan Taman Menteng sangat strategis untuk dikunjungi. Sedikit sejarah mengenai taman ini, bahwa Taman Menteng merupakan bekas Stadion Menteng hingga akhirnya beralih menjadi salah satu landmark Jakarta hingga tidak jarang disebut sebagai Central Park-nya Jakarta. Bagi Anda yang menyukai kuliner, Taman Menteng menyediakan beragam makanan dengan harga yang terjangkau. Mulai dari dimsum, nasi goreng, mie ayam, sate padang, hingga penyetan.

Alamat: Jl. HOS. Cokroaminoto, RT. 3 / RW. 5, Menteng, Kecamatan Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, 10310.

3. Taman Prasasti

Taman Prasasti
Taman Prasasti

Taman Prasasti ini cocok bagi Anda yang sedang mencari sensasi yang berbeda dengan taman-taman lainnya, sebab Taman Prasasti ini merupakan komplek pemakaman orang-orang Eropa yang pada zaman dahulu pernah tinggal di Jakarta pada masa kolonialisasi. Di taman ini, Anda bisa melihat aneka ragam batu nisan dalam berbagai bentuk dan ukuran.

Memiliki pemandangan yang unik, Taman Prasasti cocok untuk Anda yang memiliki hobi fotografi dan videografi. Namun, untuk mengunjungi taman ini, Anda harus membayar biaya sebesar Rp 2,000 per orangnya. Berwisata di taman ini dapat mengarahkan Anda untuk melihat kilas balik sejarah yang terjadi pada zaman Belanda dahulu.

Alamat: Jl. Tanah Abang I No. 1, RT. 11 / RW. 8, Petojo Selatan, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, 10160.

4. Taman Lapangan Banteng

Taman Lapangan Banteng
Taman Lapangan Banteng

Beberapa waktu lalu, Lapangan Banteng hanya dikenal sebagai sebuah kawasan yang memiliki lapangan untuk berolahraga seperti sepak bola dan aktivitas jogging. Selain itu, masyarakat sekitar juga mengenal Lapangan Banteng sebagai tempat penyelenggaraan pameran flora dan fauna.

Namun setelah taman ini dilakukan revitalisasi yang selesai pada tahun 2018 lalu, salah satu taman di Jakarta yang cukup luas ini menampilkan perubahan yang mengundang decak kagum Anda pastinya. Dengan tetap mempertahankan patung Pembebasan Irian Barat yang ikonik, secara umum Lapangan Banteng telah beralih menjadi taman yang menghadirkan spot-spot keren untuk foto.

Secara fungsi, taman seluas 5,2 hektar ini pun kini menjadi ruang terbuka dan tempat rekreasi yang banyak diburu oleh warga Jakarta. Letaknya yang berdampingan dengan dua tempat ibadah yang megah, yaitu Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral Jakarta ini mempersilakan setiap pengunjungnya untuk duduk-duduk santai sambil menikmati keindahan tata letak taman.

Alamat: Jl. Lapangan Banteng Selatan, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

5. Taman Monas

Taman Monas
Taman Monas

Ketika mencari taman di Jakarta untuk piknik atau sekadar melepas penat, tidak berlebihan jika Monas atau Monumen Nasional ini masuk sebagai rekomendasi selanjutnya yang dapat Anda kunjungi. Kawasan Monas merupakan kawasan alun-alun dan menjadi ruang terbuka hijau paling luas di Jakarta. Di bagian tengahnya telah berdiri megah bangunan tugu setinggi 132 meter.

Kawasan yang dibangun oleh Presiden Sukarno ini memiliki halaman yang sangat luas sehingga setiap pengunjungnya dapat melakukan berbagai aktivitas fisik, seperti jogging, bersepeda, main sepatu roda, futsal, basket, dan banyak lagi.

Seperti taman di Jakarta lainnya, kawasan Monas ini juga dikelilingi lapangan rumput dan pepohanan rindang yang asyik untuk duduk dan bersantai sambil berbincang. Selain itu, ada beberapa taman tematik yang cocok sebagai spot foto serta atraksi air mancur menari yang mempesona.

Alamat: Jl. Medan Merdeka, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

6. Taman Ayodya

Taman Ayodya
Taman Ayodya

Taman yang berada di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan ini hanya berjarak sekitar 500 meter saja dari Terminal Bis Blok M. Taman yang menjadi favorit bagi para pengunjung di kala liburan ini memiliki dekorasi seperti panggung teater yang terbuka.

Di Taman Ayodya ini juga terdapat gazebo yang berguna untuk beristirahat dan bersantai melepas penat. Dahulu taman ini terkenal sebagai salah satu kawasan pasar ikan hias dan tanaman hias. Namun kini, Taman Ayodya telah beralih menjadi taman kota yang asri lengkap dengan berbagai fasilitas seperti WiFi, jogging track, gazebo, dan kursi-kursi taman.

Alamat: Jl. Lamandau III, RT. 4, Kramat Pela, Kecamatan Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, 12130.

7. Taman Cattleya

Taman Cattleya
Taman Cattleya

Taman yang terletak di daerah Slipi Kemanggisan, Jakarta Barat ini memiliki banyak fasilitas penunjang dan daya tarik tersendiri. Luas taman ini kurang lebih 3 hektar dengan ditanami beragam tanaman, bunga, hingga pohon-pohon yang kerap kali dipakai untuk foto pre-wedding.

Selain itu, Taman Cattleya dapat Anda jadikan sebagai tempat berolahraga, seperti jogging, bermain sepeda, atau hanya duduk santai menikmati alam sembari foto bersama pasangan atau teman Anda. Jangan lewatkan danau buatan yang berada di tengah taman.

Taman Cattleya dilengkapi dengan lintasan lari, fasilitas kebugaran, serta kolam ikan. Kalau Anda hobi memancing atau sekadar melepas jenuh, Anda dapat membawa alat pancing dan memancing di kolam taman ini.

Selain itu, Anda juga dapat melihat sebuah ikon di taman ini, yaitu patung Anne de Kyiv, patung yang diberikan oleh Kota Kiev, Ukraina saat Kota Jakarta berulang tahun yang ke-492. Patung Anne de Kyiv menjadi simbol persahabatan antara Jakarta dan Kiev sebagai sister city.

Kenyamanan dan lokasi taman di Jakarta yang satu ini cukup dekat dengan pemukiman sehingga menjadi alasan terbesar warga untuk mengunjunginya.

Alamat: Jl. Anggrek Neli Murni, RT. 15 / RW. 1, Kemanggisan, Kecamatan Palmerah, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, 11480.

Demikian rekomendasi dan ulasan mengenai taman di Jakarta yang dapat menjadi referensi Anda untuk menghabiskan waktu luang atau liburan bersama keluarga, pasangan, atau teman Anda. Sudah tentukan taman di Jakarta mana yang akan Anda kunjungi akhir pekan nanti?

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

10 Inspirasi Kamar Tidur Dengan Tema Unik, Pasti Betah Di Kamar!

10 Inspirasi Kamar Tidur Dengan Tema Unik, Pasti Betah Di Kamar!

8 Rekomendasi Apartemen Dekat RSCM

8 Rekomendasi Apartemen Dekat RSCM

8 Apartemen Mewah di Jakarta Beserta Fasilitasnya, Tertarik?

8 Apartemen Mewah di Jakarta Beserta Fasilitasnya, Tertarik?

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *