10 Ide Desain Taman Minimalis untuk Rumah Idaman Kamu

Sekarang ini, kebanyakan rumah minimalis memiliki sebuah taman berukuran kecil untuk membuat rumah tampak lebih hidup. Selain itu, taman juga berfungsi sebagai penyera polusi udara agar rumah tidak penuh dengan debu halus. Kamu juga dapat mengalihfungsikan taman sebagai area terbuka untuk menjemur pakaian. Dengan adanya taman di rumah, kamu akan mendapatkan banyak manfaat plus membuat rumah lebih sehat. Untuk membuat taman yang minimalis, Flokq lalu memberikan beberapa rekomendasi ide desain taman minimalis yang dapat kamu aplikasikan.


baca juga: 6 Rekomendasi Serial Horor Korea di Netflix untuk Ditonton di Waktu Luang


1. Taman x Laundry

Salah satu ide desain taman minimalis adalah membuat taman yang menjadi satu dengan area laundry. Kamu dapat membuat area terbuka di bagian belakang sebagai taman dengan menyisihkan ruang untuk dijadikan sebagai laundry room. Desain seperti ini juga cukup fleksibel karena area terbuka dapat kamu jadikan sebagai tempat menjemur. Jadi, kamu dapat menikmati sore setelah mencuci dan menjemur.

desain taman minimalis
Taman x Laundry

2. Taman x Dapur

Selain laundry area, kamu juga dapat membuat konsep taman minimalis yang disatukan dengan dapur. Kamu dapat menaruh meja dan kursi di area terbuka dan menaruh area dapur kotor di area tertutup. Dengan konsep seperti ini, kamu juga dapat mengadakan pesta kecil bersama keluarga atau sekedar bersantap siang. Untuk area terbuka, kamu dapat membuat atap transparan agar saat hujan tidak membasahi meja makan di taman.

3. Taman Atap Terbuka

Atau, kamu dapat membuat taman dengan atap yang terbuka dengan membuat beberapa tempat untuk menaruh pot dan tanaman di dinding rumah. Kamu juga dapat menanam pohon pada taman dengan konsep seperti ini karena dapat mendukung pertumbuhan pohon tersebut. Kamu dapat menanam beberapa pohon yang nantinya akan mencegah air hujan masuk terlalu banyak.

4. Taman Model Klasik

Taman minimalis dengan konsep klasik merupakan taman yang cukup populer di jaman dulu. Jika kamu memiliki sisa lahan yang cukup, kamu dapat menggunakan konsep ini. Taman ini biasanya memiliki pohon yang menjulang tinggi seperti pohon cemara dan pohon palm. Namun, kamu juga dapat membuat taman di halaman depan rumah dengan konsep ini.

Selain itu, konsep klasik juga biasanya mempermudah untuk anak-anak bermain karena tempat yang cukup luas. Kamu tidak perlu lagi khawatir anak-anak bermain di tempat yang jauh.

5. Taman Khas Bali

Desain taman minimalis selanjutnya adalah taman dengan konsep khas Bali. Taman khas Bali biasanya memiliki sentuhan budaya dan adat Bali seperti gazebo, patung, kolam kecil, dan ukiran dinding yang khas. Kamu dapat membuat gazebo kecil di taman belakang rumah dan menempatkan kolam ikan berukuran kecil. Taman seperti ini juga biasanya disebut sebagai taman tropis dengan pohon kelapa dan tanaman lainnya.

6. Desain Taman Eropa

Selain taman khas Bali, kamu juga dapat menggunakan konsep taman dengan sentuhan khas Eropa. Taman khas Eropa seperti memiliki konsep yang sedikit rumit, namun kamu dapat menggunakan bunga dengan warna yang beragam untuk ditempatkan di taman belakang rumah kamu.

Kamu dapat menambahkan kolam dengan air mancur atau patung dengan pancuran air. Untuk memberikan kesan Eropa, kamu dapat menaruh kursi dan meja taman yang dilengkapi dengan payung teduh. Dinding taman juga dapat kamu buat dengan ukiran-ukiran Eropa klasik.

7. Taman Minimalis Vertikal

Jika sisa lahan di rumah kamu tidak begitu luas, kamu tidak perlu khawatir, karena kamu dapat membuat taman minimalis vertikal. Kamu dapat membuat taman menggunakan dinding di bagian depan atau belakang rumah kamu. Dengan menggunakan rak yang ditempelkan di dinding, kamu dapat menaruh beberapa tanaman kesukaan kamu di sana.

Konsep ini juga dapat digunakan jika kamu tinggal di kawasan apartemen. Kamu dapat merombak balkon unit kamu menjadi taman yang nyaman untuk minum teh di sore hari. Terlebih kawasan apartemen biasanya membutuhkan sirkulasi udara yang baik.

8. Indoor Garden

Jika kamu tidak memiliki cukup lahan di halaman belakang, kamu tetap dapat membuat sebuah taman. Kamu dapat menggunakan konsep indoor garden yaitu sebuah taman di dalam rumah. Konsep seperti ini mirip dengan konsep green house namun dengan ukuran yang lebih kecil.

Kamu dapat membuat taman mini di dekat jendela untuk melancarkan sirkulasi udara. Konsep ini juga memudahkan kamu untuk merawat setiap tanaman karena secara otomatis sinar matahari akan masuk melalui jendela. Kamu juga dapat menaruh kursi kecil sebagai tempat bersantai.

9. Taman Patio

Apa itu taman patio? Taman Patio merupakan konsep teras taman yang akan memberikan kesan alami. Namun, ini bukan taman alami melainkan rumput sintesis yang menutupi area teras rumah. Kamu dapat menambahkan beberapa bunga dan tanaman kesukaan kamu untuk melengkapi area taman.

desain taman minimalis
Taman Patio

Selain itu, menaruh pagar pembatas atau ayunan juga dapat menjadi pelengkap taman patio kamu. Konsep taman ini juga cukup aman untuk anak-anak bermain. Jadi, kamu dapat menaruh beberapa mainan kesukaan mereka di sana.

10. Taman Minimalis Gaya Filipina

Desian taman minimalis selanjutnya adalah taman dengan konsep khas Filipina. Konsep ini mirip dengan konsep taman Bali namun lebih minimalis. Sebab, kamu hanya membutuhkan beberapa tanaman saja dan patung. Konsep taman ini cukup sederhana karena tidak membutuhkan lahan yang luas dan kamu juga dapat menutup area taman dengan besi dengan tatanan yang memberikan ruang agar cahaya matahari dapat masuk.


Itulah beberapa rekomendasi ide desain taman minimalis yang dapat kamu aplikasikan. Dengan adanya taman, rumah kamu akan terlihat lebih segar dan mendapatkan udara yang lebih bersih karena kehadiran tanaman yang akan melakukan perputaran sirkulasi udara.

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *