Jangan Lewatkan! 15 Festival Tahunan Bali Paling Dinantikan di Tahun 2021

Jangan Lewatkan! 15 Festival Tahunan Bali Paling Dinantikan di Tahun 2021

Bali sebagai tujuan wisata yang terkenal bagi orang asing dan Indonesia menawarkan berbagai macam hal untuk dinikmati selama berada di Bali. Pantai, pura, olahraga air, dan tato adalah beberapa ciri khas Bali yang menarik wisatawan untuk berkunjung ke Bali. Tapi tahukah kamu kalau Bali juga punya berbagai macam festival untuk dinikmati?

Mulai dari festival yang berhubungan dengan agama dan tradisi, budaya, kesenian dan berbagai festival lainnya yang ada di Bali. Umumnya festival ini diadakan setiap tahun. Jika Anda berkunjung ke Bali, sempatkan untuk mengunjungi salah satu festival di Bali untuk merasakan keseruan tradisi Bali.

Untuk mempersiapkan perjalanan Anda ke Bali lebih baik lagi, lihat lebih dekat festival mana yang menarik bagi Anda dan luangkan waktu untuk mengunjungi Bali bersamaan dengan festival yang diadakan. Inilah beberapa festival Bali yang paling dinantikan di tahun 2021 untuk Anda.

1. Bali Arts Festival—Juni 2021

Bali Arts Festival
Source: marketeers.com

Pesta Kesenian Bali adalah pameran harian, pertunjukan, dan kegiatan terkait seni lainnya yang diadakan untuk merayakan seni di Bali. Festival ini menawarkan Anda untuk mengalami berbagai macam pertunjukan sepanjang hari, seperti pertunjukan musik dan tari klasik.

Daerah di Bali biasanya diikuti dengan mendekorasi lingkungannya dengan dekorasi bambu dan kelapa. Agar festival ini bisa dinikmati banyak orang, biasanya mereka membangun banyak panggung dan paviliun outdoor sebagai tempat para seniman untuk menampilkan karya seninya.

2. Sanur Village Festival—Agustus 2021

Sanur Village Festival adalah salah satu festival paling berwarna di Indonesia. Festival ini diisi dengan pertunjukan seni dan tari yang semarak, masakan lokal serta budaya dan warisan Bali lainnya. Festival ini diadakan untuk mempromosikan Sanur sebagai destinasi wisata yang aman, menarik, dan indah.

Selama Sanur Village Festival, Anda akan mendapat kesempatan untuk melihat banyak kegiatan yang berhubungan dengan seni seperti fashion show, kuliner, lomba olahraga, pameran fotografi dan peragaan yoga. Festival ini tergolong festival yang cocok untuk keluarga karena memiliki banyak pilihan aktivitas menyenangkan untuk anak-anak seperti body painting dan layang-layang.

3. Bali Spirit Festival—Maret hingga April 2021

Bali Spirit Festival adalah salah satu Festival Yoga terbesar di Asia. Festival ini biasanya diadakan selama tujuh hari delapan malam, diisi dengan lebih dari 300 lokakarya yoga, tari, pengembangan diri, penyembuhan, dan seni bela diri. Ini bukan hanya festival, tetapi ruang eksplorasi, penyembuhan, transformasi, dan koneksi.

Untuk membuat festival menjadi lebih meriah, dilengkapi dengan musik siang dan malam, makanan organik, sesi sharing dengan guru spiritual kelas dunia, dan bahkan warung-warung kecil di area pasar. Warung-warung tersebut adalah tempat yang tepat untuk Anda berbelanja pakaian dan properti yoga.

4. Nusa Dua Light Festival—Juli 2021

Nusa Dua Light Festival adalah festival lampion terbesar di Bali. Selain menikmati lampion, festival ini juga dikemas dengan aktivitas menyenangkan lainnya seperti trampolin, live music, food expo, dan naik balon udara. Ini adalah kesempatan sempurna bagi keluarga dan teman untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama dan mengambil bagian dalam semua aktivitas yang menyenangkan.

Jika Anda mengunjungi Nusa Dua Light Festival, Anda akan mendapat kesempatan untuk melihat banyak lampion, datang dalam berbagai bentuk, ukuran dan warna yang beterbangan di langit malam. Anda bisa duduk di rerumputan dan menyaksikan cahaya indah dari lentera mengisi kegelapan.

5. Bali Kite Festival—Agustus 2021

Konon, Festival Layang-layang Bali dimulai sebagai cara warga setempat berterima kasih kepada para dewa atas panen dan kesuburan yang melimpah. Dalam perjalanannya, festival ini menjadi salah satu festival populer di Bali. Indahnya layang-layang ekor panjang yang digunakan dalam festival ini membuat pemandangan layang-layang yang beterbangan di sekitar langit Bali yang cerah tetap luar biasa.

Selain festival, ada kompetisi di sini. Festival ini menyambut tim dari dalam dan luar negeri untuk datang dan berpartisipasi. Tugas utama kompetisi ini adalah merakit layang-layang mereka pada acara final dan berhasil meluncurkannya beserta ekornya yang berwarna-warni.

6. Balinale (Bali Film Festival)—Mei 2021

Balinale adalah festival film terbesar dan tertua di Indonesia. Festival ini adalah tempat bagi Anda yang ingin merasakan pemutaran film dari berbagai genre — kebanyakan film independen, karena Balinale memberikan kesempatan bagi sineas lokal untuk menampilkan karyanya kepada penonton internasional.

Acara tahunan ini juga menyelenggarakan lokakarya dan seminar informatif bagi calon pembuat film pelajar. Festival ini juga turut serta meningkatkan nilai Bali di kancah internasional. Pasalnya, produser yang datang ke festival ini biasanya mencari lokasi film juga. Ini bisa dianggap sebagai salah satu cara untuk mempengaruhi perekonomian Indonesia.

7. Ubud Food Festival—April 2021

Ubud Food Festival

Ubud Food Festival merupakan festival yang diadakan untuk merayakan dan mempromosikan kuliner lokal Indonesia. Festival ini bertujuan untuk menyebarkan budaya makanan di Indonesia serta mendukung komunitas dan produsen lokal melalui acara yang bermakna. Ubud Food Festival dianggap sebagai kesempatan besar bagi calon chef Indonesia untuk menunjukkan keahliannya.

Ubud Food Festival adalah wadah bagi chef, pengusaha, aktivis, fotografer makanan, dan lainnya untuk menikmati acara tentang beragam masakan. Selain food festival, acara ini juga menggelar berbagai kegiatan untuk menarik minat penonton.

8. Ubud Writers and Readers Festival—November 2021

Ubud Writers and Readers Festival
Source: festival-indonesia.com

Ubud Writers & Readers Festival adalah acara yang merayakan semua hal tentang sastra, membaca, menulis, film dan budaya. Dalam festival ini, Anda akan melihat berbagai lokakarya dan kelas yang dirancang untuk calon penulis dan memungkinkan mereka mendapatkan tanggapan dari para ahli. Ada juga acara khusus lainnya, live music dan pemutaran film di festival ini.

9. Ubud Jazz Festival—Agustus 2021

Festival lain yang berlangsung di Ubud adalah Ubud Village Jazz Festival. Sebuah festival yang dirancang khusus untuk pecinta jazz, yang menjanjikan setiap genre jazz. Jika Anda datang untuk melihat festival ini, Anda akan mendapat kesempatan untuk merasakan salah satu acara budaya dan komunitas terpenting di Bali. Festival ini menawarkan pesona musik jazz yang dibawakan oleh pemain lokal dan internasional dari seluruh dunia.

Baca juga tentang Festival Musik Tahunan di Jakarta

10. Bali International Choir Festival—Juli 2021

Bali International Choir Festival
Source: baliplus.com

Festival Paduan Suara Internasional Bali adalah acara yang menyatukan pertunjukan paduan suara terbaik untuk konser dan lokakarya. Festival ini diadakan untuk memungkinkan penyanyi dan penonton mendapatkan pengalaman, membangun keterampilan dan pengetahuan mereka dalam lokakarya, ruang latihan formal, dan pengaturan konser.

Bali International Choir Festival adalah acara yang harus dihadiri oleh pecinta musik dan pertunjukan paduan suara. Ada juga sejumlah workshop yang diadakan selama acara ini serta sesi latihan, klinik dan kompetisi.

11. Galungan—April 2021

Galungan Festival
Source: love-bali.com.au

Galungan adalah salah satu festival terpenting di Bali yang diadakan sebagai puncak perayaan yang diadakan untuk menghormati pencipta dan arwah leluhur. Konon selama festival ini arwah nenek moyang dikembalikan ke bumi, dan warga sekitar diharapkan bisa memberikan kebaikan melalui sesaji dan lantunan doa.

Datang untuk melihat festival ini akan memberi Anda pengalaman menyaksikan budaya tradisional Bali dan yang berhubungan dengan agama. Di akhir perayaan, arwah leluhur kembali ke rumah masing-masing. Akhir Galungan ditandai dengan penduduk setempat memberikan sesaji dari nasi kuning.

12. Tumpek Landep—Februari 2021

Tumpek Landep merupakan upacara penghormatan kepada benda-benda peninggalan leluhur seperti keris dan tombak. Seiring waktu, makna upacara ini berubah dan penduduk setempat memberkati semua barang yang terbuat dari logam termasuk mobil, sepeda motor, komputer, dan bahkan lemari es.

Festival ini juga dimanfaatkan oleh seniman lokal untuk meminta inspirasi agar seninya relevan dengan masyarakat. Salah satu ritual mendasar selama Tumpek Landep adalah pembersihan untuk memastikan bahwa umatnya murni untuk mengambil bagian dalam perayaan, dan untuk mengungkapkan penghormatan terhadap roh leluhur yang berbeda dan kepada yang meninggal.

13. Tumpek Uduh—Maret 2021

Tumpek Uduh
Source: balitravelhub.com

Tumpek Uduh merupakan festival yang digelar sebagai perayaan syukur terhadap alam atas perkebunan dan panen yang berbuah. Selama festival Tumpek Uduh, penduduk setempat mendedikasikan hari mereka untuk menghormati alam, pepohonan, dan tumbuhan. Pohon kelapa mengambil bagian penting dari festival ini karena sangat bergantung pada sektor ekonomi Bali.

14. Purnama Kedasa—Maret 2021

Purnama Kedasa merupakan festival yang digelar sebagai perayaan masyarakat Bali menyusul kemunculan bulan purnama yang menandai hari istimewa berbagai perayaan adat. Itu karena penduduk setempat percaya ini adalah hari di mana Tuhan turun ke bumi untuk memberkati penduduknya.

Untuk merayakan festival ini, penduduk setempat biasanya membuat persembahan yang terdiri dari makanan segar, buah-buahan, dan bunga berwarna-warni. Hal itu sering diiringi dengan berbagai ritual, seperti mandi di air suci sebagai tindakan pensucian, membakar dupa untuk mengusir roh jahat.

15. Soma Ribek Festival—Agustus 2021

Soma Ribek adalah festival di Bali yang diadakan sebagai cara warga setempat mengapresiasi makanan dan diadakan setiap 210 hari sekali. Dimulainya Soma Ribek ditandai dengan masyarakat akan berhenti menggiling, menumbuk atau menjual beras. Festival ini memiliki ajaran untuk melibatkan pengetahuan tentang menopang kehidupan dengan beras dan produk beras.

Sekian 15 festival yang paling dinantikan di Bali. Beberapa di antaranya mungkin dibatalkan atau ditunda karena situasi pandemi saat ini, namun festival tersebut pasti patut untuk disaksikan untuk melengkapi perjalanan Anda ke Bali.


Kamu juga bisa lho tinggal di Bali selama liburan dengan akomodasi dari Flokq! Akomodasi yang ditawarkan Flokq berkonsep co-living yang bisa kamu sewa dan pastinya seru banget untuk pengalaman baru!

Ingin tahu lebih lanjut? Hubungi tim Flokq di +62 813-1490-5690 atau klik tombol di bawah ini, ya!

Klik disini untuk lihat Apartemen dari Flokq
Avatar

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

10 Cafe Ubud dengan Suasana Nyaman dan Kopi Lezat!

10 Cafe Ubud dengan Suasana Nyaman dan Kopi Lezat!

8 Toko Organik di Bali untuk Membantu Anda Menjadi Lebih Sehat

8 Toko Organik di Bali untuk Membantu Anda Menjadi Lebih Sehat

Volunteer di Bali: Tips dan Rekomendasi Program

Volunteer di Bali: Tips dan Rekomendasi Program

6 Taman Kerajaan Bali, Destinasi Wisata Sejarah yang Eksotis

6 Taman Kerajaan Bali, Destinasi Wisata Sejarah yang Eksotis

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *