Hidup Sendiri Atau Dengan Teman Sekamar

Hidup Sendiri Atau Dengan Teman Sekamar

Seringkali ketika akan pindah rumah, kita sampai pada pilihan yang cukup sulit, yaitu memilih hidup sendiri atau dengan teman sekamar. Kedua pilihan tersebut memiliki pro dan kontra masing-masing. Menemukan tempat tinggal baru adalah satu hal exciting, tetapi membuat keputusan ini adalah hal lain yang harus kamu temukan jawabannya, karena kamu tidak benar-benar tahu pilihan mana yang sebenarnya lebih baik. Untuk membantumu mengambil keputusan, kami telah memberikan poin-poin penting untuk di pertimbangkan apakah hendak tinggal sendiri atau dengan teman sekamar.

Baca lebih lanjut tentang: How Coliving Can Make Your Life Awesome

Living with a roommate

Menguntungkan secara finansial

Tinggal dengan teman sekamar berarti kamu akan menghemat uang dengan banyak cara. Pertama, kamu dapat menyewa apartemen yang lebih besar yang akan memberi kamu ruang yang lebih besar untuk tinggal dan membagi sewa dengan mereka. Kedua, kamu dapat membagi biaya utilitas (terutama tagihan air dan listrik) atau bahkan tagihan belanjaan. Kamu juga dapat memasang router Wi-Fi di dalam unit apartemen dan meminta persetujuan teman sekamarmu untuk membayar bersama.

Nikmati Apartemen yang lebih Luas

Karena kamu berbagi pengeluaran dengan teman sekamar, kamu bisa menyewa apartemen yang lebih besar dengan ruangan yang lebih besar. Itu berarti memiliki ruang tamu yang lebih besar, dua kamar mandi, ruang makan, dan kamu dapat memutuskan untuk mendapatkan apartemen dengan teras atau tidak. Jika teman sekamarmu setuju dengan bagian dari sewa bulanan, apartemen yang lebih besar bisa menjadi pilihan yang jauh lebih baik daripada apartemen kecil yang kamu tinggali sendiri. Tinggal di apartemen yang lebih besar juga berarti kamu mendapatkan kamar tidur sendiri dan memiliki privasi sendiri, jika kamu adalah tipe orang yang masih membutuhkan ruang pribadi.

Tidak akan kesepian

Memiliki teman sekamar berarti selalu ada orang lain di sekitar rumah. Kamu mungkin ingin mengaudisi calon teman sekamarmu sebelum memutuskan untuk tinggal bersama. Saat kamu tinggal dengan teman sekamar yang kepribadian dan gaya hidupnya sangat sesuai denganmu, kehadiran mereka dapat mencerahkan suasana hati setiap kali kamu di rumah. Jika kamu bergaul dengan baik, kamu juga dapat mengurangi risiko konflik dengan mereka (yang cepat atau lambat pada akhirnya akan muncul). Kamu juga memiliki banyak kesempatan untuk memasak bersama dan berbagi makanan, atau bahkan mengadakan pesta bersama untuk teman-teman.

Hubungan sosial yang lebih luas

Sama sepertimu, teman sekamarmu dapat mengundang teman mereka yang lain dan bermain di dalam apartemen. Kamu bisa memperkenalkan diri dan berteman dengan mereka. Sebaliknya, teman sekamarmu mungkin juga berteman dengan teman-temanmu. Dengan cara ini, kalian berdua akan membangun hubungan sosial yang lebih luas. Ketika kamu berbagi teman yang sama dengan teman sekamarmu, kamu dapat mengadakan pesta yang luar biasa di apartemenmu.

Berbagi tugas

Merawat seluruh apartemen bisa melelahkan. Di sinilah kehadiran teman sekamar bisa sangat membantu. Kamu dan teman sekamarmu bisa menjadi satu tim dalam mengurus apartemen. Buat jadwal tugas yang membantumu mengatur kamu dan teman sekamarmu untuk membersihkan dan mendekorasi apartemen- atau bahkan berbelanja bahan makanan secara bergilir. Berbagi tugas dapat membantu meringankan beban kalian berdua. Hal tersebut juga juga akan menjaga apartemen tetap berada di kondisi yang bagus.

Memiliki perawat

Ketika kamu sakit, teman sekamarmu akan berada di sana untuk lari ke apotek demi mendapatkan obat atau untuk menghubungi dokter. Kamu tidak perlu khawatir sendirian saat sakit. Mereka juga akan memastikan kamu meminum obat berdasarkan resep dokter dan menyuruhmu makan secara teratur. Saat kamu pergi ke luar kota, kamu juga dapat meminta bantuan teman sekamar untuk memberi makan hewan peliharaanmu, menyirami tanaman, atau memeriksa apakah ada surat penting untukmu.

Tinggal Sendiri

Lebih Private

Hidup sendiri berarti kamu tidak harus mengorbankan tempat pribadimu kepada orang lain. Kamu dapat menggunakan dapur, kamar mandi, dan kamar tidur tanpa terganggu Kamu juga tidak perlu membagikan apa yang tersisa di dalam lemari es. Ketika kamu pulang setelah hari yang melelahkan di tempat kerja, kamu mungkin merasa ingin menyendiri. Ini mungkin sulit dilakukan jika ada orang lain yang tinggal di rumah. Jika kamu tinggal sendiri, kamu akan selalu punya waktu untuk menyendiri

Bebas Konflik

Seberapa baik kamu dalam menangani konflik? Saat tinggal dengan teman sekamar, tidak peduli seberapa dekat kalian, kamu tidak akan pernah bisa menghindari fakta bahwa konflik akan muncul. Hal ini berkisar dari konflik gaya hidup (pikirkan teman sekamar yang suka mengundang teman mereka setiap malam saat kamu harus berkonsentrasi pada pekerjaan) hingga masalah keuangan (pikirkan teman sekamar yang selalu memintamu untuk membayar bagian mereka terlebih dahulu, tetapi selalu terlambat untuk mengembalikannya). Belajar untuk bekerja sama dan berkomunikasi dengan teman sekamar dengan perspektif dan pendapat yang berbeda bisa sangat membantu. Jika kamu adalah tipe orang yang cenderung menghindari konflik, kamu mungkin ingin memilih hidup sendiri. Dengan hidup sendiri, kamu tidak perlu khawatir untuk mengatasi masalah dengan teman sekamar.

Kebebasan Total

Bagian terbaik dari hidup sendiri adalah kamu memiliki kendali penuh atas apartemenmu. Kamu tidak harus berurusan dengan kesepakatan bersama orang lain, pada dasarnya karena semuanya hanya milik diri sendiri. Jika kamu suka mendengarkan set DJ sepanjang malam, tidak ada yang akan menyuruhmu untuk diam. Jika kamu lebih suka tempat yang bersih, Kamu bisa membersihkannya setiap hari. Saat kamu merasa kesepian dan mungkin ingin ditemani, kamu dapat mengundang teman kapan saja.

Memutuskan untuk tinggal sendiri atau dengan teman sekamar benar-benar dapat mengubah pengalaman hidup. Jika kamu merasa hidup sendiri terkadang membuatmu merasa terlalu kesepian, kamu mungkin ingin mulai mengaudisi calon teman sekamar untuk tinggal bersama. Jika kamu merasa tinggal dengan teman sekamar mengganggu gayamu dan terlalu membuat stres, carilah apartemen baru untuk kamu tinggali sendiri. Bagian terbaik dari menyewa apartemen adalah kamu selalu dapat membuat keputusan saat sewa habis.

Ingin membuat pertemanan di Jakarta? Simak tips berikut

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

Ini Dia Apartemen Mewah di Jakarta Di Bawah Rp 10 Jutaan!

Ini Dia Apartemen Mewah di Jakarta Di Bawah Rp 10 Jutaan!

Rekomendasi Apartemen Dekat Kokas yang Siap Dihuni

Rekomendasi Apartemen Dekat Kokas yang Siap Dihuni

10 Ide Desain Dinding untuk Menyegarkan Tampilan Ruangan Anda!

10 Ide Desain Dinding untuk Menyegarkan Tampilan Ruangan Anda!

5 Jenis Tanaman Bonsai Indoor dan Tips Memeliharanya!

5 Jenis Tanaman Bonsai Indoor dan Tips Memeliharanya!

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *