Hukum Dasar Penyewaan Apartemen untuk Ekspatriat di Indonesia

Hukum Dasar Penyewaan Apartemen untuk Ekspatriat di Indonesia

Jika kamu baru pertama kali pindah ke Indonesia, ada beberapa hal penting tentang undang-undang dasar leasing yang harus kamu ketahui untuk mencegah terjadinya penipuan yang disebabkan oleh tuan tanah yang jahat. Secara umum, isi undang-undang leasing serupa dengan yang ada di tempat lain; itu mencakup durasi sewa, harga sewa & pembayaran, dan hak dan kewajiban properti. Perbedaannya ada pada detail undang-undang seperti durasi minimum sewa, batas waktu pembayaran, dan lain-lain.

Undang-undang leasing yang memuat perjanjian antara pemilik dan penerima sewa harus disajikan dalam bentuk tertulis dan ditandatangani oleh kedua belah pihak di atas materai 6000 (stempel Indonesia), jadi jika ada pelanggaran hukum yang dilakukan oleh pemilik atau pihak yang disewa Setelah perjanjian sewa ditandatangani, pelanggar hukum bisa dibawa ke pengadilan.

Hak dan Kewajiban Penyewa

Beberapa hak dan kewajiban harus diakui oleh penyewa dan pemilik sebelum menandatangani perjanjian leasing. Hak utama penyewa adalah untuk tinggal di tempat yang telah disepakati oleh penyewa dan penyewa. Hal lain yang perlu diperjelas dan dituangkan dalam perjanjian sewa guna usaha termasuk pihak mana yang bertanggung jawab untuk membayar kebutuhan listrik, air, internet, dan perumahan lainnya. Biasanya penyewa adalah pihak yang bertanggung jawab untuk membayar kebutuhan tersebut, namun tidak menutup kemungkinan hal-hal tersebut dimasukkan dalam pembayaran sewa. Negosiasi adalah kuncinya!

Penyewa berkewajiban untuk menjaga properti dalam kondisi baik atau sesuai kesepakatan. Salah satu kewajiban yang lazim dicantumkan dalam perjanjian leasing adalah jaminan dari rentee, biasanya dalam bentuk uang jaminan. Penyewa perlu membayar uang jaminan minimal sebesar satu bulan harga sewa sebagai jaminan jika ada kerusakan pada properti dan hal-hal lain dan akan dikembalikan setelah masa sewa selesai. Semua hal itu perlu dimasukkan dalam perjanjian sewa guna mencegah kesalahpahaman antara pemilik dan penerima sewa dan memperjelas batas-batas hak dan kesepakatan para pihak.

Harga Sewa & Pembayaran

Rental Price & Payments

Jika kamu mencari suatu tempat melalui internet, kamu dapat menemukan harga sewa yang tertera di situs web atau akun media sosial tempat tersebut. Umumnya harga yang tertera adalah harga sewa bulanan atau tahunan. Yang unik dari pembayaran sewa di Indonesia adalah kamu harus membayar seluruh jumlah uang sesuai dengan berapa lama kamu akan tinggal ditambah uang jaminan sebulan. Sedikit tips untuk kamu: jika kamu berniat untuk tinggal dalam waktu yang lama, biasanya pemilik akan memberikan harga khusus jika kamu membayar sewa selama setahun sekaligus. Dimungkinkan untuk menyewa tempat setiap bulan, tetapi biasanya, persyaratan sewa bervariasi dari satu tahun hingga tiga tahun. Di Indonesia, harga sewa dikutip dalam Rupiah. Khusus untuk ekspatriat, harga akan dikutip dalam USD tapi pembayarannya menggunakan Rupiah.

Jumlah uang yang harus dibayar dan batas waktu pembayaran harus dicantumkan dalam perjanjian leasing untuk mencegah tuan tanah melakukan penipuan seperti menaikkan harga sewa secara sepihak dan agar penerima sewa membayar biaya leasing tepat waktu.

Durasi Sewa

Hal lain yang penting untuk dimasukkan dalam perjanjian sewa guna usaha dalam jangka waktu sewa. Ini adalah poin yang paling bisa diatur karena sangat mungkin untuk memperpanjang durasi sewa. Namun, jika kamu memutuskan untuk pindah lebih awal dari yang telah kamu sepakati, peluang kamu untuk mendapatkan pengembalian uang sangat kecil karena kamu telah setuju untuk membayar sewa untuk waktu tertentu.

Tips lain untuk kamu: ketika kamu tidak yakin dengan durasi tinggal kamu, sebaiknya kamu menyewa tempat itu setiap bulan sehingga ketika kamu dipulangkan lebih awal, kamu tidak akan kehilangan banyak uang. Mengapa durasi sewa penting untuk dicantumkan dalam perjanjian leasing? Karena setelah penyewa dan pemilik menandatangani perjanjian, pemilik tempat tidak akan dapat menyewakan tempat tersebut kepada orang lain atau menjual tempat tersebut, sehingga kamu tidak perlu khawatir berselisih dengan orang lain.

Itulah beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan sebelum menyewa apartemen di Indonesia. mengetahui aturan yang ada maka akan memberikan kemudahan dan kenyamanan selama anda akan menyewa apartemen di Indonesia. Jika kamu menyukai artikel ini, jangan lupa untuk melihat artikel lain di blog kami. Kami memberikan beberapa rekomendasi tempat ngopi, mall, dan tempat bagus lainnya di Indonesia. Semoga artikel ini dapat membantu untuk mengeksplorasi dan menikmati hidup di Indonesia.

Baca Juga: Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Apartemen Baru

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

8 Rekomendasi Apartemen Terbaik Dekat UMN!

8 Rekomendasi Apartemen Terbaik Dekat UMN!

Top 10 Restoran Korea di Jakarta, Dijamin Bikin Ngiler!

Top 10 Restoran Korea di Jakarta, Dijamin Bikin Ngiler!

10 Apartemen Murah Di Jakarta Selatan, Bikin Nyaman Di Dompet

10 Apartemen Murah Di Jakarta Selatan, Bikin Nyaman Di Dompet

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *