Jajanan Jakarta yang Cocok untuk Pacaran

Jajanan Jakarta yang Cocok untuk Pacaran

Salah satu cara untuk memikat hati seseorang adalah melalui perutnya, kata pepatah lama. Hal yang sama berlaku untuk kita, orang Indonesia. Membawa kita ke restoran Italia yang berkelas itu bagus dan keren, tetapi kamu membutuhkan sedikit lebih banyak uang untuk menembus hati kita. Tapi, ada sesuatu yang lebih dekat dari rumah dan lebih nyaman.

Orang Indonesia semuanya berasal dari kota yang berbeda dan latar belakang budaya yang berbeda. Itulah mengapa setiap orang memiliki comfort food yang mungkin berbeda satu dengan yang lain. Saya? Saya paling suka Baso Tahu Siomay Bandung karena saya berasal dari Bandung. Tapi, hanya karena ini bukan Bandung, bukan berarti saya tidak bisa menikmati Baso Tahu Siomay di Jakarta.

Dan begitulah keindahan Jakarta. Apapun comfort food yang ingin kamu tawarkan kepada pencuri hatimu, pasti ada di sini. Jika kamu tidak yakin dengan apa yang bisa kamu bawa untuknya, jangan menyerah dulu! Berikut ini beberapa street food atau jajanan di Jakarta yang pasti akan memenangkan hati siapapun.

Cari tahu lebih lanjut tentang Pusat Jajanan Terbaik di Jakarta

street food jakarta: martabak

1. Martabak

Martabak. Terang Bulan. Apam pinang. Apam Balik. Apapun kamu menyebutnya, atau dari mana pun asalnya, martabak adalah bintang dari segala macam jajanan di Indonesia.

Jika kamu belum pernah mencicipi King of Street Food atau Raja dari Jajanan Indonesia ini, martabak adalah pancake lipat dengan isian telur dadar gurih (martabak asin) atau topping manis (martabak manis). Martabak memiliki ciri khas kulit yang renyah. Baik itu kulit luaran seperti pada martabak asin atau pinggiran martabak manis yang lembut seperti kulit pizza.

Sekarang, kita bisa menceritakan sejarah martabak di Indonesia dan bagaimana martabak asin dan martabak manis dimulai dari dua jenis masakan yang berbeda. Tapi, kita tidak akan membahasnya sekarang. Hal penting yang perlu kamu ketahui bahwa martabak memiliki tempat istimewa dalam “seni” berpacaran di Indonesia. 

Dulu, ketika orang tua kita masih berkencan dan datang berkunjung ke rumah masing-masing, kekasihnya akan datang dengan sekotak martabak hangat. Tujuan mereka tidak hanya untuk memenangkan hati kekasihnya, tetapi juga seluruh anggota keluarga, karena martabak adalah jajanan yang paling sering dinikmati bersama keluarga dan teman.

Sekarang, kamu juga bisa mengikuti kebiasaan ini! Ajak orang yang kamu sukai untuk pergi mencari kuliner malam atau katakan perasaanmu dengan membawa sekotak martabak hangat.

Jika kamu membutuhkan referensi tentang martabak terbaik di Jakarta, kamu bisa memilih martabak klasik seperti martabak asin dari Martabak Kubang di Manggarai atau martabak manis dari Martabak Pecenongan 65A dan Martabak Sinar Bulan. Untuk yang lebih eksperimental, kamu juga bisa mencoba martabak gelato dari Martabakku Menteng atau martabak asin dengan mozarella dari Martabak Mertua.

2. Sate

Tidak perlu menjelaskan ada berapa banyak jenis sate di sini, dengan asumsi kamu sudah berada di Indonesia lebih dari sehari (penduduk setempat akan bertanya apakah kamu sudah mencoba sate setiap ada kesempatan). Bagaimanapun juga, ini adalah pilihan favorit untuk kuliner Indonesia.

Sate tumbuh dan berkembang di banyak daerah di Indonesia, mulai dari Padang hingga Makassar. Tidak heran jika sate menjadi comfort food bagi banyak orang. Makanya, merupakan hal yang lumrah jika teman-teman biasa pergi keluar di malam hari untuk makan sate di gerobak pinggir jalan.

Daripada sekadar memesan sate untuk diantar ke rumah orang yang kamu sukai melalui aplikasi Gojek/Grabfood, kamu bisa mengajak mereka berkencan di tempat makan populer seperti Sate Sabang Pak Heri atau Sate Sabang Kim Tek. 

Kamu juga bisa mencoba sate Taichan yang sedang tren di warung-warung seperti Kedai Paman Do di Tebet atau Sate Taichan Manggarai.

Makan sate juga tidak selalu harus di pinggir jalan. Nikmati kencan makan malam yang mewah di Sate Khas Senayan dan anak perusahaannya, restoran Tesate.

3. Kerak Telor

Kalau kamu belum pernah melihat atau mencoba makanan khas Jakarta di Pekan Raya Jakarta ini, ke mana saja kamu selama ini? Kerak telor adalah khazanah kuliner masyarakat Betawi dan kuliner primadona di Jakarta (bahkan sejak zaman kolonial).

Kerak telor adalah telur dadar yang disajikan dengan topping seperti kelapa parut (serundeng), bawang goreng, dan udang kering (Ebi). Kerak telor disajikan panas dalam bungkus seperti Nasi Padang namun dibentuk menjadi tabung. Beberapa orang lebih menyukai kerak telor yang pedas, tetapi yang lain suka yang tidak pedas.

Seperti jajanan pinggir jalan lainnya, keajaiban kerak telor ada saat dalam proses pembuatan. Ajak orang yang kamu sukai untuk berjalan-jalan di malam hari dan saksikan penjual kerak telor melakukan keahliannya. Atau kamu bisa mengajak mereka melihat atau mengelilingi Jakarta dan membeli kerak telor di Monas dan Kota Tua. Untuk mendapatkan pengalaman yang lebih menarik, kamu bisa melewati Desa Budaya Betawi di Setu Babakan agar bisa sepenuhnya memahami warisan budaya kerak telor.

Kerak telor juga tidak terlalu sulit untuk dibuat sendiri. Siapkan makan malam bersama dan undang orang yang kamu sukai untuk membuat kerak telor bersama. Tentu saja tidak ada cara yang lebih baik untuk menyatukan dua hati selain memasak bersama.

street food jakarta: kue pancong

4. Kue Pancong

Salah satu kebanggaan budaya kuliner Betawi lainnya adalah kue pancong. Kue pancong adalah jenis kue yang paling sering disalahartikan dengan makanan serupa lainnya seperti kue pukis yang lebih manis dan kue bandros dari Jawa Barat.

Bahan kue ini adalah tepung ketan (atau hanya tepung beras), santan, dan kelapa parut. Adonan tersebut kemudian dituang ke dalam cetakan dan dipanaskan hingga pinggirannya berwarna coklat tua. Isiannya yang gurih setengah matang terasa sangat meleleh di mulutmu saat kamu menggigitnya.

Sama seperti kerak telor, sebaiknya kamu menikmatinya di tempat. Duduk di tepi jalan dan kenali orang yang kamu sukai lebih baik saat kamu menunggu penjual menyelesaikan pesananmu. Untungnya, penjual kue pancong tradisional tersebar di seluruh Jakarta, jadi kamu tidak perlu menunggu Pekan Raya Jakarta berikutnya.

Tapi, kue pancong yang terkenal adalah kue pancong yang mempunya rasa inovatif. Kue pancong di Kue Pancong Rawa Belong misalnya, memiliki rasa yang beragam seperti coklat, keju, keju dan telur, corned beef, dan masih banyak lagi.

Kafe lain yang melakukan kreasi pada kue pancong adalah Pancong Bro. Mereka menyajikan kue pancong yang penuh warna dan meriah dengan topping menarik seperti Fruit Loops dan gummy bear.

Jadi, kamu bisa memilih beberapa atau street food jajanan terbaik yang dapat kamu berikan untuk orang yang kamu sukai. Kami harap daftar ini membantumu, ya! Semoga berhasil!

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

8 Rekomendasi Apartemen Terbaik Dekat UMN!

8 Rekomendasi Apartemen Terbaik Dekat UMN!

Top 10 Restoran Korea di Jakarta, Dijamin Bikin Ngiler!

Top 10 Restoran Korea di Jakarta, Dijamin Bikin Ngiler!

10 Apartemen Murah Di Jakarta Selatan, Bikin Nyaman Di Dompet

10 Apartemen Murah Di Jakarta Selatan, Bikin Nyaman Di Dompet

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *