12 Jajanan Tradisional Indonesia Yang Masih  Dicari Hingga Kini

12 Jajanan Tradisional Indonesia Yang Masih Dicari Hingga Kini

Tidak hanya budaya dan bahasa yang sangat beragam jika berbicara tentang Indonesia, makanan Indonesia juga banyak macamnya. Khususnya jajanan khas Indonesia. Walaupun banyak jajanan modern yang sering digemari oleh banyak orang, jajanan tradisional Indonesia juga tidak kalah terkenalnya dan selalu dicari sampai saat ini. Simak jajanan tradisional Indonesia yang masih banyak dicari selengkapnya dibawah ini yuk!

Baca juga: Jajanan Street Food Manis di Jakarta

1. Klepon

Kue klepon salah satu jajanan tradisional Indonesia
Sumber: Pinterest.com

Jajanan Indonesia pertama ini berasal dari daerah pulau Jawa. Klepon biasanya berbentuk bulat dibalut dengan parutan kelapa dan memiliki isian gula merah yang meleleh di mulut ketika digigit. Cita rasa yang manis sekaligus gurih ini yang membuat kue klepon masih menjadi jajanan tradisional Indonesia yang masih eksis sampai saat ini. Kue klepon ini sangat mudah dicari karena banyak cafe, atau restoran yang menjual kue tradisional ini. Jadi buat anda yang suka dengan kue ini jangan khawatir ya!

2. Lemper

Lemper dengan isi ayam salah satu jajanan tradisional Indonesia
Sumber: Pinterest.com

Dibuat dari beras ketan dengan isian ayam yang gurih dan dibungkus dengan daun pisang. Cocok untuk anda yang ingin makan jajanan tradisional Indonesia yang cepat bikin kenyang. Lemper juga tidak pernah absen di paket kue atau jajanan tradisional khas Indonesia.

3. Dadar Gulung

Jajanan tradisional Indonesia dadar gulung dengan daun pandan
Sumber: Pinterest.com

Jajanan tradisional selanjutnya adalah dadar gulung. Terbuat dari air pandan dengan isi campuran parutan kelapa dan gula merah. Dadar gulung sangat pas disajikan dalam keadaan masih hangat. Rasanya yang manis pas jika ditemani dengan secangkir kopi di pagi hari. 

Biasanya dadar gulung identik dengan warna kulitnya yang hijau, namun saat ini banyak pedagang jajanan tradisional Indonesia yang membuat inovasi dengan mengganti warna kulit dadar gulung, dan ada juga yang diberikan motif- motif unik dan lucu lainnya. 

4. Onde- Onde

Salah satu jajanan tradisional Indonesia yaitu onde-onde yang baru matang dan siap di hidangkan
Sumber: Pinterest.com

Jajanan yang satu ini pasti sudah tidak asing, karena setiap penjual kue yang lewat jajanan ini selalu ada. Memiliki tekstur yang garing diluar tapi chewy di dalam adalah keunikan kue ini. 

Kulit Onde- Onde yang terbuat dari tepung ketan dengan isian kacang merah atau kacang hijau yang membuat cita rasa yang manis, gurih, dan legit yang membuat jajanan tradisional Indonesia satu ini digemari oleh banyak kalangan. 

5. Serabi

Serabi yang disajikan dengan kuah santan dan kinca
Sumber: Pinterest.com

Jajanan tradisional Indonesia ini juga tidak kalah dengan jajanan tradisional yang lain. Banyak orang menyebut kue ini dengan sebutan surabi atau serabi. Terbuat dari campuran tepung beras dan santan yang membuat serabi ini terasa gurih. Biasanya topping jajanan selalu disesuaikan dengan rasa adonannya yang manis atau asin, keunikan serabi ini anda bisa menikmatinya dengan banyak topping yang enak. 

Serabi yang tradisional dan sering dijumpai menggunakan topping campuran santan dan kinca, serabi polos, atau oncom. Namun sekarang banyak serabi yang diinovasikan dengan berbagai topping kekinian seperti sosis, ayam, dan keju.

6. Kue Cubit

Jajanan tradisional Indonesia yaitu kue cubit dengan topping yang beragam
Sumber: Pinterest.com

Jajanan tradisional Indonesia yang mengenyangkan selanjutnya adalah kue cubit. Siapa yang tidak kenal kue cubit? Kue ini tidak pernah gagal menggugah selera karena aroma khas adonannya saat dibuat. Kue yang terbuat dari campuran gula tepung terigu, dan mentega ini memiliki bentuk cetakannya yang unik seperti lonjong, ikan, bulat, dan lain-lain. 

Selain itu kue cubit ini juga bisa disajikan dengan tiga jenis yaitu matang, setengah matang, atau disajikan dengan bentuk seperti jaring laba-laba.

Kebanyakan penikmat kue cubit lebih memilih kue cubit disajikan setengah matang karena adonan dan toppingnya yang meleleh dimulut saat digigit.

7. Lupis

Lupis yaitu jajanan tradisional yang disajikan dipiring dengan topping gula merah
Sumber: Pinterest.com

Kue tradisional Indonesia ini berasal dari pulau Jawa. Kue ini berwarna hijau, terbuat dari beras ketan, dilumuri parutan kelapa, dan disajikan dengan gula merah. Hampir mirip dengan kue Klepon, bedanya gula merah di kue lupis ini disajikan sebagai topping bukan di dalam kuenya dan bentuknya. Kue lupis berbentuk segitiga. Kue ini juga disajikan dengan dibungkus oleh daun pisang.

8. Kue Cucur

Kue cucur salah satu jajanan tradisional Indonesia disajikan dengan daun pandan
Sumber : Pinterest.com

Kue tradisional Indonesia dengan warna eksotis ini terbuat dari tepung beras dan gula merah. Cara membuatnya hanya digoreng dengan minyak panas dengan api kecil. Kue tradisional yang berasal dari Betawi ini memiliki rasa yang manis dan tekstur yang kenyal pasti membuat anda yang memakannya langsung ketagihan untuk terus makan. Dinamakan kue cucur karena cara membuatnya dengan meneteskan adonan yang dalam bahasa betawi ngocor, hanya saja beberapa pendatang menyebutnya dengan mengucur, maka jadilah disebut kue cucur.

9. Nagasari

Kue Nagasari dipotong dan disajikan dengan daun pisang
Sumber: Pinterest.com

Kue nagasari juga merupakan jajanan tradisional yang populer sampai sekarang. Kue yang berasal dari Indramayu ini terbuat dari tepung beras, tepung sagu, santan, dan gula yang diisi pisang di tengah-tengahnya setelah itu dibungkus oleh daun pisang dan di kukus. Rasanya yang legit, gurih, dan manis ini yang membuat kue ini pasti dicari oleh banyak orang.

10. Combro

Combro dengan isiannya. Salah satu jajanan khas Indonesia
Sumber: Dapurkobe.com

Selanjutnya adalah jajanan khas Indonesia yang berasal dari daerah Sunda yaitu Combro atau oncom di jero yang artinya oncom di dalam. Terbuat dari singkong yang diparut dengan isian oncom dengan campuran cabai rawit yang pedas di dalamnya. Combro ini bisa anda dapatkan di penjual gorengan kaki lima. 

11. Kue Pancong

jajanan khas betawi ini yaitu kue pancong, salah satu jajanan tradisional Indonesia yang masih dicari banyak orang
Sumber: Pinterest.com

Jajanan tradisional Indonesia yang berasal dari Jakarta ini terbuat dari campuran tepung beras, kelapa parut, santan, garam, dan gula pasir. Keunikan dari kue ini adalah anda bisa melihat sendiri pembuatan kue pancong dan menikmatinya selagi masih hangat. Jangan lupa taburkan gula untuk mengimbangi rasa gurihnya ya!

12. Putu Mayang

Putu Mayang yang disajikan bersama kuah santan dan kinca
Sumber: Pinterest.com

Jajanan tradisional khas Indonesia yang terakhir adalah Putu Mayang. Kue yang satu ini biasanya dihidangkan saat acara besar seperti acara adat atau pernikahan. Diberi nama Putu Mayang karena memiliki arti yang dikaitkan dari tokoh Mayang Sari dari cerita rakyat Jampang Mayangsari yang digambarkan sebagai sesuatu yang berombak dan indah seperti kue Putu Mayang yang bergulung- gulung. 

Kue Putu Mayang biasanya disajikan dengan siraman kuah santan dan kinca. Kue ini juga memiliki tekstur yang kenyal dan lembut yang membuat anda ingin terus memakannya. 

Itu dia 12 Jajanan Tradisional Indonesia yang masih banyak dicari hingga sekarang. Jika anda sedang mencari jajanan yang ingin dicoba, jajanan tradisional di atas bisa anda coba. Cek juga artikel inspiratif dan menarik lainnya di blog Flokq! 

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

10 Inspirasi Kamar Tidur Dengan Tema Unik, Pasti Betah Di Kamar!

10 Inspirasi Kamar Tidur Dengan Tema Unik, Pasti Betah Di Kamar!

8 Rekomendasi Apartemen Dekat RSCM

8 Rekomendasi Apartemen Dekat RSCM

8 Apartemen Mewah di Jakarta Beserta Fasilitasnya, Tertarik?

8 Apartemen Mewah di Jakarta Beserta Fasilitasnya, Tertarik?

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *