Kesempatan Volunteer di Jakarta

Saling memberi adalah salah satu hal yang bisa kita lakukan untuk sesama saat ini. Banyak permasalahan yang perlu kita selesaikan untuk kehidupan yang lebih baik. Kemiskinan, perawatan kesehatan, pendidikan, hak asasi manusia, hak hewan, perubahan iklim, kesetaraan – apapun itu.

Baca juga: Komunitas Zero Waste di Jakarta

Kesempatan Volunteer di Jakarta Selatan

Peluang Volunteer di Jakarta Barat

Setiap negara di dunia pasti menghadapi setidaknya satu masalah untuk diselesaikan. Kamu tidak perlu pergi jauh untuk memberikan kontribusi pada masyarakat, sukarela mengajar bahasa Inggris di panti asuhan atau bahkan membantu membangun rumah untuk keluarga kurang mampu di sekitarmu. Jakarta memiliki begitu banyak organisasi dengan kesempatan menjadi yang akan menyambutmu dengan tangan terbuka. Saatnya menggunakan minat dan keterampilanmu untuk berkontribusi dalam memerangi semua masalah ini dan saling membantu untuk Jakarta yang lebih baik.

Berikut ini adalah beberapa organisasi hebat untuk menjadi relawan:

PENDIDIKAN

1. Taman Bacaan Pelangi

taman baca pelangi volunteer opportunities jakarta
Taman Bacaan Pelangi

Taman Bacaan Pelangi adalah sebuah organisasi yang berfokus pada penyediaan akses buku bagi anak-anak yang tinggal di daerah terpencil di Indonesia. Didirikan pada November 2009 di Flores, Taman Bacaan Pelangi telah membangun lebih dari 60 perpustakaan di 15 pulau di seluruh Indonesia Timur.

Apa yang bisa kamu lakukan?

Jika kamu memiliki novel berbahasa Indonesia atau Inggris yang tidak terpakai, donasikan ke Taman Bacaan Pelangi melalui kampanye Drive Books, Not Cars (DBNC). Novel Indonesia akan diberikan langsung ke perpustakaannya di Indonesia Timur, sedangkan novel berbahasa Inggris akan dijual kembali saat Car Free Day di Jakarta dua kali setahun. Semua hasil penjualan akan disumbangkan ke Taman Bacaan Pelangi.

Alamat:

Plaza Indonesia, Jl. M.H. Thamrin No.Kav. 28-30, Gondangdia, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10350

Pondok Indah Mall, Jalan Metro Pondok Indah Kav. IV, RT.1 / RW.16, Pd. Pinang, Kec. Kby. Lama, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12310

Mall Kelapa Gading 3, Jl. Boulevard Raya, RW.18, Klp. Gading Tim., Kec. Klp. Gading, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14240

Jika kamu ingin membeli novel di sini, kamu bisa mengunjungi halaman twitter DBNC (@drivebooksjkt) yang menjual novel berbahasa Inggris hasil donasi. Buku-buku ini dijual dalam bundel dengan penawaran harga terbaik. Sekali lagi, semua hasil penjualan akan disumbangkan ke Taman Bacaan Pelangi.

Kontak: https://tamanbacaanpelangi.com/ | info@tamanbacaanpelangi.com

2. Sahabat Anak

sahabat anak volunteer opportunities jakarta
sahabatanak.org

Sahabat Anak adalah organisasi nirlaba yang mengandalkan komunitas relawan yang bertujuan untuk memberikan pendidikan dan kebutuhan dasar bagi anak jalanan di Jakarta. Mereka menawarkan berbagai program, seperti Bimbingan Belajar, Sekolah Non Formal, Prasekolah, Advokasi Hak Anak (perdagangan anak, pelecehan seksual), Kesehatan (vitamin, vaksin), dan Pendidikan Kesehatan. Mereka berlokasi di seluruh Jakarta.

Apa yang bisa kamu lakukan?

Kamu bisa menggunakan pengetahuan dan keterampilanmu untuk menjadi relawan dalam program Bimbingan Belajar mereka. Melalui program ini, kamu bisa memberikan pendidikan dasar dan dukungan moral atau finansial gratis kepada anak-anak jalanan di Jakarta. Kamu bisa mengajarkan Bahasa Inggris, Matematika, Sains, dan banyak mata pelajaran lainnya. Ada 7 lokasi yang bisa dipilih: Gambir, Grogol, Manggarai, Cijantung, Tanah Abang, Kota Tua, dan Rusunawa Cakung Barat.

YAYASAN SAHABAT ANAK

Jl. Tambak II RT 06/05 No.23 Kel. Pegangsaan Jakarta Pusat 10320

Telp. (021) 391 8505, (021) 31934172

Email: info@sahabatanak.com

3. Yayasan Balita Sehat (Foundation for Mother & Child Health Indonesia)

Yayasan Balita Sehat pertama kali didirikan pada tahun 2001 oleh sekelompok mantan perawat yang ingin membantu anak-anak kurang gizi dari keluarga berpenghasilan rendah di Jakarta. Mereka menyediakan program terkait kesehatan, gizi, pendidikan, dan pelatihan keterampilan berkelanjutan. LSM ini bekerja di bawah badan amal yang berbasis di Inggris, Foundation for Mother & Child Health. Anggota staf Indonesia dibantu oleh relawan lokal dan internasional.

Apa yang bisa kamu lakukan?

YBS mencari relawan yang tertarik dan terampil dalam penggalangan dana, IT, menulis/jurnalisme, desain, pemasaran, atau keterampilan PR. Jika kamu tertarik untuk bergabung, kamu bisa menghubungi mereka melalui:

Yayasan Balita Sehat (Foundation for Mother & Child Health Indonesia)

Jl. H. Naim II No. 10 RT. 03 RW. 11 Cipete Utara, Kebayoran Baru Jakarta Selatan 12150 Indonesia

Telp. & Faks (62-21) 723-2119

Email: info@fmch-indonesia.org

Situs Web: www.fmch-indonesia.org

4. Yayasan Wisma Cheshire

Yayasan Wisma Cheshire adalah anggota Global Alliance of Leonard Cheshire Disability – sebuah LSM yang berbasis di London yang mengkampanyekan dan memberikan perawatan residensial dan pelatihan kejuruan bagi penyandang disabilitas. Mereka bertujuan untuk menyediakan lingkungan inklusif bagi penyandang disabilitas yang sering kali dijauhi oleh orang terdekat mereka sendiri karena disabilitas mereka atau yang keluarganya tidak mampu memenuhi kebutuhan finansial mereka. Wisma Cheshire tidak hanya menyediakan tempat tinggal yang aman bagi mereka, tetapi juga keterampilan hidup dan kesempatan kerja yang memungkinkan orang-orang ini untuk mencapai kemandirian.

Apa yang bisa kamu lakukan?

Penghuni di Wisma Cheshire akan diajari membuat kerajinan tangan dan kayu berkualitas yang kemudian dijual di toko milik mereka yang disebut The Red Feather Shop. Relawan ditempatkan untuk mengawasi pekerjaan mereka dan membantu mengiklankan toko tersebut. Selain itu, Wisma Cheshire juga membuka kesempatan relawan bagi mereka yang ahli di bidang desain, koordinasi acara, pelatihan bahasa Inggris, dan konseling.

Untuk informasi lebih lanjut:

Yayasan Wisma Cheshire

Jl. Wijaya Kusuma No. 15 RW. 9 Cilandak Bar. Kec. Cilandak Jakarta Selatan 12430 Indonesia

Telp. & Faks: (62-21) 822-725-14829

Email: contactwisma@gmail.com

Situs Web: https://wismacheshire.com/

5. Yayasan Sayap Ibu

Yayasan Sayap Ibu adalah panti asuhan di Jakarta untuk anak-anak penyandang disabilitas mental dan fisik. Mereka menyediakan program pendidikan dan terapi (fisik, pekerjaan, ucapan, perilaku, hidroterapi) kepada anak-anak yang membutuhkannya. Selain itu, Yayasan Sayap Ibu juga menyelenggarakan seminar edukasi dan program pelayanan masyarakat tentang hak anak, adopsi, dan cara merawat anak cacat.

Apa yang bisa kamu lakukan?

Kamu bisa mendaftar sebagai anggota di YSI dan membantu program pendidikan dan terapi. Posisi ini memungkinkan kamu untuk berinteraksi secara aktif dengan anak-anak. Kamu juga bisa menjadi relawan dalam tim logistik untuk membantu menyortir sumbangan atau menjadi bagian dari tim pengelola untuk bertukar pikiran tentang cara mengembangkan panti asuhan lebih jauh.

Yayasan Sayap Ibu

Jl. Barito II No.55 Kebayoran Baru Jakarta Selatan 12130

Telp. & Fax: 021-722 1763 & 021-722 1763

Email: admin@sayapibujakarta.org

Situs Web: http://sayapibujakarta.org/

KESEHATAN

1. Rachel House

Didirikan pada tahun 2006, Rachel House adalah sebuah organisasi yang menyediakan perawatan paliatif berbasis rumah gratis untuk anak-anak dari keluarga tidak mampu dengan penyakit jangka panjang yang serius, seperti kanker atau HIV/AIDS. Satu-satunya impian mereka adalah tidak pernah melihat seorang anak hidup atau mati dalam kesakitan. Selain itu, mereka juga memberi kesempatan para tenaga medis professional dan komunitas lokal pendidikan tentang perawatan paliatif sehingga mereka bisa melakukan bagian mereka untuk berkontribusi.

Apa yang bisa kamu lakukan?

Rachel House mengundangmu untuk menggunakan keahlian dan pengalamanmu untuk menjadi relawan. Mereka terbuka untuk mendapatkan relawan medis, penerjemah/juru bahasa Inggris-Indonesia, desainer grafis, penyelenggara acara, psikolog, IT, penulis konten/copywriter, fotografer/videografer, dan PR.

Yayasan Rumah Rachel

Graha Indramas, Lantai 1 No. 77 Gedung, Jl. Ks. Tubun, RT.14 / RW.5, Slipi Jakarta Barat, 11410 Telp: +6221 5365 2197

Email: info@rachel-house.org

Situs Web: https://rachel-house.org/

2. Komunitas Taufan

komunitas taufan kanker volunteer opportunities jakarta
Komunitas Taufan

Komunitas Taufan didirikan pada 2013 oleh Yeni Dewi Mulyaningsih; seorang ibu yang kehilangan putranya karena leukemia. Dengan bantuan relawan dan donatur lokal, ia mampu menciptakan sebuah organisasi yang memberikan dukungan moral, finansial, dan material bagi keluarga anak-anak penderita kanker dan penyakit berisiko tinggi lainnya. Mereka memiliki berbagai program seperti, kunjungan rutin ke rumah sakit dan rumah, memfasilitasi kunjungan lapangan yang menyenangkan untuk anak-anak, membantu keluarga dari anak-anak dengan penyakit berisiko tinggi untuk memulai bisnis mikro, dukungan media sosial, dan mengatur kampanye/amal.

Apa yang bisa kamu lakukan?

Relawan dipersilahkan untuk mengikuti kunjungan rumah sakit dan rumah. Kunjungan ini untuk menciptakan hubungan dengan keluarga, memberi mereka dukungan moral, dan mendengarkan cerita mereka. Saat kamu memberi pengaruh pada kehidupan mereka, mereka juga akan melakukan hal yang sama untukmu.

Komunitas Taufan

Jl. Kayu Manis No.6, RT. 002 RW. 005, Kav. 7, Kel. Balekambang, Kec. Kramat Jati Condet, Jakarta Timur 13530

Telp: 021-2983-8093

Email: info@komunitastaufan.org

Situs Web: https://www.komunitastaufan.org/

LINGKUNGAN HIDUP

1. Clean Up Jakarta

clean up volunteer opportunities jakarta
Clean Up Jakarta

Clean Up Jakarta adalah acara tahunan yang mempertemukan komunitas dan individu untuk menjadi relawan membuat Jakarta bebas sampah (setidaknya untuk satu hari). Tujuannya untuk menyebarkan kesadaran kepada warga Jakarta tentang keadaan kotanya yang tercemar. Pembersihan seluruh kota ini memungkinkan orang untuk lebih memahami pentingnya daur ulang.

Apa yang bisa kamu lakukan?

Kampanye ini 100% dilakukan oleh relawan. Kegiatan tahunan ini tidak akan terjadi kecuali orang-orang membuat kesepakatan. Jadi, ayo daftar untuk menjadi relawan kampanye tahun ini!

Clean Up Jakarta

Andi (+62819-0532-4305)

Desta (+62818-0785-6883)

Email: cujdcoordinator@indonesiaexpat.biz

Situs Web: https://cleanupjakartaday.org/

2. Habitat for Humanity

Habitat for Humanity adalah LSM internasional terkenal yang berfokus pada pembangunan rumah dan perbaikan kondisi perumahan bagi keluarga kurang mampu. Mereka bertujuan untuk menyediakan akses ke perumahan, air bersih, sanitasi, dan program anti buang air besar sembarangan kepada 100.000 keluarga di Indonesia pada tahun 2020.

Apa yang bisa kamu lakukan?

Habitat for Humanity membuka peluang relawan bagi mereka yang ingin membantu membangun rumah bagi orang-orang tidak mampu di seluruh dunia. Ada banyak pilihan relawan, seperti pembangunan jangka pendek di sekitarmu, bekerja bersama untuk membangun rumah, peluang relawan kelompok, relawan jangka panjang, dan acara pembangunan.

Habitat for Humanity

Gedung Hajadi, Lantai 2 & 3, Jl. Palmerah Utara No. 34, Palmerah Jakarta Barat, 11480

Telp: +62 02129916074

Email: info@habitatindonesia.org

Situs Web: www.habitatindonesia.org

LAINNYA

1. Jakarta Animal Aid Network (JAAN)

animal aid network volunteer opportunities jakarta
Jakarta Animal Aid Network

Organisasi non-pemerintah nirlaba JAAN berfokus pada peningkatan kualitas kehidupan hewan di Indonesia. Mereka mengadvokasi hak dan konservasi hewan peliharaan, satwa liar, dan hewan laut melalui berbagai program dan kampanye. Salah satu program mereka yang sangat terkenal adalah penampungan hewan domestik di Jakarta. Mereka mengambil anjing dan kucing liar untuk dirawat dan mempersiapkan mereka untuk diadopsi. JAAN bertujuan untuk menyebarkan kesadaran tentang hak dan penderitaan hewan serta mempromosikan perlakuan penuh kasih kepada semua hewan.

Baca juga: Grup Penyelamat Hewan di Jakarta

Apa yang bisa kamu lakukan?

JAAN mencari relawan untuk membantu mereka di berbagai bidang, seperti penggalangan dana, logistik donasi, PR, koordinator acara, penjangkauan pendidikan, dan penelitian di rumah asuh.

Jakarta Animal Aid Network (JAAN)

Jl. H. Hasan No.48 RT.2 / RW.1, Baru, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur 13780

Email: info@jakartaanimalaid.com

Situs Web: https://www.jakartaanimalaid.com

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

5 Rekomendasi Coworking Space Tangerang Terbaik

5 Rekomendasi Coworking Space Tangerang Terbaik

7 Daftar Rumah Sakit Terbaik di Tangerang

7 Daftar Rumah Sakit Terbaik di Tangerang

10 Rekomendasi Toko Cerutu di Jakarta: Produk Rokok Terbaik

10 Rekomendasi Toko Cerutu di Jakarta: Produk Rokok Terbaik

8 Rekomendasi Menu Burger King Terbaik, Enak dan Harganya Sepadan!

8 Rekomendasi Menu Burger King Terbaik, Enak dan Harganya Sepadan!

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *