Rekomendasi Menu Buka Puasa Sehat dan Bergizi untuk Anda

Rekomendasi Menu Buka Puasa Sehat dan Bergizi untuk Anda

Buka puasa merupakan momen yang sangat dinanti-nantikan oleh siapa saja yang sedang menjalankannya, terutama bagi umat Islam saat datangnya bulan Ramadhan. Setelah seharian berpuasa, tentunya akan membuat Anda menginginkan banyak makanan dan minuman saat waktu buka puasa tiba. Namun, Anda juga harus ingat untuk tetap kontrol diri dalam memilih menu makanan dan minuman setelah perut Anda kosong selama seharian. Oleh karena itu, pilihlah menu buka puasa yang sehat untuk pencernaan Anda.

Pola makan yang sehat dapat menjaga kondisi tubuh saat berpuasa sehingga Anda dapat menjalani ibadah puasa pada bulan Ramadan dengan optimal. Namun, apa saja sih menu buka puasa yang baik bagi kesehatan?

Biasanya, menu untuk berbuka puasa didominasi oleh beragam makanan manis. Walaupun beberapa makanan atau minuman manis ada yang termasuk ke dalam kategori menu sehat, namun tetap saja, sebagian dari makanan atau minuman manis tersebut masih menggunakan banyak gula tambahan sebagai kandungan pemanis didalamnya.

Makanan manis rata-rata dipilih sebagai menu buka puasa karena dapat mengembalikan energi dengan cepat. Namun, Anda tetap perlu memperhatikan kandungan gizinya karena beberapa jenis makanan buka puasa tinggi akan gula dan karbohidrat, akan tetapi mengandung sedikit protein, vitamin, atau mineral.

Makanan yang terlalu banyak mengandung gula tidak baik untuk tubuh Anda karena dapat meningkatkan risiko sejumlah gangguan kesehatan, seperti kenaikan berat badan berlebih hingga diabetes. Agar tubuh dapat kembali berenergi dan tetap sehat, simak menu buka puasa apa saja yang harus Anda hindari dan rekomendasi menu buka puasa sehat yang dapat Anda jadikan sebagai pilihan.

Baca juga: 8 Rekomendasi Menu KFC yang Paling Banyak Dipesan

Menu buka puasa yang sebaiknya Anda hindari

Sebelum lanjut membahas mengenai apa saja menu buka puasa yang sehat untuk tubuh Anda. Anda harus mengetahui beberapa menu yang sebaiknya dihindari atau diminimalisir setelah Anda berpuasa seharian, antara lain:

  • Makanan yang digoreng
  • Makanan yang mengandung tinggi lemak
  • Makanan kemasan dan kalengan yang diawetkan
  • Makanan yang mengandung banyak gula dan garam tambahan
  • Minuman dengan pemanis tambahan
  • Minuman berkarbonasi atau soda
  • Minuman atau jus kemasan
  • Berbagai makanan dan minuman dengan kandungan dengan kadar lemak, gula, dan garam tinggi

Beberapa jenis makanan dan minuman yang sudah disebutkan di atas merupakan jenis menu buka puasa yang sebaiknya Anda hindari karena konsumsi jangka panjang dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan serius, seperti diabetes, hipertensi, gangguan pencernaan, hingga masalah jantung.

Selain itu, makanan yang digoreng juga dapat menyebabkan kolesterol dan membuat tubuh Anda tidak dapat bekerja secara optimal. Jika zat gizi harian Anda tetap terpenuhi dan seimbang, maka kondisi tubuh Anda pun akan tetap terjaga sehingga Anda dapat menjalani ibadah puasa dengan maksimal.


Setelah mengetahui jenis makanan dan minuman yang Anda harus hindari sebagai menu buka puasa, simak rekomendasi menu buka puasa sehat versi Flokq berikut ini.

1. Kurma

Kurma
Hello Sehat

Menu buka puasa sehat yang pertama adalah buah kurma. Tak heran mengapa kurma telah menjadi salah satu menu buka puasa yang baik untuk tubuh Anda, karena setiap biji kurma mengandung kombinasi karbohidrat kompleks, serat, dan juga mineral sehingga sangat dianjurkan untuk Anda konsumsi.

Kandungan tersebut akan memberikan nutrisi seimbang untuk tubuh Anda tanpa berlebihan sama sekali. Selain itu, kurma juga mengandung glukosa sederhana yang akan meningkatkan kadar gula dan dapat membantu mengembalikan energi Anda yang telah dikeluarkan selama berpuasa seharian.

2. Air Mineral

Air Mineral
Alodokter

Menu buka puasa sehat dan bergizi yang satu ini mungkin saja luput dari perhatian Anda. Minuman yang manis tentunya akan terasa lebih segar, akan tetapi asupan air mineral tetap harus Anda prioritaskan untuk mengembalikan elektrolit yang hilang dari tubuh setelah seharian berpuasa dan beraktivitas.

Saat bulan puasa, orang dewasa dianjurkan untuk tetap mengonsumsi air mineral sebanyak 2 liter setiap harinya. Kebutuhan ini bisa dibagi per dua gelas setelah waktu buka puasa dan saat sahur, kemudian empat gelas air mineral di waktu malam hari.

3. Ikan

Ikan
Selerasa

Menu buka puasa berikutnya merupakan salah satu opsi menu makanan yang sehat dan bergizi serta dapat diolah secara variatif. Ya, olahan ikan dapat Anda masak menjadi beragam menu yang sehat, salah satunya dengan cara masak dikukus. Ikan dapat memberikan kandungan yang baik bagi kesehatan tubuh Anda, seperti protein, asam amino, hingga zat besi yang tepat untuk memberikan nutrisi ketika buka puasa.

4. Telur

Telur
Food Detik

Sama seperti olahan ikan, telur juga dapat diolah menjadi beraneka ragam makanan sehat untuk berbuka puasa. Telur memiliki kalori yang rendah, akan tetapi mengandung protein, serat, dan lemak sehat yang baik untuk kesehatan tubuh. Di samping itu, telur juga mudah untuk dicerna oleh tubuh. Anda tak perlu khawatir akan mendapatkan gangguan pencernaan dengan menu buka puasa yang sehat dan bergizi satu ini.

5. Salad Sayur dan Buah

Salad
Selera

Sayur dan buah merupakan salah satu jenis menu buka puasa sehat yang dapat Anda jadikan pilihan selanjutnya. Ketika menjalani puasa di bulan Ramadhan, tentunya sangat dianjurkan untuk Anda mengonsumsi makanan kaya serta seperti buah dan sayur. Kedua menu tersebut cocok untuk memenuhi kebutuhan serat harian Anda.

Sayur dan buah diproses secara perlahan di dalam lambung dan usus. Hal ini membuat pengosongan perut lebih lama. Oleh karena itu, efek kenyang pada tubuh Anda pun akan berlangsung lebih lama.

Saat mengolah salad sayur dan buah, sebaiknya hindari saus tinggi garam, gula, dan lemak jenuh, seperti krim kental manis, mayonais, dan saus keju. Anda dapat mengganti dengan dressing salad yang sehat, seperti minyak zaitun, madu dan lemon, serta yoghurt tanpa gula.

6. Sup

Sup
Hipwee

Sama seperti salad sayur dan buah, sup merupakan salah satu menu buka puasa sehat yang memberikan asupan serat dan direkomendasikan untuk Anda konsumsi. Sup mengandung berbagai macam jenis sayur-sayuran yang bisa memperkaya zat gizi dan kuahnya pun akan membantu mengembalikan kadar air yang hilang selama seharian berpuasa.

Agar menjadi makanan berbuka puasa yang sehat, pastikan Anda tidak menambahkan garam berlebih pada hidangan sup. Sebaliknya, untuk rasa yang lebih kaya, Anda bisa menambahkan merica, daun seledri, bunga lawang, dan kapulaga. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan potongan daging atau ayam sebagai asupan protein Anda. Protein meningkatkan hormon pemicu rasa kenyang dan menurunkan hormon lapar.

Sup bisa diolah sedemikian rupa sesuai dengan bahan favorit Anda. Untuk amannya, Anda bisa mengonsumsi sup ayam yang khusus dibuat dengan ayam kampung sebagai salah satu contoh menu berbuka puasa karena sup ayam kampung akan memberikan protein tinggi jika dipadukan dengan sayuran sehingga baik untuk kesehatan tubuh Anda.

7. Pudding Buah

Pudding Buah
Suara.com

Pudding biasanya dikenal sebagai salah satu makanan yang menawarkan rasa manis dan kandungan gula yang tinggi. Namun, Anda dapat membuat pudding menjadi lebih sehat yaitu dengan menjadikan berbagai macam buah-buahan segar sebagai bahan utamanya. Karena berbagai buah-buahan dapat memberikan Anda nutrisi yang sehat seperti vitamin dan serat yang baik untuk kesehatan tubuh Anda.

Cara membuat pudding buah pun cukup mudah. Pertama-tama, Anda dapat membuat pudding dari bubuk agar-agar tawar. Setelah matang, siapkan beberapa potong buah-buahan favorit Anda di dalam sebuah wadah terpisah. Kemudian, Anda larutkan agar-agar yang sudah matang tadi ke atas potongan buah dan diamkan selama beberapa jam.

Setelah selesai, maka pudding buah pun siap untuk disajikan dan Anda santap. Rasanya tak lengkap jika memakan pudding tanpa saus atau vla. Anda juga dapat membuat vla sendiri dengan menggunakan bahan-bahan yang lebih menyehatkan seperti kuning telur, vanili, dan susu rendah lemak.

Demikian rekomendasi menu buka puasa sehat dan bergizi untuk Anda. Semoga beberapa menu di atas dapat menjadi pilihan untuk Anda saat menentukan menu berbuka puasa.

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

10 Inspirasi Kamar Tidur Dengan Tema Unik, Pasti Betah Di Kamar!

10 Inspirasi Kamar Tidur Dengan Tema Unik, Pasti Betah Di Kamar!

8 Tips Menabung yang Bisa Anda Coba Lakukan Mulai Hari Ini

8 Tips Menabung yang Bisa Anda Coba Lakukan Mulai Hari Ini

10 Ide Desain Dinding untuk Menyegarkan Tampilan Ruangan Anda!

10 Ide Desain Dinding untuk Menyegarkan Tampilan Ruangan Anda!

8 Sikap Ramah Lingkungan yang Akan Membantu Menjaga Bumi Kita Tetap Aman

8 Sikap Ramah Lingkungan yang Akan Membantu Menjaga Bumi Kita Tetap Aman

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *