12 Menu Sarapan Sehat yang Wajib Kamu Coba!

12 Menu Sarapan Sehat yang Wajib Kamu Coba!

Sarapan adalah salah satu kegiatan di pagi hari yang tak boleh dilewatkan. Sesibuk apapun sarapan harus dilakukan untuk mengisi perut setelah kosong selama berjam-jam. Anda bisa memilih menu sarapan yang tidak terlalu berat dan mudah dimasak. Sarapan juga bisa dimulai dengan makanan lain selain nasi. Namun begitu sarapan tetap harus mementingkan aspek kesehatan walaupun dalam bentuk yang beragam, bisa nasi, buah, sayur, atau lainnya. Berikut ini adalah 12 menu sarapan sehat yang wajib kamu coba!

Baca juga : 5 Rekomendasi Pilihan Camilan Sehat yang Wajib Anda Coba

1. Telur orak-arik

Telur orak-arik adalah salah satu menu sarapan sehat yang tentu sudah tak asing di telinga Anda. Makanan ini bisa dimasak dengan mudah dan tak memerlukan banyak bahan-bahan namun tetap bergizi. Anda bisa menambahkan variasi sayuran sebagai pelengkap seperti irisan wortel, jagung, jamur, ataupun keju parut. Jika ingin mendapatkan karbohidrat tambahan, lengkapi telur orak-arik Anda dengan roti tawar.

2. Roti

Roti umumnya adalah menu sarapan di negara barat. Namun begitu tak ada salahnya Anda mencoba menu yang satu ini. Selain karena gampang dikreasikam, roti juga merupakan sumber gizi dan energy karena mengandung karobohidrat dan protein. Anda bisa menambahkan berbagai isian dalam roti seperti selai, coklat meses, atau keju parut. Akan lebih nikmat jika Anda bisa memanggang roti di mesin pemanggang atau Teflon yang diolesi margarin.

3. Sereal

Sereal adalah salah satu menu makanan sehat yang digemari anak-anak. Namun begitu, bagi Anda yang tidak memiliki waktu banyak di pagi hari untuk membuat menu sarapan, sereal bisa menjadi salah satu alternative yang tak hanya enak namun juga bergizi. Penyajian sereal juga terbilang sangat mudah dimana Anda hanya cukup menambahkan susu cair saja.

4. Oatmeal

Salah satu menu makanan sehat yang mirip dengan sereal adalah oatmeal. Menu makanan ini umumnya perlu ditambahkan air panas. Oatmeal dikenal sebagai makanan praktis dan sehat dan banyak digunakan sebagai menu untuk diet. Sayangnya oatmeal memang tak terlalu diminati banyak orang karena rasanya yang hambar. Jika Anda ingin mencobanya, tambahkan isian di oatmeal Anda agar tak terlalu hambar seperti madu atau potongan buah.

menu sarapan sehat
sumber: unsplash

5. Pancake

Selain roti, salah satu menu sarapan di negara barat yang bisa Anda coba adalah pancake. Makanan ini cukup dikenal di Indonesia dan cara pembuatannya juga tidak terlalu rumit. Pancake bisa menjadi salah satu pilihan sarapan yang enak dan juga sehat. Anda hanya perlu menyiapkan bahan-bahan yang tidak terlalu banyak seperti  tepung terigu, telur, susu cair, dan margarin. Setelah bahannya diaduk rata, Anda cukup memasaknya di Teflon yang sudah diberi margarin. Pancake yang sudah siap makan bisa ditambahkan gula atau madu untuk memberikan rasa manis.

6. Sandwich

Menu sarapan sehat lainnya yang bisa Anda coba adalah sandwich. Sandwich agak berbeda dengan roti karena sandwich memiliki isian yang cukup lengkap seperti sayur, keju, telur, dan daging asap. Hal ini juga membuat kandungan gizinya cukup lengkap dan cocok untuk menjadi menu sarapan Anda. Selain untuk sarapan, sandwich juga cocok digunakan sebagai bekal makan siang sehingga Anda tidak perlu jajan di luar.

7. Onigiri

Jika Anda ingin menu sarapan sehat yang mengandung nasi, makanan asal Jepang ini bisa menjadi salah satu pilihan untuk sarapan. Onigiri adalah salah satu makanan asal Jepang yang mudah dibuat dan memerlukan bahan-bahan yang cukup sederhana. Anda bisa menambahkan isian Onigiri sesuai selera Anda seperti daging ayam, telur, abon, atau hanya garam. Jangan lupa untuk menambahkan nori atau lembaran rumput laut sebagai pelapis luarnya.

8. Potongan buah

Bagi Anda yang ingin diet atau makan sesuatu yang tidak terlalu banyak karbonhidrat dan protein, buah-buahan bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat. Anda bisa membeli beberapa jenis buah-buahan seperti apel, alpukat, atau pisang lalu memotongnya dan ditambah dengan keju parut. Buah-buahan kaya akan vitamin dan keju bida menjadi sumber kalori untuk Anda. Kombinasi ini cocok digunakan sebagai salah satu alternative menu sarapan sehat.

9. Salad buah

Jika menurut Anda potongan buah-buahan terasa “nanggung” alias bisa diolah lebih banyak, salad buah bisa menjadi salah satu pilihan menu sarapan sehat untuk Anda. Anda bisa menambahkan beberapa bahan seperti yoghurt, susu kental manis, atau madu dan sedikit perasan jeruk lemon di atas buah yang sudah dipotong rapi. Ini adalah salah satu menu sarapan yang baik untuk pencernaan Anda.

10. Smoothies

Salah satu menu sarapan alternative untuk Anda yang sedang dalam perjalanan adalah smoothies. Nilai gizi dari smoothies juga bisa dikatakan cukup lengkap dan penyajiannyapun tidak sulit. Anda bisa membuat smoothies dengan mencampurkan buah pisang dan stroberi dalam pencampur makanan ditambah dengan susu rendah lemak.

menu sarapan sehat
sumber: unsplash

11. Pisang

Jika Anda malas untuk mengolah buah-buahan, salah satu alternatif yang praktis namun tetap menyehatkan adalah makan buah pisang. Buah ini cocok dijadikan menu sarapan karena mengandung serat yang tinggi dan bisa membuat perut kenyang lebih lama. Selain itu, pisang juga baik untuk kesehatan khususnya saluran pencernaan.

12. Alpukat

Selain pisang, alpukat juga bisa menjadi salah satu alternative untuk Anda yang ingin sarapan dengan buah-buahan. Buah ini mengandung lemak sehat, serat, vitamin C, dan beberapa mineral yang cocok dimakan langsung atau ditambahkan menu makanan lainnya.

Itulah 12 menu sarapan sehat yang wajib kamu coba. Anda bisa memvariasikan menu sarapan ini dalam seminggu sehingga tidak membosankan. Anda bisa mulai dengan membeli stok buah-buahan atau makanan lain yang tahan untuk beberapa hari bahkan beberapa minggu sehingga Anda tak perlu sering berbelanja.

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

10 Inspirasi Kamar Tidur Dengan Tema Unik, Pasti Betah Di Kamar!

10 Inspirasi Kamar Tidur Dengan Tema Unik, Pasti Betah Di Kamar!

8 Rekomendasi Apartemen Dekat RSCM

8 Rekomendasi Apartemen Dekat RSCM

8 Apartemen Mewah di Jakarta Beserta Fasilitasnya, Tertarik?

8 Apartemen Mewah di Jakarta Beserta Fasilitasnya, Tertarik?

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *