Mungkinkah Flat Sharing di Jakarta?

Mungkinkah Flat Sharing di Jakarta?

Biaya sewa yang tinggi membuat banyak orang ‘merengek’ untuk tinggal sendirian di apartemen apalagi di kota metropolitan besar seperti Jakarta. Belum lagi ada ruangan yang kosong tidak terisi karena ruang yang berlebihan. Situasi ini mendorong orang untuk membuat solusi alternatif seperti berbagi flat atau biasa dikenal dengan flat sharing.

Flat sharing adalah istilah yang digunakan dimana dua orang atau lebih tinggal di suatu properti yang sama. Setiap orang memiliki kamar tidurnya sendiri, tetapi menggunakan ruangan seperti ruang tamu, dapur, ruang makan, kamar mandi bersama. Kamu mungkin bertanya-tanya apakah flat sharing di Jakarta itu mungkin? Simak alasan berikut!

Cari lebih lanjut: Menghemat Uang dengan Flat sharing

Jakarta menawarkan ekspatriat atau warga lokal untuk melakukan flat sharing

woman holding a smartphone with people surrounding
Flat-sharing atmosphere

Flat share yang ada di kota-kota besar dan metropolitan memiliki biaya sewa dan ruang yang terbatas. Inilah yang membuat orang lebih mempertimbangkan melakukan flat sharing sehingga kita tidak perlu membayar biaya terlalu besar.

Biasanya, seseorang memilih untuk flat share bersama dengan orang-orang yang sudah dikenal. Namun sekarang, hal itu tidak terlalu menjadi pertimbangan. Tetapi tidak berarti kamu akan menerima begitu saja siapa pun yang ingin berbagi kamar dengan mu. Kamu tetap berhak memilih atau mempertimbangkan orang yang akan bergabung. Kebebasan ini memberikan kenyamanan bagi penyewa.

Flat share di Jakarta berlaku untuk apartemen atau rumah. Meski demikian, banyak orang memilih untuk berbagi unit apartemen daripada rumah mereka. Dalam beberapa kasus, ekspatriat juga dapat berbagi kamar baik dengan pemilik rumah maupun tidak. Masing-masing pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Keuntungan Flat Sharing di Apartemen 

Sebagai penyewa, kamu bertanggung jawab dan bebas memilih apakah akan menerima orang lain atau tidak. Manfaat berbagi apartemen salah satunya adalah jika salah satu temanmu pergi dari apartemen tersebut, kamu harus mencari penggantinya. Sementara itu, jika kamu memilih untuk menyewa kamar saja seperti kos ataupun rumah, merekalah yang akan menentukan teman sekamar baru saat temanmu pergi.

Terlepas dari alasan diatas, banyak orang di Jakarta yang memilih flat share di apartemen karena menghindari waktu perjalanan yang lama. Entah mereka harus melakukan perjalanan ke Jakarta, kota ini dikenal dengan kemacetan lalu lintas yang padat. Maka dari itu, salah satu cara untuk menghindari keadaan yang mengerikan adalah dengan tinggal di tempat yang dekat dengan kantor atau aktivitasmu sehari-hari.

Selain itu, ketika kamu tinggal di rumah atau kos, kemungkinan besar fasilitas umumnya akan dirawat oleh pemilik. Kamu tidak perlu khawatir mengenai keamanan dan kebersihan. Sisi negatifnya adalah kamu bisa saja merasa kurang santai dan bebas karena pemilik rumah tinggal di rumah yang sama dengan kamu. Pada akhirnya, pilihan tipe flat share kembali lagi kepada kebutuhan dan preferensi kamu.

Beberapa aplikasi atau situs web flat-sharing

Ada beberapa aplikasi atau situs web flat sharing yang bisa menjadi panduan kamu. Dalam aplikasi dan situs web tersebut, kamu bisa menentukan dan menyesuaikan kriteria berdasarkan kebutuhanmu. Kemungkinan lain saat mencari akomodasi di Jakarta adalah mendapatkan beberapa jasa imbalan, seperti penawaran jasa penitipan anak, bantuan untuk orang tua, bantuan sekolah, bantuan rumah, perumahan, bantuan siswa, penitipan bayi, pembersihan dan jasa lainnya.

Jika kamu telah menemukan akomodasi (rumah atau apartemen) maka kamu bisa menerbitkan iklan gratis untuk mencari calon teman sekamar untuk berbagi. Jika kamu belum menemukan akomodasi atau teman sekamar, kamu bisa dapat langsung mencari teman sekamar di Jakarta atau wilayah Jabodetabek untuk jangka waktu menengah atau panjang. Untuk masa inap kurang dari sebulan atau lebih, beberapa platform memungkinkan kamu mencari tempat tidur dan sarapan di Jakarta yang dekat dengan tempat-tempat wisata.

Ekspatriat Menyukai Flat Sharing Apartemen di Jakarta

grey living room to flatshare
Spacious living room

Beberapa forum ekspatriat telah membahas konsep flat sharing secara luas. Hal ini sangat membantu ekspatriat yang tinggal di Jakarta. Forum akan mewajibkan anggotanya untuk memperkenalkan diri, negara asal mereka, lokasi rumah atau apartemen yang ingin mereka tempati, lokasi kantor, lamanya tinggal di Jakarta, metode pembayaran dan persyaratan khusus yang diinginkan. 

Selain itu, forum juga akan menyarankan untuk berbagi preferensi pribadi untuk tujuan akhir yang lebih jelas. Misalnya, jika kamu hobi memasak atau ingin TV kabel dan internet, serta fasilitas tambahan lainnya. Dengan menjelaskan lebih banyak tentang diri kamu juga merupakan ide yang bagus untuk membantu mengetahui apakah teman sekamarmu ideal atau tidak. Kamu juga dapat langsung ngobrol secara pribadi dengan mereka untuk mendapatkan informasi yang lebih dalam sebelum memutuskan flat sharing tersebut.

Peraturan Flat Sharing di Jakarta

Membahas jangka waktu pembayaran dan kewajiban kontrak lainnya sangat diperlukan demi mencegah keadaan yang tidak diinginkan di masa depan. Flat sharing di rumah atau apartemen mungkin sedikit rumit ketika salah satu teman sekamar memutuskan untuk pergi karena kamu harus membuat kontrak pengganti baru untuk orang asing yang akan menggantikannya. Setiap pemilik tidak memiliki aturan dan kebijakan yang sama. 

Oleh karena itu, pentinglah untuk mendiskusikan kemungkinan apapun terlebih dahulu. Meskipun berpegang pada kode ‘tak tertulis’ yang menyatakan bahwa teman sekamar yang pergi harus mencari pengganti, kamu perlu mempersiapkan cadangan dan memperingatkan siapapun untuk mendapatkan pemberitahuan sebelum mereka pergi. Untuk wawasan yang lebih baik, kamu bisa mendiskusikan hal ini dengan pemilik rumah.

Terakhir, perlu kami ingatkan bahwa flat sharing di Jakarta mungkin sedikit berbeda dengan di negara lain. Beberapa tuan tanah mungkin memiliki aturan lokal atau khusus misalnya, beberapa tuan tanah tidak mengizinkan orang dengan jenis kelamin berbeda tinggal dalam satu atap. Sedangkan pemilik lain mungkin fleksibel dengan peraturan seperti itu. Untuk itu, jangan lupa bertanya dan mendiskusikan hal-hal seperti itu kepada pemilik. 

Baca juga Pertama kali Flatsharing: Hal Yang Perlu Kamu Ketahui

Jadi, itulah alasan mengapa flat sharing di Jakarta dapat dilakukan. Menemukan tempat yang tepat mungkin menjadi tantangan dan melelahkan. Ingatlah bahwa usaha keras tidak akan mengkhianati hasil. Ingatlah untuk memilih preferensi terlebih dahulu untuk mempersiapkan persyaratannya.

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

12 Keuntungan Tinggal Di Apartemen, Pasti Gak Bikin Nyesel!

12 Keuntungan Tinggal Di Apartemen, Pasti Gak Bikin Nyesel!

Ini Dia Apartemen Mewah di Jakarta Di Bawah Rp 10 Jutaan!

Ini Dia Apartemen Mewah di Jakarta Di Bawah Rp 10 Jutaan!

10 Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Kost!

10 Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Kost!

Rekomendasi Apartemen Dekat Kokas yang Siap Dihuni

Rekomendasi Apartemen Dekat Kokas yang Siap Dihuni

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *