17 Musisi Indie Indonesia: Bisa Masuk Playlist Kamu, Nih!

17 Musisi Indie Indonesia: Bisa Masuk Playlist Kamu, Nih!

Indie = kopi dan senja.

Familiar dengan istilah di atas? Mungkin kamu sudah tidak asing lagi ya dengan istilah indie dan stigmanya. Istilah indie di dunia permusikan Indonesia umumnya dikaitkan dengan aliran musik dan suasana yang tenang di senja dengan segelas kopi. Namun, sebenarnya apa, sih, definisi “indie” yang sebenarnya?

Apa itu indie?

Istilah indie diambil dari kata independent dalam Bahasa Inggris yang memiliki arti ‘merdeka, bebas, mandiri, dan tidak bergantung’. Namun, banyak orang yang salah kaprah, nih, dan menganggap kalau indie merupakan sebuah genre musik seperti pop, rock, metal, atau jazz. Padahal, indie sebenarnya merupakan sebuah gerakan musik yang bebas dan mandiri, tidak bergantung kepada sebuah label rekaman atau perusahaan tertentu.

Karena tidak terikat kontrak, musisi indie biasanya menciptakan lagu sesuai keinginan mereka tanpa peraturan-peraturan tertentu. Namun, karena tidak bergantung pada label rekaman juga, musisi indie justru menghadapi kesulitan dalam proses rekaman, pemasaran, atau jadwal manggung. Hal ini membuat musisi indie juga melakukan pemasaran sendiri dengan caranya masing-masing, seperti melalui media sosial atau gigs di kafe.

Bagaimana dengan band indie di Indonesia?

Di Indonesia, pengaruh indie mulai terlihat pada tahun 1990-an, tetapi zaman itu lebih dikenal dengan musik underground dan identik dengan rock dan metal. Sampai akhirnya, pada tahun 2002, salah satu band asal Bandung, Mocca, berhasil menjadi band indie yang lagunya hits di semua radio.

Mocca merupakan salah satu band yang meraih kesuksesannya secara independent dan berhasil menembus angka penjualan yang tinggi. Berkat kesuksesannya itu, Mocca pun akhirnya bergabung dengan beberapa label rekaman indie yang salah satunya adalah label indie di Jepang.

Setelah Mocca, makin banyak band indie yang bermunculan di tanah air. Ada yang sudah lama terbentuk dan akhirnyaa bubar, ada yang masih bertahan, ada juga yang baru muncul. Nah, berikut ini daftar band atau musisi solois indie Indonesia untuk memperluas pengetahuanmu soal dunia musik Indonesia:

1. Mocca

Mocca - band indie Indonesia
Pikiran Rakyat

Seperti yang sudah di bahas, kamu pasti sudah pernah mendengar atau bahkan menyukai band yang satu ini. Berangkat dari label musik indie, Mocca telah menjadi salah satu band terbaik dengan aliran swing yang sukses mengumpulkan fans di Indonesia hingga Jepang karena lagu-lagu mereka yang berbahasa Inggris.

2. Efek Rumah Kaca

Efek Rumah Kaca - band indie Indonesia
Vantage Indonesia

Efek Rumah Kaca atau sering disingkat ERK adalah salah satu band Indie asal Jakarta yang terbentuk pada tahun 2001. ERK dikenal oleh para pecinta musik di Indonesia karena lagu-lagu mereka yang banyak menyentuh dan memotret keadaan sosial masyarakat di sekitar mereka pada semua lapisan masyarakat.

3. The Adams

The Adams - band indie Indonesia
Medcom.id

Band indie asal Jakarta mengusung aliran musik power pop. Berkarya sejak tahun 2001, awalnya band ini bernama Lonely Band, baru pada tahun 2002 berganti nama menjadi The Adams. Sampai saat ini, The Adams telah merilis tiga buah album studio.

4. SORE

SORE band Indonesia
Medcom.id

SORE merupakan band indie beraliran pop asal Jakarta dengan banyak prestasi, seperti penampilan yang sukses di Malaysia dan masuk dalam ranking teratas 5 band yang wajib didengar versi TIME Asia. Kamu bisa mendengarkan gaya musik jadul yang memiliki nuansa jazz ringan dengan saxophone. Fun fact: Walaupun sudah ada personel yang keluar, semua personel band SORE ternyata kidal, lho!

5. White Shoes & The Couples Company

White Shoes & The Couples Company - band indie Indonesia
MLD Spot

Band ini terkenal karena mengisi soundtrack dalam film Janji Joni. Band yang sering disebut WSATCC ini merupakan salah satu senior di dunia musik indie tanah air. Memiliki ciri gaya khas tahun 70-an dan vokal yang bernuansa mendayu, band ini memang menawarkan sound yang unik.

6. Payung Teduh

Payung Teduh - Akad
Siar.com

Payung Teduh terdiri dari empat pria alumni UI yang memiliki kekhasan bermusik dengan sentuhan pop keroncong jazz yang membuai pendengarnya. Coba dengarkan “Perempuan yang Sedang Dalam Pelukan” atau “Akad”, pasti kamu akan terkesan dengan musik dan lirik ala puisinya. Sayangnya, vokalis Payung Teduh memutuskan untuk keluar dari band.

7. The Panturas

The Panturas
Bicara Musik

Indonesia juga punya band indie surf-rock, lho. The Panturas adalah penerus dari kemunculan surf-rock yang sebelumnya berjaya di tahun 60-an. Terbentuk di tahun 2010, band asal Jatinangor yang beranggotakan 4 personel ini telah mengeluarkan album dan 3 single. Ketiga single ini bisa menjadi perkenalan awal kamu untuk mengenal The Panturas lebih jauh.

8. Fourtwnty

Last.fm

Grup musik indie-folk ini berasal Jakarta. Aktif sejak tahun 2010, nama Fourtwnty sudah dikenal masyarakat luas pencinta musik indie tanah air. Band beranggotakan tiga orang ini pernah mengisi soundtrack film Filosofi Kopi 2 dengan judul lagu “Zona Nyaman”, dan langsung booming di mana-mana!


Baca juga: 9 Tempat Nongkrong dengan Live Music di Jakarta Selatan


9. Banda Neira

Banda Neira - duo penyanyi
IDN Times

Walaupun Banda Neira adalah sebuah duo, tetapi mereka memiliki nama yang cukup besar di kalangan penyuka musik indie. Meski hanya terdiri dari dua orang, Rara Sekar dan Ananda Badudu, Banda Neira menyuguhkan jenis musik yang menghipnotis penggemar dengan lirik yang  tidak biasa. Sayangnya, duo ini bubar setelah 4 tahun berkarya.

10. Barasuara

Barasuara - band indie Indonesia
Pop Hari Ini

Pertama kali merilis album pada 2015, band indie aliran rock asal Jakarta yang  ini lebih memfokuskan lagu-lagunya ke semangat anak muda. Barasuara sudah sering diminta sebagai pengisi acara di kampus-kampus maupun konser besar, lho.

11. Reality Club

Reality Club - Fathia Izzati - band indie Indonesia
AMI Awards

Band indie rock ini dibentuk pada tahun 2016 lalu. Reality Club bisa dibilang cukup terkenal di kalangan anak muda karena vokalisnya adalah seorang YouTuber terkenal Indonesia, Fathia Izzati. Namun, karya musik mereka memang harus diakui punya kualitas. Buktinya, mereka masuk nominasi Pendatang Baru Terbaik Terbaik dan Karya Produksi Alternatif Terbaik dalam ajang Anugerah Musik Indonesai (AMI) Awards 2018! 

12. .Feast

Feast band indie Indonesia
Cultura.id

Nah, yang satu ini sedang booming-booming-nya, nih. Band indie yang mengusung aliran rock ini personelnya adalah sekumpulan mahasiswa FISIP Universitas Indonesia. .Feast pertama kali merilis album tahun 2017, dan mulai populer pada tahun 2018 atas single utamanya berjudul “Peradaban”. Lagu-lagu mereka banyak bercerita tentang realitas dan kriminalisasi di Indonesia, seperti kasus korupsi, pemerkosaan, pemberontakan, dan penangkapan rakyat.

Penyanyi indie Indonesia

Nah, kalau tadi sudah membahas grup atau band indie Indonesia, sekarang giliran beberapa musisi solois atau penyanyi indie di Indonesia.

13. Danilla

Danilla musisi indie Indonesia
Pop Hari Ini

Nama Danilla pasti sudah tak asing lagi bagi para penikmat musik indie di Indonesia. Danilla memang sudah terkenal banget sebagai penyanyi indie Indonesia. Musisi bernama lengkap Danilla Jelita Poetri Riyadi ini punya suara yang lembut dan enak didengar, sehingga bisa dengan mudah bikin kamu jatuh cinta sama lagu-lagunya. Selain itu, liriknya juga puitis dan dalam.

14. Vira Talisa

Vira Talisa penyanyi indie Indonesia
Twitter

Sebelum banyak orang menikmati musik indie lewat YouTube, Spotify, atau Joox, Vira Talisa sudah mengumpulkan banyak penggemar melalui platform Soundcloud. Dia juga menulis lagu-lagunya sendiri, lho. Sekarang, musisi indie perempuan ini pun sudah merambah pasar musik di Indonesia, walaupun perjalanannya tidak secepat Danilla Riyadi.

15. Hindia

Hindia penyanyi indie Indonesia
Tirto.id

Bernama asli Baskara Putra, penyanyi indie yang satu ini juga merupakan vokalis dan produser dari band indie, .Feast. Pertama kali merilis lagu pada 2015, Hindia dikenal cukup sering berkolaborasi dengan musisi-musisi indie lain dari Indonesia. Banyak pendengarnya yang merasa kalau lagu-lagu Hindia sangat relate dengan kehidupan, sehingga Hindia berhasil punya banyak penggemar.

16. Sal Priadi

Sal Priadi - penyanyi indie Indonesia
Speed of Sound Magazine

Musisi indie ini merupakan pendatang baru, nih. Namun, walaupun termasuk penyanyi indie pendatang baru, bukan berarti Sal Priadi bisa dianggap remeh. Lagu-lagunya justru lebih berat ke arah pop-ballad dengan permainan lirik yang benar-benar magis dan romantis. Lagunya berjudul “Amin Paling Serius” bersama Nadin Hamizah berhasil hits dan viral. Sal Priadi juga pernah masuk nominasi Penyanyi Pria Terbaik di AMI Awards 2018, lho.

17. Ardhito Pramono

Ardhito Pramono musisi indie Indonesia
USS Feed

Meskipun masih muda, musisi indie yang satu ini dikenal punya selera musik old-soul. Ardhito yang sudah berkecimpung di dunia musik sejak kecil belajar main piano dan instrumen musik lain secara otodidak, lho. Dia mengunggah lagu karyanya yang pertama di tahun 2013, dan namanya semakin naik sampai sekarang.


Itulah beberapa dari sekian banyak musisi indie Indonesia yang perlu kamu ketahui untuk memperluas pengetahuan di bidang musik Indonesia. Coba, deh, mendengarkan lagu-lagu mereka. Siapa tahu, kamu jadi explore banyak musisi indie lain yang belum Flokq sebutkan.

Dari 17 musisi di atas, siapa saja yang lagunya pernah kamu dengar atau bahkan kamu sukai? Mana yang akan kamu coba dengarkan setelah ini? Selamat menikmati lagu indie Indonesia!

Avatar

Hello Flokq

Related Posts

fallback-image

15 Computer Desk Designs: Minimalist and Modern

15 Desain Meja Komputer Minimalis dan Modern

15 Desain Meja Komputer Minimalis dan Modern

Cara Membersihkan Laptop yang Tepat, Mudah dan Aman!

Cara Membersihkan Laptop yang Tepat, Mudah dan Aman!

10 Cara Membungkus Kado Unik, Mudah dan Kreatif!

10 Cara Membungkus Kado Unik, Mudah dan Kreatif!

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *