Panduan Pindah ke Jakarta

Panduan Pindah ke Jakarta

Pindah ke ibu kota Indonesia yang ramai bisa sangat melelahkan. Kota ini mungkin tidak mudah bagi mereka yang baru mengenal lingkungan sekitarnya. Kamu harus siap secara mental, finansial dan pengetahuan yang bijak sebelum melakukan penerbangan ke Jakarta. Flokq hadir untuk memandu kamu dengan hal-hal terpenting yang dibutuhkan sebelum pindah ke Jakarta. Mulai dari visa, perumahan, pendidikan, komunitas dan masih banyak lagi. Kita mulai!

Visa

Sumber: Facebook page of the Embassy of the Republic of Indonesia in Beijing

Sama seperti di negara mana pun, ekspatriat diharuskan memiliki visa yang valid saat memasuki Indonesia untuk tujuan tinggal atau bekerja. Ada beberapa jenis visa yang dapat kamu ajukan, tergantung pada alasan kunjungan kamu. Pertama-tama, kamu harus memiliki paspor yang masih berlaku. Sebaiknya hubungi kedutaan Indonesia terdekat untuk berkonsultasi tentang rencana perjalanan dan pekerjaan administratif kamu. Kamu dapat mengunjungi Kementerian Luar Negeri Indonesia di kemlu.go.id

Terlepas dari visa yang diajukan, kamu harus menyadari bahwa persetujuan visa kamu bisa memakan waktu berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu. Kamu kemudian harus berkonsultasi dan melamar berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan sebelumnya sehingga kamu dapat memastikan bahwa kamu memenuhi semua persyaratan. Apakah kamu pernah bepergian ke luar negeri atau khususnya ke Indonesia sebelumnya, akan ada beberapa pertanyaan terkait kunjungan kamu. Pastikan kamu telah melakukan penelitian serta latar belakang yang kuat mengapa kedutaan harus menyetujui visa kamu.

Untuk informasi lebih lanjut tentang visa atau izin, klik di sini.

Perumahan

Sumber: Google Maps

Merupakan ide yang baik untuk mencari perumahan terlebih dahulu sebelum tiba di Jakarta. Tidak ada yang mau menjadi tunawisma dan bingung karena memilih tempat tinggal di Jakarta bisa membuat kewalahan. Ada banyak lingkungan di Jakarta. Tapi, sebagai ekspatriat, mungkin akan lebih baik bagi kamu untuk memilih lingkungan yang lebih mewah, lebih aman, dan modern. Kebanyakan ekspatriat akhirnya menyewa rumah atau apartemen. Namun, properti Indonesia juga merupakan investasi yang bagus seiring dengan perkembangan ekonomi di kota-kota besar.

Lingkungan Ramah Ekspatriat di Jakarta

Jakarta Pusat dan Selatan merupakan wilayah dengan populasi ekspatriat terbanyak. Kawasan-kawasan ini hadir dengan gedung pencakar langit yang tinggi, trotoar, infrastruktur jalan, perumahan eksklusif, dan landmark terkenal seperti tempat hiburan, pusat perbelanjaan, dan banyak lagi. Jika kamu mencari gaya yang lebih mewah, Pondok Indah di Jakarta Selatan bisa menjadi pilihan yang ideal untuk kamu. Selain rumah seperti kastil, lingkungan di daerah ini ramah dan nyaman.

Di sisi lain, Menteng di Jakarta Pusat juga merupakan pilihan bagus karena lingkungannya dikenal eksklusif, aman, dan ramah. Sebagian besar rumah di sini memiliki desain dari era kolonial dengan pilar besar dan gerbang tinggi. Selain itu, karena berdekatan dengan Kawasan Pusat Bisnis Jakarta, Menteng memiliki permintaan dan harga yang sangat tinggi. Lokasinya yang strategis dan lingkungan yang nyaman menarik perhatian ekspatriat dan penduduk lokal untuk tinggal di sana. Jika kamu tertarik untuk tinggal di lingkungan ini, kamu mungkin harus mengaturnya beberapa bulan sebelumnya. Undang-undang properti bisa menjadi agak rumit seiring dengan meningkatnya harga tanah dan rumah. Jika kamu ingin mengetahui lebih lanjut tentang lingkungan Jakarta, klik di sini.

Sekolah

jisedu.or.id

Jika kamu pindah ke Jakarta bersama anak-anak, mungkin kamu akan senang mengetahui bahwa ada banyak sekolah internasional di Jakarta. Tidak hanya diakreditasi oleh institusi yang dilegitimasi secara internasional seperti International Baccalaureate (IB) dan Cambridge, tetapi beberapa di antaranya juga mengikuti kurikulum dan budaya pendidikan negara lain. Misalnya Inggris, Amerika, Jerman, India, Jepang, Rusia, Australia, Korea, Selandia Baru, dan Singapura.

Misalnya, Jakarta Intercultural School yang berlokasi di Pondok Indah, Jakarta Selatan menawarkan program IB, serta kursus persiapan perguruan tinggi untuk anak kamu agar menyesuaikan dengan lingkungan pendidikan Indonesia. Beberapa guru juga merupakan sesama ekspatriat dengan reputasi mengajar yang baik. Fasilitasnya cukup lengkap dengan gym, kolam renang, laboratorium, perpustakaan, dan banyak lagi. Namun, biaya sekolah untuk sekolah internasional seperti JIS umumnya lebih mahal daripada sekolah swasta dan negeri lainnya.

Beberapa sekolah internasional bahkan mungkin meminta kamu membayarnya dalam dolar. Selain itu, kamu mungkin juga harus membayar biaya tahunan di muka, tidak seperti sekolah swasta dan negeri pada umumnya yang membayar bulanan dalam rupiah. Apalagi, sebagian besar sekolah ini terletak di pinggiran kota Jakarta. Oleh karena itu, anak-anak kamu mungkin dikenakan biaya perjalanan harian hingga beberapa jam. Itulah mengapa pindah ke Jakarta dengan anak-anak adalah level yang lebih menantang saat pindah dengan diri sendiri atau pasangan kamu dan penting untuk menangani masalah ini sebelum kamu menetap.

Waktu Senggang

ancol.com

Jakarta bisa dibilang kota yang hidup dengan tingkat gaya hidup urban lainnya. Ada banyak pusat perbelanjaan, dari yang rendah hingga menengah hingga pusat perbelanjaan raksasa yang mewah. Jika kamu suka berbelanja, bersantap santai bersama teman dan keluarga, atau hanya duduk-duduk di kafe berjam-jam, Jakarta menawarkan berbagai macam pusat perbelanjaan yang mencakup semua yang kamu butuhkan.

Salah satu pusat perbelanjaan besar yang harus kamu kunjungi di Jakarta terletak tepat di tengahnya, yaitu Grand Indonesia. Selain bangunannya yang sangat besar dengan ratusan toko di dalamnya, ada banyak hal yang ditawarkan pusat perbelanjaan ini untuk kamu. Gaya hidup mewah di Jakarta mungkin mengharuskan kamu untuk pergi ke pusat perbelanjaan semacam ini karena pertemuan atau kegiatan sosial cenderung terjadi di tempat-tempat seperti ini. (klik di sini untuk membaca lebih banyak mal di Jakarta)

Selain itu, jika kamu lebih menyukai aktivitas luar ruangan, ada juga banyak tempat hiburan yang bisa kamu kunjungi. Taman hiburan terkenal di Jakarta, Dufan, mungkin merupakan taman keluarga tertua dan paling terkenal di Indonesia. Terletak di Jakarta Utara, taman hiburan bertema internasional yang wajib dikunjungi ini menawarkan wahana interaktif, pertunjukan, dan acara sesekali. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi situs web mereka di www.ancol.com.

Ingin tahu apa saja yang bisa dilakukan dan dilihat di Jakarta? Klik disini.

Avatar

Hello Flokq

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *