Pertimbangan Tinggal di 5 Kota Administrasi Jakarta

Pertimbangan Tinggal di 5 Kota Administrasi Jakarta

Jakarta adalah kota besar dengan kota metropolitan yang hidup dan padat penduduk yang terletak di Indonesia. Kota ini penuh dengan gemerlap lampu dan kaya akan budaya Indonesia. Ini adalah rumah bagi jutaan orang Indonesia, mulai dari setiap provinsi dan negara bagian di Indonesia. Jakarta adalah tempat yang tepat untuk kamu yang mencari masa depan cerah, banyak peluang, dan banyak keseruan.

Menjadi ibu kota Indonesia dan juga kota terbesar di tanah air, Jakarta merupakan tempat tinggal yang menarik. Karena itu, kota metropolitan memiliki populasi lebih dari 10 juta jiwa. Meski demikian, Jakarta terbagi menjadi lima kota administratif utama. Yaitu Jakarta Pusat, Jakarta Utara, Jakarta Selatan, Jakarta Barat, dan Jakarta Timur, dan kamu mungkin bertanya-tanya apa yang bisa diharapkan dari masing-masing kabupaten tersebut. Jadi, inilah panduan untuk beberapa lokasi terbaik untuk tinggal di Jakarta!

baca lebih lanjut tentang hal-hal yang harus dilakukan ketika di Jakarta Pusat disini

central jakarta

Jakarta Pusat

Terletak di jantung kota, Jakarta Pusat sibuk dan padat dengan banyak lalu lintas dan aktivitas perkantoran. Sebagian besar kantor, mulai dari perkantoran baru hingga kantor pusat, di Jakarta terlihat di daerah tersebut. Itulah sebabnya kawasan ini dipenuhi pekerja dan bangunan penghitung. Selain daerahnya, Jakarta Pusat adalah tempat yang indah untuk dikunjungi. Penuh dengan ribuan tempat hiburan seperti kafe dan tempat makan enak. Juga, area ini memiliki pusat perbelanjaan terbesar di kota, bernama Grand Indonesia.

Jika kamu sedang mempertimbangkan untuk tinggal di Jakarta Pusat, berikut beberapa hal yang perlu kamu ketahui:

  1. Tempat ini sangat cocok untuk para profesional, pebisnis, atau pekerja. Karena kedekatannya dengan kawasan pusat bisnis.
  2. Lebih sedikit waktu perjalanan. Karena letaknya yang berada di pusat kota Jakarta, maka lumayan dekat untuk bepergian ke daerah lain di Jakarta. Lebih penting lagi, untuk bolak-balik di sekitar Jakarta Pusat, kamu bisa memanfaatkan MRT. Stasiun MRT terletak di sepanjang Jakarta Pusat dan Selatan. Untuk bepergian ke kantor, jaraknya jauh lebih dekat daripada area lain.
  3. Lingkungan yang bagus. Tinggal di Jakarta Pusat berarti melihat gedung pencakar langit, jalan yang tertata rapi, dan dekat dengan berbagai restoran bagus dan tujuan belanja.
  4. Kehidupan malam yang menakjubkan. Jika kamu mencari tempat nongkrong yang asyik di malam hari, Jakarta Pusat menawarkan berbagai bar dan klub. Mulai dari lowkey hingga high-end bar berada di area tersebut.
  5. Biaya hidup tinggi. Seperti yang kami akui, semua kilau dan emas ini tidak gratis. Untuk menikmati semua lingkungan indah di Jakarta Pusat, kamu perlu merogoh kocek lebih sedikit dibandingkan dengan daerah lain di Jakarta (kecuali Jakarta Selatan). Harga rumah atau biaya apartemen lebih tinggi dari daerah lain, begitu pula biaya hidup seperti makan atau gaya hidup.

Selain itu, berikut ini adalah area utama yang patut dipertimbangkan: Menteng, Kuningan, Sudirman, dan Kemayoran.

Jakarta Utara

Terlihat di sisi atas Jakarta, Jakarta Utara kaya dengan perumahan dan kompleks perkotaan. Kota administratif ini memuat seluruh kawasan pesisir di dalam Daerah Istimewa Jakarta. Apalagi, areanya lebih sepi. Tidak banyak gedung perkantoran dan kawasan bisnis yang terlihat di sini. Sebaliknya, Jakarta Utara akan menyapa kamu dengan banyak tempat makan. Apalagi jika kamu sedang mencari makanan China untuk memanjakan perut kamu. 

Berikut beberapa hal yang perlu diketahui tentang Jakarta Utara:

  1. Area pemukiman yang melimpah. Jakarta Utara terkenal sebagai tempat yang bagus untuk orang-orang yang mencari area yang lebih tenang dan tidak terlalu ramai. Lokasinya ramah keluarga dan jauh dari keramaian kota metropolitan.
  2. Kaya akan budaya. Entah bagaimana, daerah tersebut dipenuhi oleh banyak orang Tionghoa. Beberapa orang bahkan mencap Jakarta Utara sebagai kampung halaman orang Tionghoa di Jakarta.
  3. Sejumlah besar harga tempat tinggal. Bisa dibilang harga hunian lebih hemat dibandingkan di Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan.
  4. Memiliki destinasi belanja. Jangan takut untuk melewatkan barang-barang anyar, Mal Kelapa Gading, mall terbesar di Jakarta Utara akan selalu menyambut kamu dengan penawaran menarik.

Pilihan daerah untuk dilihat: Tanjung Priok dan Kelapa Gading.

south jakarta

Jakarta Selatan

Lokasi kesayangan lainnya dengan banyak tempat hiburan dan kawasan bisnis. Jakarta Selatan merupakan kawasan elit di Jakarta selain Jakarta Pusat. Kota ini hidup dan memiliki banyak tempat untuk dijelajahi. Hal ini terutama berlaku untuk pemuda lokal yang trendi dan trendi serta ekspatriat. Tempatnya semakin beragam, terbuka, dan menerima berbagai budaya dan nilai.

Lebih ke daerah:

  1. Surga ekspatriat. Entah mengapa, lokasi tersebut memiliki permintaan yang tinggi bagi ekspatriat yang mencari tempat tinggal di Jakarta. Hunian elit, lokasi strategis, dan berbagai kawasan bisnis kemungkinan menjadi alasan utama ekspatriat memilih untuk tinggal di sini.
  2. Menawarkan berbagai tempat makan, bar, dan klub. Tinggal di Jakarta Selatan membuat kamu tidak akan pernah bosan dengan pilihan makanan dan tempat nongkrong sepanjang malam. Itu akan selalu memiliki tempat untuk ditawarkan.
  3. Tempat hiburan, siang bolong hingga tengah malam. Daerah ini kaya dengan tempat hiburan. Apakah kamu mencari mal, tempat nongkrong, makan malam mewah, atau bar.
  4. Tempat untuk sekolah internasional. Tidak hanya bagus untuk orang dewasa, anak-anak yang masih sekolah juga diterima di area ini.
  5. Kelemahan Jakarta Selatan, bagaimanapun, adalah kenyataan bahwa pinggiran kota mengalami kemacetan lalu lintas yang parah, yang dapat menjadi sumber frustasi bagi banyak penduduk. 

Daerah menarik untuk dikunjungi: Kemang, Pondok Indah, Senayan, Cilandak, dan Tebet.

west jakarta, central park mall view

Jakarta Barat

Kawasan ini dipenuhi dengan beberapa kawasan bisnis dan pemukiman. Khusus di kecamatan Kembangan sudah dibangun mall, pusat hiburan, pusat perbelanjaan, perkantoran, rumah sakit, sekolah. Kawasan ini menjadi lokasi yang strategis karena dilewati oleh sirkuit Jalan Lingkar Luar Jakarta.

Apa yang perlu kamu ketahui:

  1. Jakarta Barat memiliki banyak perguruan tinggi dan universitas, seperti Universitas Bina Nusantara, Universitas Trisakti, Universitas Tarumanagara, Universitas Podomoro, dan masih banyak lagi.
  2. Lokasi yang bagus untuk menetap dan melepas penat dari lalu lintas padat di Jakarta. Karena banyak tempat hunian, lokasinya ramah baik untuk perorangan maupun keluarga.
  3. Deretan mal perbelanjaan mewah berdiri, menawarkan banyak restoran dan atraksi untuk segala usia. Pohon Natal terbesar di Jakarta terlihat di mal modern bernama Central Park. Mal ini juga terhubung dengan Hotel Pullman.
  4. Menawarkan spot-spot unik seperti kawasan Pecinan Glodok dan Petak Sembilan yang menawarkan berbagai pura, pasar, dan penjaja yang menjajakan hidangan lezat.

Jakarta Timur

Jakarta Timur adalah rumah dari bandara kedua di kota ini, Bandar Udara Internasional Halim Perdanakusuma. Ini juga menjadi tuan rumah satu-of-a-kind theme park, Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Berdiri di atas 250 hektar tanah, TMII adalah kompleks rekreasi yang luas dengan banyak museum, taman, dan teater. Situs ini juga menawarkan rumah-rumah tradisional dari seluruh nusantara, serta kerajinan tangan dari setiap provinsi di Indonesia. Taman ini sangat cocok untuk kamu yang mengenal keanekaragaman budaya Indonesia. Apalagi Jakarta Timur dipenuhi dengan kawasan perkotaan yang sangat luas seperti tempat tinggal dan pertokoan lokal. 

Informasi dasar tentang area:

  1. Jakarta Timur cocok untuk orang yang ingin bebas repot dari hiruk pikuk Jakarta.
  2. Menyediakan mal dan destinasi ramah keluarga seperti TMII dan SnowBay Park.
  3. Tempat makan terkenal bisa ditemukan di Kecamatan Rawamangun.
  4. Kedai kopi juga berlimpah di sini, meskipun Jakarta Timur baru saja mulai menambah pilihan tempat nongkrong.
  5. Biaya hidup relatif lebih murah dibandingkan dengan wilayah Jakarta lainnya.

Kabupaten terkenal untuk dipertimbangkan: Rawamangun, Jatinegara, Matraman, dan Cakung.

Masih banyak lagi yang bisa dijelajahi dan ditemui di Jakarta. Kata-kata jauh lebih dari cukup untuk menggambarkan kota besar Indonesia ini. Apalagi, di mana pun daerah yang kamu pilih untuk tinggal, bepergian ke satu daerah dan daerah lain cukup mudah karena banyak pilihan transportasi umum.

Avatar

Hello Flokq

Related Posts

Tips untuk Tetap Produktif Dengan Banyak Deadline

Tips untuk Tetap Produktif Dengan Banyak Deadline

7 Coliving Space Terbaik di Bali

7 Coliving Space Terbaik di Bali

Kos-kosan Terbaik di Kebayoran Lama

Kos-kosan Terbaik di Kebayoran Lama

Apartemen Terbaik di Pasar Minggu

Apartemen Terbaik di Pasar Minggu

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *