fallback-image

Pilihan Tempat Tinggal di Jakarta: Kos, Apartemen, atau Rumah

Ketika kamu memutuskan untuk tinggal di Jakarta sendiri, kamu memiliki banyak pilihan untuk hidup sebagai orang dewasa. Kamu dapat memilih antara menyewa kost, tinggal di apartemen, atau menyewa rumah bersama dengan sekelompok teman, semuanya datang dengan fasilitasnya masing-masing. Akomodasi sewa akan memberimu lebih banyak fleksibilitas dan ada banyak pilihan untuk persewaan di Jakarta. Setiap opsi akan menjadi opsi yang lebih baik, bergantung pada kriteria mana yang menjadi prioritas. Untuk mengetahui lebih jauh, berikut kami berikan perbandingan singkat antara ketiga pilihan akomodasi di Jakarta tersebut. Yuk, disimak!

Baca Juga: Best Websites for Short-Term Rentals in Jakarta

1. Sewa Kos Kosan

Jika kamu seorang yang penyendiri, tinggal di kosan adalah pilihan yang tepat untukmu. Tinggal di kosan pada dasarnya adalah menyewa kamar tidur di sebuah gedung atau rumah. Biasanya diatur langsung oleh pemilik atau penanggung jawab, biasa disebut “Bapak / Ibu Kos”.

Baca Juga: Best Websites for Kost Hunting in Jakarta

Pada dasarnya, ruangan kosan hanya muat untuk satu orang, itulah mengapa tinggal di kosan memberimu rasa kesepian yang lebih baik. Beberapa kosan memiliki banyak fasilitas yang bisa digunakan bersama dengan penghuni lainnya. Misalnya, dapur dan ruang tamu bersama, atau pembantu rumah tangga.

Mereka juga menetapkan tarif yang sudah termasuk biaya sewa, biaya utilitas, dan pemeliharaan. Bisa dibayar bulanan, dalam 3 bulan, 6 bulan, atau setahun. Jadi, akan lebih nyaman dalam hal pembayaran. Karena kebanyakan orang tidak benar-benar bersosialisasi dengan tetangganya di kosan kecuali mereka benar-benar berteman, tinggal di kos lebih bersifat individual daripada tinggal di apartemen atau rumah kontrakan.

2. Sewa Apartemen

Pilihan lain adalah tinggal di apartemen sewaan. Pilihan ini menawarkan lokasi yang lebih nyaman dan strategis, terutama bagi pekerja yang akan bekerja di kawasan bisnis. Karena sebagian besar apartemen terletak di jantung kota, mereka berada di dekat kawasan tersibuk di kota.

Cari apartemen? Simak rekomendasi kami 5 Apartemen Full Furnished Murah di Jakarta. Baca juga: Kesalahan Terbesar Yang Harus Dihindari Saat Berburu Apartemen.

Orang dengan mobilitas tinggi dan jadwal padat di tempat kerja dapat menghemat banyak waktu perjalanan menuju atau dari tujuan mereka di kota, belum lagi mereka juga harus mengatasi kemacetan jalan pada jam-jam sibuk. Tidak hanya itu, tinggal di apartemen memberikan kebebasan yang lebih dibandingkan dengan tinggal di kos, karena tidak ada orang “penanggung jawab” yang menerapkan aturan rumah yang mengikat seperti jam malam.

Kamu dapat melakukan apa pun yang kamu inginkan atau membawa siapa pun pulang ke hunianmu selama tidak mengganggu orang lain. Kamu lebih mandiri karena harus mengurus sendiri semua tagihan dan pengeluaran yang berbeda. Tidak akan ada layanan pembersihan untuk kamarmu yang disediakan oleh manajemen gedung. Namun, kamu mungkin juga menemukan beberapa apartemen yang menawarkan layanan pembersihan.

Coliving

Jika kamu ingin hidup dengan keuntungan yang ditawarkan oleh sebuah apartemen tetapi harganya terlalu mahal, kamu dapat memilih untuk berbagi kamar dengan teman sekamar. Dengan tinggal di apartemen bersama seorang teman atau lebih, akan jauh lebih terjangkau, karena tinggal sendiri di apartemen pasti lebih mahal daripada di kos. Kamu bisa berbagi tagihan dan pengeluaran dengan teman sekamar dan membayar lebih sedikit. Selain itu, kamu juga bisa menghemat uang untuk makan dengan memasak makanan bersama. Saling meminjamkan barang tanpa harus membeli sendiri juga salah satu alasan mengapa coliving bisa lebih terjangkau. Selain itu, tinggal dengan teman sekamar akan memastikan kamu menjadi teman yang konstan, yang dapat bisa bagikan kebahagiaan atau kesedihan setiap hari setelah hari yang panjang dari pekerjaan. Cara yang sempurna untukmu dan sahabatmu, bukan? Temukan apartemen berwarna yang tersedia dengan Flokq.

Baca Juga: The Ultimate Guide to Sharing an Apartment

3. Sewa Rumah

Jika kamu memiliki sekelompok teman yang juga mencari tempat bersarang, opsi ini akan menjadi pilihan yang baik. Tinggal di rumah kontrakan memberikan jumlah kebebasan dan kemandirian yang sama dengan yang kamu dapatkan dari tinggal di apartemen. Tapi, karena kontrakan adalah sebuah rumah, biasanya jauh lebih besar dan harganya lebih mahal daripada sebuah kost atau apartemen. Jadi, menyewanya dengan sekelompok teman adalah cara terbaik, karena kamu bisa berbagi tagihan dan pengeluaran dengan lebih banyak orang dan mendapatkan biaya yang lebih murah per orang.

Selain itu, tidak banyak pilihan untuk menyewa rumah di pusat kota, terutama di dekat kawasan bisnis, karena harga rumah dan tanah yang cukup tinggi. Pilihan ini kemungkinan besar akan tersedia di pinggiran kota. Jadi, jika bepergian jauh ke pusat kota tidak memberatkanmu, opsi ini akan menjadi pilihan yang bagus untukmu dan temanmu.

Kami juga telah menulis cara terbaik untuk mencari akomodasi jangka panjang di Jakarta. Klik di sini

Semoga penjelasan ini membantumu menentukan pilihan tempat tinggal!

Avatar

Hello Flokq

Related Posts

Tips untuk Tetap Produktif Dengan Banyak Deadline

Tips untuk Tetap Produktif Dengan Banyak Deadline

7 Coliving Space Terbaik di Bali

7 Coliving Space Terbaik di Bali

Kos-kosan Terbaik di Kebayoran Lama

Kos-kosan Terbaik di Kebayoran Lama

Apartemen Terbaik di Pasar Minggu

Apartemen Terbaik di Pasar Minggu

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *