10 Rekomendasi Makanan Korea Populer yang Harus Anda Coba

10 Rekomendasi Makanan Korea Populer yang Harus Anda Coba

Dengan meningkatnya popularitas budaya Korea melalui KPOP, drama Korea, dan film Korea, tidak mengherankan jika makanan Korea menarik perhatian banyak orang dan menjadi lebih terkenal akhir-akhir ini. Apalagi jika Anda rutin menonton drama Korea, film, atau variety show Korea yang banyak membicarakan tentang makanan. Tidak jarang Anda akan merasa penasaran dan lapar di saat yang bersamaan karena mereka sering menampilkan berbagai makanan yang menggugah selera di adegan-adegan tertentu. Belum lagi semua idola, penyanyi, aktor, dan aktris yang dengan senang hati akan memberikan rekomendasi makanan Korea kepada penggemar mereka setiap kali mereka ditanya tentang hal itu.

Read also: 7 Rekomendasi Makanan Khas Jepang yang Jarang Diketahui dan Perlu Kamu Coba

Oleh karena itu, ini menjelaskan euforia terhadap makanan Korea di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Selain itu, karena permintaan akan makanan Korea ini terus meningkat, Anda dapat dengan mudah menemukan restoran Korea di sana-sini, terutama di kota-kota besar. Selain itu, jika Anda ingin memasak sendiri, akan sangat mudah untuk menemukan banyak resep makanan Korea di internet. Nah, sebelum Anda memutuskan makanan Korea apa yang akan Anda santap nanti, berikut telah kami buat daftar 10 rekomendasi makanan Korea populer yang harus Anda coba. Yuk simak daftarnya berikut ini dan cari tahu makanan mana yang mungkin jadi makanan Korea favorit Anda meski baru pertama kali mencoba!

1. Kimchi

Tak salah lagi, Kimchi harus menjadi yang pertama dalam daftar rekomendasi makanan Korea populer kami. Ini adalah makanan pendamping tradisional khas Korea yang terbuat dari sayuran yang difermentasi. Ada banyak sayuran yang digunakan dalam hidangan ini, tetapi biasanya yang paling dasar adalah kubis napa, lobak Korea, wortel, terong, dan mentimun. Juga, biasanya mengandung garam, gula, bawang putih yang dihancurkan, cabai, bawang merah, kecap ikan, dan jahe untuk bumbunya.

Kimchi disajikan bersama dengan hampir setiap hidangan di Korea. Apalagi rasa kimchi sendiri merupakan perpaduan antara pedas, manis, dan asam, menjadikannya makanan pendamping yang cocok disantap bersama dengan makanan seperti mie, nasi, sup, bubur, bahkan kue beras. Ada ratusan resep kimchi karena ada berbagai macam jenis kimchi dengan beragam sayuran yang berbeda sebagai bahan utamanya.

2. Tteokbokki

Makanan Korea selanjutnya yang harus kita masukkan dalam daftar rekomendasi makanan Korea ini adalah tteokbokki. Tteok berarti kue beras dan bokki berarti makanan yang digoreng. Jadi, tteokbokki secara harfiah diterjemahkan sebagai kue beras tumis. Ini adalah hidangan tradisional Korea yang biasanya terdiri dari kue beras berbentuk silinder, eomuk (kue ikan), telur rebus, dan daun bawang. Bumbu untuk tteokbokki menggunakan gochujang pedas (pasta cabai) lebih umum di Korea. Namun, ada juga yang tidak pedas yang menggunakan ganjang (kecap asin) sebagai bumbu dasarnya.

Sebagai makanan ringan yang sangat populer bahkan di kalangan orang Korea, tteokbokki dapat dengan mudah dibeli di warung pinggir jalan yang dikenal sebagai pojangmacha, serta di bar makanan ringan yang dikenal sebagai bunsikjip. Di Indonesia, Anda juga bisa menikmati tteokbokki dengan mengunjungi restoran Korea terdekat dari tempat tinggal Anda atau bahkan membuat tteokbokki sendiri dengan mengikuti beberapa resep dari internet.

3. Bibimbap

Rekomendasi makanan Korea berikutnya adalah bibimbap. Bibim artinya campur, sedangkan bap artinya nasi. Jadi pada dasarnya, arti harfiah bibimbap adalah nasi campur. Itu karena Anda perlu mengaduk seluruh hidangan secara menyeluruh tepat sebelum makan. Bibimbap sendiri merupakan hidangan bergizi yang disajikan sebagai semangkuk nasi putih hangat dengan taburan sayuran tumis dan bumbu, daging sapi atau ayam, dan telur mentah atau matang. Juga, bumbunya biasanya terdiri dari gochujang (pasta cabai), kecap, atau doenjang (pasta kedelai yang difermentasi). Selain itu, tergantung pada daerah dan bahan yang digunakan, bibimbap juga dapat disajikan sebagai makanan vegetarian.

4. Bulgogi

Jika Anda seorang pecinta daging, maka kami yakin Anda mungkin akan menyukai Bulgogi! Nama masakan Korea ini berasal dari kata bul yang artinya api dan gogi yang artinya daging. Selama Dinasti Joseon, bulgogi secara tradisional disiapkan khusus untuk bangsawan dan orang kaya. Pada dasarnya, ini adalah daging sapi panggang ala Korea yang terbuat dari irisan tipis sirloin, tenderloin, atau ribeye. Biasanya direndam dalam bumbu campuran kecap, minyak wijen, lada hitam, bawang putih, bawang merah, jahe, dan gula selama dua hingga empat jam. Meskipun Bulgogi utamanya dipanggang di atas panggangan atau di atas wajan kompor, tetapi memanggang atau menggorengnya dalam wajan juga umum dilakukan.

5. Jjajangmyeon

Jika Anda pecinta drama Korea, hampir tidak mungkin Anda tidak mengetahui hidangan ini sebelumnya! Tentu saja, Jjajangmyeon harus dimasukkan dalam daftar rekomendasi makanan Korea populer kami. Sebenarnya, ini adalah hidangan perpaduan Korea-Cina yang menggunakan mie gandum Korea yang disajikan dengan pasta kedelai hitam yang terbuat dari chunjang (pasta kedelai kacang hitam asin), daging babi/sapi cincang, irisan bawang bombay, dan sayuran. Biasanya, jjajangmyeon disajikan bersama dengan lauk yang disebut danmuji (acar lobak) yang rasanya manis. Acar lobak ini juga membantu mengurangi rasa berminyak pada jjajangmyeon.

6. Samgyetang

Sebagai representasi dari makanan sehat musim panas di Korea Selatan, kami percaya Samgyetang wajib dicoba bagi Anda yang menyukai makanan sehat namun lezat. Oleh karena itu, kami menambahkan hidangan ini ke daftar rekomendasi makanan Korea yang harus dicoba orang. Hidangan ini utamanya terdiri dari ayam muda utuh yang dimasak dengan bawang putih, chestnut, beras ketan, ginseng, jujube, dan kacang gingko, Samgyetang adalah hidangan Korea yang secara harfiah diterjemahkan menjadi sup ginseng ayam. Ini adalah sup beraroma dan bergizi karena ginseng memiliki manfaat pengobatan seperti menurunkan gula darah dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan stamina. Juga, hal itu membuat Samgyetang menjadi sup yang ideal untuk mengisi kembali semua energi yang hilang selama musim panas.

7. Jjamppong

Hidangan fusion Korea-Cina populer lainnya yang harus Anda coba ketika bicara mengenai makanan Korea populer adalah jjamppong. Apalagi jika Anda menyukai makanan pedas, Anda mungkin akan sangat menyukai hidangan ini. Jjamppong terdiri dari mie segar, berbagai sayuran, dan banyak makanan laut yang disajikan dalam sup panas merah, atau kaldu berbahan dasar daging babi. Bahan umum yang digunakan untuk membuat hidangan ini adalah bawang merah, bawang putih, zucchini Korea, wortel, kubis, cumi-cumi, kerang, dan daging babi. Biasanya, restoran yang menjual jjajangmyeon akan memiliki jjamppong di menu mereka juga. Sementara jjajangmyeon rasanya manis dan gurih, jjamppong lebih pekat dan pedas. Juga, jika Anda tidak terlalu suka makanan pedas, Anda bisa mengurangi tingkat kepedasannya dengan memasaknya sendiri.

8. Gimbap

Gimbap tentunya menjadi salah satu hidangan populer yang masuk ke dalam daftar rekomendasi makanan Korea kami. Juga diromanisasi sebagai kimbap, hidangan ini terdiri dari rumput laut (kim), nasi (bap), dan bahan-bahan lain yang biasanya digulung dan diiris. Bahan yang digunakan sebagai isian bisa bermacam-macam pilihan. Namun, yang umum adalah kue ikan, daging, bayam, telur, dan mentimun. Nasi biasanya dibumbui dengan minyak wijen dan sedikit garam, memberikan rasa gurih dan pedas. Gimbap disajikan dalam potongan-potongan kecil, itulah sebabnya hidangan ini populer sebagai makanan yang sangat nyaman untuk dibawa saat piknik, mendaki, atau aktivitas luar ruangan lainnya.

9. Bungeoppang

Salah satu jajanan Korea terenak yang tidak boleh kita tinggalkan tentunya ialah bungeoppang. Ini adalah kue berbentuk ikan yang berisi pasta kacang merah manis sebagai isiannya. Berasal dari taiyaki camilan Jepang, bungeoppang sangat populer sebagai jajanan pinggir jalan di musim dingin. Di Korea Selatan, hidangan ini banyak tersedia di warung pinggir jalan. Selain itu, meski isian standar biasanya merupakan pasta kacang merah yang dimaniskan, bukan tidak mungkin menemukan bungeoppang yang diisi dengan krim pastry, cokelat, topping pizza, dan masih banyak lagi.

10. Bingsu

Jika Anda adalah penggemar makanan penutup, maka bingsu sudah pasti harus dicoba! Sebagai dessert Korea yang populer, rasanya tidak tepat untuk tidak menambahkan bingsu ke dalam daftar rekomendasi makanan Korea kami. Bingsu terdiri dari es serut halus dengan aroma dan rasa seperti susu, coklat, atau teh hijau. Kemudian, ditambah dengan topping manis yang termasuk potongan buah-buahan, susu kental, sirup buah, kue beras atau tteok, sereal, dan kacang merah. Dari semua jenis bingsu di luar sana, pat-bingsu atau es serut kacang merah adalah jenis yang paling umum ditemukan di Korea Selatan. Dessert ini akan menjadi pilihan yang sempurna untuk Anda yang memiliki kecintaan pada makanan manis!

Dan itulah 10 rekomendasi makanan Korea populer yang harus Anda coba. Dari makanan-makanan yang disebutkan di atas, apakah Anda pernah mencoba salah satu atau beberapa di antaranya sebelumnya? Jika belum, makanan apa yang sangat ingin Anda coba nanti?

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

8 Rekomendasi Apartemen Terbaik Dekat UMN!

8 Rekomendasi Apartemen Terbaik Dekat UMN!

10 Inspirasi Kamar Tidur Dengan Tema Unik, Pasti Betah Di Kamar!

10 Inspirasi Kamar Tidur Dengan Tema Unik, Pasti Betah Di Kamar!

8 Rekomendasi Apartemen Dekat RSCM

8 Rekomendasi Apartemen Dekat RSCM

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *