7 Rekomendasi Minuman Buka Puasa: Sehat dan Menyegarkan!

7 Rekomendasi Minuman Buka Puasa: Sehat dan Menyegarkan!

Saat ini kita berada di bulan spesial Ramadhan 2022, banyak orang mulai membahas hidangan apa yang harus mereka siapkan untuk sahur dan buka puasa. Apalagi jika Anda tinggal di Indonesia, orang biasanya mulai menyiapkan menu buka puasa beberapa jam sebelum maghrib tiba. Sementara beberapa orang lebih suka memasak makanan dan menyiapkan minuman pilihan mereka sendiri, beberapa orang lain lebih suka menghabiskan waktu sebelum berbuka puasa dengan berjalan-jalan di sekitar tempat tinggal mereka untuk membeli makanan dan minuman yang mereka inginkan. Dalam hal ini, kebanyakan orang akan mencari sesuatu yang ringan sebagai makanan pembuka dan sesuatu yang manis plus menyegarkan untuk minumannya. Apalagi, setelah berpuasa di hari yang terik, wajar saja jika orang mendambakan lebih banyak makanan manis yang bisa mengisi kembali energinya. Sekarang, kami akan memberi tahu Anda 7 rekomendasi minuman buka puasa yang menurut kami tidak hanya menyegarkan, tetapi juga sehat dan enak.

Baca juga: Rekomendasi Menu Buka Puasa Sehat dan Bergizi untuk Anda

Tanpa basa-basi lagi, yuk simak 7 rekomendasi minuman buka puasa ini dalam daftar berikut ini! Siapa tahu bisa membantu Anda untuk memutuskan mulai sekarang minuman mana yang akan Anda santap untuk buka puasa nanti?

1. Es kelapa muda

es kelapa muda minuman buka puasa

Es kelapa muda atau yang dalam bahasa Indonesia disebut es kelapa muda, adalah jenis minuman yang pasti akan menghilangkan dahaga setelah berpuasa lebih dari 12 jam. Kami memasukkan ini ke dalam daftar rekomendasi minuman buka puasa karena es kelapa muda adalah minuman yang bergizi dan lebih dari sekadar rasanya yang menyegarkan. Komposisi utama dari air kelapa sendiri adalah elektrolit, mineral, dan vitamin yang bermanfaat bagi kesehatan. Air kelapa juga mengandung gula alami yang akan memberikan rasa manis meski tanpa penambahan gula. Minuman ini terutama terdiri dari air kelapa bersama dengan daging kelapa muda yang segar. Namun, jika Anda menyukai makanan manis, Anda selalu bisa menambahkan susu kental manis untuk menambah rasa manisnya. Hal terakhir yang tidak kalah penting, air kelapa baik untuk menjaga tubuh Anda tetap terhidrasi.

2. Smoothie semangka

Selalu penting untuk mengkonsumsi sesuatu yang mengandung banyak air setelah berpuasa selama lebih dari setengah hari. Karena itulah kami memilih smoothie semangka sebagai salah satu rekomendasi minuman buka puasa yang bisa kamu nikmati. Kita semua tahu bahwa semangka tak diragukan lagi merupakan salah satu makanan yang paling menghidrasi dan sangat sehat. Buah manis ini memiliki kandungan air lebih dari 90% dan mengandung beberapa nutrisi penting seperti vitamin A, vitamin C, dan magnesium. Selain itu, Anda dapat membuat smoothie semangka sendiri di rumah dengan cukup mudah. Anda bisa memblender semangka yang sudah dibuang bijinya dengan sedikit susu hingga teksturnya terasa creamy dan halus. Kemudian, Anda bisa menambahkan sirup cocopandan atau madu agar rasanya lebih manis. Selain itu, jangan lupa untuk menambahkan es batu karena disajikan dingin lebih menyegarkan.

3. Es cendol

Salah satu minuman buka puasa berikutnya yang menurut kami bisa menjadi pilihan tepat untuk Anda berbuka puasa adalah cendol. Karena minuman ini cukup populer, Anda bisa menemukan minuman jenis ini di banyak negara Asia Tenggara. Dan di Indonesia, cendol bisa Anda temukan dengan mudah baik di restoran maupun di warung pinggir jalan. Minuman ini terutama terdiri dari tetesan agar-agar tepung kacang hijau, santan, dan sirup gula aren. Orang sering menambahkan beberapa daun pandan ke cendol mereka karena mereka akan membuat minuman berbau harum. Selain itu, jika mau, minuman ini juga bisa diberi topping tambahan seperti nangka potong dadu, durian, atau kacang merah adzuki yang dimaniskan.

4. Es kacang hijau

Jika Anda mencari minuman buka puasa yang menyegarkan dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, es kacang hijau ini bisa menjadi alternatif yang baik! Biasanya komposisi utama minuman ini adalah rebusan kacang hijau, santan, susu segar, gula aren, dan daun pandan agar aroma minumannya harum. Jika mau, Anda juga bisa menambahkan beberapa buah sebagai pelengkap. Misalnya nangka atau pisang. Dengan begitu, es kacang hijau Anda akan terasa lebih gurih. Jangan lupa tambahkan es serut di bagian atas gelas jika ingin minuman disajikan dingin.

5. Es blewah

Rasa buah melon blewah yang segar dan manis pasti akan membuat dahaga Anda hilang seketika. Es buah melon ini, atau yang di Indonesia dikenal dengan es blewah, cukup mudah untuk dibuat. Selain rasanya yang manis, buah melon blewah baik untuk menjaga kesehatan kulit, memperlancar sistem pencernaan, dan baik untuk diet karena kandungan kalorinya yang rendah. Yang perlu Anda siapkan hanyalah buah melon blewah itu sendiri, daging kelapa muda, sirup melon, dan es batu. Jika Anda tidak memiliki daging kelapa, Anda juga bisa menggantinya dengan jeli kelapa atau nata de coco.

6. Es timun serut

Dari semua minuman buka puasa yang kami masukkan ke dalam daftar rekomendasi kami, es timun serut adalah salah satu yang paling sederhana untuk dibuat. Tidak hanya mentimun itu terjangkau dan mudah ditemukan, mentimun juga kaya nutrisi. Mentimun kaya akan elektrolit yang dapat mencegah tubuh Anda dari dehidrasi. Selain itu, mentimun mengandung antioksidan dan berpotensi membantu Anda menurunkan gula darah. Jika Anda mencari sesuatu yang segar dan sehat, maka es mentimun serut bisa menjadi pilihan terbaik Anda. Untuk membuat minuman ini, Anda hanya perlu serut mentimun, jeruk nipis, sirup melon, dan es batu. Sebagai pilihan, Anda juga bisa menambahkan beberapa biji selasih ke minuman Anda jika Anda mau.

7. Es lidah buaya

Siapa yang tidak tahu lidah buaya? Dari produk kosmetik hingga makanan dan minuman, tanaman ini populer untuk beragam tujuan dan berbagai manfaat kesehatannya. Segelas es lidah buaya tidak hanya dapat menghilangkan dahaga, tetapi juga menjaga kesehatan tubuh. Selain itu, Anda tidak perlu keahlian khusus untuk membuat minuman ini. Anda cukup menyiapkan irisan lidah buaya yang sudah dikupas, buah melon serut, sirup melon, biji selasih, dan es batu. Jika ingin merasakan sensasi yang berbeda dari minuman ini, Anda juga bisa mengganti air dengan soda. Atau, jika Anda ingin menambahkan rasa asam yang lebih menyegarkan, Anda bisa memberi air jeruk nipis pada es lidah buaya Anda.

Nah, itu dia rekomendasi minuman buka puasa yang sehat dan menyegarkan yang bisa Anda nikmati nanti. Apakah Anda pernah mencicipi salah satu minuman tersebut? Atau kalau belum, minuman apa yang paling ingin Anda coba saat berbuka puasa?

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

10 Inspirasi Kamar Tidur Dengan Tema Unik, Pasti Betah Di Kamar!

10 Inspirasi Kamar Tidur Dengan Tema Unik, Pasti Betah Di Kamar!

8 Rekomendasi Apartemen Dekat RSCM

8 Rekomendasi Apartemen Dekat RSCM

8 Apartemen Mewah di Jakarta Beserta Fasilitasnya, Tertarik?

8 Apartemen Mewah di Jakarta Beserta Fasilitasnya, Tertarik?

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *