9 Rekomendasi Tanaman Hias Kecil untuk Menghias Ruangan Mungil

9 Rekomendasi Tanaman Hias Kecil untuk Menghias Ruangan Mungil

Memiliki tanaman di sekitar rumah Anda pasti dapat menambah nilai bagi lingkungan Anda. Tanaman tidak hanya akan mempercantik dan meningkatkan nilai estetika rumah Anda, tetapi juga bisa menjadi sumber relaksasi Anda karena penampilannya yang cantik atau aromanya yang harum. Namun, apa yang kebanyakan orang pikirkan ketika mereka mendengar “tanaman” secara otomatis melibatkan taman atau setidaknya halaman belakang berukuran mini. Atau mungkin jika Anda tidak memilikinya, setidaknya Anda harus tinggal di rumah yang besar agar semua tanaman tetap tertata rapi. Tapi jangan khawatir! Karena ada banyak tanaman hias kecil yang bisa menjadi dekorasi luar biasa untuk ruang kecil Anda. Mereka tidak membutuhkan ruangan yang besar untuk tumbuh dan Anda pasti akan menyukai keberadaan mereka di sekitar rumah Anda.

Oleh karena itu, kami telah membuat daftar rekomendasi tanaman hias kecil ini untuk membantu Anda memilih tanaman yang sempurna untuk ruang hidup Anda. Tanpa basa-basi lagi, yuk simak daftarnya berikut ini!

1. Air Plant

Jika Anda mencari tanaman menarik yang tidak membutuhkan tanah untuk bertahan hidup, air plant bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Alih-alih memasukkannya ke dalam pot, Anda bisa menanam tanaman ini di terarium kaca. Namun, Anda harus memastikan terarium memiliki bukaan agar tanaman dapat bernapas dan mendapat sirkulasi udara yang cukup. Air plant adalah salah satu tanaman hias kecil yang akan sangat cantik jika ditempatkan di rak dekorasi. Selain itu, perawatannya cukup rendah karena Anda hanya perlu menyemprotkannya 2-3 kali seminggu. Selain itu, tanaman akan tumbuh dengan baik jika bisa mendapatkan paparan sinar matahari penuh.

2. African Violet

Salah satu tanaman hias berukuran kecil yang pasti akan menjadi penghias cantik untuk rumah Anda adalah African Violet. Sering dikaitkan dengan royalti, bunga ungu atau merah muda African Violet biasanya mekar dalam kelompok berjumlah lima. Apalagi daunnya yang hijau lebat terasa lembut dan benar-benar menonjolkan bunganya. Tanaman hias kecil ini akan menghargai sinar matahari tidak langsung dan perlu disiram saat tanah kering. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan menempatkan tanaman dalam pot dengan lubang drainase dan membiarkan akar dan tanah menyerap air dari bawah.

3. Jade Plant

Apakah Anda menginginkan tanaman hias kecil dan cantik yang akan bertahan selama bertahun-tahun? Jika begitu, jade plant mungkin cocok untuk kebutuhan dan preferensi Anda. Tanaman hias sukulen ini cukup tangguh dan cukup mudah tumbuh di dalam ruangan. Selain itu, jade plant mampu hidup lama jika Anda memberi mereka perawatan yang tepat. Tanaman hias mungil ini akan menikmati sinar matahari penuh dan akan lebih bahagia jika dikeringkan dengan baik. Jade plant adalah pilihan yang sempurna untuk dekorasi meja Anda. Namun, jangan lupa untuk menyeka debu pada daun sesekali agar tampilan jade plant Anda tetap sehat dan berkilau!

4. Kaktus Bulan (Moon Cactus)

Kita tidak boleh meninggalkan kaktus bulan atau moon cactus dari rekomendasi tanaman hias kecil ini karena sukulen ini akan benar-benar menghiasi tempat tinggal Anda. Tanaman hias cantik ini hadir dengan warna neon cerah dalam bentuk bola bulat. Karena mereka sangat tahan terhadap kekeringan, mereka tidak memerlukan banyak perhatian seperti banyak kaktus lainnya. Namun, mereka tidak mentolerir sinar matahari langsung dan akan lebih senang ditempatkan di pot yang dapat dikeringkan dengan baik. Kaktus bulan akan terlihat luar biasa sebagai dekorasi rak atau meja.

5. String of Pearls

Tanaman hias kecil berikutnya yang harus Anda pertimbangkan untuk dimiliki di rumah Anda adalah string of pearls. Mutiara kecil tanaman ini yang berbentuk kacang sangatlah unik dan akan mempercantik rumah Anda dengan mudah. Untuk menumbuhkan string of pearls dengan sukses, Anda harus ingat bahwa tanaman ini membutuhkan cahaya alami yang kuat tanpa terkena sinar matahari langsung yang panas. Anda dapat menempatkan sukulen cantik ini di pot gantung, dan ini akan bekerja dengan sempurna jika rumah Anda memiliki ruang yang sangat terbatas untuk menempatkan tanaman hias Anda. Selain itu, Anda hanya perlu menyirami string of pearls setiap dua minggu sekali dan pastikan Anda tidak menyiramnya terlalu banyak.

6. Haworthia

Mencari tanaman hias kecil yang ramah hewan peliharaan? Maka haworthia akan sangat sesuai dengan kebutuhan Anda. Haworthia adalah sukulen cantik lainnya yang akan tumbuh subur di bawah sinar matahari yang cerah dan langsung. Tanaman ini memiliki daun runcing vertikal dan hadir dalam berbagai warna seperti nuansa hijau, merah, dan coklat (hampir hitam). Selain itu, haworthia sangat mudah dirawat! Cukup masukkan ke dalam pot yang dikeringkan dengan baik dan jangan terlalu banyak menyiramnya. Anda dapat menyirami tanaman hias ini setiap 2-3 minggu dalam cahaya langsung. Ini adalah tanaman yang sempurna untuk menghiasi ruang kecil Anda.

7. Lidah Buaya (Aloe Vera)

Ingin tanaman hias kecil yang lebih dari sekadar tampilannya tetapi juga bermanfaat? Lidah buaya akan menjadi jawaban terbaik untuk ini. Selain banyak manfaat yang ditawarkan lidah buaya, ini adalah salah satu sukulen dengan perawatan rendah yang akan menjadi tanaman hias yang indah. Agar lidah buaya tumbuh dengan sehat, Anda harus menempatkannya di tempat yang terang dan cerah. Selain itu, Anda harus menyirami tanaman dengan benar saat ditanam di pot dengan banyak lubang drainase. Hal terakhir yang tidak kalah penting, lidah buaya kemungkinan besar akan menjadi hiasan yang imut untuk meja atau rak Anda di rumah.

8. Anthurium

Apakah Anda menyukai gagasan memiliki bunga segar di ruang tamu Anda? Anthurium mungkin salah satu tanaman hias kecil yang akan terlihat bagus sebagai hiasan cantik untuk rumah Anda. Meskipun tanaman ini dapat tumbuh setinggi sekitar satu kaki, tanaman ini masih dapat diletakkan di tepi rak buku atau meja apa pun dengan mudah. Apalagi bunganya bisa bertahan selama berbulan-bulan sehingga Anda bisa menyaksikan keindahannya dalam waktu yang cukup lama. Namun, perlu diingat bahwa anthurium tidak boleh mendapatkan sinar matahari terlalu banyak karena dapat menyebabkan daun menguning.

9. Hoya Heart Plant

Tentu saja, kami harus menyebutkan hoya heart plant dalam daftar rekomendasi tanaman hias kecil kami. Sukulen ini juga dikenal sebagai tanaman sweetheart atau tanaman valentine karena daunnya yang tebal dan berbentuk hati. Jika Anda menyukai tanaman hias kecil dengan tampilan lucu untuk menghiasi meja atau rak, maka hoya heart plant mungkin cocok untuk itu. Tanaman ini relatif tahan kekeringan dan lebih mungkin mekar di bawah sinar matahari langsung yang cerah. Selain itu, Anda juga harus memastikan hoya heart plant ditanam di pot dengan lubang drainase.

Itulah beberapa rekomendasi tanaman hias berukuran kecil yang menurut kami bisa menjadi tanaman terbaik untuk menghiasi ruangan mungil Anda. Banyak dari mereka adalah tanaman perawatan rendah dan dapat hidup cukup lama jika diberikan perawatan yang tepat. Satu lagi yang membuat mereka sangat menarik adalah bentuk daunnya yang lucu dan cantik. Jadi, sudahkah Anda menemukan tanaman hias terbaik yang menurut Anda akan menghiasi ruang interior Anda nanti?

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

10 Inspirasi Kamar Tidur Dengan Tema Unik, Pasti Betah Di Kamar!

10 Inspirasi Kamar Tidur Dengan Tema Unik, Pasti Betah Di Kamar!

8 Rekomendasi Apartemen Dekat RSCM

8 Rekomendasi Apartemen Dekat RSCM

8 Apartemen Mewah di Jakarta Beserta Fasilitasnya, Tertarik?

8 Apartemen Mewah di Jakarta Beserta Fasilitasnya, Tertarik?

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *