Rekomendasi Warna Cat Rumah Sejuk dan Tips Memilihnya

Rekomendasi Warna Cat Rumah Sejuk dan Tips Memilihnya

Pemilihan warna cat pada sebuah ruangan bukanlah sesuatu hal yang mudah. Tidak hanya sekadar memberi warna, cat juga digunakan sebagai penghidup suasana sebuah ruangan. Itulah sebabnya banyak orang menggunakan warna cat rumah yang sejuk untuk kenyamanan tempat tinggal mereka. Tak hanya itu, pemilihan warna cat juga dapat mempengaruhi suhu ruangan tersebut. Oleh karena itu, jangan sampai Anda salah pilih warna cat jika tidak ingin suasana ruangan di rumah Anda terasa sesak atau panas.

Sebagai contoh, warna-warna yang terang akan memantulkan panas. Sebaliknya, untuk penggunaan warna-warna yang gelap akan dapat menyerap panas. Hal tersebut menunjukkan bahwa warna-warna terang dapat membuat rumah Anda akan terasa lebih sejuk dibanding warna gelap. Simak beberapa pilihan warna cat rumah sejuk berikut beserta tips dalam memilih dan mencampurkan warna-warna tersebut.

Baca juga: 5 Inspirasi Ruang Karaoke yang Nyaman di Rumah

1. Warna Biru Muda

Warna Biru
Casa

Pilihan warna cat rumah sejuk yang pertama adalah warna biru muda. Menjadi warna favorit banyak orang karena memiliki efek positif bagi segi psikologi para penghuninya, seperti membawa ketenangan dan memberikan kestabilan pikiran. Warna biru muda sendiri termasuk ke dalam golongan warna netral seperti warna krem atau coklat. Warna ini cocok digunakan sebagai alternatif untuk memberikan sentuhan kesan artistik pada ruangan Anda karena tampilan ruangan akan terasa bersih dan menyegarkan.

Dengan menawarkan tampilan yang sejuk untuk memanjakan mata para penghuni rumah, itulah sebabnya warna biru muda dapat menjadi salah satu warna pilihan yang cocok bagi Anda. Penerapan warna ini akan membuat setiap sudut ruangan rumah Anda terasa lebih segar, menciptakan nuansa tenang dan damai yang bisa memberikan mood yang positif dan kestabilan bagi setiap penghuninya.

2. Warna Hijau

Warna Hijau
Casa

Rekomendasi warna berikutnya adalah warna hijau. Warna ini memiliki efek yang menenangkan bagi otak manusia. Serta merupakan simbol dari keharmonisan dan pembaharuan. Seringkali, warna ini dikaitkan dengan alam dan memiliki sifat yang netral. Memiliki efek yang positif, membuat warna hijau digemari untuk menghias dinding ruangan rumah.

Jika Anda ingin memiliki ruangan dengan warna yang lebih sejuk, Anda dapat coba untuk menerapkan warna hijau pada dinding ruangan rumah Anda. Hal ini karena warna hijau identik dengan dedaunan dan pepohonan serta memberikan kesan alam yang menyegarkan. Selain itu, warna ini juga dianggap sebagai warna yang paling tenang untuk mata Anda dan dipercaya dapat menghilangkan stres. Lebih dari itu, menggunakan warna hijau pada dinding ruangan, dapat menciptakan rasa santai serta memiliki nuansa yang hangat untuk meningkatkan kenyamanan dan kebersamaan.

3. Warna Kuning

Warna Kuning
Casa

Menggunakan warna cat kuning untuk menghiasi dinding ruangan rumah Anda, bukan saja memberikan semangat melainkan keceriaan secara tidak langsung. Kelebihan lain ketika Anda menggunakan warna ini adalah dapat meningkatkan hormon serotonin, yaitu hormon yang memberikan rasa bahagia dalam tubuh.

Umumnya, warna kuning cocok untuk dipadukan dengan warna lainnya, seperti putih, abu- abu, biru maupun hijau. Kombinasi antar warna yang disebutkan tersebut akan menciptakan kesan ruangan yang sangat manis dan tampak berbeda untuk rumah Anda.

Selain itu, warna kuning juga dapat memberikan nuansa hangat dan ceria pada ruangan. Namun bagi sebagian pemilik rumah, warna kuning justru terkesan terlalu berlebihan dan silau jika digunakan pada dinding ruangan rumah. Padahal, kehadiran warna kuning dapat membuat ruangan rumah Anda terasa lebih sejuk dan memberikan kesan ruangan yang luas. Anda dapat mengombinasikan dengan perabotan rumah dengan tema warna earthy tone atau abu-abu muda sehingga ruangan rumah Anda akan terasa lebih hangat dan nyaman.

4. Warna Abu-abu

Warna Abu-abu
Pinhome

Bukan saja membuat tampilan ruangan menjadi lebih luas, akan tetapi penggunaan warna abu-abu juga mampu memberikan kesan yang modern nan elegan pada sebuah ruangan. Cocok digunakan untuk menghiasi ruangan, karena sifat yang dimiliki warna abu-abu merupakan termasuk warna yang juga netral.

Warna abu-abu juga memiliki efek yang sama dengan warna putih saat Anda terapkan pada ruangan rumah Anda. Sama halnya seperti dengan penerapan warna putih, warna abu-abu ini juga akan memantulkan panas pada ruangan sehingga membuat ruangan Anda terasa lebih sejuk dan menciptakan suasana yang tenang. Selain itu, Anda juga dapat memadukan dengan perabotan seperti sofa dengan menggunakan tema warna yang senada dan memberikan sentuhan tekstur kayu yang bisa membuat ruangan terasa lebih hangat dan hidup.

5. Warna Putih

Warna Putih
Arsitag

Kurang lengkap rasanya jika membahas mengenai penggunaan warna cat rumah yang sejuk tanpa memasukkan warna putih dalam daftar referensi warna. Menurut salah satu desainer interior bernama Vera Villarosa-Orila, ia berpendapat bahwa dalam mengaplikasikan warna putih akan membuat ruangan terasa lebih sejuk dibandingkan dengan mengaplikasikan warna-warna yang gelap. Selain itu, dengan Anda menggunakan warna putih pada dinding ruangan Anda, akan membuat ruangan Anda terlihat menjadi lebih luas.

Warna putih memiliki arti yang luas kesederhanaan, kemurniaan dan kejujuran. Sedangkan, bagi otak manusia sendiri akan memberikan efek tenang, lebih ramah dan santun sehingga warna putih cocok Anda gunakan untuk ruangan dengan tampilan gaya minimalis dan lebih terlihat elegan. Tak hanya itu, warna ini juga membuat rumah Anda terlihat mengesankan dengan cara yang sederhana.

Tips Memilih Warna Cat Rumah

Bagian ini merupakan informasi tambahan mengenai tips yang dapat Anda terapkan pada rumah Anda. Berikut beberapa tips dalam memilih warna cat rumah yang sejuk untuk Anda.

  • Untuk bisa mendapatkan warna-warna yang terbaik, pastikan Anda membaca seluruh informasi yang dibutuhkan. Lalu, Anda dapat mencoba untuk menyesuaikan sesuai dengan selera, karena ketika berbicara mengenai palet warna berarti kembali lagi dengan selera pemilik rumah.
  • Anda dapat mempertimbangkan, apakah Anda lebih menyukai warna yang polos atau kombinasi. Anda dapat mencoba untuk menyeimbangkan warna pilihan Anda dengan cahaya ruangan yang dimiliki.
  • Khusus dengan penggunaan warna kuning yang hanya membutuhkan jumlah cahaya yang lebih sedikit, namun tentunya Anda juga harus memperhatikan keadaan kapasitas ruangan yang digunakan.
  • Tips penting terakhir yang dapat Anda coba dalam memilih warna cat rumah yang sejuk adalah, jika Anda ingin memadukan lebih dari satu warna, Anda perlu membatasi hingga tiga warna saja dan tak lebih. Pasalnya, terlalu banyak menggunakan warna akan membuat konsep ruangan menjadi terlihat acak dan membingungkan.

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

10 Inspirasi Kamar Tidur Dengan Tema Unik, Pasti Betah Di Kamar!

10 Inspirasi Kamar Tidur Dengan Tema Unik, Pasti Betah Di Kamar!

8 Rekomendasi Apartemen Dekat RSCM

8 Rekomendasi Apartemen Dekat RSCM

8 Apartemen Mewah di Jakarta Beserta Fasilitasnya, Tertarik?

8 Apartemen Mewah di Jakarta Beserta Fasilitasnya, Tertarik?

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *