12 Pilihan Sekat Ruang Tamu Unik untuk Kesan Luas di Rumahmu

Sekat ruang tamu berfungsi selayaknya dinding yang memisahkan antara ruang tamu dengan ruang lainnya. Namun kini, sekat tidak selalu berupa dinding yang terkesan monoton. Kini hadir berbagai jenis sekat yang unik dan kreatif, menambah indah serta membuat ruangan terkesan lebih luas serta lapang. Sebagai ‘wajah utama’ dari rumah, sudah sewajarnya ruang tamu dibuat secantik mungkin. Simak panduan di bawah ini untuk mengetahui jenis sekat ruang terbaik untuk rumahmu.

Memilih sekat yang tepat dapat meningkatkan tampilan rumah kamu menjadi lebih unik dan indah. Demi mendapatkan keindahan ini, rasanya wajar bila kamu membuat sekat ruangan secara totalitas menggunakan material terbaik seperti kaca, besi, kayu dan lain sebagainya. Berikut beberapa pilihan sekat ruang tamu untukmu.

1. Sekat dari Kayu

papan kayu sebagai sekat ruang tamu
Source: jurnaljazira.com

Sekat ruangan dari kayu memiliki desain yang terbilang sederhana namun mampu menghadirkan kesan mewah dan meningkatkan nilai estetika membuat sekat dari kayu seringkali menjadi pilihan. Selain itu, sekat ruang tamu dari kayu juga dapat dibuat dengan memanfaatkan papan kayu sederhana yang dirangkai menjadi sekat ruangan. Tambahkan sentuhan tanaman indoor untuk menambah indah tampilan sekat ruangan.

2. Sekat dengan Tirai Bambu

tirai bambu digunakan sebagai sekat ruang tamu
Source: Pinterest

Pemilihan sekat ruang tamu dari tirai bambu merupakan pilihan bagi kamu yang ingin menambah kesan luas pada rumahmu. Desainnya yang fleksibel, memungkinkan sekat dari tirai bambu ini dapat digulung saat sedang tidak dipakai. Di lain sisi, saat tirai sedang digunakan sebagai sekat ruangan, tidak akan membuat ruangan terasa sempit.

3. Sekat dari Batang Bambu

pemanfaatan batang bambu sebagai sekat ruangan
Source: Kompasiana

Selain dengan tirai bambu, kamu dapat menggunakan batang bambu untuk dijadikan sebagai desain sekat ruang tamu akan menghadirkan sentuhan alam dan kesan natural bagi rumahmu. Membuat sekat dari ruang kayu dapat dibuat dengan mudah, cukup dengan menyusun batang bambu menggunakan sentuhan kreatifitasmu, kamu akan mendapatkan sekat ruangan yang unik dan kreatif.

4. Sekat dengan Rak Buku

rak buku sebagai sekat ruangan
Source: Pinterest

Menjadikan rak buku sebagai sekat ruangan adalah pilihan cerdas yang dapat kamu lakukan. Selain berfungsi sebagai sekat ruangan, rak buku tersebut akan mampu menampung koleksi bukumu dan beberapa pajangan lainnya tanpa memakan ruang terlalu banyak. Sekat ruang tamu dengan rak buku mampu meningkatkan nilai estetika ruangan dan memberi kesan luas pada ruangan.

5. Sekat Menggunakan Pintu Geser

pintu geser sebagai sekat ruangan
Source: kontraktorjoga.co.id

Sekat ruang tamu menggunakan pintu geser merupakan salah satu cara yang dapat menambahkan kesan luas pada rumahmu. Pintu geser dapat memberi kamu privasi dengan menutup pintunya, sekaligus memunculkan kesan ruangan yang luas saat pintu dibuka. Kamu dapat menentukan warna untuk pintu gesernya sesuai dengan konsep rumah yang kamu inginkan.

6. Sekat dari Jendela Bekas

jendela bekas untuk sekat ruangan
Source: today.line.me

Sekat ruang tamu yang dibuat dari jendela bekas memiliki banyak kelebihan yang dapat dihadirkan di rumahmu. Mulai dari menghemat biaya karena menggunakan jendela bekas, sekat dari jendela bekas mampu menghadirkan kesan ruangan yang luas dan terbuka bagi rumahmu serta mampu mengubah rumahmu menjadi ruangan yang minimalis serta modern. Jendela bekas yang dijadikan sekat ruang tamu juga mudah disesuaikan mengikuti gaya interior ruangan.

7. Sekat dari Dahan Pohon

dahan pohon sebagai sekat ruangan
Source: bildeco.com

Selain jendela bekas, kamu juga dapat memanfaatkan dahan pohon untuk menjadi sekat ruang tamu di rumahmu. Desain ini menggunakan dahan pohon sangat unik dan kreatif serta sangat mudah. Kamu cukup menyusun rapi dahan-dahan pohon tersebut dan gunakan pot tanaman. Jika kamu menginginkan ruangan terkesan privat antar ruang, gunakan dahan pohon yang ramping. Sebaliknya, bila kamu menginginkan kesan terbuka, memanfaatkan dahan pohon yang lebih besar dan tata dengan lebih longgar.

Kehadiran sekat dari dahan pohon akan menghadirkan kesan natural bagi rumahmu. Berikan sentuhan lebih lagi dengan menggunakan lampu atau pencahayaan dari bagian bawah, sehingga bayangan dan cahaya yang dihasilkan menjadi lebih dinamis karena formasi organik dari dahan pohon.

Orang-orang juga membaca tentang 8 Tips Dekorasi Kamar Aestetik, Harga Terjangkau

8. Sekat dari Tanaman Gantung

sekat ruang tamu menggunakan tanaman gantung
Sekat Ruang Tamu dari Tanaman Gantung

Sekat ruang tamu dari tanaman gantung akan menghadirkan suasana sejuk dan segar bagi ruanganmu. Kesan natural yang dihadirkan pun akan sangat kuat dan meningkatkan nilai estetika ruangan. Selain menggunakan pot tanaman, kamu dapat memanfaatkan pipa bekas untuk menjadi wadah tanaman, serta tambang untuk menahan tanaman gantung tersebut.

9. Sekat dari Tanaman Lidah Mertua

tanaman lidah mertua dijadikan sebagai sekat ruangan
Source: dekoruma.com

Tanaman hias lidah mertua merupakan tanaman yang umum digunakan menjadi sekat ruangan. Menjadikan tanaman lidah mertua sebagai sekat ruangan akan memberimu nuansa alami dan kesan asri yang dihasilkan tanaman tersebut. Di sisi lain, tekstur lidah mertua yang tebal akan berguna untuk membatasi pandangan sebagaimana fungsi sekat ruangan.

Selain mudah dirawat, tanaman lidah mertua ini hanya membutuhkan sedikit air dan cahaya matahari untuk bertahan hidup. Kamu dapat berkreasi dengan tanaman lidah mertua dengan mencoba meletakkan tanaman tersebut dibalik sofa ruang tamu. Pilihlah lidah mertua dengan panjang lebih dari 30 cm daripada tinggi sofa untuk mendapatkan kesan sekat ruang tamu yang kamu inginkan.

10. Sekat dari Pipa

Source: popbela.com

Sekat ruang tamu dari pipa termasuk ke dalam desain unik dan kreatif yang sederhana namun memberi dampak luar biasa bagi ruangan. Penggunaan pipa untuk membuat sekat ruangan memiliki nilai estetika dan seni yang tinggi. Untuk sekat ruang yang rapat, kamu bisa menggunakan potongan pipa paralon berdiameter kecil. Sedangkan untuk sekat ruangan yang lebih terbuka, gunakan potongan pipa paralon dengan diameter yang besar. Bila kamu ingin kesan yang lebih dinamis dan modern, dapat dilakukan dengan mengkombinasikan berbagai ukuran pipa paralon dalam satu desain sekat ruangan.

11. Sekat dari Box Kayu

box kayu sebagai sekat ruangan
Source: Pinterest

Bila kamu menginginkan sekat ruangan yang praktis, kamu dapat menggunakan box kayu yang disusun menjadi lemari atau kabinet. Jika kamu memiliki interior yang natural, membiarkan box kayu dengan tekstur aslinya akan sangat membantu memperkuat kesan natural dari ruangan. Namun bila tekstur kayu dirasa kurang serasi dengan konsep interior ruangan, kamu dapat menggunakan cat warna yang selaras dengan konsep.

Menyusun box kayu sebagai lemari atau kabinet, akan menjadikan box kayu yang kamu gunakan sebagai sekat ruang tamu juga akan memiliki fungsi lain, seperti rak buku, rak pajangan hingga tempat menaruh foto-foto milikmu.

12. Sekat dari Bingkai Foto

bingkai foto sebagai sekat ruang tamu
Bingkai Foto untuk Ruang Tamu

Manfaatkan foto-foto yang kamu miliki sebagai sekat ruangan yang kreatif dengan menyatukan bingkai-bingkai fotomu menggunakan rangka besi atau kayu. Penggunaan bingkai foto sebagai sekat ruang tamu ini dapat menghindari dinding rumahmu dipenuhi pajangan foto. Sekat dari bingkai foto akan membawa kesan hangat dan nyaman di ruangan.

Untuk membuat sekat ruangan lebih indah dan artistik, kamu dapat mencetak foto-foto yang ingin dipajang dengan warna senada, seperti hitam putih. Kamu juga bisa memberikan engsel putar sehingga bingkai-bingkai foto tersebut bisa diputar sesuai arah.

Demikianlah berbagai pilihan sekat ruang tamu yang kreatif serta mampu memberikan nilai estetika dan berkesan di rumahmu. Pastikan untuk melakukan penataan sekat ruang tamu dengan baik agar keindahannya bisa dirasakan!

Lanjut baca tentang Tips untuk Dekorasi Rumah

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

10 Inspirasi Kamar Tidur Dengan Tema Unik, Pasti Betah Di Kamar!

10 Inspirasi Kamar Tidur Dengan Tema Unik, Pasti Betah Di Kamar!

8 Tips Menabung yang Bisa Anda Coba Lakukan Mulai Hari Ini

8 Tips Menabung yang Bisa Anda Coba Lakukan Mulai Hari Ini

10 Ide Desain Dinding untuk Menyegarkan Tampilan Ruangan Anda!

10 Ide Desain Dinding untuk Menyegarkan Tampilan Ruangan Anda!

8 Sikap Ramah Lingkungan yang Akan Membantu Menjaga Bumi Kita Tetap Aman

8 Sikap Ramah Lingkungan yang Akan Membantu Menjaga Bumi Kita Tetap Aman

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *