Panduan Lengkap Sukulen dan Kaktus

Panduan Lengkap Sukulen dan Kaktus

Kaktus dikenal sebagai tumbuhan berduri yang berhabitat di gurun atau daerah kering. Tanaman ini termasuk salah satu tanaman yang unik karena mampu bertahan hidup di suhu panas dan tanpa air dalam waktu yang lama. Kaktus juga dikenal sebagai sukulen, namun sukulen sendiri bukanlah nama famili tumbuhan seperti kaktus. Kedua tanaman ini menjadi tanaman yang digandrungi para pecinta tanaman, bentuknya yang mungil dan unik serta indah menjadikan tanaman ini cocok untuk dekorasi dalam ruangan.

Ada banyak jenis dan tipe kaktus mini atau sukulen yang unik dan indah. Sebelum kita melihat jenis dan manfaat kaktus dan sukulen terbaik yang direkomendasikan, kita perlu mengetahui perbedaan antara kedua tanaman tersebut.

Apa Perbedaan Antara Sukulen dan Kaktus?

Sukulen adalah sebutan untuk tumbuhan yang bersifat menyerap dan menyimpan air pada batang sebagai sumber makanan. Selain itu, sukulen memiliki kelopak yang berbentuk seperti daun tanpa duri.

Sedangkan kaktus menggantikan jaringan daunnya berupa duri. Daun pada tanaman kaktus yang berbentuk duri berfungsi untuk mengurangi penguapan air.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa semua kaktus merupakan tumbuhan sukulen, namun tidak semua sukulen merupakan kaktus. Jadi, perlu diingat jika kaktus memiliki duri, sedangkan sukulen tidak.

Bagaimana Cara Merawat Kaktus dan Sukulen?

Kuat atau tidaknya kaktus dan sukulen dalam sebuah ruangan tidak hanya disebabkan oleh penyiraman. Meskipun membutuhkan air, terlalu banyak penyiraman dapat mempercepat pembusukan akar. Ada hal penting lain selain penyiraman yang perlu diperhatikan dalam merawat kaktus dan sukulen seperti cahaya, media tanam, dan wadah yang digunakan untuk menanam.

Kaktus dan sukulen merupakan tanaman yang menyukai suhu panas, sehingga harus ditempatkan di tempat yang mendapat sinar matahari. Tanaman yang diletakkan di tempat bersuhu rendah dan lembab akan menyebabkan tanaman itu mati. Kaktus dan sukulen yang ditanam dalam wadah/pot perlu diganti media tanamnya secara berkala dan diberikan pupuk untuk menyuburkan tanaman. Jika wadah/pot kaktus dan sukulen terlalu kecil, kamu perlu beralih ke wadah yang lebih besar. Hal itu dilakukan agar tanaman bisa tumbuh lebih baik.

Sekarang, kami akan memberikan rekomendasi kaktus dan sekulen yang bisa kamu tanam!

10 Jenis Sukulen dan Kaktus

1. Ariocarpus Cactus

Ariocorpus cactus, tipe kaktus, tipe sukulen
Ariocorpus Cactus

Pada umumnya, tipe kaktus ini memiliki duri pada bagian daunnya. Namun, kaktus hias jenis ini tidak memiliki duri sama sekali. Daun kaktus ini berbentuk prisma dengan ujung melengkung, tumpul, atau runcing. Uniknya, selain tidak punya duri, kaktus ini memiliki bunga yang besar. Ukuran bunganya hampir seukuran dengan batangnya. Selain itu, warnanya yang beragam membuat kaktus ini sangat cantik dan menjadi salah satu favorit dan sukulen terbaik bagi para pecinta tanaman.

2. Astrophytum Cactus

Astrophytum Cactus mini kaktus, tipe kaktus, tipe sukulen
Astrophytum Cactus

Sama seperti Kaktus Ariocarpus mini, kaktus dengan jenis Astrophytum juga memiliki bunga yang berwarna-warni pada batangnya yang akan membuatnya tampak sangat cantik. Selain itu, kaktus ini tidak kalah unik dengan kaktus sebelumnya, karena batangnya memiliki bentuk yang unik seperti bintang atau belimbing.

Orang-orang juga membaca Langkah-langkah Memulai Urban Gardening di Jakarta

3. Echevaria Agavoides

Echevaria Agavoides, tipe kaktus, tipe sukulen
Echevaria Agavoides

Berikutnya, Echevaria Agavoides. Tanaman ini merupakan salah satu jenis tanaman sukulen yang berasal dari Amerika Tengah. Tanaman ini mempunyai bentuk daun menyerupai kelopak bunga mawar yang sedang mekar. Menariknya, ujung daunnya bisa berubah warna menjadi warna merah yang indah jika tanaman ini mendapat cukup sinar matahari.

4. Haworthia Attenuata Cactus

Haworthia Attenuata Cactus mini kaktus, tipe kaktus, tipe sukulen
Haworthia Attenuata Cactus

Tanaman berikutnya adalah kaktus Haworthia Attenuata mini yang berasal dari Afrika Selatan. Tumbuhan ini memiliki dua julukan berbeda. Jenis kaktus ini dijuluki tumbuhan zebra, karena memiliki corak putih yang jika dilihat dari jauh berpola seperti zebra. Jenis kaktus ini juga dijuluki sebagai lidah buaya mini yang memiliki bentuk yang hampir sama dengan lidah buaya, namun jenis daun kaktus ini tidak terbuka seperti lidah buaya.

5. Ferocactus Cactus

Ferocactus Cactus mini kaktus
Ferocactus Cactus

Salah satu tipe sukulen terbaik yang dikenal oleh banyak orang adalah Kaktus Ferocactus, ia memiliki tampilan yang cukup unik. Duri pada tanaman ini memiliki duri berwarna merah tajam yang tumbuh secara acak dan memiliki ukuran yang berbeda-beda. Kaktus ini bisa tumbuh menjadi kaktus yang cukup mengerikan bagi orang awam karena durinya yang panjang seperti kumis kucing. Meski demikian, kaktus ini tetap menjadi kaktus yang cantik di mata pecinta tumbuhan.

6. Sedum Succulent/ Burro’s Tail

Sedum Succulent/ Burro’s Tail
Sedum Succulent / Burro’s Tail

Jenis Sukulen yang berasal dari Afrika Selatan ini merupakan tumbuhan sukulen jenis sedum atau bisa disebut tumbuhan batu karena memiliki struktur daun tebal. Jenis sukulen ini tergolong tumbuhan yang mudah dirawat, pertumbuhan daun yang lebat pada tumbuhan ini dapat dirangkai secara utuh seperti ekor keledai sehingga disebut juga ekor keledai (Burro’s Tail). Selain itu, tumbuhan ini juga dikenal dengan sebutan kaktus anggur, karena daun tumbuhan ini bergerombol dan terlihat seperti buah anggur.

7. Kaktus Opuntia Cochenillifera

Opuntia Cochenillifera Cactus mini kaktus
Opuntia Cochenillifera Cactus

Jenis kaktus ini sering disebut juga kaktus “centong” karena bentuknya yang lebar dan lonjong seperti “centong” atau sendok nasi. Meski hanya berbentuk lebar dan lonjong, kaktus ini terlihat sangat cantik. Terutama saat bunga di ujung daun tumbuh. Kaktus ini juga bisa tumbuh dengan banyak daun, membuat kaktus ini mirip dengan Mickey Mouse.

8. Kalanchoe (Succulent Panda)

Kalanchoe
Kalanchoe (Succulent Panda)

Berikutnya adalah Kalanchoe. Ini adalah tanaman sukulen yang berasal dari Namibia, Afrika Selatan. Tanaman ini memiliki bentuk yang khas. Beberapa tipe sukulen seperti ini memiliki daun berbulu halus dan corak coklat di ujung daun. Tanaman ini bisa disebut daun beludru. Selain itu, warna bulu halusnya yang putih dan ujung daunnya yang kecokelatan membuat tanaman ini juga dikenal dengan sebutan Succulent Panda.

9. Jade Plant

Jade Plant
Jade Plant

Tanaman ini termasuk jenis sukulen yang cukup unik karena bentuknya seperti pohon bonsai yang pertumbuhannya cepat. Teksturnya keras layaknya bahan sintetis berwarna hijau, tebal, mengkilap, berbentuk oval. Batang utama yang tebal terletak di tengah untuk menopang tanaman ini. Hal ini membuat sukulen jenis ini sedikit berbeda dengan jenis lainnya. Saat berbunga, sukulen ini akan menghasilkan bunga berbentuk bintang dengan warna merah muda dan putih.

10. Kaktus Echinocactus Grusonii

Echinocactus Grusonii
Echinocactus Grusonii Cactus

Jenis kaktus mini ini berasal dari Meksiko dan Texas. Kaktus ini bisa tumbuh besar. Saat kaktus ini tumbuh, kaktus ini akan terlihat seperti tong. Bentuknya seperti tong dengan banyak duri berwarna keemasan. Hal inilah yang membuat kaktus sering disebut sebagai tong emas.

8 Manfaat Memelihara Kaktus dan Sukulen bagi Kesehatan

Selain bentuk dan warnanya yang cantik, tanaman sukulen dan kaktus juga memiliki manfaat loh, baik untuk kesehatan tubuh, hingga kecantikan. Flokq telah merangkum beberapa manfaat kaktus dan sukulen yang mungkin dapat bermanfaat untuk kamu!

1. Membantu Pernafasan

Sama hal nya dengan kebanyakan tanaman, kaktus/sukulen mampu meremajakan udara didalam rumah-mu. Menyerap karbon dioksida yang akan dioroses menjadi sumber nutrisinya, kaktus/sukulen akan menghasilkan oksigen setelahnya. Tingkat oksigen inilah yang mampu membantu pernafasan, merelaksasi tubuh dan meningkatkan kualitas tidur-mu. Mungkin Anda berpikir, apakah tidak berbahaya meletakkan tanaman di dalam rumah pada malam hari, kanEits, tidak perlu takut! Karena tidak seperti tumbuhan lain, kaktus dan sukulen tetap mengeluarkan oksigen sepanjang hari – dalam kata lain, tanaman ini sama sekali tidak memproduksi Co2 sekalipun malam hari. 

2. Membersihkan Udara

Bukan hanya tubuh yang perlu di-detoksifikasi loh! Udara-pun butuh di detoksifikasi – dan yap! Kaktus dan sukulen merupakan tanaman yang mampu mendetoks udara di rumah Anda. Penelitian NASA, membuktikan bahwa jenis tanaman ini mampu menghilangkan hampir 90% senyawa organic volatile, atau biasa disebut VOC, seperti benzene dan formaldehida. Siapa sangka bahwa senyawa berbahaya ini sering ditemukan sehari-hari, seperti asap rokok, kantong belanjaan, buku, tinta, dan juga karpet. Maka dari itu, sangat bermanfaat bukan kaktus dan sukulen ini?

3. Meningkatkan Fokus

Seperti yang sudah disebutkan, kaktus dan sukulen sangat bermanfaat dalam bagaimana tanaman ini mampu menghasilkan oksigen baik di dalam rumah. Lebih lanjut, dengan kemampuannya menghasilkan oksigen sepanjang hari, hal ini berkaitan dengan lancarnya peredaran darah keseluruh tubuh – tidak terkecuali aliran darah ke kepala dan otak. Sehingga, kemampuan otak, konsentrasi, dan tingkat focus akan meningkat. 

4. Meningkatkan Toleransi Nyeri

Tanaman sukulen, juga bermanfaat untuk meningkatkan toleransi nyeri, loh! Penelitian holtikultura yang dilakukan oleh University of Cansas menyatakan bahwa pasien membutuhkan lebih sedikit obat penghilang rasa sakit apabila disekitarnya ada tanaman tersebut. Siapa sangka dekorasi tanaman-mu bisa menjadi obat?

5. Memperlancar Pencernaan 

Selain bermanfaat sebagai penghilang nyeri, terdapat puluhan jenis kaktus yang bisa dimakkan dan sangat bermanfaat untuk kesehatan. Salah satunya adalah kaktus bernama nopales atau prickly pear. Tumbuhan ini memiliki tekstur yang renyah dengan rasa sedikit asam yang menyegarkan. Sedikit tips untuk Anda, pilihlah kaktus yang usianya muda ya! Akan sangat lezat loh, karena daging kaktus muda yang empuk!

Selain unik dan menarik, jika dikonsumsi sacara rutin, kaktus dapat merangsang gerakan peristaltic (gerakan meremas) pada otot di dinding usus. Hal ini karena kaktus banyak mengandung serat baik yang penting untuk proses pencernaan. 

6. Membantu Menjaga Gula Darah

Penelitian yang dimuat jurnal kesehatan ISRN Pharmacoloy membuktikan bahwa ekstrak biji kaktus dapat menurunkan gula darah dan meningkatkan glokogen pada otot dan hati. Dengan begitu, Anda jadi dapat menjaga kondisi kesehatan dengan bahan yang jauh lebih alami dan tentunya aman dibandingkan obat di pasaran!

7. Anti-Aging

Kandungan antioksidan tinggi yang dimiliki kaktus sangat baik untuk melindungi kulit dari kerutan dan garis halus akibat paparan radikal bebas. Flavonoid dan zat protein yang ada dalam kaktus juga mampu mencegah penuaan diri, atau lebih sering disebut anti-aging. Untuk para wanita, kaktus bisa nih dijadikan alternatif perawatan kecantikan mahal! 

8. Menghilangkan Komedo

Komedo atau black-head, merupakan kotoran membandel yang menghambat pori-pori mu dan berpotensi menjadi jerawat. Untuk para wanita khususnya, masalah komedo ini sangat menyebalkan, bukan? Nah, tanpa perlu merogoh kocek yang banyak, kaktus dapat menjadi solusi dari permasalahanmu ini. Air kaktus, dicampur dengan air lemon dan minyak zaitun, dapat membantu mengangkat komedo di wajah Anda!

Itulah 8 manfaat kaktus dan sukulen untuk kesehatan tubuh dan kecantikan. Semoga informasi yang diberikan Flokq dapat menjadi solusi dari permasalahan tubuh Anda. Tapi, jangan lupa untuk cek tingkat alergi Anda sebelum mencoba-nya ya!

3 Tips Dekorasi Rumah dengan Sukulen dan Kaktus

Tumbuhan Sukulen dan Kaktus cocok untuk diletakkan di dalam rumah karena manfaatnya untuk kesehatan. Selain itu-pun tanaman ini akan sangat cantik juka dijadikan ornamen dekorasi di dalam rumah-mu. Untuk memaksimalkan karakter indah nya kaktus dan sukulen, Flokq akan memberikan 3 tips penting cara mendekorasi rumah dengan menggunakan tanaman sukulen dan kaktus.

1. Pilih Pot dengan Bentuk atau Ornamen Unik

tips dekorasi sukulen kaktus, pot sukulen kaktus

Agar dekorasi makin cantik, Anda dapat memilih pot dengan bentuk, warna, atau ornamen unik untuk meletakan tanaman. Dengan wadah yang cantik, tentu saja semua mata akan tertuju pada tanaman hias dirumah Anda!

2. Kreasi Wadah Terarium

terarium sukulen

Terarium, atau tanaman di dalam wadah kaca merupakan pelengkap elemen cantik dalam dekorasi ruangan rumah Anda. Salah satu jenis tanaman yang paling cocok diletakan didalam terarium adalah kaktus mini. Kumpulkan dan tata beberapa jenis kaktus agar tampilannya semakin full dan menarik. Jangan lupa juga untuk tambahkan elemen penghias lainnya seperti pasir atau batu untuk melengkapi look terrarium di dalam rumah-mu!

3. Letakan Tanaman di Tempat yang Terkena Cahaya Matahari

tips dekorasi sukulen kaktus

Selain memang tanaman akan selalu membutuhkan cahaya matahari, menempatkan pot kaktus di daerah yang terpapar cahaya juga penting untuk terciptanya dekorasi rumah yang Indah. Warna kaktus yang terbilang tidak terlalu terang atau mencolok, akan lebih baik apabila terpapar cahaya. Dengan begitu, peletakan tumbuhan ini dapat membantunya bersinar dan kaktus/sukulen akan terlihat selalu fresh.

Harga dan Rekomendasi Toko Kaktus dan Sukulen 

1. Kaktus ID

Kaktus.id merupakan toko belanja online yang menyediakan banyak jenis tumbuhan kaktus dan sukulen. Berbasis di Lembang, Bandung, Kaktus ID banyak mendapatkan online review yang sangat baik, terutama dalam pengantaran tanaman antar-kota yang dilakukan dengan baik, dan kualitas sukulen/kaktus yang sangat baik – sesuai dengan foto yang tertera.

Untuk jenis sukulen dan kaktus standar, Kaktus ID menyediakan pilihan yang mulai dari Rp15.000, dan apabila anda tertarik mengoleksi tanaman kaktus dan sukulen dengan jenis langka, Anda dibanderol biaya yang berkisar antara Rp160.000 – Rp1.000.000. Dengan ulasan dan harga yang sangat menarik, apakah anda tertarik membeli tanaman di toko ini?

Alamat: Kampung Buniasih, Jalan Buni Asih RT. 2 RW. 1 Depan Gunung Batu, Masuk Dari, Jl. Gn. Batu, Langensari, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391, Indonesia

Website: kaktus.id

E-mail: kaktusindonesia@gmail.com

Shopee: @kaktusindonesia

Tokopedia: Kaktus-ID

Instagram: @kaktus.id

Telepon: 0859 74478602 (WhatsApp)

2. Shop With Sky

Jika Anda tertarik untuk mulai belajar menanam tanaman, Shop With Sky mungkin bisa menjadi pilihan Anda. Selain menjual berbagai jenis tanaman, toko ini-pun menyediakan banyak pilihan media tanam beserta wadahnya. Mini kaktus dan mini sukulen di jual dengan harga yang sangat terjangkau, yaitu mulai dari Rp25.000 aja

Alamat: Kahfi One, Jl. Moh. Kahfi 1 No. 9J, RT.7/RW.1, Cipedak, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Kota DKI Jakarta, Jakarta 12630

Website: shopwithsky.com

E-mail: projects@shopwithsky.com

Shopee: @shopwithsky

Tokopedia: Shop with Sky

Instagram: @shopwithsky

Telepon: 0812 12526651 (WhatsApp)

Jam Operasional: Senin – Sabtu (09.00 – 17.00)

3. Wakatu

Wakatu bisa menjadi pilihan apabia Anda sangat tertarik dengan hiasan rumah terarium. Di desain cantik, Wakatu menjual rangkaian mini kaktus dan sukulen yang sudah ditempatkan di dalam terarium berbagai bentuk – cocok untuk mempercantik suasana alam dirumah. Pssst, Anda-pun dapat menghadiahkan terrarium cantik dari Wakatu ini untuk orang-orang tersayang, loh! Karena mereka pun menyediakan hampers dalam bentuk terrarium indah ini.

E-mail: info.wakatu@yahoo.com

Instagram: @wakatu_id

Telepon: 0856 92910901


Itulah jenis, manfaat, tips dekorasi, dan rekomendasi toko sukulen dan kaktus terbaik yang kami pilihkan untukmu! Mana yang kamu suka? Jangan lupa untuk menyimpan artikel ini agar mudah membedakan berbagai jenis sukulen dan kaktus di masa mendatang!

Avatar

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

Panduan Sewa Apartemen di Thamrin

Panduan Sewa Apartemen di Thamrin

Hal Yang Perlu Diketahui Sebelum Memilih Sewa Apartemen Bulanan

Hal Yang Perlu Diketahui Sebelum Memilih Sewa Apartemen Bulanan

10 Aplikasi Kesehatan Terbaik di Indonesia untuk Menjaga Kesehatan serta Pencegahan Pandemi

10 Aplikasi Kesehatan Terbaik di Indonesia untuk Menjaga Kesehatan serta Pencegahan Pandemi

8 Resep Rice Bowl dengan Berbagai Lauk: Cocok untuk Bekal

8 Resep Rice Bowl dengan Berbagai Lauk: Cocok untuk Bekal

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *