Tips buat Pindah ke Kota Baru

Tips buat Pindah ke Kota Baru

Baru pertama kali pindah keluar kota? Baik itu di luar negeri atau masih di dalam negeri, pasti harus dipersiapkan dengan baik. Namun bukan berarti kamu harus khawatir berlebihan, karena kami akan memberitahu kamu tentang langkah-langkah sederhana yang perlu disiapkan sebelum meninggalkan kotamu saat ini. Yuk, disimak!

1. Libatkan keluarga dan kerabat

Hidup itu terlalu singkat bagi kamu untuk memikul beban sendirian, terutama ketika pindah ke kota baru. Kami menyarankan kamu untuk mendapatkan bantuan dari keluarga dan teman dalam membantu kamu untuk hal-hal kecil.

Terkadang, menyiapkan suatu hal yang besar sendirian akan membuat kamu melewatkan detail kecil yang bisa berakibat fatal. Buat daftar untuk hal-hal yang bisa kamu lakukan sendiri (dan pastikan kamu bisa mendapatkannya sesegera mungkin) dan hal-hal lain yang memerlukan bantuan orang lain. Mulai dari hal-hal kecil seperti mengingatkan tentang barang-barang penting yang mungkin kamu lewatkan atau bahkan hal yang lebih besar seperti jadwal penerbangan atau menghubungi perusahaan jasa pindahan.

Ketika kamu adalah siswa yang masih sangat muda dan beranjak pindah ke kota lain, orang tua atau anggota keluarga lain biasanya bertanya atau bahkan bersikeras untuk ikut membantu kamu di beberapa hari pertama. Jika memungkinkan, terima saja tawaran mereka dan minta mereka untuk menemani kamu belanja bahan makanan atau menyiapkan ruang baru karena kamu benar-benar tidak dapat melakukan ini sendirian.

Involve family and friends
Ajak keluarga dan kerabat kamu untuk membantu kamu dengan hal-hal kecil.

2. Siapkan kontak orang terdekat kamu

Coba pikirkan hal ini: ketika dalam kondisi darurat, siapa yang akan kamu hubungi?

Pertama dan yang paling utama, penting untuk memiliki seseorang yang dapat kamu hubungi dalam keadaan darurat atau jika kamu membutuhkan bantuan lebih lanjut ketika menetap di kota baru. Mereka harus orang-orang yang dapat kamu percaya dan familier dengan wilayah tersebut.

Beberapa orang cukup beruntung memiliki teman atau keluarga di daerah itu, namun beberapa lainnya, terutama yang pindah dari luar negeri, mungkin harus bergantung pada koneksi yang mereka punya. Tanya perusahaan atau sekolah kamu jika mereka memiliki orang-orang yang dapat kamu hubungi untuk situasi darurat.

keep your close contacts at hand
Penting untuk memiliki kontak darurat dalam kota atau penghuni lokal yang bisa membantu kamu

3. Dapatkan pengalaman dari sesama pendatang

Untuk mendapatkan gambaran yang lebih baik tentang kota yang akan kamu tempati, kenapa tidak mendengarkan cerita dari orang-orang yang pernah menjadi pendatang sepertimu?

Kamu bisa mengambil sumber dari grup Facebook khusus ekspatriat atau blog oleh pendatang baru yang sekarang menetap di kota tersebut, perhatikan detail penting seperti biaya hidup, fasilitas publik, dan keselamatan. Perhatikan terus peringatan atau hal-hal yang perlu kamu adaptasi, seperti kemacetan lalu lintas atau kurangnya transportasi umum.

Selain itu, terlepas dari kota mana yang akan kamu tempati, sadari kebiasaan dan budaya setempat. Karena kamu juga bertindak sebagai duta dari kota asal kamu dan juga tamu bagi orang lain.

 Get firsthand experience from fellow settlers
Catat detail-detail penting seperti biaya hidup, fasilitas publik, dan keselamatan.

4. Cari akomodasi yang sesuai

Hal ini adalah hal yang paling dasar. Perlu ditanamkan dalam pikiran, apakah kamu sudah punya tempat tinggal? Terkadang, perusahaan atau institusi bisa cukup dermawan untuk menyediakan akomodasi bagi pekerja atau pelajar asing (walaupun biasanya dipatok dengan harga tertentu).

Tapi jika kamu sendirian, kami sarankan untuk menyewa tempat berdasarkan durasi tinggal dan jarak dari kantor atau sekolahmu. Bisa berupa apartemen (bagi yang memiliki anggaran cukup dan mencari kenyamanan dan privasi) atau bahkan asrama dengan ruang/kosan bersama (untuk lulusan baru dengan anggaran lebih kecil).

Di kota-kota besar seperti Jakarta, beberapa perusahaan juga menawarkan ruang hidup bersama atau co-living spaces di mana kamu bisa tinggal dengan teman sekamar di akomodasi berkualitas lebih tinggi, seperti apartemen mewah. Bahkan, perusahaan seperti itu biasanya mendorong adanya koneksi sosial di antara para penghuni mereka, yang berarti kamu akan memperluas koneksi kamu serta menemukan teman untuk berbagi perjuangan dan bertahan hidup bersama.

Find a suitable accommodation
Temukan tempat nyaman yang sesuai dengan gaya hidup kamu.

5. Kenali tempat kamu

Baik itu untuk bekerja atau belajar, kamu ada di sana untuk suatu tujuan tertentu. Dekatkan dirimu dengan perusahaan atau lembaga di mana kamu akan menghabiskan sebagian besar waktumu. Ketahui fasilitas apa yang mereka miliki atau fasilitas apa yang akan kamu dapatkan dari kantor atau lab barumu. Dalam hal ini, selalu menjadi hal yang baik untuk memiliki senior dan rekan kerja yang dapat kamu percaya tentang masalah ini.

Hal lain yang perlu kamu perhatikan adalah area di mana gedungmu berada. Temukan pemberhentian transportasi terdekat (jika kamu perlu mencari alternatif selain mode transportasi biasa dan aplikasi ojek online) dan toko ritel (saat kamu perlu berbelanja peralatan singkat dan mencari makanan ringan saat istirahat makan siang).

Saat kamu mulai mengenali tempatmu, lihat juga apakah kamu dapat menemukan tempat lain untuk makan di luar perusahaan atau kafetaria kampusmu. Kamu tidak pernah tahu kapan kamu akan bosan dengan makanan kantin atau perlu menjauh dari kerumunan makan siang atau rekan kerja yang usil.

Sebagai catatan tambahan, mengumpulkan selebaran dan nomor-nomor restoran yang menawarkan layanan pengiriman selalu merupakan ide bagus. Aplikasi berbagi ojek online saat ini juga memiliki layanan pengiriman makanan, tetapi beberapa restoran memiliki pengiriman lebih cepat atau memberikan voucher dan promo hanya ketika kamu melakukan pemesanan di situs web mereka.

Get to know the place
Ketahui lokasi area sekitar bangunan kamu, waktu bepergian, dan restoran di sekelilingnya.

6. Buat rencana untuk mengeksplor kota

Yang terpenting, jangan lupa bersenang-senang. Karena ini mungkin bisa menjadi pengalaman sekali seumur hidup, kenapa tidak memanfaatkannya sebaik-baiknya?

Jelajahi internet untuk melihat pemandangan yang dapat kamu lihat dan hal-hal yang dapat kamu coba di sekitar kota. Jika kamu tertarik dengan budaya lokal, cobalah mencari situs warisan dan pasar tradisional di sekitar area tempat tinggal kamu, atau bergabung dengan klub dimana kamu dapat belajar membuat masakan lokal atau instrumen tradisional. Jika kamu suka dengan kehidupan malam, lihat apakah ada bar atau klub malam untuk nongkrong di akhir pekan atau selama berjam-jam – kamu bahkan mungkin mendapatkan teman kencan!

Make plans to explore the city
Jelajahi internet untuk mencari tempat pemandangan yang bisa kamu lihat dan berbagai hal yang bisa kamu coba di sekitar kota.

Pada akhirnya, antisipasi bab baru dalam hidup kamu dengan kegembiraan. Dengan lingkungan baru, muncul juga pengalaman baru, teman baru, dan cara baru untuk tumbuh dan memperluas pandangan kamu. Keadaan bisa menjadi sulit dan terasa sepi pada awalnya, tapi jika kamu terus waspada dan terus terhubung dengan orang yang kamu anggap penting, lingkungan sekitar kamu akan terasa lebih familier dan hangat. Nikmati tips mudah buat pindah kota!

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

12 Keuntungan Tinggal Di Apartemen, Pasti Gak Bikin Nyesel!

12 Keuntungan Tinggal Di Apartemen, Pasti Gak Bikin Nyesel!

10 Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Kost!

10 Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Kost!

10 Ide Desain Dinding untuk Menyegarkan Tampilan Ruangan Anda!

10 Ide Desain Dinding untuk Menyegarkan Tampilan Ruangan Anda!

8 Rekomendasi Apartemen di dekat Centennial Tower, Jakarta Selatan

8 Rekomendasi Apartemen di dekat Centennial Tower, Jakarta Selatan

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *