Tips Mengatur Budget untuk Fresh Graduate di Jakarta

Tips Mengatur Budget untuk Fresh Graduate di Jakarta

Selamat datang, fresh graduate! Setelah perjalanan 3-4 tahun yang fantastis untuk berkembang, sekarang kamu telah secara resmi memasuki dunia orang dewasa! Apakah kamu bersemangat? Mengelola semuanya sendiri, seperti memilih tempat tinggal, melamar pekerjaan, mengurus tempat sendiri, dan banyak lagi. Namun, kami memahami bahwa memulai pekerjaan pertama kamu bisa sangat menegangkan, terutama jika kamu hanya memiliki sedikit atau tanpa pengalaman. Belum lagi mencari tempat tinggal baru yang memenuhi kemampuan finansial kamu. Tapi, jangan khawatir! Berikut beberapa tips hidup bagi fresh graduate dalam budgeting untuk kebutuhan hidup!

Baca lebih lanjut tentang Panduan Zona: Jakarta Selatan

budgeting tips

Tempat Untuk Tinggal

Pertama-tama, kamu mungkin ingin mempertimbangkan beberapa hal sebelumnya. Seperti, apa yang paling kamu pertimbangkan saat memilih tempat tinggal? Bisa jadi lokasi, fasilitas atau apa pun. Biasanya ada dua tipe tempat tinggal: Kos atau apartemen.

Kos lebih sederhana, kamu hanya mendapatkan kamar mungil yang terdiri dari kamar tidur, kamar mandi (termasuk atau bersama), lemari pakaian, dan jika beruntung kamu bisa mendapatkan satu set meja dan kursi. Apartemen di sisi lain adalah versi upgrade dari sebuah kos. Baik itu studio atau tidak, kamu akan mendapatkan fasilitas dasar yang sama dengan kos termasuk dapur di dalam kamar kamu. Beberapa apartemen juga menyediakan TV dan ruang tamu di dalam unit kamu. Selain itu, kamu akan mendapatkan gym, kolam renang, dan fasilitas tambahan lainnya.

Tapi, fasilitas yang ditawarkan oleh apartemen mungkin terlalu bagus untuk menjadi kenyataan bagi siapa pun yang saat ini memiliki budget terbatas. Tenang, hal tersebut dapat tercapai melalui flokq.com! Flokq memungkinkan kamu untuk berbagi ruangan dengan orang lain. Khususnya di Jakarta, kamu dapat tinggal bersama dengan orang lain yang berarti kamu berbagi unit apartemen dengan orang lain. Hal ini bisa membantu kamu meminimalisir budget mahal untuk tinggal di apartemen, tetapi tetap mendapatkan semua fasilitas yang memikat!

Jakarta

Sebenarnya ada banyak sekali tempat tinggal di Jakarta. Semua tergantung pada budget, lokasi, fasilitas, atau apa pun yang kamu cari sebagai tempat tinggal. Namun, kami akan menunjukkan tempat dengan harga terbaik beserta lokasi yang sempurna:

Jakarta Pusat. Jantung kota Jakarta. Dikelilingi oleh gedung pencakar langit yang tinggi, kota yang tidak pernah tidur, ratusan tempat makan, dan berbagai tempat hiburan. Tentunya, mencari tempat menginap tidaklah mudah mengingat lokasinya yang strategis dan lainnya.

  • Kos: Berbicara tentang kos selalu bermacam-macam. Begitu banyak faktor kontribusi yang terintegrasi ke dalam tempat itu. Bisa jadi lingkungan, gedung, fasilitasnya, dan banyak lagi. Di Jakarta Pusat, kamu bisa menemukan kos yang sangat murah dengan harga sekitar Rp600.000,00. Sayangnya kamu mungkin hanya mendapat tempat tidur tidak berkaki dan terletak di gang. Untuk yang lebih nyaman, mungkin dikenakan biaya sekitar Rp4.500.000,00 per bulan. 
  • Apartemen: Apartemen termurah yang bisa kamu dapatkan adalah dengan harga Rp6.500,000 atau 410 USD per bulan. Harga ini datang dengan penawaran yang menarik dan kembali harus disesuaikan dengan budget kamu. Umumnya meliputi fasilitas pelayanan keamanan, kolam renang, gym atau jogging track, dan yang terpenting lokasi strategis-rute lebih cepat untuk travelling.

Jakarta Selatan. Menjadi tempat menginap yang paling dicari, Jakarta Selatan menawarkan banyak tempat dari yang sesuai kantong hingga untuk tempat tinggal mewah. Mulai dari kos hingga apartemen. Titik kritis untuk Jakarta Selatan adalah lokasinya yang strategis dekat dengan kawasan bisnis utama di Jakarta. Banyak kantor juga beroperasi di Jakarta Selatan. Tak hanya itu, banyak tempat nongkrong sepulang kerja atau untuk rehat kopi juga memadati area tersebut.

  • Kos: Harga awal kos di Jakarta Selatan berkisar Rp1.500.000,00 sebulan dengan luas 3 × 3 meter persegi. Cukup terjangkau bukan? Namun, perlu kamu perhatikan bahwa beberapa kos tidak menyediakan kamar mandi di dalam tetapi kamar mandi bersama. Lokasi tepatnya di sekitar Pancoran, Kebayoran Baru, dan Blok M.
  • Apartemen: Apartemen di Jakarta Selatan semakin marak. Kamu punya banyak pilihan untuk dicari. Mulai dari apartemen pribadi hingga apartemen bersama. Dengan demikian, harganya tentatif. Tergantung dari luas dan fasilitas. Harga termurah satu unit apartemen di Jakarta sekitar Rp3.000.000,00 per bulan. Perhatikan bahwa Jakarta Selatan sangat luas. Dengan harga tersebut, kamu mungkin menemukan lokasinya tidak berada di pusat kota Jakarta Selatan. Jika kamu menginginkan lokasi yang lebih nyaman, harganya mulai dari sekitar Rp7.500.000,00 per bulan. Kamu dapat menemukan lokasi apartemen di sekitar Senopati atau Setiabudi dengan harga itu.

Ada juga beberapa tempat terjangkau di Jakarta Timur dan Jakarta Barat. Salah satunya adalah Grogol di Jakarta Barat dan Pulo Gadung di Jakarta Timur.

Grogol

Ada beberapa universitas yang berlokasi di Grogol sehingga daerah ini memiliki banyak pilihan perumahan seperti kos, apartemen, dan rumah. Ada banyak kantor yang berlokasi di Grogol juga sehingga menjadikannya salah satu daerah terjangkau terbaik untuk lulusan baru yang kemudian bekerja. Ini relatif lebih murah daripada tinggal di daerah yang kebanyakan hanya diisi dengan perkantoran sehingga bisa disesuaikan dengan budget. Jika kamu bergabung dengan perusahaan yang berlokasi di Jakarta Barat, Grogol merupakan daerah yang harus kamu cari dalam mencari tempat tinggal karena akses transportasi yang mudah, seperti Trans Jakarta, KRL dari Stasiun Duri, dan taksi online. Mulai dari Rp2.000.000 (~ 150 USD) per bulan, kamu sudah bisa menyewa apartemen studio dengan fasilitas lengkap di Grogol.

Pulo Gadung

Pulo Gadung bisa menjadi pilihan bagi fresh graduate yang sedang mencari pekerjaan atau sedang bekerja di wilayah Jakarta Timur. Ada banyak halte bis Trans Jakarta di Pulo Gadung yang relatif murah dan menyediakan akses yang mudah ke perjalanan di Jakarta. Ada beberapa universitas yang terletak di Pulo Gadung yang membuat ruang hunian lebih terjangkau. Kamu dapat menemukan banyak restoran berbahan rumahan yang dapat mengurangi pengeluaran makanan kamu. Harga kos-kosan di Pulo Gadung cukup murah, mulai dari Rp800.000 / bulan. Sedangkan apartemen di kawasan Pulo Gadung dibandrol dengan harga mulai dari Rp2.200.000 / bulan.

Depok

Depok adalah daerah pinggiran kota di Jakarta yang areanya tidak dipenuhi dengan gedung perkantoran atau tempat kelas atas. Depok adalah lokasi yang disukai karena dekat dengan kawasan Jakarta Selatan. Banyak pekerja tinggal di Depok, namun bekerja di Jakarta. Apalagi biaya hidup di sini sedikit lebih murah dibanding di pusat Jakarta. Untuk bolak-balik dari Depok ke Jakarta, kamu bisa menggunakan angkutan umum yaitu KRL, Transjakarta, atau taksi online.

  • Kos: Harganya relatif terjangkau. Mulai dari Rp900.000,00 hingga Rp2.500.000,00 per bulan. Kukusan Teknik, Pondok Cina, dan Kelapa Dua adalah daerah yang terkenal sebagai tempat kost. Tempat-tempat ini juga terletak di dekat stasiun bis dan kereta api.
  • Apartemen: Tidak banyak unit apartemen yang tersedia di Depok. Sebagian besar berlokasi di Jalan Margonda, jalan raya Depok. Meski demikian, banyak toko dan restoran terlihat di daerah ini. Untuk satu unit apartemen, harga terendah mulai dari Rp2.500.000,00 per bulan.

Bintaro

Terletak di Tangerang Selatan, kawasan ini lebih disukai karena jalanan dan lingkungan yang lebih bersih dibandingkan dengan tempat lain di Jakarta. Bintaro juga tidak jauh dari Jakarta. Hanya 15-30 menit dari Jakarta Selatan. Justru, banyak pekerja di Jakarta Pusat yang tinggal di Bintaro. Mereka biasanya pulang-pergi menggunakan MRT dan berhenti dari sana. Lalu, mereka akan naik taksi online ke Bintaro atau angkutan umum lain yang tersedia.

  • Kos: Biaya yang harus kamu bayarkan sekitar Rp1.000.000,00 sebulan. Namun, itu mungkin harga terendah. Jika kamu ingin yang lebih mewah, harganya bisa mencapai Rp3.000,00 sebulan. 
  • Apartemen: Untungnya, Bintaro juga terkenal dengan kualitas apartemennya yang luar biasa.

Singkatnya, Bintaro adalah lokasi yang paling banyak dipilih untuk tinggal sebagai fresh graduate di wilayah Jabodetabek. Fleksibilitas harga dan kedekatan dengan kantor adalah alasan utama orang memilih lokasi daripada di tempat lain.

budgeting accommodations

Menggunakan Transportasi Umum

Untuk memangkas pengeluaran, kamu disarankan menggunakan transportasi umum. Berkeliling di Jabodetabek sebenarnya cukup mudah. Pilihan angkutan umum di Jakarta relatif murah sehingga banyak orang yang lebih memilih naik bis atau kereta api daripada membawa kendaraan pribadi.

  • KRL Commuter Line: Ini adalah nama untuk transportasi kereta api Jakarta. Stasiunnya tersebar di setiap titik, yaitu di Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi, dan lainnya. Kamu bahkan dapat pergi ke Bandung (2 jam) menggunakan kereta ini. Harga untuk sekali jalan hanya Rp3.000. 
  • Transjakarta: Bis. Mirip dengan KRL, harga dan halte sangat nyaman. kamu bisa memilih antara pulang pergi menggunakan KRL atau Transjakarta karena tidak banyak perbedaan menggunakan keduanya. 
  • Taksi online: Grab atau Go-Jek. Keduanya adalah taksi online utama untuk digunakan. Mereka sangat mudah ditemukan di mana saja. Dengan banyaknya promosi, taksi online benar-benar teman kamu.

Carilah Diskon

Pernahkah kamu bertanya-tanya bagaimana orang bisa mengikuti perkembangan gaya hidup mewah mereka? Minum kopi di Starbucks, makan malam di The Publik Markette, dan mendapatkan Boba French Toast untuk hidangan penutup di Benedict? Bagaimana mereka mendapatkannya dengan mudah? Terkadang, yang kamu butuhkan hanyalah memanfaatkan peluang. Saat ini, hampir setiap restoran akan memanjakan kamu dengan berbagai promosi atau diskon. Kamu hanya harus memiliki keinginan untuk mencarinya.

budgeting accommodations

Bayar Menggunakan Ovo atau Gopay agar Mendapatkan cashback

Tidak hanya diskon makanan atau minuman, tetapi tagihan telepon, tagihan listrik, transfer ke teman, dan banyak fitur lainnya yang bisa memberi kamu cashback. Kamu mungkin berpikir bahwa cashback tidak sebanyak itu. Tapi percayalah, jika kamu aktif menggunakannya, jumlah uang kembali pada akhirnya dapat menutupi pembayaran perjalanan kamu.

Ikut Membership Ismaya Live

Keanggotaan ini memungkinkan kamu mendapatkan diskon 10% di gerai ISMAYA. Yakni, Bubuk Mesiu di Plaza Indonesia, The Social House, The Publik Markette, Benedict, dan lainnya. Kamu diizinkan untuk menikmati makan siang atau makan malam mewah setelah minggu yang melelahkan. 

Follow @giladiskonn di Instagram

Untuk penggunaan sehari-hari, akun ini di Instagram telah berkolaborasi dengan berbagai toko-mulai dari toko makanan hingga pakaian. Menambah satu akun lagi untuk diikuti tidak akan memengaruhi jumlah following kamu secara signifikan!

Sebagai kesimpulan, apa yang kamu butuhkan untuk menemukan yang paling cocok untuk dirimu adalah persiapan yang baik. Kamu perlu memikirkan kembali setiap situasi dan pilihan mulai sekarang. Kamu sepenuhnya sendirian dan mencoba menjalani hidup terbaik kamu. Setiap pilihan yang kamu buat akan memengaruhi orang lain. Bertindaklah dengan bijak!

Cari tau lebih mengenai opsi rental di Jakarta 

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

Ini Dia Apartemen Mewah di Jakarta Di Bawah Rp 10 Jutaan!

Ini Dia Apartemen Mewah di Jakarta Di Bawah Rp 10 Jutaan!

Rekomendasi Apartemen Dekat Kokas yang Siap Dihuni

Rekomendasi Apartemen Dekat Kokas yang Siap Dihuni

10 Ide Desain Dinding untuk Menyegarkan Tampilan Ruangan Anda!

10 Ide Desain Dinding untuk Menyegarkan Tampilan Ruangan Anda!

5 Jenis Tanaman Bonsai Indoor dan Tips Memeliharanya!

5 Jenis Tanaman Bonsai Indoor dan Tips Memeliharanya!

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *