10 Warna Cat Kamar + Tips Dekorasi Kamar Sempit

10 Warna Cat Kamar + Tips Dekorasi Kamar Sempit

Kamu punya kamar yang cenderung sempit? Bingung mendekorasinya?

Mendekorasi kamar yang cenderung sempit memang suka bikin bingung, ya. Kamu harus cerdik menata kamar supaya tidak semakin ‘penuh’ atau ‘sumpek’.  Kalau sudah begitu, malah jadi tambah tidak nyaman, kan?

Nah, bagi kamu yang tinggal di kost atau apartemen yang kecil, mungkin kamu mengalami hal ini. Eits, tetapi tenang dulu, karena ada cara dan tips untuk membuat kamar sempit terlihat lebih luas!

5 Warna Cat Dinding untuk Kamar Sempit Terlihat Lebih Luas

Salah satu cara untuk membuat ruangan sempit terlihat lebih luas adalah dengan memilih warna cat dinding yang memberi efek ‘luas’. Ada beberapa warna cat dinding yang bisa membuat ilusi ruangan kamarmu terlihat lebih luas, lho. Berikut ini 5 pilihan warna cat dinding untuk kamar sempit:

1. Cat dinding warna putih

inspirasi kamar sempit
Pinterest

Warna putih memang sudah menjadi standar warna cat dinding rumah, ya. Sebagai warna netral, warna putih cocok untuk digunakan di ruangan bagian mana saja, termasuk kamar yang ukurannya sempit. Selain simpel dan tidak mencolok, warna putih sebagai cat dinding juga bisa memberikan efek ruangan terlihat lebih luas, lho.

Cat dinding warna putih akan membuat kamar kamu yang sempit terkesan lebih lapang, dan digabungkan dengan pencahayaan yang oke, bisa membuat kamarmu terlihat cerah. Selain itu, kalau kamu suka mendekorasi ruangan, warna putih yang netral akan mudah dikombinasikan dengan elemen dekorasi lainnya!

2. Cat dinding warna abu-abu

Pinterest

Bergeser sedikit ke spektrum warna netral lainnya, cat dinding warna abu-abu juga cocok sebagai pilihan warna untuk tembok kamar yang sempit, apalagi kamu yang kurang suka warna-warna terang atau mencolok.

Cat dinding warna abu-abu banyak dipakai di desain ruangan minimalis dan memberikan kesan cozy, simpel, modern, dan membuat ruangan terlihat lebih lapang. Kamu bisa mengombinasikannya dengan dekorasi atau furnitur yang minimalis atau berwarna monokrom.

3. Cat dinding warna kuning 

warna cat dinding kamar sempit - cat dinding warna kuning
Ideal Home

Nah, yang satu ini mungkin warna yang paling cerah. Cat dinding warna kuning membuat ruangan terlihat cerah, hangat, dan energik. Kemampuan warna kuning untuk memantulkan cahaya matahari membuat cat dinding warna kuning bisa memberikan tampilan seakan ruangan lebih luas.

Kamu bisa memilih cat dinding berwarna kuning muda atau kuning pucat untuk kesan yang lebih lembut, kok. Selain itu, kalau kamu tidak mau seluruh dinding berwarna kuning, bisa mengombinasikannya dengan warna putih untuk menambah dimensi ruangan yang sempit.


Baca juga: 10 Desain Ruangan Warna Kuning, Cerah dan Bikin Semangat!


4. Cat dinding warna pastel

warna cat dinding kamar sempit - cat dinding warna pastel
IKEA

Warna pastel merupakan campuran dari warna primer atau sekunder dengan warna putih, sehingga menghasikan warna yang lembut. Nah, mungkin kamu belum tahu kalau cat dinding warna pastel bisa memberikan efek tampilan ruangan yang lebih luas pada ruangan yang sempit, lho.

Dengan warna pastel yang tidak mencolok, cat dinding warna pastel bisa memberikan kesan yang lembut, tenang, dan rileks, sehingga nyaman untuk dilihat. Warna ini cocok banget untuk kamu yang ingin kamar terlihat lebih luas, tetapi bosan dengan warna putih dan tidak mau warna dinding yang mencolok.

5. Cat dinding warna merah anggur

warna cat dinding kamar sempit
Nippon Paint

Jangan kaget dulu, ya. Warna merah anggur memang warna yang bold dan seperti jarang dipakai, tetapi warna yang elegan ini ternyata juga bisa memberi kesan ruangan lebih luas, lho. Kamu juga bisa memadukan warna merah anggur  ini dengan warna lain yang lebih lembut, seperti broken white atau warna pastel.

Supaya tidak terkesan terlalu gelap, kamu bisa membiarkan plafon kamar tetap berwarna putih atau mengecatnya dengan warna yang cerah. Trik ini juga bisa memberi efek plafon yang lebih tinggi, sehingga kamar terlihat lebih besar.

5 Tips Dekorasi untuk Kamar Terlihat Luas

Nah, setelah menentukan warna cat dinding yang dirasa pas untuk kamar yang sempit, sekarang giliran kamu mendekorasi kamar! Supaya tetap bisa mendekor kamar yag sempit, berikut ini 5 tips mendekorasi kamar yang sempit!

6. Cermin besar

tips kamar sempit
Pinterest

Keberadaan cermin di kamar biasanya kamu butuhkan untuk kamu berkaca dan mengecek penampilan, kan? Namun, ternyata cermin juga bisa membuat ruangan sempit jadi terkesan lebih luas, lho. Kalau bisa, gunakan cermin yang berukuran besar, ya, sehingga pantulannya lebih luas. Kamu bisa memasang cermin yang berdiri (standing mirror) atau cermin yang menempel di pintu lemari. Selain itu, trik lainnya adalah memasang cermin di sudut-sudut ruangan.

7. Karpet di seluruh lantai

dekorasi kamar sempit
Karpet Mills

Tips selanjutnya untuk mendekorasi kamar sempit adalah dengan menutup seluruh lantai kamar dengan karpet. Selain menambah dekorasi, karpet juga membuat suasana kamar jadi lebih cozy. Menutup seluruh lantai dengan karpet juga bisa memberi kesan kamar yang lebih luas.

Kenapa karpet harus menutupi seluruh lantai? Karena karpet yang terlalu kecil atau ukuran yang “nanggung” justru malah akan membuat kamarmu terlihat lebih sempit. Jangan lupa untuk memilih karpet dengan warna netral dan motif yang minimalis ya!


Baca juga: 9 Tips Dekorasi Kamar Estetik, Harga Terjangkau!


8. Furnitur multifungsi

tips kamar sempit
B2C Furniture

Kamar sempit berarti tidak bisa diisi banyak barang, sehingga kamu tidak bisa asal memilih barang untuk kamarmu. Kalau salah memilih barang, malah akan membuat kamar semakin sempit dan sumpek! Lebih baik pilihlah furnitur yang multifungsi, misalnya tempat tidur yang terdapat laci penyimpanan di bagian bawahnya, rak melayang yang dipaku di dinding (floating shelf), rak dengan roda yang dapat digeser-geser, dan lainnya.

9. Pencahayaan yang terang

dekorasi kamar sempit
My Domaine

Bukan hanya lampu, cahaya natural━matahari━justru menjadi elemen penting untuk membuat ilusi efek lebih luas di ruangan yang sempit. Pada siang hari, kamu bisa memanfaatkan cahaya matahari untuk membuat kamar lebih terang dan cerah. Kalau ternyata kamu tidak memiliki jendela di kamar yang membuat kamar terlihat suram, kamu bisa menggunakan lampu yang terang untuk membuat kamar tidak terlihat sumpek. Di malam hari, kamu bisa menggunakan lampu hias yang juga bisa jadi dekorasi kamar aesthetic!

10. Perabotan merapat ke dinding

tips kamar sempit
FortyTwo

Ketika menata furnitur di kamar yang sempit, cobalah atur posisi furnitur dan perabotan lainnya merapat ke dinding. Cara ini membuat adanya area kosong di tengah-tengah ruangan sehingga kamar terlihat lebih luas. Kamu juga jadi bisa menggunakan area kosong untuk duduk-duduk di karpet, deh!


Nah, itulah 10 tips menyiasati kamar sempit, dari pilihan warna cat dinding hingga dekorasi atau penataan ruangan. Bagaimana? Mudah untuk kamu lakukan, kan? Semoga artikel ini bermanfaat untuk membantumu membuat kamar terlihat lebih luas, ya!

Avatar

Hello Flokq

Related Posts

10 Gift Wrapping Ideas: Simple and Easy!

10 Gift Wrapping Ideas: Simple and Easy!

10 Cara Membungkus Kado Unik, Mudah dan Kreatif!

10 Cara Membungkus Kado Unik, Mudah dan Kreatif!

5 Inspirasi Dapur Minimalis untuk Melengkapi Konsep Hunian

5 Inspirasi Dapur Minimalis untuk Melengkapi Konsep Hunian

11 Best Hydroponic Plants: Easy for Beginners!

11 Best Hydroponic Plants: Easy for Beginners!

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *