Semua yang Perlu Kamu Ketahui tentang Rokok Kretek khas Indonesia

Rokok telah menjadi bagian dari gaya hidup bagi sebagian orang. Meskipun telah dilengkapi dengan himbauan bahaya merokok pada kemasan rokok, nyatanya tidak menghentikan masyarakat untuk merokok. Kamu mungkin sudah familiar dengan rokok elektrik, rokok filter dan rokok kretek. Namun tahukah kamu apa sebenarnya rokok kretek? Berikut penjelasan lengkap mengenai rokok dan kretek dan pengaruhnya bagi tubuh.

Apa itu Rokok Kretek?

Rokok kretek merupakan produk sigaret asli Indonesia dan telah terkenal hingga ke mancanegara. Rokok kretek adalah rokok yang dibuat dengan menggunakan tembakau asli yang dikeringkan dan dicampur dengan saus cengkeh. Selain berbeda dengan rokok dengan bahan baku tembakau buatan. Rokok kretek menawarkan sensasi manis dan harum aroma rempah dari cengkeh yang dicampurkan ke dalamnya.

Sejarah Rokok Kretek

Beredar banyak versi mengenai sejarah rokok kretek. Salah satunya ialah kisah Haji Djamhari sekitar akhir abad ke-19 di Kudus, Jawa Tengah. Bermula dari sakit dada yang dirasakan, kemudian ia mengoleskan minyak cengkeh dan rasa sakitnya pun mereda. Dari situ, ia bereksperimen mencampurkan cengkeh dengan tembakau untuk kemudian dilinting menjadi rokok—yang sudah menjadi kebiasaan kaum pria.

Sejak itu, rokok kretek ramuan Djamhari dianggap sebagai ‘rokok obat’. Awalnya, kretek dibungkus dengan daun jagung kering. Dijual per ikat berisikan 10, tanpa kemasan sama sekali. Kemudian, pada tahun 1906 Nitisemito memulai bisnis rokok, dan pada 1908 usahanya resmi terdaftar dengan merek “Tjap Bal Tiga”. Kehadiran Tjap Bal Tiga dianggap sebagai pionir dari berkembangnya industri rokok kretek di Indonesia.

Jenis Rokok Kretek

Berdasarkan cara pembuatannya, rokok kretek terbagi menjadi tiga jenis sebagai berikut:

1. Kretek Tangan

Kretek tangan adalah kretek yang dibuat secara manual oleh manusia dengan menggunakan alat giling kretek tradisional. Rokok kretek tangan berbentuk kerucut, dan dibuat tanpa ada filter atau penyaring di dalamnya.

2. Kretek Tangan Filter

Kretek Tangan Filter adalah kretek yang dibuat secara manual menggunakan alat giling tradisional, dan dilakukan oleh manusia. Sesuai namanya, jenis ini memiliki filter atau penyaring di dalamnya, dan berbentuk silindris.

3. Kretek Mesin

Kretek Mesin adalah kretek yang dibuat menggunakan mesin. Rokok kretek mesin berbentuk silindris dan menggunakan filter di dalamnya. Kemunculan tipe ini dikarenakan tingginya permintaan tidak sebanding dengan jumlah dari pengrajinnya.

Kamu juga bisa baca tentang Membeli Rokok Cerutu di Jakarta

Bagaimana Rasa Rokok Kretek?

Bila ditanya bagaimana rasa rokok, mayoritas perokok akan menyebutkan beberapa hal yang ia rasakan setelah merokok. Merokok dianggap mampu memberikan rasa kepuasan dan kenikmatan. Rokok memiliki cita rasa yang tinggi serta menghadirkan sensasi kelembutan karena tercipta dari racikan tembakau dengan rempah-rempah. Tak jarang, rokok digunakan untuk mengusir hawa dingin karena mampu menghadirkan kehangatan bagi tubuh.

Rokok Kretek vs. Rokok Filter

Perbedaan yang utama dari rokok kretek dan rokok filter adalah penggunaan filter atau penyaring di dalamnya. Filter atau penyaring berfungsi untuk meminimalisir partikel tar yang terhirup ke dalam paru-paru, namun hanya berfungsi bagi partikel tar yang besar. Sedangkan partikel kecil masih sangat mungkin terhirup paru-paru.

Meskipun telah menggunakan filter di dalamnya, namun nyatanya masih jauh lebih berbahaya dibandingkan dengan rokok filter. Namun, asap dari rokok filter terasa lebih lembut di tenggorokan sehingga hisapannya pun bisa lebih dalam. Rokok filter bahkan telah mengalami berbagai inovasi guna meminimalisir dampak negatifnya, seperti menambahkan menthol hingga menggunakan level tar yang lebih rendah.

Bahaya Rokok Kretek

Merokok dan pengaruhnya bagi tubuh
Source: hellosehat.com

Kamu pasti sudah sering melihat himbauan mengenai bahaya merokok pada iklan-iklan produk rokok. Bahkan, pada kemasan rokok pun ditulis pengaruh-pengaruh yang disebabkan rokok bagi tubuh. Berikut penjelasan lengkap mengenai bahaya rokok terutama bila dikonsumsi dalam jumlah berlebih.

1. Penyakit Jantung & Stroke

Rokok kretek, sama seperti jenis rokok lainnya, memiliki pengaruh buruk bagi kesehatan jantung. Merokok dapat meningkatkan risiko dari penyakit jantung dan stroke bahkan berkali-kali lipat. Hal ini disebabkan oleh nikotin yang tergantung dalam rokok, juga karbon monoksida sebagai zat berbahaya yang dapat terhirup saat merokok.

2. Risiko Kanker

Rokok juga memiliki pengaruh buruk bagi kesehatan tubuh lainnya karena mampu meningkatkan risiko kanker, terutama kanker paru-paru sebagai organ yang paling sering berinteraksi dengan kandungan rokok. Hal ini disebabkan oleh adanya zat kimia dan zat berbahaya lainnya dalam rokok yang dapat meningkatkan risiko kanker.

3. Ketergantungan Nikotin

Memiliki kandungan nikotin di dalamnya, membuat rokok berpengaruh pada kecanduan dan ketergantungan nikotin bagi para perokok. Hal ini berdampak buruk bagi kesehatan karena nikotin tidak memiliki manfaat bagi tubuh.

4. Masalah pada Sistem Reproduksi dan Kehamilan

Pengaruh rokok bagi sistem reproduksi disebabkan oleh zat kimia yang terkandung pada rokok bisa merusak sel telur dan sperma. Dalam jangka panjang, hal tersebut juga mempengaruhi kesehatan kehamilan dan kesehatan bayi. Bagi pria, merokok dapat merusak DNA dalam sperma yang ditransfer ke bayi. Sedangkan bagi wanita, merokok dapat mengakibatkan keguguran dan risiko bayi prematur atau cacat lahir.

5. Dampak pada Kulit

Selain bagi kesehatan organ dalam, merokok juga memiliki pengaruh bagi kesehatan kulit. Hal ini disebabkan karena merokok dapat mengurangi asupan oksigen yang dialirkan ke kulit. Sehingga kulit perokok terlihat kusam dan membuat kulit menua secara lebih cepat dari yang seharusnya, dan memunculkan kerutan, Belum lagi racun yang beredar dalam tubuh juga dapat menyebabkan selulit.

Harga dan Merk Rokok Kretek Populer di Indonesia

Terdapat banyak produsen rokok baik filter maupun rokok kretek di Indonesia. Mayoritas perokok pun memiliki preferensi rokok favoritnya masing-masing. Merek-merek ini umumnya memasarkan produknya dengan harga yang berbeda, berkisar dari Rp13.000 sampai dengan Rp25.000 per bungkus.

1. Sampoerna

Rokok kretek merk Sampoerna
Source: clovecig.com

Salah satu produsen rokok terkenal di Indonesia adalah PT HM Sampoerna Tbk. Produk-produk mereka di antaranya adalah Sampoerna A, Sampoerna U dan Philip Moris Bold yang termasuk ke dalam Sigaret Kretek Mesin (SKM) dan Sampoerna Hijau serta Dji Sam Soe yang termasuk ke dalam Sigaret Kretek Tangan (SKT).

2. Gudang Garam

rokok merek Gudang garam
Source: quora.com

Rokok populer di Indonesia juga banyak berasal dari produsen PT Gudang Garam Tbk. Produk rokok kretek dari produsen ini pun beragam, di antaranya adalah Gudang Garam Signature, Gudang Garam Merah, Gudang Garam International dan Gudang Garam Patra. Produsen ini juga menghasilkan produk berfilter yang dapat menjadi pilihan, antara lain Surya Pro, Surya Pro Mild dan Surya Exclusive.

3. Djarum

rokok merek Djarum
Rokok Djarum

Produsen rokok populer di Indonesia lainnya adalah PT Djarum yang terkenal akan produk-produknya seperti Djarum Black, L.A, serta Djarum Super yang termasuk ke dalam Sigaret Kretek Mesin (SKM), serta Djarum Coklat yang termasuk ke dalam Sigaret Kretek Tangan (SKT).

Berikut informasi lengkap tentang rokok kretek yang perlu kamu ketahui. Pastikan untuk mengkonsumsinya dalam jumlah rendah agar tetap dapat bisa menikmati rokok kretek dan terhindar dari pengaruh buruknya.


Lanjut membaca tentang Merk Rokok Terpopuler di Indonesia

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

5 Rekomendasi Coworking Space Tangerang Terbaik

5 Rekomendasi Coworking Space Tangerang Terbaik

7 Daftar Rumah Sakit Terbaik di Tangerang

7 Daftar Rumah Sakit Terbaik di Tangerang

10 Rekomendasi Toko Cerutu di Jakarta: Produk Rokok Terbaik

10 Rekomendasi Toko Cerutu di Jakarta: Produk Rokok Terbaik

8 Rekomendasi Menu Burger King Terbaik, Enak dan Harganya Sepadan!

8 Rekomendasi Menu Burger King Terbaik, Enak dan Harganya Sepadan!

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *