Tipe Tunjangan Rumah dari Perusahaan di Indonesia

Adalah tujuan setiap orang untuk bekerja di perusahaan besar dengan gaji besar, tetapi bekerja di perusahaan yang juga memberikan fasilitas, pengalaman, dan keuntungan tambahan yang bagus – seperti asuransi, gaji lebih tinggi, tunjangan penitipan anak, dan kewajiban pajak adalah impian. Ini merupakan cara perusahaan sebagai bentuk keramahtamahan dan kepedulian sosial untuk memotivasi pekerja, memastikan produktivitas, dan menjamin loyalitas mereka. Tentunya siapapun akan nyaman bekerja di perusahaan jenis ini.

Setiap perusahaan memiliki kebijakan yang berbeda untuk memotivasi dan mengembangkan pekerjanya. Upaya untuk melakukannya juga bergantung pada anggaran yang harus diberikan masing-masing perusahaan kepada pekerjanya. Beberapa perusahaan bahkan cukup besar untuk memberikan keuntungan transportasi dan akomodasi. Di Indonesia sendiri belum banyak perusahaan yang menyediakan moda transportasi atau perumahan.

Perusahaan yang memiliki pengaturan perumahan dengan pekerjanya memiliki tiga jenis manfaat. Jenis tunjangan pertama, perusahaan membayar perumahan pilihan pekerja dengan menggunakan tunjangan perumahan, biasanya tidak dibayar penuh. Kedua, perusahaan menyediakan perumahan di lokasi tertentu. Terakhir, perusahaan memasukkan sementara pekerja saat mereka bepergian untuk urusan bisnis. Inilah beberapa pertimbangan mengapa perusahaan memberikan berbagai jenis manfaat perumahan di Indonesia.

Tunjangan rumah

This image has an empty alt attribute; its file name is 496924370556d7ef0c29bc34c2688a96-1.jpg

Pekerja dengan gaji rendah cenderung kesulitan membeli rumah, gajinya hanya sekitar Upah Minimum Regional (UMR) dan hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Sebagai solusinya, beberapa perusahaan memberikan tunjangan perumahan di atas gaji karyawan untuk membantu karyawan memulai KPR yang juga dikenal sebagai KPR (Kredit Pemilikan Rumah) di Indonesia. Dalam skema tunjangan perumahan ini, perusahaan akan menutupi pembayaran bulanan dengan langsung membayar ke bank untuk karyawannya.

Tunjangan rumah untuk ekspatriat

Bagi orang Indonesia, tunjangan perumahan diberikan untuk membantu pekerja mendapatkan kepemilikan rumah. Untuk ekspatriat, tunjangan perumahan sering diberikan sebagai bagian dari penawaran standar perusahaan. Sementara beberapa perusahaan menyediakan properti pilihan untuk pekerja ekspatriat mereka, beberapa perusahaan lain memberikan tunjangan dalam bentuk tunjangan perumahan.

Ketika ekspatriat diberi tunjangan perumahan bulanan atau tahunan, mereka harus mencari properti mereka sendiri. Sebagian besar apartemen atau rumah sewaan memerlukan pembayaran di muka 12 bulan dengan deposit 1 bulan. Oleh karena itu, sebagai ekspatriat yang bekerja di Indonesia, penting untuk memeriksa apakah perusahaan kamu memberikan tunjangan perumahan 12 bulan di muka atau tunjangan perumahan bulanan.

Perumahan di tempat khusus

Beberapa perusahaan memang menyediakan perumahan gratis di tempat tertentu bagi pekerjanya. Contohnya adalah Facebook dan Google yang telah menginvestasikan sekitar $ 20 juta untuk properti perumahan bagi para pekerjanya. Para pekerja dapat menikmati fasilitas perumahan ini selama mereka menjadi karyawan perusahaan. Jika mereka memutuskan mundur, fasilitas tersebut kemudian dicabut karena sudah tidak berhak lagi. Ini juga disebut “alasan bisnis yang substansial”. Tetapi menerima rumah gratis berarti tidak bisa memilih rumah seperti apa yang kamu dapatkan. Para pekerja harus menerima kondisi rumah apapun jika ingin menikmati fasilitas tersebut. Selain itu, para pekerja mungkin masih harus membayar pajak perumahan.

Bagi masyarakat Indonesia, tidak lazim bagi perusahaan untuk menyediakan rumah gratis kecuali jika pemberi kerja adalah instansi pemerintah atau pekerjanya harus bekerja di daerah terpencil atau tertentu. Bagi ekspatriat, sudah lazim bagi perusahaan untuk menyediakan perumahan gratis, jika bukan tunjangan perumahan, di rumah atau apartemen yang dimiliki atau disewa oleh perusahaan.

Penginapan sementara untuk perjalanan bisnis

This image has an empty alt attribute; its file name is ae8e554c96e43b35b981e058e6397c8d-1.jpg

Beberapa pekerja memiliki tanggung jawab untuk melakukan perjalanan bisnis secara berlebihan selama beberapa minggu atau bulan. Tentu saja, tidak adil dan benar untuk melakukan perjalanan bisnis tetapi dengan uang kamu sendiri. Perusahaan akan selalu memiliki anggaran untuk perjalanan bisnis. Fasilitas perumahan yang biasa didapat pekerja adalah properti yang masih atas nama perusahaan atau sudah bermitra dengan perusahaan. Kondisi ini mirip dengan perusahaan yang memberikan rumah gratis, pekerja harus menerima rumah dalam kondisi apapun. Perusahaan juga mengganti semua biaya terkait bisnis selama pekerja berada di sana.

Ada beberapa syarat dalam hal ini, beberapa perusahaan hanya bersedia membayar semua biaya hidup di wilayah perusahaan yang berbeda dalam waktu singkat. Jika pekerja bertahan di sana selama setahun atau lebih maka semua biaya menjadi tanggung jawab mereka. Tetapi jika itu adalah proyek khusus yang berlangsung selama satu tahun, maka perusahaan mungkin dapat mengganti sebagian biaya selama pekerja berada di sana.

__

Nah begitulah gambaran manfaat perumahan yang diberikan oleh perusahaan di Indonesia. Meski tidak banyak perusahaan yang menyediakan perumahan di Indonesia, perusahaan biasanya mencari alternatif lain untuk memastikan kesejahteraan pekerjanya. Beberapa menyediakan paket perawatan kesehatan dan asuransi kesehatan gratis. Yang lain memastikan kesejahteraan pekerjanya dengan memberikan cuti berbayar selama satu tahun atau lebih. Apapun itu, semua perusahaan ingin karyawannya memiliki pengalaman bekerja yang baik dengan mereka karena hal itu mempengaruhi produktivitas mereka dan kesuksesan perusahaan.

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

5 Rekomendasi Coworking Space Tangerang Terbaik

5 Rekomendasi Coworking Space Tangerang Terbaik

7 Daftar Rumah Sakit Terbaik di Tangerang

7 Daftar Rumah Sakit Terbaik di Tangerang

10 Rekomendasi Toko Cerutu di Jakarta: Produk Rokok Terbaik

10 Rekomendasi Toko Cerutu di Jakarta: Produk Rokok Terbaik

8 Rekomendasi Menu Burger King Terbaik, Enak dan Harganya Sepadan!

8 Rekomendasi Menu Burger King Terbaik, Enak dan Harganya Sepadan!

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *