10 Aplikasi Kesehatan Terbaik di Indonesia untuk Menjaga Kesehatan serta Pencegahan Pandemi

10 Aplikasi Kesehatan Terbaik di Indonesia untuk Menjaga Kesehatan serta Pencegahan Pandemi

Aplikasi kesehatan telah menjadi salah satu bukti kemajuan teknologi di Indonesia. Pengguna aplikasi kesehatan meningkat signifikan seiring bertambahnya kesadaran masyarakat dalam menjaga kesehatan. Kini telah hadir beragam pilihan aplikasi kesehatan di Indonesia yang menawarkan berbagai fitur dan pelayanan.

Berikut kami rangkum panduan mengenai aplikasi kesehatan serta rekomendasi aplikasi kesehatan terbaik di Indonesia.

Apa itu Aplikasi Kesehatan?

Aplikasi kesehatan adalah sebuah program berbasis aplikasi yang menawarkan layanan serta jasa yang berkaitan dengan kesehatan. Di Indonesia, aplikasi kesehatan yang mudah ditemui salah satunya adalah yang berjenis telemedicine app, yaitu layanan kesehatan jarak jauh dan menggunakan komunikasi. Dengan bantuan dokter terpercaya dan ahli di bidangnya, aplikasi kesehatan menyediakan fitur konsultasi, diagnosis, perawatan, hingga pengobatan. Kamu juga dapat memanfaatkan aplikasi ini untuk membeli obat yang sesuai resep dokter.

Aplikasi Kesehatan di Masa Pandemi

Aplikasi kesehatan sangat berpengaruh terutama pada situasi terkini yaitu pandemi Covid-19. Kamu dapat menggunakan aplikasi kesehatan untuk melakukan konsultasi, guna mengurangi resiko penularan virus. Aplikasi kesehatan di Indonesia kini telah dilengkapi fitur pemeriksaan mandiri gejala virus Covid-19. Selain itu, beberapa aplikasi kesehatan menyediakan layanan bagi dokter yang ingin mendaftar sebagai relawan Covid-19.

Manfaat Aplikasi Kesehatan

Selain memberikan layanan terkait kesehatan, aplikasi kesehatan memiliki manfaat lain seperti: sarana edukasi kesehatan, sarana konsultasi sebagai penentu diagnosis awal, dan layanan yang mendukung kelanjutan perawatan seperti memeriksa kondisi pasien, mengingatkan untuk minum obat, dan melakukan penjadwalan perawatan.

4 Tips Memilih Aplikasi Kesehatan

Di antaranya banyaknya pilihan aplikasi kesehatan, penting bagi kamu untuk mengetahui aplikasi terbaik serta memiliki layanan dokter yang terpercaya. Berikut beberapa tips untuk kamu dalam memilih aplikasi kesehatan:

1. Cek Kredibilitas Dokter

Sebelum konsultasi, kamu perlu melakukan pengecekan rekam jejak dokter pada suatu aplikasi kesehatan. Kamu dapat melihat apakah dokter memiliki Surat Tanda Registrasi (STR) tenaga kesehatan yang diberikan oleh pemerintah serta mengetahui kompetensi dokter melalui situs Konsil Kedokteran Indonesia (KKI).

2. Cek Ulasan

Kamu perlu melakukan pengecekan mendalam terkait jasa pelayanan dokter pada suatu aplikasi kesehatan. Selain itu, pastikan juga untuk memperhatikan layanan obat yang dijual dan layanan pengantaran obat pada aplikasi kesehatan tersebut.

3. Reputasi Rumah Sakit

Aplikasi kesehatan yang terpercaya memiliki direktori rumah sakit. Kamu perlu mengecek rumah sakit tersebut memberikan informasi lengkap, beserta fasilitas dan tarifnya. Fitur ini berguna untuk konsultasi secara langsung, dan saat membutuhkan pengobatan di rumah sakit terdekat.

4. Artikel seputar Kesehatan

Aplikasi kesehatan terpercaya umumnya dilengkapi artikel kesehatan. Kamu perlu memastikan artikel tersebut ditulis oleh orang yang berkompetensi. Jika kamu ingin informasi mendalam, gunakan fitur live chat untuk berbicara langsung dengan dokter seputar kesehatan.

10 Rekomendasi Aplikasi Kesehatan di Indonesia

Aplikasi kesehatan di Indonesia merupakan pilihan yang tepat untuk kamu mendapatkan pelayanan terkait kesehatan dengan mudah dan cepat. Di masa pandemi seperti sekarang ini, aplikasi kesehatan juga sangat bisa diandalkan. Bagi kamu yang mulai tertarik menggunakan aplikasi kesehatan, berikut rekomendasi 10 aplikasi kesehatan terbaik di Indonesia.

1. Halodoc

Halodoc aplikasi kesehatan
Source: indoindians.com

Halodoc yang menyediakan layanan kesehatan, didukung dengan ApotekAntar sebagai layanan pengantaran obat dari apotek resmi, dan laboratorium untuk memesan tes laboratorium resmi. Halodoc menyediakan dokter dari berbagai spesialisasi. Pelayanan dokter Halodoc terjamin dan dapat dipercaya karena dilengkapi dengan Surat Tanda Registrasi dan Surat Izin Praktek.

Halodoc memberi kebebasan pengguna memilih dokter sesuai kebutuhan, dan memilih sarana komunikasi, antara lain fitur suara, panggilan video, maupun ruang obrolan. Aplikasi Halodoc menampilkan informasi dokter yang tersedia, lengkap dengan nama dan spesialisasi, juga tarif konsultasi yang dapat dibayar melalui ATM atau kartu kredit.

Dalam penanganan Covid-19, Halodoc berkolaborasi dengan Gojek dan bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan RI untuk pemeriksaan dini virus corona baru. Pengguna dapat melakukan pemeriksaan mandiri risiko Covid-19 dan konsultasi online dengan dokter berlisensi di Halodoc.

2. Alodokter

Alodokter aplikasi kesehatan
Source: alodokter.com

Alodokter menyediakan layanan dokter umum dan dokter spesialis, kolom Tanya Dokter sebagai tempat kamu bertanya atau menyimak pertanyaan orang lain. Demi privasi pengguna, terdapat ruang obrolan pribadi dengan dokter. Jawaban diberikan oleh dokter yang sesuai bidangnya dan dilengkapi dengan nomor keanggotaan IDI (Ikatan Dokter Indonesia).

Fitur lain di AloDokter adalah menu Daftar Penyakit dan Daftar Obat, serta artikel kesehatan yang membahas tips, hoax di dunia kesehatan, kesehatan wanita, dan banyak lainnya. Artikel tersebut ditulis oleh dokter yang berpengalaman dapat dipercaya.

Berkaitan dengan penanganan Covid-19, Alodokter memiliki layanan chatbot untuk berinteraksi serta menjawab pertanyaan seputar Covid-19. Layanan digital ini mampu melakukan pengujian mandiri risiko tertular virus corona, guna mendukung Program KIE (Komunikasi, Informasi, dan Edukasi) dari Kementerian Kesehatan.

3. Grab Health powered by Good Doctor

grab health

Good Doctor yang bekerja sama dengan Grab Indonesia menghadirkan aplikasi kesehatan yang dilengkapi layanan konsultasi, tanya jawab, beli obat dan produk kesehatan dari apotek resmi, membuat janji medis dan membuat janji kunjungan rumah sakit serta klinik pilihan.Aplikasi kesehatan ini juga telah bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan RI dalam upaya pencegahan Covid-19, dengan menghadirkan layanan khusus pemeriksaan awal atau screening Covid-19, dilakukan dengan konsultasi daring antara pengguna dengan dokter berlisensi dari Good Doctor. Melalui layanan ini, dokter akan merekomendasikan langkah penanganan virus yang sesuai protokol Kementerian Kesehatan RI.

4. KlikDokter

klikdokter aplikasi kesehatan
Source: facebook.com

KlikDokter sebagai aplikasi kesehatan di Indonesia menyediakan informasi dan layanan terkait konsultasi daring, obat-obatan maupun fitur kesehatan lainnya. Pada aplikasi ini, tersedia fitur Indeks Penyakit yang memungkinkan kamu mencari informasi mendalam terkait penyakit, diagnosis dan gejala, hingga pengobatan.

Terkait dengan upaya pemerintah dalam menanggulangi Covid-19, KlikDokter menjadi salah satu aplikasi kesehatan yang ditunjuk secara resmi oleh pemerintah guna memberi edukasi dan informasi tepat seputar Covid-19. Selain itu, pengguna juga dapat melakukan cek risiko Covid-19 gratis dan 24 jam.

5. Medi-call

medi-call
Source: medi-call.id

Medi-call menawarkan layanan kesehatan seperti dokter, perawat, bidan, fisioterapis yang dapat diminta untuk datang ke rumah dan dipesan melalui aplikasi. Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan layanan terapi infus, vaksin, dan vitamin. Untuk layanan ini, tersedia dengan tarif yang bervariasi.

Kamu dapat menikmati layanan dari Medi-call dengan kisaran tarif mulai dari Rp150.000 sampai dengan Rp300.000 bergantung pada jenis pengobatan yang kamu butuhkan. Tarif-tarif tersebut belum mencakup biaya obat, laboratorium serta beberapa hal penunjang lainnya.

Baca juga tentang Aplikasi yang Kamu Harus Punya di Jakarta

6. SehatQ

sehatq aplikasi kesehatan
Source: infotangerang.net

Aplikasi kesehatan SehatQ memungkinkan kamu melihat rincian dokter sebelum berkonsultasi, melihat fasilitas kesehatan serta berbagai obat-obatan yang tersedia. Layanan kesehatan yang ditawarkan SehatQ tersedia beragam, mulai dari klinik kecantikan, klinik gigi, laboratorium, klinik kesehatan lainnya hingga rumah sakit ternama. Aplikasi ini juga menawarkan paket vitamin, pake sunat dan promosi kesehatan.

SehatQ telah bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan untuk menghadirkan fitur cek risiko Covid-19 sebagai tes mandiri melalui situsnya di sehatq.com, yang bisa diakses secara gratis. Fitur ini dikembangkan oleh tim dokter SehatQ dan dilaksanakan sesuai protokol dari Kementerian Kesehatan.

7. Practo

practo
Source: practo.com

Practo hadir bagi pengguna untuk menemukan dokter dan membuat janji temu. Kamu dapat mencari dokter menggunakan nama, spesialisasi bahkan gejala kesehatan yang diderita. Practo memberikan informasi mendalam seputar dokter, seperti lama pengalaman, kualifikasi, afiliasi dan spesialisasi, hingga foto-foto klinik yang bersangkutan.

Aplikasi Practo dilengkapi dengan fitur pemesanan janji temu yang memudahkan serta menghemat waktu pengguna. Selain itu tersedia pula layanan pembelian obat, layanan pengingat jadwal minum obat dan olahraga. Ruang obrolan pribadi dengan dokter yang menjamin privasi dapat kamu manfaatkan di Practo selama 24 jam dengan tarif yang beragam.

8. SehatPedia

sehatpedia aplikasi kesehatan
Source: fin.co.id

SehatPedia merupakan aplikasi kesehatan yang menawarkan fitur konsultasi dengan dokter dalam bentuk live chat atau message yang dapat kamu manfaatkan untuk bertanya berbagai masalah kesehatan. Dokter-dokter pada aplikasi SehatPedia merupakan dokter berlisensi dari berbagai rumah sakit di Indonesia dan dengan beragam spesialisasi.

Layanan lain yang dapat kamu temukan di aplikasi SehatPedia adalah layanan pendaftaran ke fasilitas kesehatan dan layanan konsultasi psikiater. SehatPedia juga menawarkan fitur LiveFit sebagai sarana kamu mengukur kalori. Dilengkapi dengan Podcast Kesehatan dan artikel-artikel kesehatan untuk kamu menggali informasi kesehatan lebih dalam.

9. YesDok

yesdok aplikasi kesehatan
Source: yesdok.com

YesDok sebagai aplikasi kesehatan menawarkan berbagai fitur yang berguna bagi pengguna dalam hal yang terkait dengan kesehatan. Memiliki mitra dokter yang terdaftar dalam Konsil Kedokteran Indonesia, YesDok menjadi sarana pencegahan serta edukasi informasi kesehatan yang berkualitas.

Layanan yang dapat kamu temukan pada aplikasi YesDok di antaranya adalah konsultasi secara langsung dengan dokter seputar berbagai keluhan kesehatan. Untuk memudahkan pengguna, konsultasi dapat dilakukan melalui telepon, pesan, hingga panggilan video, dengan tarif bervariasi berdasarkan durasi konsultasi.

10. ProSehat

prosehat aplikasi kesehatan
Source: prosehat.com

ProSehat memiliki beragam pilihan akses untuk layanan kesehatan, kamu dapat menemukan fitur Panggil Dokter, Home Visit hingga Promo Sehat di aplikasi kesehatan yang satu ini. Dengan layanan tersebut, kamu dapat melakukan imunisasi anak, vaksinasi, cek laboratorium hingga fisioterapi. Konsultasi dan pembelian obat juga tersedia di aplikasi ProSehat.

Itulah dia penjelasan lengkap seputar aplikasi kesehatan yang penting untuk kamu ketahui, dan rekomendasi aplikasi kesehatan terbaik di Indonesia untuk menemani kamu hidup lebih sehat.


Lanjut baca tentang Aplikasi untuk Olahraga di Rumah

Avatar

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

Panduan Sewa Apartemen di Thamrin

Panduan Sewa Apartemen di Thamrin

Hal Yang Perlu Diketahui Sebelum Memilih Sewa Apartemen Bulanan

Hal Yang Perlu Diketahui Sebelum Memilih Sewa Apartemen Bulanan

8 Resep Rice Bowl dengan Berbagai Lauk: Cocok untuk Bekal

8 Resep Rice Bowl dengan Berbagai Lauk: Cocok untuk Bekal

30 Menu Starbucks untuk Kamu Coba

30 Menu Starbucks untuk Kamu Coba

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *