10 Tempat Wisata Alam Hits di Buleleng Bali

10 Tempat Wisata Alam Hits di Buleleng Bali

Kalau kita bicara soal Bali, tentu yang ada di benak kita adalah tempat liburan yang eksotis dan punya alam yang indah. Nah, kali ini, Flokq akan bahas tempat wisata alam di salah satu kabupaten di Bali, yaitu Buleleng.

Kabupaten Buleleng terdiri atas beberapa kecamatan dengan Singaraja sebagai ibu kota kabupatennya. Wilayah paling utara Bali ini dahulu terkenal sebagai pusat pemerintahan sebelum ibu kota provinsi pindah ke Kota Denpasar.

Kini, Buleleng dilirik sebagai destinasi wisata favorit karena punya daya tarik yang khas. Di sini, Anda bisa mengekplor banyak air terjun, pantai, dan tempat menarik lainnya. Sebelum berangkat ke Bali, cek dulu 10 tempat wisata alam di Buleleng berikut ini, yuk.

1. Air Terjun Sekumpul

Berlokasi di Desa Sekumpul, Kecamatan Sawan, Buleleng, air terjun ini dinilai sebagai salah satu air terjun terindah. Di sini, Anda akan dimanjakan oleh pemandangan tebing dengan tumbuhan hijau di sekeliling.

Terdapat beberapa titik air terjun kecil dengan aliran tidak terlalu deras. Air ini jatuh dengan cantik di atas bebatuan, sehingga membentuk undakan. Spot ini juga dikenal sebagai tempat favorit untuk berfoto.

2. Danau Buyan

Buleleng punya tiga danau kembar, yaitu Beratan, Buyan, dan Tamblingan. Nah, dari ketiganya, Danau Buyan merupakan danau terbesar sekaligus spot kemah yang cukup terkenal.

Tempat wisata alam ini terletak di dataran tinggi. Anda dapat berkemah di tepi danau sambil menikmati pemandangan alam yang sangat ciamik. Selain itu, terdapat sebuah kolam yang terhubung dengan danau. Kolam tersebut dinamakan telaga aya.

3. Pantai Pemuteran

Pantai yang masih tergolong tempat wisata alam baru ini terletak di Pemuteran, Kecamatan Gerokgak, Buleleng. Kalau Anda ingin menikmati sunrise di pantai utara yang sepi, tempat ini tentu cocok buat Anda.

Selain belum ramai pengunjung, Pantai Pemuteran juga punya pemandangan yang indah. Tak hanya laut biru saja, Anda juga dapat melihat bukit kehijauan di sisi lainnya. Anda pun bisa melakukan diving dan snorkeling di pantai ini. Plus, ada banyak spot yang cocok untuk foto prewedding, lho!

4. Wanagiri Hidden Hills Munduk

Tempat wisata alam yang satu ini menawarkan banyak spot yang instagrammable. Terletak tidak jauh dari kawasan Bedugul, Wanagiri Hidden Hills memberikan pemandangan dataran tinggi dengan pepohonan dan Danau Buyan yang cantik.

Lokasinya pun mudah dijangkau. Kalau Anda baru saja nongkrong dari Canggu, Anda bisa berkendera untuk mencapai tempat ini dalam waktu sekitar 2 jam. Wanagiri Hidden Hills punya beberapa titik favorit untuk berfoto di sini, yaitu ayunan yang menghadap ke danau, nest atau sangkar buatan, dan taman bambu.

Untuk bisa menikmati tempat ini, Anda harus merogoh kocek sebesar Rp100-150 ribu per orang sebagai tiket masuk. Dengan harga tersebut Anda sudah bisa mengambil foto dan mencoba wahana sepuasnya.

5. Air Terjun Labuhan Kebo

Objek wisata alam ini berada di Desa Gobleg, dekat Desa Munduk, Buleleng. Anda bisa mengakses air terjun ini dengan mudah, sebab terletak 1 km saja dari jalan utama desa.

Labuhan Kebo terkenal akan suasananya yang tenang dan asri. Anda dapat leluasa menghirup udara segar pegunungan di sini.

Air terjun ini punya aliran yang deras. Di bawahnya, terdapat sungai berbatu dengan beberapa jembatan bambu. Di sinilah para wisatawan biasa berfoto sambil menikmati pemandangan air terjun. Tentunya ini tempat yang cocok untuk melepas penat dari pekerjaan, ya.

6. Waterslide Lemukih

Ingin berwisata alam di sungai tapi tak mau main arung jeram? Nah, di Buleleng ada tempat wisata di sungai yang beda dari tempat rekreasi kebanyakan. Lokasinya ada di Sudaji, Kecamatan Sawan, Buleleng.

Waterslide Lemukih punya ‘perosotan alami’ layaknya wahana Waterboom yang memacu adrenalin. Bersama teman atau keluarga, Anda dapat berseluncur dari perosotan batu licin yang terbentuk secara alami. Anda bakal didorong oleh arus air sungai yang kencang dari ketinggian hingga sampai ke ‘kolam’ di bawahnya.

Tak perlu khawatir soal kebersihan, karena air di sini adalah air pegunungan yang masih segar. Di sekitarnya juga ada banyak pepohonan yang teduh sehinga udaranya bersih. Seru, kan?

7. Air Terjun Tirta Buana

Berlokasi di Pegadungan, Kecamatan Sukasada, Buleleng, Tirta Buana Waterfall atau air terjun Tirta Buana banyak diminati wisatawan karena airnya langsung dari sumber mata air.

Air terjun ini tidak terlalu deras dan bentuknya melebar. Anda dapat merasakan segarnya di kolam yang terletak tepat di bawah air terjun Tirta Buana. Airnya mengalir ke sungai yang berada di bawahnya.

Suasana di air terjun ini sangat sejuk dan tenang. Selain berenang, Anda pun bisa piknik bareng teman atau keluarga di sini. Letaknya juga mudah dijangkau, hanya sekitar 300 meter dari area parkir kendaraan.

8. Air Terjun Blue Lagoon

Sesuai namanya, air terjun di kawasan Sambangan, Kecamatan Sukasada, Buleleng ini layaknya laguna yang berwarna biru. Airnya segar dan jernih, jadi sangat cocok untuk berendam atau sekadar duduk santai.

Berbeda dari air terjun sebelumnya, Blue Lagoon memiliki arus air terjun yang kecil dan langsung ‘tumpah’ ke kolam. Sekelilingnya adalah tebing dengan hutan yang tidak terlalu rimbun. Plus, tempatnya tidak terlalu ramai sehingga tepat untuk Anda melepas penat.

Untuk mencapai air terjun ini, Anda harus menuruni anak tangga yang tersedia. Blue Lagoon terletak sekitar 70 km dari Kota Denpasar dan daerah Canggu. Perjalanan menuju air terjun ini bisa ditempuh dalam waktu 2 jam.

9. Pantai Lovina

Pantai yang terletak di utara Bali ini sudah terkenal sejak lama sebagai spot sunrise. Dari sini, Anda bisa menaiki boat menuju laut lepas untuk melihat lumba-lumba!

Di sini, ada banyak boat yang akan mengantar Anda berplesir. Jangan sampai datang kesiangan, karena Anda bakal melewatkan pemandangan matahari terbit yang sangat cantik. Anda juga harus berangkat pagi untuk melihat lumba-lumba di lautan. 

Pantai Lovina memang punya pasir hitam, namun airnya sangat jernih dan tampak seperti danau. Terdapat pula beberapa spot snorkeling untuk melihat pemandangan bawah laut yang ciamik.

10. Air Panas Banjar

Selain punya air terjun dan pantai, Buleleng punya beberapa pemandian air panas alami. Salah satu yang jadi favorit turis adalah Air Panas Banjar. Berlokasi di Kecamatan Banjar, Buleleng, tempat ini cocok untuk menghangatkan badan di saat cuaca dingin.

Di sini, Anda bisa melepas penat sambil berendam. Selain kolam air panas, di sini juga ada spa dan massage untuk pengunjung. Kalau Anda lapar, tersedia restoran dengan beraneka macam hidangan.

Tempatnya juga sangan asri dan teduh. Air panas memancar dari pancuran air yang berbentuk naga. Terdapat beberapa pilihan kolam yang cukup luas. Sangat cocok untuk menghabiskan akhir pekan bersama keluarga.


Kita sudah sampai di akhir artikel! Melancong ke Bali memang menyenangkan, ya. Selalu ada tempat wisata alam menarik yang belum kita datangi. Nah, kalau Anda berencana tinggal bulanan sambil liburan di Bali, cek laman Flokq berikut ini untuk sewa villa idamanmu!

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

Restoran Apung Kintamani, Suasana Makan Sambil Menikmati Keindahan Danau Batur Bali

Restoran Apung Kintamani, Suasana Makan Sambil Menikmati Keindahan Danau Batur Bali

7 Kegiatan di Pantai Sanur: Matahari Terbit hingga Wisata Kuliner!

7 Kegiatan di Pantai Sanur: Matahari Terbit hingga Wisata Kuliner!

Pecinta Kopi Wajib Tahu: Ini 10 Ciri Khas dan Fakta Kopi Bali Kintamani!

Pecinta Kopi Wajib Tahu: Ini 10 Ciri Khas dan Fakta Kopi Bali Kintamani!

Panduan Liburan ke Pantai Nyang Nyang di Bali

Panduan Liburan ke Pantai Nyang Nyang di Bali

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *