25 Film Indonesia Terbaik Sepanjang Masa: Wajib Ditonton!

25 Film Indonesia Terbaik Sepanjang Masa: Wajib Ditonton!

Dari sekian fim Indonesia yang dapat ditonton, 25 film ini dapat dikatakan sebagai film terbaik sepanjang masa. Berbagai genre dan juga alur cerita yang menghibur. Dari genre romansa yang menggugah hati hingga cerita keluarga yang menggemaskan, semua bisa kamu nonton. Disini kami berikan film-film terbaik Indonesia yang tidak boleh kamu lewatkan

1. The Raid

Sebagai salah satu film yang berhasil menyandang predikat sebagai film box office terbaik di Indonesia, The Raid tentunya merupakan film yang bisa dikatakan memiliki level tersendiri dibandingkan dengan film lokal lainnya. Hal lain yang mungkin bisa menjadi pembuktian betapa bagusnya film ini adalah kenyataan bahwa The Raid mampu masuk ke box office AS dan juga saat itu, film ini berhasil mengamankan tempatnya di posisi ke-11 film yang paling banyak ditonton.

The Raid tentunya menghadirkan perspektif lain kepada masyarakat awam tentang bagaimana film lokal dapat menjangkau penonton secara berbeda dibandingkan sebelumnya. Kisah yang diangkat oleh The Raid ini berkisah tentang misi yang diberikan kepada tim pasukan khusus untuk membersihkan gerombolan mafia dan mengeluarkan mereka dari persembunyiannya. Film ini juga berhasil memadukan seni bela diri tradisional pencak silat dalam pertarungan yang ada di film ini, menjadikannya sebagai sesuatu yang sulit dipercaya untuk ditonton. Kamu dapat menyaksikan aksinya di Netflix, Vidio, dan Bioskop Online

2. Pengabdi Setan

Berasal dari tangan yang sama dengan ciptaan Perempuan Tanah Jahanam, Joko Anwar, film ini dijuluki sebagai salah satu film horor Indonesia terbaik sepanjang masa. Plotnya berjalan dengan keluarga yang sekarang miskin dihantui oleh kematian ibu mereka yang meninggal setelah berada di tempat tidur selama bertahun-tahun karena penyakit aneh dan melemahkan. Belakangan mereka mengetahui bahwa ibu mereka sangat terlibat dalam masyarakat angker.  Kamu bisa menikmati serunya film ini di Netflix.

3. Perempuan Tanah Jahanam

Film lain yang kami rekomendasikan adalah Impetigore, film box office lain yang juga diproduksi oleh Joko Anwar. Film ini tidak hanya menjadi hit di Indonesia, tetapi juga diputar di banyak negara seperti di Belanda. Setelah film horor terlaris dalam sejarah perfilman Indonesia, Pengabdi Setan, Joko Anwar kembali lagi dengan Impetigore. Film ini memiliki setting budaya, membuat film ini cocok untuk dimasukkan dalam slot malam festival film. Film ini bercerita tentang seorang protagonis wanita, Maya, yang berusaha mencari apa yang tersisa untuknya di tanah Jawa. Joko Anwar berhasil menjadikan suasana dalam pemutaran film tersebut sebagai sesuatu yang menakutkan dan menyeramkan bagi penontonnya.

4. Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak

Jika kamu mencari lebih banyak film yang dapat ditambahkan untuk tontonanmu berikutnya, kami punya sesuatu. Marlina dan si pembunuh dalam empat babak atau mungkin lebih populer dengan sebutan Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak merupakan film drama yang disutradarai oleh Mouly Surya. Marlina dan pembunuh dalam empat babak disebut-sebut sebagai film ‘satay western‘ yang mencampurkan ide feminisme yang bersumber dari budaya barat dengan budaya Indonesia. Film bisa digambarkan sebagai potongan-potongan yang terbagi menjadi empat bagian, ini mungkin baru bagi industri film Indonesia. Film ini bercerita tentang seorang protagonis perempuan, Marlina, yang melakukan balas dendam karena diperkosa oleh laki-laki setempat. Kamu dapat menonton filmnya di Netflix.

Baca juga: Film Romantis Terbaik Sepanjang Masa

5. Laskar Pelangi

Pasukan Pelangi atau Laskar Pelangi ini diadaptasi dari buku laris yang ditulis oleh Andrea Hirata pada tahun 2004. Alur cerita didasarkan pada kehidupan masa kecil penulis ketika penulis dulu tinggal di sebuah pulau terpencil di Sumatera bernama Belitong. Plot film ini bercerita tentang kisah hidup anak-anak desa yang berjuang untuk meraih pendidikan yang baik dan impian besar mereka di masa depan. Film slice-of-life ini tidak hanya mengangkat keceriaan anak-anak tetapi juga bagian dari kemiskinan dan korupsi yang ada di Indonesia. Sutradara pasukan pelangi, Riri Riza, berhasil menghadirkan kepekaan film ini dan ceritanya pun berhasil menyentuh penonton. Karena itu, The Rainbow Troops sukses meraih total 4,6 juta penonton bioskop di Indonesia. Kamu dapat menikmati film di Netflix, Vidio.

6. Habibie dan Ainun

Bagi orang Indonesia, nama-nama ini membunyikan lonceng istimewa di hati kita semua. Habibie, atau BJ Habibie, adalah presiden ketiga Indonesia. Namun demikian, inilah kisah bagaimana dia bertemu dan menemukan cinta kepada Ainun, almarhum istrinya. Kisah mereka sudah lama dikenal memesona dan romantis, bahkan sebelum berubah menjadi naskah move. Langkah ini menarik begitu banyak hati, dari dewasa muda hingga generasi yang lebih tua, semua menikmati kisah indah tentang perjuangan untuk berjuang bersama sebagai pasangan. Film ini juga pernah dibuat trilogi dengan sekuel Rudy Habibie dan kemudian Habibie & Ainun 3. Film ini bisa ditonton di Netflix and Viu.

7. Ayat-ayat Cinta

Ayat-ayat Cinta film indonesia
Ayat-ayat Cinta

Tak dapat disangkal salah satu film Indonesia terpopuler sepanjang masa. Cerita ini tentang Fahri, seorang mahasiswa muslim yang menawan, yang berbagi cinta dengan dua wanita, Aisha dan Maria yang beragama Kristen. Suatu saat, Fahri harus menikah dengan keduanya dan perjuangan mereka menanggung rasa sakit membuat hati berdebar. Film ini mengundang banyak air mata di tahun 2008, dan menjadi legendaris sejak saat itu. Kamu dapat menikmati film yang mengharukan ini di Netflix.

8. Petualangan Sherina

Apakah kamu ingin mencoba sesuatu yang berbeda? Jika kamu mencari sesuatu yang menyegarkan dan ringan, kami punya sesuatu. Film musikal Petualangan Sherina bisa menjadi tontonan kamu selanjutnya. Dalam film yang disutradarai oleh Riri Riza ini akan menyuguhkan penontonnya dengan film yang bercerita tentang seorang gadis kecil bernama Sherina. Plotnya adalah tentang Sherina yang energik dan cerdas yang tinggal di Jakarta dan mencoba melawan teman bullying dan juga para penculiknya. Film ini cocok untuk keluarga sehingga kamu dapat menonton film ini bersama orang-orang tersayang. Kamu dapat menikmati film di Netflix, Vidio.

9. 5cm

Film ini lebih dari sekedar cinta, ini tentang persahabatan. Dan jujur ​​saja, siapa yang tidak menyukai kisah menghangatkan hati tentang sekelompok teman yang menjelajahi kehidupan bersama?

Ini kisah Genta, Arial, Zafra, Riani, dan Ian. Mereka sudah berteman sejak lama dan tumbuh bersama, namun telah berpisah satu sama lain saat mereka mencapai kehidupan dewasa. Untuk merayakan hari jadi persahabatan mereka, mereka memutuskan untuk memutuskan semua hubungan satu sama lain selama tiga bulan dan kembali lagi untuk melakukan perjalanan yang menantang untuk mendaki Gunung Semeru. Perjalanan hati dan impian, mungkin menjadi penyentak air mata Anda berikutnya. Anda dapat menonton film ini di Iflix.

10. Ada Apa Dengan Cinta

Di Indonesia, film yang rilis tahun 2002 ini mungkin lebih dikenal dengan judul Ada Apa Dengan Cinta ? What’s up with love menampilkan tokoh protagonis wanita bernama ‘Cinta’ yang diperankan oleh Dian Sastrowardoyo. Dengan genre film girly, film ini pernah dan terus menjadi film yang paling banyak ditonton anak muda Indonesia. Plot film ini seru, menyenangkan, dan tentunya dengan sedikit twist di akhir film. Alur cerita film ini terdiri dari kehidupan remaja yang manis dan pahit, persahabatan, dan cinta anak anjing antara protagonis wanita dan protagonis pria yang diperankan oleh Nicholas Saputra. Film ini juga dilengkapi dengan soundtrack berkesan yang memenuhi keseluruhan film sehingga menjadi nilai tambah bagi film ini. Kamu dapat menikmati film di Netflix, Vidio.

Itulah 10 film Indonesia terbaik menurut Flokq. Pasti diantaranya kamu sudah pernah mendengar atau menontonnya. Film Indonesia apalagi yang menurut kamu sangat legendaris? Bagikan di kolom komentar ya!

Baca juga: Film Komedi Romantis Thailand Terbaik

11. Dua Garis Biru

Film Indonesia terbaik lainnya adalah Dua Garis Biru. Dibintangi oleh Angga Yunanda sebagai Bima dan Adhisty Zara sebagai Dara, film ini sukses memborong piala pada berbagai penghargaan bergengsi perfilman Indonesia. Dua Garis Biru menceritakan kehidupan sepasang kekasih yang menjalin hubungan percintaan saat SMA. Sayangnya percintaan mereka ini justru menimbulkan permasalahan baru di samping ketidak tahuan mereka soal sex. Film yang berdurasi 1 jam 35 menit sukses menyampaikan pesan moral untuk para remaja Indonesia, dimana seringkali permasalahan ini masih tabu untuk dibahas.

Source: Suara

12. 27 Steps of May

Selanjutnya, film Indonesia lainnya adalah 27 Steps of May. Film yang mengisahkan kehidupan May yang awalnya cerai pada saat ia masih berusia 14 tahun, harus redup karena kejadian yang sangat memilukan hati. Akibat kejadian itu, May harus menanggung rasa sakit yang ia rasakan selama bertahun-tahun. Meski hemat dialog, namun Raihaanun, pemeran May, berhasil menyampaikan perasaan pilu yang May rasakan. Hal ini terbukti dari banyaknya piala yang berhasil mereka bawa pulang dari ajang perfilman bergengsi di Indonesia.

Source: Kompas

13. Cek Toko Sebelah

Cek Toko Sebelah berhasil menyandang gelar menjadi salah satu film Indonesia terbaik. Film ini pun berhasil menjadi Film Terfavorit dan Pemeran Pendukung Pria Terfavorit pada Indonesian Movie Actors Awards. Selain itu, juga sebagai Film Bioskop Terpuji dan Penulis Skenario Terpuji pada Festival Film Bandung. Cek Toko Sebelah menceritakan tentang seorang ayah yang mengelola toko miliknya, ia memiliki dua orang anak dengan karakter dan tingkat kecerdasan yang berbeda. Namun alur cerita ini cukup memiliki akhir yang cukup twist yang tidak tertebak oleh para penonton.

Source: Wikipedia

14. Aruna dan Lidahnya

Siapa yang tidak kenal Dian Sastro? Kali ini ia beradu akting dengan Nicholas Saputra pada film Indonesia, Aruna dan Lidahnya. Film ini menceritakan persahabatan dua wanita dan dua pria yang suka pergi dan kulineran menikmati berbagai makanan dari berbagai daerah. Mulai dari Jakarta, Surabaya, Pamekasan, Pontianak, dan Singkawang. Tidak hanya itu, film ini juga fokus menyelidiki kasus flu burung yang mereka berdua lakukan.

Source: Koin Works

15. Love for Sale

Film Indonesia lainnya yang harus kamu tonton adalah Love For Sale. Jalan cerita yang cukup menarik tidak akan membuat para penontonnya bosa. Mengangkat soal percintaan pada era digital, Richard yang jomblo akut terlalu pemilih dalam menentukan pasangan. Hingga pada suatu hari, ia ditantang oleh temannya yang akan menikah untuk membawa pasangan ke pesta pernikahan. Ia pun mencari cara untuk mendapatkan pasangan dengan waktu yang singkat, hingga ia bertemu Arini dari aplikasi pencari jodoh hingga akhirnya tumbuh cinta diantara mereka. Namun, akhir kisahnya sukses membuat penonton nyesek, apakah kamu juga?

Source: Wikipedia

16. Ave Maryam

Film Indonesia yang tidak kalah kerennya adalah Ave Maryam. Alur ceritanya cukup menarik dan tidak terbayangkan sebelumnya oleh para penonton. Ave Maryam bercerita tentang suster bernama Maryam pada sebuah panti jompo. Hingga akhirnya suatu hari ia pindah ke Girisonta, Ambarawa, Semarang, Jawa Tengah dan menjadi biarawati pada salah satu gereja. Maryam pun mengabdi sepenuhnya kepada gereja, hingga akhirnya kehadiran Romo Yosef mengubah kesetiaannya.

Source: Kompasiana

17. Critical Eleven

Critical Eleven juga menjadi salah satu film Indonesia terbaik. Sesuai dengan judulnya, film ini memang mengambil filosofi dari critical eleven yang terjadi pada saat landing dan take off. Cerita tentang Ale dan Anya yang jatuh cinta dan memutuskan untuk berumah tangga menjadi gerbang permasalahan bagi mereka. Keduanya harus dihantam tragedi yang kurang mengenakkan pada masa awal pernikahan mereka. Namun apakah mereka berhasil mempertahankan pernikahannya?

Source: Hai

18. Gundala

Tidak hanya merilis Perempuan Tanah Jahanam, Gundala juga berhasil menjadi salah satu film Indonesia terbaik. Kali ini film tentang superhero yang berjudulu Gundala, menceritakan tentang Sancaka yang memiliki kekuatan super ketika terkena petir. Ia pun memanfaatkan kekuatannya untuk membela pihak-pihak yang tertindas. Meski begitu, film ini tidak hanya menampilkan beragam adegan kekeran, juga beberapa selipan scene komedi yang menghibur penonton.

Source: Instagram @gundalaofficial

19. A Man Called Ahok

Sesuai dengan judulnya, film Indonesia yang satu ini menceritakan perjalanan seorang mantan gubernur DKI Jakarta, Ahok. Berawal dari kisahnya saat masih kecil hingga ia bisa menjadi seorang pemimpin seperti saat ini. Ternyata kehidupannya cukup berbeda dengan yang selama ini kita lihat. Banyaknya perjuangan yang Ahok hadapi cukup menginspirasi para penontonnya. Termasuk bertengkar dengan ayahnya dan menghadapi situasi yang tidak mudah lainnya.

Source: Detik

20. Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss!, Remake Film Dono, Kasino, Indro.

Siapa yang tidak kenal dengan trio komedian legend Indonesia, Warkop DKI. Falcon Pictures akhirnya memproduksi ulang film Indonesia yang satu ini, Warkop DKI Reborn. Menceritakan kekocakan yang terjadi antara persahabatan ketiganya, Dono, Kasino, dan Indro. Mereka diperankan oleh tiga aktor teranyar, Abimana Aryasatya, Vino G Bastian, dan Tora Sudiro. Kisahnya memang tidak jauh-jauh dari film DKI yang terdahulu. Meski begitu, ada beberapa scene dan beberapa banyolan baru yang sangat menghibur penonton.

21. Dilan 1990

Film Indonesia yang booming dan bikin baper se-Indonesia. Dilan 1990 menjadi film terbaik karena banyaknya hal menarik di dalamnya. Seperti beberapa cara yang digunakan oleh Dilan untuk merebut hati Milea. Kisah Dilan dan Milea cukup berhasil menarik perhatian 6.315.664 penonton. Kisahnya pun berlanjut pada Dilan 1991: Suara dari Dilan, cerita yang tidak kalah membuat penontonnya terhibur.

Source: Tek.id

22. Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck

Sekilas film ini mengingatkan kamu dengan Titanic, namun jangan menilai dahulu sebelum menonton filmnya. Film Indonesia yang berjudul Tenggelamnya Kapal Van Der wijck ini tidak kalah menarik. Bercerita tentang pria bernama Zainuddin yang harus berlayar dari Makassar ke Padang. Hingga pada perjalanannya ia bertemu dengan Hayati dan saling jatuh cinta. Namun sayangnya kisah cinta mereka harus pupus karena perbedaan status sosial. Hayati adalah gadis keturunan bangsawan, sementara Zainuddin hanya laki-laki biasa.

23. Susah Sinyal

Tidak hanya Cek Toko Sebelah, Ernest Prakasa juga merilis film Indonesia lainnya, Susah Sinyal. Film yang bercerita tentang seorang single mother bernama Ellen yang bekerja sebagai pengacara. Kesibukannya ternyata membuat anaknya, Kiara, menjadi kurang perhatian. Pada suatu hari, ibu dan anak ini menyurun rencana untuk liburan ke Sumba. Tapi karena Ellen melupakan janjinya untuk ke acara di sekolah Kiara, membuat Kiara marah dan ingin ke Sumba sendiri.

24. Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini

Film Indonesia yang membahas tentang permasalahn yang kerap terjadi pada sebuah keluarga, Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI). NKCTHI berhasil menjadi drama keluarga terfavorit pada tahun 2020. Film hasil adaptasi dari novel karya Marcella FP ini sukses membawa emosi para penontonnya selama 2 jam 1 menit.

Source: Tirto

25. Orang Kaya Baru

Film Indonesia yang tidak kalah menghibur lainnya adalah Orang Kaya Baru. Bercerita tentang sebuah keluarga dengan ekonomi pas-pasan namun bahagia. Hingga akhirnya sang bapak meninggal dan memberikan warisan dalam jumlah yang sangat banyak. Mereka bisa meminta tambahan kapanpun mereka ingin. Meski begitu, ternyata hal ini menjadi titik dimana permasalahan datang bertubi-tubi. Hingga pada suatu hari pengacara yang mengatur warisan ini mengatakan kalau sudah tidak ada lagi tambahan uang untuk mereka. Tonton Orang Kaya Baru untuk mengetahui kelanjutan ceritanya.

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

8 Rekomendasi Apartemen Dekat JIS (Jakarta Intercultural School)

8 Rekomendasi Apartemen Dekat JIS (Jakarta Intercultural School)

8 Tempat Makan Kebab Terbaik di Jakarta yang Harus Kamu Coba!

8 Tempat Makan Kebab Terbaik di Jakarta yang Harus Kamu Coba!

10 Makanan Khas Jawa Barat yang Harus Kamu Coba!

10 Makanan Khas Jawa Barat yang Harus Kamu Coba!

7 Rekomendasi Menu Pizza Hut Delivery: Nikmati Kelezatan Pizza Hut dari Rumah!

7 Rekomendasi Menu Pizza Hut Delivery: Nikmati Kelezatan Pizza Hut dari Rumah!

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *