10 Film Sci-Fi yang Masuk Nominasi Film Terbaik Oscar

Film Sci-Fi atau fiksi ilmiah adalah salah satu jenis film dengan penggambaran fenomena berbasis ilmu pengetahuan. Latar cerita biasanya mengangkat isu yang kontroversial. Alur cerita yang diadaptasi dalam jenis film ini adalah: bentuk kehidupan di luar bumi, kehidupan alien, indra ke-enam, dan perjalanan waktu yang dibalut dengan elemen pesawat luar angkasa, robot, cyborg, dan teknologi futuristik lainnya.

Bagi penggemar berat film Sci-Fi pasti sudah tidak asing dengan alur cerita rumit serta penggambaran futuristik luar biasa dari latar ceritanya.

Berikut kami rangkum 10 film Sci-Fi terbaik dengan alur cerita seru yang wajib kamu tonton. Beberapa di antaranya bahkan masuk nominasi film terbaik Oscar atau Academy Awards, lho, Flokqers!

1. Black Panther (2018)

Black Panther wajib kamu tonton
Sumber: IMDB

Siapa yang tidak familiar dengan Marvel di masa sekarang ini? Black Panther adalah film Sci-Fi superhero garapan Marvel, disutradarai oleh Ryan Coogler, dibintangi oleh mendiang Chadwick Boseman, juga Michael B. Jordan.

Bercerita tentang T’Challa (Chadwick Boseman) yang baru saja diangkat menjadi Raja dari kerajaan Wakanda setelah sang ayah meninggal dunia. Namun, N’Jadaka atau Killmonger (Michael B. Jordan), seorang mantan agen rahasia Amerika Serikat yang juga punya darah bangsawan Wakanda, berniat untuk menggulingkan kekuasaan baru T’Challa. Dia ingin menguasai teknologi canggih milik Wakanda untuk membalas dendamnya kepada seluruh dunia.

Black Panther berhasil meraup total keuntungan sebesar 1,3 miliar US Dollar selama penayangannya. Salah satu rekor box office terbesar sepanjang sejarah. Black Panther juga mendapat banyak sekali penghargaan dan nomisasi, salah satunya adalah nominasi film terbaik Academy Awards pada tahun 2019. Wakanda Forever!

2. The Martian (2015)

The Martian adalah tontonan wajib
Sumber: IMDB

The Martian adalah film Sci-Fi arahan Ridley Scott dan dibintangi Matt Damon yang diadaptasi dari novel dengan judul yang sama oleh Andy Weir pada tahun 2011.

The Martian bercerita tentang perjuangan Mark Watney (Matt Damon), seorang astronot yang terjebak sendirian di planet Mars, untuk bertahan hidup setelah tertinggal sendirian dan juga usaha dari teman-temannya untuk membawa Mark kembali ke Bumi dengan selamat.

Berkat arahan dan akting yang brilian, film ini berhasil mendapat rating tinggi di banyak website review film di dunia. The Martian bahkan mendapat banyak sekali penghargaan dan nominasi serta dianggap sebagai kontender pemenang nominasi Film Terbaik oleh banyak orang di Academy Awards 2015.

3. Inception (2010)

Inception arahan Christopher Nolan
Sumber: IMDB

Inception adalah film arahan sutradara Sci-Fi kenamaan Christopher Nolan dan dibintangi oleh banyak aktor kenamaan seperti Leonardo DiCaprio, Cillian Murphy, Tom Hardy, Joseph Gordon-Levitt, dan Michael Caine.

Inception bercerita tentang Dom Cobb (Leonardo DiCaprio) yang merupakan seorang pencuri profesional yang mencuri informasi dengan cara menyusup ke alam bawah sadar targetnya. Dom ditawari kesempatan untuk menghapus riwayat kriminalnya namun dia harus berhasil memasukan pikiran orang lain ke dalam pikiran targetnya.

Inception berhasil mendapatkan banyak pujian berkat arahan dan akting yang apik serta berhasil memenangkan beberapa penghargaan dan nominasi, salah satunya tentu saja nominasi Film Terbaik dari Academy Awards pada tahun 2011.

Baca juga: 10 Film Indonesia Terbaik Sepanjang Masa: Wajib Ditonton!

4. Her (2013)

Her adalah salah satu film yang wajib kamu tonton
Sumber: IMP Awards

Her adalah film yang ditulis, disutradarai, dan diproduksi oleh Spike Jonze serta dibintangi oleh Joaquin Phoenix dan Scarlett Johansson.

Her bercerita tentang Theodore Twombly (Joaquin Phoenix), seorang laki-laki yang menjalin hubungan dengan Samantha (Scarlett Johansson), sebuah kecerdasan buatan yang bertugas sebagai asisten virtual yang dipersonifikasikan dengan suara wanita.

Berkat naskah yang brilian dari Spike Jonze dan akting yang sangat apik dari Joaquin Phoenix, Her berhasil masuk nominasi Film Terbaik pada Academy Awards 2014. Jonze bahkan memenangkan Naskah Original Terbaik pada ajang penghargaan tersebut.

5. E.T. The Extra Terrestrial (1982)

E.T. adalah film sci-fi lawas yang wajib kamu tonton
Sumber: IMDB

E.T. The Extra Terrestrial atau yang biasa disebut ET adalah film arahan sutradara kenamaan Steven Spielberg dan dibintangi oleh Dee Wallace, Peter Coyote, dan Henry Thomas.

ET bercerita tentang Elliot (Peter Coyote), seorang anak yang berteman dengan makhluk luar angkasa, yang dinamai ET, yang terdampar di Bumi. Konsep cerita dari ET sendiri ini adalah berdasarkan teman khayalan Steven Spielberg semasa dia kecil setelah kedua orang tuanya bercerai.

Berkat keunikan ceritanya serta kesuksesannya pada masa itu, di mana ET menjadi film dengan penjualan terbesar pada masanya, ET dianggap oleh banyak kritikus sebagai salah satu film sci-fi terbaik sepanjang masa. Walaupun pada masa itu ET gagal mendapatkan penghargaan sebagai Film Terbaik di Academy Awards setelah masuk nominasinya, sutradara dari pemenang nominasi Film Terbaik saat itu bahkan mengatakan bahwa seharusnya ET yang memenangkan penghargaan tersebut.

6. Gravity (2013)

Gravity adalah film sci-fi thriller yang wajib kamu tonton
Sumber: IMDB

Gravity adalah film sci-fi garapan Alfonso Cuarón yang dibintangi oleh dua aktor kenamaan, Sandra Bullock dan George Clooney. Sandra Bullock dan George Clooney diceritakan sebagai dua orang astronot yang terdampar di luar angkasa setelah pesawat luar angkasa yang mereka tumpangi mengalami kecelakaan dan mereka mencoba untuk kembali ke Bumi dengan selamat.

Gravity berhasil mendapat banyak pujian dari kritikus berkat arahan yang apik dari Alfonso Cuarón dan akting brilian dari kedua aktornya. Gravity juga berhasil mendapatkan banyak penghargaan, termasuk Sutradara Terbaik di Academy Awards 2014, dan nominasi, termasuk Pemeran Utama Wanita Terbaik dan Film Terbaik di Academy Awards 2014.

Baca juga: 15 Film Horor Barat Paling Menakutkan yang Sayang Dilewatkan!

7. Avatar (2009)

Avatar adalah film dengan efek CGI terbaik yang wajib kamu tonton
Sumber: IMDB

Film garapan James Cameron yang juga dibintangi oleh banyak aktor seperti Sam Worthington, Zoe Saldana, Stephen Lang, dan masih banyak lagi ini melakukan gebrakan dengan efek CGI-nya yang sangat luar biasa saat itu,

Avatar berlatar pada pertengahan abad ke-22 ketika manusia mencoba menjajah Pandora, sebuah planet layak huni di sistem bintang Alpha Centauri, untuk menambang mineral langka bernama unobtanium. Perluasan koloni pertambangan mengancam keberlangsungan hidup suku lokal Na’vi, spesies humanoid asli yang hidup Pandora.

Berkat gebrakan pada efek CGI-nya, Avatar berhasil menjadi film dengan penjualan terbesar saat itu, mencapai 2,79 miliar US Dollar. Avatar bahkan dinominasikan dalam 9 kategori di Academy Awards 2010, termasuk Film Terbaik dan Sutradara Terbaik.

8. Arrival (2016)

Arrival yang wajib kamu tonton
Sumber: IMDB

Arrival adalah film arahan Denis Villeneuve yang didasarkan dari cerita pendek tahun 1998 berjudul “Story of Your Life” oleh Ted Chiang. Film sci-fi terbaik ini juga dibintangi oleh dua aktor kenamaan, Amy Adams dan Jeremy Renner.

Film ini menceritakan tentang seorang ahli bahasa (Amy Adams) yang ditugaskan untuk menemukan cara berkomunikasi dengan makhluk luar angkasa yang mendarat di Bumi untuk mengetahui maksud tujuan kedatangan mereka.

Dibalut dengan cerita yang sangat unik dan juga arahan serta sinematografi yang sangat apik, Arrival berhasil mendapatkan delapan nominasi di Academy Awards 2017, termasuk Film Terbaik, Sutradara Terbaik, Sinematografi Terbaik, dan Naskah Adaptasi Terbaik.

9. District 9 (2009)

District 9 adalah film sci-fi action terbaik yang wajib kamu tonton
Sumber: IMDB

District 9 adalah film yang arahan Neill Blomkamp yang diadaptasi dari film pendek tahun 2006 berjudul Alive in Joburg. Film ini dibintangi oleh Sharlto Copley, Jason Cope, dan David James.

Film ini bercerita tentang kemanusiaan, xenophobia, dan segregasi sosial pada tahun 1982 ketika pesawat luar angkasa muncul di Johannesburg, Afrika Selatan. Ketika populasi alien insektoid yang sakit dan kekurangan gizi ditemukan di kapal, pemerintah Afrika Selatan mengurung mereka di kamp interniran bernama Distrik 9.

Dua puluh tahun kemudian, selama pemindahan alien oleh pemerintah ke kamp lain, terdapat salah satu alien yang dikurung bernama Christopher Johnson. Ia mencoba melarikan diri dari Bumi bersama putranya dan kembali ke rumah. Namun, bertemu dengan seorang birokrat yang memimpin relokasi bernama Wikus van der Merwe.

Berkat arahan yang apik serta tema dan cerita yang menarik, District 9 mendapat 4 nominasi di Academy Awards 2010: Film Terbaik, Naskah Adaptasi Terbaik, Efek Visual Terbaik, dan Pengeditan Film Terbaik. Beberapa kritikus film bahkan menganggap bahwa film ini adalah film Sci-Fi terbaik di tahun 2000-an.

10. Star Wars (1977)

Star Wars adalah film Sci-Fi yang pertama kali sukses besar
Sumber: IMDB

Siapa yang belum pernah mendengar nama Star Wars? Walaupun film ini pertama kali dirilis pada tahun 1977, namun orang-orang pada masa kini masih sering mendengar nama film ini karena banyak sekuelnya yang juga mendapatkan sukses besar.

Film sci-fi garapan George Lucas ini bercerita tentang perjalanan Luke Skywalker (Mark Hamill), bersama dengan Master Jedi Obi-Wan Kenobi (Alec Guinness), penyelundup Han Solo (Harrison Ford), dan juga rekan Wookie-nya Chewbacca (Peter Mayhew) yang mencoba untuk membebaskan Princess Leia (Carrie Fisher) dalam genggaman tirani Galactic Empire.

Berkat kesuksesan besarnya saat itu, Star Wars sepuluh nominasi Academy Awards 1978, termasuk Film Terbaik, dan berhasil memenangkan tujuh diantaranya. Sudah tidak perlu diragukan lagi bahwa Star Wars adalah salah satu film terbaik sepanjang masa.

Baca juga: 17 Rekomendasi Film Natal Yang Wajib Kamu Tonton Saat Natal


Nah, film-film tadi adalah 10 Film Sci-Fi terbaik yang wajib kamu tonton. Film-film tersebut bahkan mendapatkan nominasi Film Terbaik pada masanya, lho. Selamat menonton, Flokqers!

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

10 Inspirasi Kamar Tidur Dengan Tema Unik, Pasti Betah Di Kamar!

10 Inspirasi Kamar Tidur Dengan Tema Unik, Pasti Betah Di Kamar!

8 Tips Menabung yang Bisa Anda Coba Lakukan Mulai Hari Ini

8 Tips Menabung yang Bisa Anda Coba Lakukan Mulai Hari Ini

10 Ide Desain Dinding untuk Menyegarkan Tampilan Ruangan Anda!

10 Ide Desain Dinding untuk Menyegarkan Tampilan Ruangan Anda!

8 Sikap Ramah Lingkungan yang Akan Membantu Menjaga Bumi Kita Tetap Aman

8 Sikap Ramah Lingkungan yang Akan Membantu Menjaga Bumi Kita Tetap Aman

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *