8 Keuntungan Kost di Apartemen untuk Pekerja dan Mahasiswa

8 Keuntungan Kost di Apartemen untuk Pekerja dan Mahasiswa

Kost di apartemen sebagai opsi tempat tinggal untuk pekerja dan mahasiswa.
Source: Flokq.com

Banyaknya fasilitas di apartemen yang sebanding dengan harga yang ditawarkan membuat banyak orang tertarik untuk kost di apartemen, tak terkecuali pekerja dan mahasiswa. Lokasi apartemen yang mudah ditemukan di sekitar pusat kota juga menjadi keuntungan tersendiri yang memudahkan mobilisasi kamu.

Selain itu, ada banyak hal lain yang hanya dapat kamu nikmati jika tinggal di apartemen. Seperti bisa berhemat, tinggal dengan binatang peliharaan, dan punya teman baru di acara komunitas. Dengan demikian, tidak heran jika sekarang orang mulai meninggalkan kost konvensional dan mulai kost di apartemen. Berikut beberapa keuntungannya!

Apa itu Kost di Apartemen?

Istilah kost pada umumnya adalah tinggal di satu rumah dengan banyak kamar terpisah dan beberapa fasilitas bersama yang dapat digunakan oleh seluruh penghuni kamar. Karena berada di dalam rumah bersama, ada peraturan dan ketentuan yang harus dipatuhi oleh seluruh penghuni kamar. Kebanyakan tempat kost hanya memiliki satu petugas keamanan dan memiliki jam malam, juga membatasi tamu yang berkunjung.

Kost di apartemen adalah alternatif kost konvensional di mana penghuni tinggal di satu unit apartemen dengan penghuni lain dengan kamar tidur yang terpisah dan dapur, ruang tamu, serta ruang makan yang digunakan bersama dengan seorang atau dua orang flatmate atau housemate yang tinggal bersama mereka. Apartemen umumnya tidak memiliki peraturan seperti di rumah kost, sehingga kamu dapat menjalani hari-harimu dengan lebih optimal. Selain itu, apartemen juga memiliki sistem keamanan dan fasilitas yang lebih lengkap.

8 Keuntungan Kost di Apartemen

apartemen umumnya memiliki akses mudah dan lokasi yang strategis.
Source: Flokq.com

1. Akses mudah dan lokasi strategis

Tidak seperti kebanyakan tipe tempat tinggal lainnya, apartemen berlokasi dekat dengan pusat kota atau di kawasan utama kota. Lokasi ini akan sangat memungkinkan kamu sebagai penghuni apartemen untuk mendapatkan akses yang mudah menuju area perkantoran, kampus, pusat hiburan, rumah sakit, maupun fasilitas penunjang publik lainnya.

Dengan akses yang mudah juga, kamu dapat menghemat pengeluaran untuk biaya transportasi dalam kegiatan sehari-hari. Jika ingin menggunakan layanan ojek maupun taksi online, kamu juga dapat dengan mudah mencantumkan alamat apartemen yang sudah pasti tercatat dalam sistem Google Map.

Fasilitas penunjang seperti gym biasanya tersedia
Source: Flokq.com

2. Fasilitas penunjang lengkap

Apartemen menyediakan fasilitas penunjang yang dikelola dengan baik untuk kenyamanan aktivitas para penghuni. Fasilitas di apartemen belum tentu dapat kamu temui di tipe tempat tinggal lainnya, lho! Mulai dari minimarket, tempat laundry, kolam renang, pusat yoga dan kebugaran, hingga co-working space dapat kamu nikmati sebagai penghuni apartemen.

Dengan fasilitas tersebut, kamu dapat menikmati hari-hari di apartemen dengan lebih produktif tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan. Jika sedang jenuh di kamar dan butuh istirahat sejenak, kamu juga dapat bersantai di area terbuka hijau maupun rooftop yang tersedia di apartemen.

keamanan 24 jam
Source: Unsplash

3. Keamanan 24 jam

Apartemen dilengkapi dengan petugas keamanan yang siap sedia 24 jam juga CCTV di area-area tertentu untuk memastikan keamanan para penghuni. Akses masuk dan keluar apartemen juga tidak semudah tipe tempat tinggal lain, apartemen umumnya memerlukan kartu akses tersendiri yang hanya dimiliki oleh penghuni dan pihak pengelola apartemen untuk menuju elevator.

Begitu juga dengan akses masuk dan keluar kendaraan, banyak apartemen yang menerapkan sistem parkir menggunakan tiket maupun kartu akses khusus kendaraan penghuni. Selain itu, pihak keamanan apartemen juga akan siap siaga menerima dan menyimpan paket yang dapat kamu ambil kapanpun melalui resepsionis maupun ruang petugas keamanan.

perabotan lengkap dan siap pakai
Source: Flokq.com

4. Perabotan lengkap dan siap pakai

Kamar-kamar di apartemen sudah dilengkapi dengan furnitur dan perabotan lain yang bisa langsung dipakai. Jadi, kamu tidak perlu repot-repot mengeluarkan tenaga dan biaya untuk memindahkan perabotan dari tempat tinggal sebelumnya ketika kamu akan pindah untuk kost di apartemen. Kamu hanya perlu membawa diri dan barang-barang pribadi, maka kamu dapat langsung bersiap diri menjadi penghuni.

Jika kamu sudah di kamar apartemen dan membutuhkan bantuan untuk membereskan atau membersihkan kamar, kamu bisa meminta bantuan kepada petugas kebersihan apartemen tanpa biaya tambahan karena sudah termasuk dalam tagihan bulananmu.

Apartemen biasanya bebas dari pemadaman listrik dan air sehingga kamu tidak perlu khawatir
Source: Flokq.com

5. Gunakan listrik dan air tanpa khawatir

Listrik dan air adalah salah satu kebutuhan pokok yang wajib terpenuhi. Namun, menjadi kekhawatiran tersendiri ketika sedang terjadi pemadaman listrik di area tempat tinggal kita. Pihak apartemen menyediakan genset agar penghuni selalu bisa beraktivitas dengan nyaman.

Jika sewaktu-waktu pipa air di kamarmu bocor atau lampu mati dan harus diganti, kamu bisa meminta bantuan petugas building maintenance yang selalu ada di apartemen. Dengan kost di apartemen, kamu bisa bebas dari rasa khawatir ketika terjadi pemadaman listrik di wilayah sekitar apartemen.

Kost di apartemen membuat penghuni lebih hemat.
Source: Unsplash

6. Pengeluaran tercatat, lebih mudah untuk berhemat

Tidak seperti tipe tempat tinggal seperti kost, pihak apartemen akan memberikan kamu invoice atau tagihan setiap bulannya yang mencakup detail biaya listrik, air, maupun biaya lainnya yang perlu kamu bayar beserta jumlah pemakaiannya. Dengan detail yang tersedia, kamu dapat mengevaluasi jumlah pemakaianmu sehingga bisa lebih bijak menggunakan sumber daya yang ada serta menghemat pengeluaran.

Pembayarannya juga mudah, kamu hanya perlu melakukan satu kali transfer ke nomor rekening yang disediakan pihak apartemen dan mengirimkan bukti transfernya. Jika kamu memilih kost di apartemen dengan operator coliving seperti Flokq, kamu pun tidak perlu mengurus tagihan listrik, air, dan perawatan yang berbeda-beda melainkan cukup membayar tagihan yang diberikan oleh operator tiap bulannya.

Baca juga tentang tips untuk hemat ketika pindah ke tempat tinggal baru.

Kost di apartemen memungkinkan kamu untuk tinggal dengan binatang peliharaan.
Source: Unsplash

7. Ingin tinggal dengan binatang peliharaan? Bisa kok!

Jika kamu belum tahu, ada sejumlah apartemen yang memperbolehkan penghuni tinggal dengan binatang peliharaan. Kamu dapat menghabiskan waktu yang berkualitas dengan binatang peliharaanmu sambil menggunakan fasilitas penunjang yang ada di apartemen, seperti membawa anjingmu berlari di lintasan jogging track, atau membiarkan kucingmu menjelajahi area terbuka hijau di area apartemen.

Karena berada di lokasi strategis, kamu dapat membawa binatang peliharaanmu ke pusat kesehatan binatang di sekitar kota tanpa melalui jarak yang jauh.

Baca juga: Binatang peliharaan yang cocok untuk anak kost.

coliving di apartemen memungkinkanmu untuk memperluas lingkaran pertemanan untuk bersosialisasi.
Source: Flokq.com

8. Sosialisasi tanpa mengorbankan privasi

Sebagai makhluk sosial, manusia punya kebutuhan untuk bersosialisasi. Namun, kadang urusan privasi dapat menjadi masalah. Dengan kost di apartemen, kamu bisa memilih untuk tinggal dengan teman dekat atau orang-orang yang sudah kamu kenal dalam satu unit apartemen yang sama dengan kamar tidur yang terpisah. Kamu juga bisa tinggal bersama orang lain yang juga mencari tempat tinggal di apartemen.

Pilihan manapun yang kamu jalani, kamu tetap dapat bersosialisasi dengan sesama kamu tanpa mengorbankan privasi. Jika kamu memilih untuk tinggal di apartemen yang disediakan oleh operator seperti Flokq, kamu juga dapat mengikuti kegiatan komunitas yang diselenggarakan.


Nah, itulah 8 keuntungan yang dapat kamu miliki jika memilih apartemen sebagai tempat kost kamu. Tentunya, Flokq akan senang membantu kamu menemukan kamar di apartemen yang sesuai kebutuhan kamu. Semoga artikel ini membuat kamu menjadi semakin yakin memilih kost di apartemen, ya!

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

Sewa Apartemen Jakarta: 10 Apartemen Terbaik dengan Bathtub di Sudirman!

Sewa Apartemen Jakarta: 10 Apartemen Terbaik dengan Bathtub di Sudirman!

7 Rekomendasi Apartemen Dekat BSJ British School Jakarta

7 Rekomendasi Apartemen Dekat BSJ British School Jakarta

10 Rekomendasi Kost Eksklusif Terbaik Dekat UI Depok

10 Rekomendasi Kost Eksklusif Terbaik Dekat UI Depok

8 Rekomendasi Apartemen dengan Fasilitas Olahraga di Menteng

8 Rekomendasi Apartemen dengan Fasilitas Olahraga di Menteng

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *