Hal Yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Tinggal di Kost Eksklusif

Saat menyewa tempat tinggal di Indonesia biasanya kita dihadapkan pada beberapa pilihan, seperti landed house (rumah tapak), apartemen, kost biasa, bahkan kost eksklusif. Pilihan paling khas bagi kebanyakan orang adalah tinggal di kost biasa. Milenial biasanya lebih memilih untuk menyewa kost sebagai tempat tinggal karena lebih mudah dan nyaman. Saat ini tipe kost yang paling banyak dicari adalah kost eksklusif. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diketahui sebelum memilih salah satu.

Apa itu kost eksklusif?

Kost Exclusive adalah jenis kost dengan design yang mewah dan fasilitas yang berkualitas dibandingkan dengan kost reguler. Biasanya, kost reguler hadir dengan harga yang terjangkau sekaligus menyediakan furnitur dasar seperti tempat tidur, meja, dan lemari dengan kualitas yang standar. Sementara itu, kost eksklusif memberi Anda kamar berperabotan lengkap dengan layanan kebersihan di rumah, layanan laundry, keamanan 24 jam, dan bahkan front desk. Beberapa kost eksklusif juga menyediakan fasilitas seperti gym, kolam renang, dan tempat parkir. 

Siapa yang tinggal di kost eksklusif?

Banyak orang yang tinggal di kost eksklusif, seperti pasangan suami istri, pekerja kantoran, mahasiswa, dan lainnya. Karena sebagian besar tipe akomodasi ini terletak di dekat gedung perkantoran bahkan universitas, maka penghuninya sebagian besar adalah pelajar dan pekerja kantoran. Mereka biasanya memilih untuk menyewa satu kamar di kost eksklusif sehingga mereka dapat menghemat waktu dalam perjalanan dan agar tidak perlu melakukan pekerjaan rumah.

Calculating budget to live in kost exclusive.
Source: Pexels

Berapa budget untuk tinggal di kost eksklusif?

Dari namanya saja, kamu pasti langsung mengira bahwa kost seperti ini pasti mempunyai harga yang mahal kan? Tarif sewa bulanan kost eksklusif mempunyai kisaran harga yang berbeda. Kisaran harga biasanya tergantung dari lokasi kost dan fasilitas yang menyertainya. Kost eksklusif dengan harga mulai dari 5 juta hingga 10 juta biasanya ditemukan di lokasi yang mudah dijangkau dari tempat-tempat esensial dan transportasi umum. Kost yang seperti ini juga memberi Anda desain yang sangat mewah dan fasilitas yang terbaik. Namun, kamu juga dapat menemukan yang harganya di bawah 5 juta di daerah tertentu. Ini mungkin tidak memberi kamu fasilitas  yang terbaik, tetapi tetap sangat nyaman untuk ditinggali dan kamu juga dapat menghemat uang untuk kebutuhan lain.

Kost eksklusif dapat ditemukan di lingkungan premium kota tempat universitas dan kantor berada
Source: flokq.com

Dimana kamu dapat menemukan kost eksklusif?

Secara umum, kost dapat ditemukan di dekat CBD atau di daerah di mana universitas berada. Sedangkan kost eksklusif seperti ini biasanya ditemukan di daerah yang lebih mewah dan elit,  mudah diakses, mudah dijangkau oleh transportasi, dan dekat tempat-tempat yang penting untuk kehidupan sehari-hari. Di Jakarta, Anda bisa menemukan kost eksklusif di area seperti Kemang, Senopati, Menteng, dan Senayan yang dianggap lebih populer dan premium lingkungan di Jakarta.

Keuntungan tinggal di kost eksklusif

Meskipun tinggal di akomodasi jenis ini bisa menjadi terlalu berat pada situasi keuangan beberapa orang, tetapi kalau kamu mempunyai biaya yang cukup, kami sangat merekomendasikannya karena beberapa alasan.

Keuntungan Tinggal di Kost Eksklusif
Source: flokq.com

1. Layanan dan fasilitas yang premium

Dengan harga terjangkau pasti dilengkapi dengan fasilitas yang bagus. Tidak diragukan lagi bahwa pilihan hunian ini memberikan fasilitas terbaik bagi kamu untuk hidup nyaman. Sebagian besar waktu orang lebih suka memiliki kamar berperabotan lengkap dan ber-AC dengan fasilitas seperti housekeeping, layanan laundry, pemanas air, keamanan 24 jam dan resepsionis. Nah, kost eksklusif punya semua fasilitas tersebut. Beberapa juga dilengkapi dengan gym dan bahkan kolam renang. Jadi, dapat dikatakan bahwa harga tinggi yang kita bayarkan pasti sepadan.

2. Kamar yang terawat

Sesuai dengan namanya, kost eksklusif juga memiliki desain dan interior yang premium. Pemiliknya akan selalu memastikan bahwa kamar yang akan disewakan selalu dalam kondisi mint dan enak dipandang. Jadi, tidak perlu khawatir ruangannya kotor, berdebu, atau bahkan bau.

3. Tidak ada aturan yang ketat

Salah satu alasan mengapa pilihan hunian ini banyak dicari adalah karena aturan yang berlaku tidak seketat yang diterapkan di kost reguler. Penghuni yang sebagian besar adalah pekerja kantoran dan pelajar yang cenderung bekerja hingga larut malam. Dengan tinggal di opsi perumahan yang lebih premium ini, mereka bebas untuk bekerja lembur atau bekerja semalaman di kafe untuk mengerjakan tugas mereka tanpa harus khawatir mereka akan terkunci. Nah, buat kamu semua yang ingin tinggal di kost yang tidak memiliki aturan yang ketat, pilihan hunian ini adalah jawabannya.

4. Lokasi yang strategis

Salah satu keuntungan dari menyewakan kamar di kost eksklusif adalah lokasinya yang strategis. Kebanyakan kost eksklusif berada di daerah yang dekat dengan tempat-tempat penting seperti pusat perbelanjaan, supermarket, restoran, dll. Berbeda dengan kost biasa yang ditempatkan di gang-gang kecil, kost premium seperti ini biasa terletak di wilayah yang jauh lebih elit.

5. Keamanan yang ketat

Keamanan 24 jam adalah fasilitas yang disediakan di sebagian besar pilihan perumahan premium ini. Kebanyakan dari mereka memasang CCTV yang ditempatkan di setiap sudut. Beberapa bahkan memasang kunci kamar yang dilengkapi dengan kartu akses untuk keamanan yang lebih baik.

6. Tidak ada biaya tambahan

Penyewa kost reguler biasanya membayar tagihan terpisah untuk listrik, laundry, dan terkadang bahkan akses internet. Tapi, kalo kamu menyewa kamar di kost eksklusif semua tagihan itu sudah termasuk. Jadi, kamu tidak perlu lagi membayar tagihan terpisah.

Kerugian tinggal di kost eksklusif

Meski tinggal di kost seperti ini ada banyak keistimewaannya, tapi masih ada kerugiannya juga loh. Nah, sebelum kamu sewa kamar di kost eksklusif, yuk pertimbangin dulu beberapa poin ini.

Kost di apartemen umumnya memiliki akses mudah dan lokasi yang strategis.
Source: flokq.com

1. Kehilangan pemandangan kota

Meskipun kost eksklusif biasanya terletak di lingkungan premium, biasanya kost terletak di gedung bertingkat rendah. Karena kamu tinggal maksimal di lantai 5 atau 6, kamu  akan kehilangan pemandangan kota yang bisa kamu dapatkan kalau kamu tinggal di apartemen.

Kost di apartemen memungkinkanmu untuk memperluas lingkaran pertemanan untuk bersosialisasi.
Source: flokq.com

2. Tidak bisa mengadakan pesta rumah

Kebanyakan kost eksklusif mungkin memberikan kamu banyak ruang untuk diri sendiri dibandingkan dengan kost reguler. Namun, kost eksklusif masih merupakan bagian dari bangunan kecil dan kamu harus ekstra hati-hati kepada tetangga karena tidak banyak ruang dan dinding tebal antar unit. Oleh karena itu, biasanya kamu tidak boleh membawa terlalu banyak tamu untuk mengadakan pesta dengan lebih dari dua orang. Situasi ini berbeda dengan saat kamu tinggal di apartemen atau rumah tapak di mana kamu bisa lebih mudah membawa tamu untuk pesta makan malam sederhana atau bahkan pesta rumah yang lebih meriah.

Kost di apartemen memungkinkan kamu untuk tinggal dengan binatang peliharaan.
Source: flokq.com

3. Tidak bisa membawa hewan peliharaan

Yang terakhir, sisi negatif dari tinggal di kost eksklusif adalah kamu tidak bisa membawa hewan peliharaan. Hewan peliharaan tidak selalu diperbolehkan di gedung dimana kita tinggal dengan penghuni lain. Namun, beberapa kompleks apartemen besar dan, tentunya, landed house dapat menawarkan pilihan untuk tinggal dengan hewan peliharaan kamu. Jika kamu memiliki hewan peliharaan, mungkin lebih baik jika kamu mempertimbangkan untuk tinggal di apartemen atau landed house. Berbagi apartemen juga bisa menjadi pilihan!

Meskipun hidup di kost eksklusif ada manfaatnya, tapi ada juga kerugiannya. Dengan itu, mungkin kamu bisa mempertimbangkan untuk tinggal di kost di apartemen. Kost di apartemen adalah cara lain untuk mengatakan menyewa kamar di apartemen. Kalau kamu kost di apartemen, kamu juga mendapatkan semua fasilitas hidup di apartemen, dengan biaya sekian karena kamu hanya membayar kamar di apartemen, bukan seluruh unit.

Selesai! Itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui sebelum menyewa kamar di kost eksklusif. Pilihan hunian ini mungkin mahal bagi sebagian orang tetapi dengan semua layanan dan fasilitas yang menyertainya dan jika kamu memiliki anggaran yang tepat, kost eksklusif dapat menjadi pilihan bagi sebagian orang. Namun, perlu diingat bahwa Anda selalu dapat memilih kost di apartemen atau sewa apartemen juga.

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

Ini Dia Apartemen Mewah di Jakarta Di Bawah Rp 10 Jutaan!

Ini Dia Apartemen Mewah di Jakarta Di Bawah Rp 10 Jutaan!

Rekomendasi Apartemen Dekat Kokas yang Siap Dihuni

Rekomendasi Apartemen Dekat Kokas yang Siap Dihuni

10 Ide Desain Dinding untuk Menyegarkan Tampilan Ruangan Anda!

10 Ide Desain Dinding untuk Menyegarkan Tampilan Ruangan Anda!

5 Jenis Tanaman Bonsai Indoor dan Tips Memeliharanya!

5 Jenis Tanaman Bonsai Indoor dan Tips Memeliharanya!

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *