Cara Mudah Mencuci Baju secara Manual dan Berbagai Tipsnya

Mencuci baju dengan bantuan mesin cuci memang jauh lebih efektif dan mudah untuk dilakukan. Namun, mencuci baju secara manual lebih disarankan dibanding menggunakan mesin cuci. Mencuci baju secara manual berarti kamu telah menjaga pakaianmu dengan baik. Bila kamu mencuci menggunakan tangan, kamu akan mendapatkan hasil pakaian yang bersih menyeluruh dan baju tidak cepat rusak karena mesin.

Dalam mencuci baju secara manual, terdapat beberapa hal yang harus kamu perhatikan guna mendapatkan hasil yang maksimal dan akan memberimu rasa puas karena telah mencuci baju sendiri. Simak langkah-langkah serta tips dan trik berikut untuk mengetahui cara mencuci pakaian yang benar secara manual.

Langkah Mencuci Baju untuk Hasil Maksimal

1. Pisahkan Pakaian Berwarna dengan Pakaian Putih

pakaian berwarna dan pakaian putih dipisahkan sebelum dicuci
Source: health.detik.com

Bila kamu termasuk orang yang mencuci banyak sekaligus untuk menghemat waktu serta tenaga, pastikan kamu memisahkan pakaian yang akan dicuci berdasarkan warna. Hindari mencuci pakaian berwarna dengan pakaian putih bersamaan. Hal ini bertujuan untuk menghindari warna luntur dan merusak pakaian putih.

2. Isi Ember atau Wadah dengan Air Dingin

Mencuci baju disarankan menggunakan air bersuhu dingin. Hindari menggunakan air panas atau hangat karena akan merusak pakaian kamu. Air panas dapat kamu gunakan untuk mencuci pakaian dalam guna menghilangkan bakteri yang menempel.

3. Tambahkan Deterjen Secukupnya, lalu Rendam Pakaian

Penting diingat untuk kamu gunakan deterjen secukupnya agar tidak menjadi licin dan sulit dibilas. Setelahnya kamu dapat meninggalkan pakaian dalam rendaman selama 15 sampai 30 menit. Bila pakaian dirasa sangat kotor, kamu dapat merendam lebih lama.

4. Kucek Pakaian Menggunakan Tangan secara Perlahan

mengucek pakaian dalam proses mencuci
Source: blog.kliknclean.com

Membersihkan pakaian dengan cara mengucek menggunakan tangan harus dilakukan secara perlahan dan hati-hati, agar tidak merusak dan membuat pakaianmu lecet.

5. Bersihkan Noda yang Sulit Hilang

Gunakan sikat pembersih khusus pakaian untuk membersihkan noda yang sulit hilang. Lakukan dengan cara menyikat bagian yang bernoda secara perlahan.

6. Bilas Pakaian

Setelah memastikan tidak ada noda tertinggal, sekarang waktunya kamu membilas pakaian. Kosongkan ember terlebih dahulu, kemudian isi ember lagi menggunakan air dingin yang bersih. Gunakan air tersebut untuk membilas kembali pakaian. Membilas pakaian sebaiknya dilakukan berulang hingga busanya benar-benar menghilang.

7. Jemur atau Keringkan Pakaian

menjemur pakaian di bawah sinar matahari agar kering
Source: merdeka.com

Setelah pakaianmu selesai dicuci, sekarang saatnya kamu mengeringkan pakaian di bawah paparan sinar matahari, baik secara langsung maupun sinar matahari tidak langsung, hal ini bergantung pada jenis pakaian.

Orang-orang juga membaca Aplikasi Pembersih Terbaik di Jakarta

Tips untuk Mencuci Baju Putih yang Sudah Menguning

Mencuci baju putih yang sudah menguning ternyata sangat mudah dilakukan, bahkan dapat menggunakan bahan-bahan yang sederhana. Kamu pasti tidak ingin menggunakan pakaian yang berwarna kusam, daripada boros karena selalu membeli pakaian putih baru, kamu dapat mulai mencoba membersihkan pakaian putih yang sudah menguning. Simak beberapa tips mencuci baju putih yang menguning berikut, untuk kamu praktikkan kemudian.

Rendam dengan Perasan Lemon atau Jeruk Nipis

Mencuci baju putih yang sudah menguning dapat dilakukan dengan memanfaatkan perasan lemon atau jeruk nipis. Hal ini disebabkan karena kandungan dalam lemon dan jeruk nipis mampu menggantikan penggunaan bahan kimia pemutih dengan alami.

Langkah yang perlu dilakukan adalah, menyiapkan setengah gelas air perasan lemon atau jeruk nipis. Kemudian campurkan dengan air 5 hingga 10 liter, lalu rendam pakaian putih kamu selama beberapa jam atau semalaman. Jika sudah, cuci pakaian seperti biasa. Bisa juga beri bilasan terakhir dengan campuran air jeruk nipis lagi.

Campuran Cuka Putih

Cuka putih memiliki sifat yang hampir sama dengan lemon, yaitu berfungsi sebagai alternatif pemutih pakaian berbahan alami. Selain membantu menghilangkan noda menguning, cuka putih juga memberi kelembutan pada kain. Sehingga membantu pakaian kamu kembali cerah dan nyaman digunakan.

Langkah yang perlu dilakukan cukup mudah, yakni dengan menambahkan seperempat atau setengah cangkir cuka putih ke dalam air, kemudian gunakan untuk merendam pakaian putih kamu.

Campuran Baking Soda

Mencuci baju putih yang sudah menguning selanjutnya dapat digunakan dengan memanfaatkan soda kue atau baking soda. Soda kue atau natrium bikarbonat memiliki kesamaan dengan pemutih pakaian. Selain membantu menghilangkan noda, soda kue juga bersifat antiseptik dan mampu membasmi bakteri serta memberi keharuman pada pakaian kamu.

Langkah yang perlu dilakukan adalah cukup dengan mencampurkan secangkir baking soda dengan empat liter air. Gunakan air tersebut untuk merendam pakaian putih kamu, kemudian cuci bersih seperti biasa.

Gunakan Sabun Cuci Piring

Mencuci pakaian putih yang sudah menguning selanjutnya dapat dilakukan dengan memanfaatkan sabun cuci piring. Penggunaan sabun cuci piring dapat membantu untuk menghilangkan noda yang belum kering dan membuat noda tersebut lebih mudah luntur. Kelebihan lainnya adalah sabun cuci piring memiliki bahan yang lebih ringan dan aman dalam menjaga kelembutan kain.

Langkah yang perlu dilakukan adalah mencampurkan air, deterjen dan sabun cuci piring. Kemudian gunakan campuran air tersebut untuk merendam pakaian putih kamu sebentar saja. Setelah direndam, gosok dan bilas pakaian kamu seperti biasa.

5 Tips Mencuci Baju agar Wangi Tahan Lama

Setelah kamu mulai mencuci baju sendiri dan melakukannya secara manual, kamu pasti ingin untuk membuat pakaian kamu wangi tahan lama. Terkadang, meski sudah menggunakan cairan konsentrat untuk memberi aroma wangi pada pakaianmu, namun wangi tersebut seringkali mudah hilang, apalagi bila beraktivitas di luar ruangan.

Untuk mendapatkan hasil mencuci baju dengan tangan yang memiliki wangi tahan lama, kamu dapat menyimak langkah-langkah berikut, dan mulai mempraktikkannya pada cucian baju kamu selanjutnya.

1. Rendam Pakaian dengan Waktu yang Cukup

Mencuci baju selalu diawali dengan proses merendam dan menggunakan detergen. Meski mampu mengangkat noda dan kotoran, namun ternyata kamu juga harus ingat bahwa merendam pakaian dengan deterjen terlalu lama dapat membawa dampak buruk seperti merusak pakaian dan juga menimbulkan bau yang tidak sedap. Guna menghindari hal tersebut dan agar pakaianmu wangi sempurna serta tahan lama, disarankan agar kamu tidak merendam pakaian terlalu lama.

Lakukan proses merendam pakaian dengan deterjen dalam air selama kurang lebih 15 menit. Meski pencucian yang dimulai dari merendam pakaian selama kurang lebih 15 menit saja. Pastikan juga kamu selalu mengganti air yang digunakan untuk mencuci, membilas, dan merendam dengan pelembut dan pewangi pakaian. Dengan selalu mengganti air yang digunakan, hal ini bertujuan untuk menghindari sisa kotoran yang terbawa dari cucian.

2. Peras Pakaian yang Telah Dicuci agar Kotoran Tidak Menempel Kembali

Setelah selesai mencuci pakaian dengan deterjen, pastikan kamu segera memeras pakaian tersebut dan jangan dibiarkan bercampur dengan busa kotor, guna menghindari kotoran kembali menempel di pakaianmu. Dengan segera memeras pakaian, kotoran dan sisa air sabun akan turun dan menghilang dari pakaian.

Pastikan juga kamu memeras pakaian dengan benar dan bersih sampai busa benar-benar menghilang. Setelah diperas, lanjutkan proses merendam pakaian dengan cairan pewangi khusus pakaian.

3. Segera Jemur Pakaian yang Sudah Dikeringkan agar Bakteri Tidak Menempel      

Pakaian yang telah direndam dengan cairan pewangi, perlu diperas lagi sebelum dijemur. Setelah memeras pakaian dari rendaman terakhir, pastikan kamu langsung menjemur pakaian tersebut. Pakaian yang sudah dibilas dan sudah bersih jangan didiamkan terlalu lama dalam ember, karena bakteri akan muncul dan berkembang kemudian menimbulkan bau tidak sedap.

Proses menjemur pakaian perlu dilakukan dengan teliti. Hindari menjemur pakaian di bawah terik matahari langsung, jadi jemurlah pakaian dengan cara diangin-anginkan di tempat teduh dengan sirkulasi udara yang baik agar pakaian tetap harum. Dimana angin akan membantu penguapan tanpa menghilangkan aroma wangi pakaian.

4. Menyetrika dengan Menggunakan Pelicin Pakaian agar Lebih Wangi

Menyetrika dengan Menggunakan Pelicin
Source: Pexel

Salah satu cara untuk mendapatkan wangi tahan lama pada pakaian adalah dengan menggunakan pelican pakaian pada saat proses menyetrika pakaian. Penggunaan pelicin pakaian dapat membuat baju jadi lebih wangi lagi dan aroma pakaian yang dilipat akan terjaga keharumannya.

Tips lain yang harus kamu ingat adalah, jika pakaian kamu disimpan dengan cara digantung di lemari, jangan lupa memberikan pengharum lemari agar pakaianmu tetap lembab dan terbebas dari jamur.

5. Semprot Pakaian dengan Parfum Laundry agar Wanginya Sempurna

Langkah terakhir yang dapat kamu lakukan untuk mendapatkan pakaian yang wangi tahan lama adalah dengan menggunakan parfum laundry yang memiliki aroma semerbak harum dan tahan lama.Memang dari segi harga lebih mahal, tapi sesuai dengan hasilnya yang akan menjadikan pakaianmu lebih wangi dan tahan lama.

Setelah pakaian selesai disetrika, semprotkan pewangi laundry pada pakaian yang sudah dingin. Semprotkan dengan jarak kurang lebih 30 cm dari pakaian, sehingga wangi yang disemprotkan akan menyebar secara maksimal pada pakaian.

Demikianlah beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang mencuci baju. Mulai dari langkah-langkah mencuci baju secara manual, tips mencuci baju yang menguning sampai cara untuk mendapatkan pakaian wangi tahan lama. Kini mencuci terasa lebih mudah, bukan?

Baca juga tentang Jasa Perawatan Rumah di Jakarta

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

10 Inspirasi Kamar Tidur Dengan Tema Unik, Pasti Betah Di Kamar!

10 Inspirasi Kamar Tidur Dengan Tema Unik, Pasti Betah Di Kamar!

8 Tips Menabung yang Bisa Anda Coba Lakukan Mulai Hari Ini

8 Tips Menabung yang Bisa Anda Coba Lakukan Mulai Hari Ini

10 Ide Desain Dinding untuk Menyegarkan Tampilan Ruangan Anda!

10 Ide Desain Dinding untuk Menyegarkan Tampilan Ruangan Anda!

8 Sikap Ramah Lingkungan yang Akan Membantu Menjaga Bumi Kita Tetap Aman

8 Sikap Ramah Lingkungan yang Akan Membantu Menjaga Bumi Kita Tetap Aman

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *