Awali Harimu Dengan Merapikan Tempat Tidur Dalam 5 Menit!

Seperti kata pepatah rajin pangkal pandai, dan pandai pangkal kaya. Orang yang rajin Ialah orang yang akan sukses di masa depan. Ada banyak kebiasaan-kebiasaan baik yang bisa kamu pelajari dan praktekkan, salah satunya merapikan tempat tidur sendiri di pagi hari. Walaupun sekarang ini waktumu kebanyakan terpakai di rumah, ini adalah kesempatanmu untuk mengambil banyak kebiasaan baik yang dapat membangun mental kamu untuk masa depan. Yuk coba merapikan tempat tidur sendiri di pagi hari! 

Baca juga: Jenis Ukuran Kasur Yang Wajib Kamu Tahu

buka jendela sebelum merapikan tempat tidur
source: pixabay

1.  Membuka jendela, tirai, ataupun saluran udara dan cahaya matahari lainnya

Eiits..sebelum kamu mulai merapikan tempat tidur sebaiknya buka jendela dulu ya! Membuka jendela dapat memberikan banyak manfaat bukan hanya untuk tempat tidurmu, tapi kamu juga. Tidak ada rasa yang lebih baik daripada menghirup hawa pagi (kecuali jika lingkunganmu tidak terlalu friendly bagi hidung dan alat indera mu yang lainnya). Jendela atau ventilasi yang terbuka juga dapat menarik keluar debu, sel-sel mati dan bakteri yang terkumpul selama kamu tidur. Tunggulah satu menit agar kotoran-kotoran yang terkumpul di tempat tidurmu mulai terangkat. Selagi itu, mungkin kamu bisa mengambil minum, menyiapkan kopi, atau stretching sedikit. 

singkirkan bantal dan guling dari tempat tidur
Source: pexels

2. Singkirkan bantal, guling, selimut dan hal-hal lain yang ada di tempat tidurmu

Setelah 1 menit lewat atau kamu merasa bahwa hawa pagi telah masuk kedalam kamarmu, kamu dapat memulai menyingkirkan bantal, guling dan hal-hal lain yang ada di tempat tidurmu (beda cerita kalau ada orang yang lagi tidur, ya). Atau, kamu bisa melakukannya setelah membuka jendela atau ventilasi. Dua-duanya oke kok!

Oh satu lagi, penting bagi kamu untuk selalu mengganti sarung bantal atau guling mu jika diperlukan. Mengganti sarung bantal atau guling setiap 2-4 hari sekali sangat dianjurkan agar kotoran seperti sel-sel mati, zat-zat kimia dari semprotan nyamuk, maupun bakteri dari keringat saat tidur tidak menumpuk di bantal atau guling mu. 

merapikan sprei tempat tidur
source: pexels

3. Lepas dan pasang ulang sprei tempat tidurmu 

Setelah kamu menyingkirkan bantal dan guling mu, saatnya kamu untuk merapikan sprei tempat tidurmu. Bersihkan tempat tidurmu dari debu yang tersisa dengan memukul tempat tidur dengan sapu lidi atau telapak tanganmu. Lakukan ini selama kurang lebih 20-30 detik sebelum kamu melepas sprei tempat tidurmu. Sesudah kamu menggunakan sapu lidi atau telapak tanganmu untuk membersihkan tempat tidur dari debu, kamu bisa mulai melepas sprei tempat tidurmu dan mengibaskan sprei untuk menghilangkan debu yang tersisa. 

merapikan selimut dan bed cover
source: pexels

4. Menata selimut dan bed cover

Setelah sprei sudah selesai dibersihkan, maka saatnya kamu untuk mengembalikan selimut, bantal dan guling ke tempat tidur. Mulailah dari menata selimut di tempat tidurmu. Kamu bisa melipat selimut dengan posisi bagian atas selimut hampir mencapai tempat dimana bantal biasa berada. Setelah itu, lipatlah bagian atas selimut sepanjang 30 cm untuk membentuk lekukan yang bisa menampung hangat tubuhmu. Jika kamu memiliki bed cover, maka jangan lupa untuk meletakkannya di bawah selimut sebagai pelapis antara selimut dan bantal. Jika kamu hanya memiliki selimut, kamu bisa melipat selimut menjadi dua bagian dan meletakkannya di tempat kakimu. Lakukan berdasarkan preferensi dan jenis tempat tidurmu. 

menata bantal dan guling temapt tidur
source: pexels

5. Menata bantal dan guling 

Dan voila! kamu hampir selesai merapikan tempat tidur! Sekarang tinggal menata bantal dan guling yang kamu punya sesuai dengan seleramu dan posisi kamu tidur. Selamat! Kamu telah berhasil membersihkan tempat tidurmu sendiri di pagi hari!

tempat tidur yang rapih
source: pexels

6. Gunakan pewangi ruangan untuk hasil maksimal 

Last but not least, gunakan pewangi ruangan untuk mengharumkan kamarmu. Ini bisa dalam bentuk bermacam-macam, mulai dari semprotan pewangi udara hingga lilin aromaterapi. Selain itu, kamu juga bisa menggantung pengharum ruangan di AC-mu agar wanginya terus bertahan selama kamu memakai AC-mu.

Baca juga: Macam-macam Pengharum Ruangan hingga DIY, Cocok agar Produktif saat WFH!

Nah, bagaimana? Kamu ngerasain kan betapa memuaskannya melihat tempat tidur yang bersih dan rapi? Kayak “itu tuh tempat gw bakal tidur nanti, dan aku gak sabar untuk memulai hari agar bisa kembali lagi kesini”. Iya nggak? Ada rasa puas tersendiri merapikan tempat tidur di pagi hari. 

Ada tips nih, biar lebih seru coba gunakan timer atau stopwatch ketika kamu merapikan tempat tidur. Nah, rekam waktu rekor kamu dari hari ke hari untuk melihat apakah kamu menjadi semakin lihai dalam merapikan tempat tidur. Anggap saja kamu berlomba dengan dirimu sendiri. Ini akan membuat pagi mu jadi lebih seru dan mendorong kamu untuk merapikan tempat tidur setiap hari. Ditambah lagi, Jika kamu tipe orang yang memang harus gerak cepat menggunakan timer atau stopwatch dapat membantumu mengatur waktu.

manfaat merapikan tempat tidur setiap pagi
Source: pexels

Manfaat merapikan tempat tidur setiap hari di pagi hari 

Kebiasaan merapikan tempat tidur memanglah kebiasaan yang baik, namun apa sih manfaat merapikan tempat tidur sesudah kamu bangun di pagi hari?

1.  Membangun disiplin 

Tau nggak sih kamu bahwa sudah biasa bagi rekrut militer baru untuk merapikan tempat tidur? Mereka terbiasa bangun di pagi buta dan merapikan tempat tidur mereka untuk bersiap menuju stasiun dan pos mereka. Memang, kebiasaan baik apapun itu dapat membangun disiplin. Namun merapikan tempat tidur, jika dipikir-pikir lagi, adalah hal yang sulit untuk dilakukan. Kenapa? Karena kamu baru saja bangun. 

Sekarang bayangkan ini, ketika kamu bangun kamu pasti memiliki keinginan ‘mencari hawa’ dengan berguling kesana kemari, atau mungkin membuka hape mu untuk melihat berita atau update terbaru. Jika Pun kamu pergi ke kamar mandi atau semacamnya, pasti ada keinginan untuk kembali ke tempat tidur. Dengan rajin merapikan tempat tidur kamu secara tidak langsung melawan rasa malasmu dan keinginan untuk tetap di tempat tidur. Keren!

2.  Menjaga kesehatan 

Membersihkan tempat tidur juga dapat menjagamu dari akumulasi bakteri dan hal-hal berbahaya lainnya yang hinggap di tempat tidurmu. Selain itu, kamu juga menjadi lebih sehat secara fisik karena berolahraga kecil-kecilan ketika kamu melakukannya. Ditambah lagi, mentalitas kamu menjadi mentalitas seorang pemenang yang ulet dan tidak mudah menyerah.

3. Menjaga kerapian kamar

Ini adalah manfaat yang cukup jelas dari menjalankan kebiasaan membersihkan tempat tidur, keindahan kamar membawa kenyamanan sekaligus kebangaan tersendiri pada kamu. Tidak ada yang lebih baik daripada pulang ke kamar yang bersih dan rapi.

Baca juga: 10 Rekomendasi Warna Cat Kamar Tidur untuk Ciptakan Tidur Berkualitas

Bisa dilihat bahwa membersihkan tempat tidur adalah kebiasaan baik yang dapat dilakukan dengan cukup mudah dan waktu yang cepat. Membiasakan ini dapat membawa banyak manfaat bagimu, seperti latihan disiplin dan menjaga kesehatan diantara banyak manfaat lainnya. Jika kamu mengawali harimu dengan merapikan tempat tidur, maka mungkin pada awal hari itu lah awal cerita sukses mu. Semangat, ya!

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

10 Inspirasi Kamar Tidur Dengan Tema Unik, Pasti Betah Di Kamar!

10 Inspirasi Kamar Tidur Dengan Tema Unik, Pasti Betah Di Kamar!

8 Tips Menabung yang Bisa Anda Coba Lakukan Mulai Hari Ini

8 Tips Menabung yang Bisa Anda Coba Lakukan Mulai Hari Ini

10 Ide Desain Dinding untuk Menyegarkan Tampilan Ruangan Anda!

10 Ide Desain Dinding untuk Menyegarkan Tampilan Ruangan Anda!

8 Sikap Ramah Lingkungan yang Akan Membantu Menjaga Bumi Kita Tetap Aman

8 Sikap Ramah Lingkungan yang Akan Membantu Menjaga Bumi Kita Tetap Aman

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *