8 Tips saat Membeli Properti dan Real Estate yang Sempurna di Bali

8 Tips saat Membeli Properti dan Real Estate yang Sempurna di Bali

Bali adalah tujuan wisata terkemuka di Indonesia dan kota yang populer di kalangan orang asing. Setiap tahun, lebih dari jutaan orang datang ke Bali, baik turis domestik maupun internasional yang membawa dampak besar bagi pariwisata Bali. Sebagian besar pendapatan Bali berasal dari sektor pariwisata, hal ini sangat mempengaruhi perekonomian dan dunia usaha di Bali.

Seperti yang mungkin sudah kalian ketahui, Bali merupakan pulau dengan pemandangan alam yang sering disebut ‘surga’ karena suasana indah yang dimiliki Bali. Bali merupakan salah satu tujuan wisata top dunia dan selalu menjadi tempat dengan banyak pengunjung sepanjang tahun. Dengan fakta pengunjung Bali ini, Bali telah menjelma menjadi sektor pariwisata yang menjanjikan.

Menyusul jumlah wisatawan di Bali, kebutuhan akan akomodasi juga meningkat, dan ini dianggap sebagai salah satu cara terbaik untuk berinvestasi di Bali. Ada banyak jenis properti Bali, real estate dan tanah yang dapat Anda investasikan, seperti vila, resor, atau jenis akomodasi apapun.

Mengenai Properti dan Real Estate di Bali 

Bali telah dipandang sebagai pilihan yang tepat untuk investasi properti karena harga yang terus meningkat dalam dekade terakhir, ini adalah salah satu efek dari peningkatan pariwisata Bali. Seiring dengan berjalannya waktu diharapkan properti dan real estate Bali dapat berkinerja baik, hal ini menuntut pariwisata Bali semakin diminati oleh pengunjung.

Dalam rangka mengembangkan properti dan real estate Bali, kawasan hunian di Bali juga membutuhkan beberapa perubahan dan menciptakan lingkungan yang lebih baik. Dengan gaya hidup yang seimbang dan jauh dari suasana kota-kota besar yang ditawarkan Bali, akan membawa pemerataan pembangunan ke pulau ini.

Properti dan real estat Bali terus berkembang karena permintaan yang tinggi dan volume transaksi yang tinggi selama beberapa tahun terakhir. Harga properti Bali naik rata-rata 20% di sebagian besar wilayah, dan hingga sekitar 40% di wilayah populer seperti Seminyak dan Canggu.

Jenis Properti yang Dapat Anda Beli di Bali

Jika Anda tertarik dengan properti dan real estate Bali, ada baiknya Anda mengetahui lebih dalam terlebih dahulu sebelum melakukan investasi atau pembelian. Berikut ini beberapa penjelasan tentang jenis properti di Bali yang cukup layak untuk anda beli.

1. Villa

villa property bali
Source: Unsplash

Villa adalah salah satu jenis akomodasi paling populer bagi wisatawan di Bali. Umumnya vila merupakan bangunan berperabotan lengkap yang menawarkan berbagai macam fasilitas untuk para tamu. Akses yang mudah dan harga yang terjangkau menjadi alasan mengapa villa diminati oleh wisatawan, sehingga menjadi salah satu jenis properti yang paling menjanjikan di Bali.

Anda bisa membeli berbagai jenis villa, seperti villa tepi pantai atau villa damai di area tenang. Membeli vila sebagai properti Anda di Bali, bisa menjadi cara yang bagus karena Anda dapat menggunakannya untuk penggunaan pribadi atau menyewakannya untuk wisatawan.

2. Apartemen

apartment bali property and real estate
Source: Unsplash

Tipe properti kedua yang bisa Anda beli di Bali adalah Apartemen. Apartemen adalah pilihan yang bagus jika menurut Anda vila bisa jadi terlalu mahal untuk dibeli. Apartemen lebih murah daripada vila, karena seringkali terletak dekat dengan kota dan lebih canggih. Memilih apartemen sebagai properti Anda juga dapat dimanfaatkan untuk penggunaan pribadi atau untuk disewakan.

Baca juga tentang Rekomendasi Coliving Space di Bali

3. Kost

kost bali property and real estate
Source: Flokq

Secara umum, kost adalah persewaan kamar di Indonesia. Sebagian besar kost berada di rumah induk atau bangunan yang sengaja dibangun untuk itu. Tapi ada juga kost yang merupakan kamar di bawah rumah milik keluarga, tempat Anda akan tinggal bersama keluarga angkat.

Membeli kost sebagai properti Anda di Bali berarti Anda perlu membeli atau membangun rumah, kemudian menyewakan setiap kamar untuk wisatawan. Jenis akomodasi ini dapat diterapkan untuk sewa jangka pendek dan jangka panjang.

4. Tanah

Selain membeli bangunan yang bisa dijadikan akomodasi di Bali, pilihan lain untuk membeli properti Bali adalah tanah. Berinvestasi di properti tanah merupakan bisnis yang menjanjikan karena keuntungan jangka panjangnya yang tinggi. Dengan membeli tanah, Anda juga bisa membangun akomodasi sendiri dari awal dan menjadikannya sesuai selera.

Berapa Harga Properti di Bali?

Harga properti dan real estate Bali sebagian besar telah berubah karena beberapa alasan. Berdasarkan penelitian yang kami kumpulkan, harga properti Bali dan real estate juga berbeda berdasarkan jenis properti.

Misalnya, biaya properti bangunan biasanya merupakan perkiraan tergantung pada standar bangunan dan ukuran properti. Mulai dari 4,5 juta Rupiah per meter persegi untuk standar dasar bangunan. Standar tertinggi bangunan mungkin sekitar 12 hingga 14 juta Rupiah per meter persegi, dengan harga ini Anda akan mengharapkan bahan dengan kualitas terbaik.

Kenaikan harga properti Bali sebagian besar disebabkan oleh kesediaan masyarakat untuk membayar, situasi masyarakat yang menjual properti untuk mendongkrak harga dan situasi berurusan dengan orang-orang dari luar negeri yang kurang memahami pasar real estate di Bali.

Sedangkan untuk tanah, harganya juga meningkat pesat, terkadang karena kemauan masyarakat. Aspek lain yang mempengaruhi harga tanah adalah lokasi tanah. Misalnya di beberapa desa terpencil tanah dijual sekitar Rp100 juta untuk 100 meter persegi. Sanur sekitar 600 juta rupiah, dan Canggu sekitar 600 sampai 800 juta rupiah.

8 Tips Membeli Properti dan Real Estate di Bali

Properti dan real estate Bali adalah salah satu cara untuk berinvestasi, dan Anda perlu memperbaikinya. Sebelum membeli properti Bali, simak dulu tips-tips membeli properti di Bali berikut ini.

1. Pilih Lokasi

Lokasi merupakan faktor penting tentang properti dan real estate Bali, oleh karena itu memilih lokasi adalah cara yang perlu Anda lakukan sebelum membeli properti. Tip untuk memilih lokasi properti adalah mencoba menempatkan diri Anda pada posisi seseorang, yang berarti Anda harus memilih yang Anda sukai, dan juga disukai oleh calon penyewa. Distrik populer seperti Seminyak atau Canggu bisa menjadi pilihan yang bagus.

2. Membiasakan Diri dengan Struktur Kepemilikan Properti di Bali

Salah satu cara agar Anda dapat membiasakan diri dengan kepemilikan properti di Bali adalah dengan berbicara kepada ahlinya, dalam hal ini notaris yang paham dengan hukum properti. Anda dapat meminta gambaran umum tentang opsi hukum untuk properti yang Anda inginkan.

3. Anggaran Properti Anda

Perencanaan anggaran untuk properti Anda di Bali membutuhkan perhitungan yang tepat tentang konstruksi, finishing, dan furnitur, serta biaya layanan jika Anda kebetulan memiliki rencana untuk menyewakan properti Anda. Hal lain yang perlu diingat sebelum menyewa properti Anda, tambahkan anggaran untuk manajer vila, staf, dan bahkan fotografer.

4. Cari Agen Properti Yang Baik

Mencari agen properti yang bagus bisa dilakukan dengan bertemu agen dengan perusahaan sah yang memiliki kantor dan diakui pasar. Ini penting karena agen akan memandu Anda melalui seluruh proses pembelian properti Bali. Beberapa pekerjaan agen adalah mengamankan akses ke tanah Anda, memperoleh izin bangunan, merekomendasikan notaris terpercaya dan membuat kontrak dengan pemilik properti.

 5. Menginspeksi Properti

Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat melakukan inspeksi properti adalah kondisi fisik bangunan, akses air bersih, lanskap bangunan, struktur geologi, sistem kelistrikan, drainase, masalah keamanan, dan kontrak manajemen yang ada. Untuk lahan, akses jalan dan potensi pekerjaan lokasi juga penting untuk dipertimbangkan.

6. Negosiasi Penawaran

Negosiasi adalah salah satu cara untuk mendapatkan harga properti Bali yang terbaik. Anda perlu membicarakan jumlah deposit yang akan Anda bayarkan, untuk menunjukkan kepada mereka bahwa Anda serius ingin membeli properti. Dalam hal ini, agen Anda akan bertindak sebagai perantara dalam negosiasi antara pembeli dan penjual, dan memastikan kelancaran transaksi.

7. Cari Notaris yang Baik

Notaris yang baik akan mempermudah prosesnya. Adapun biaya, notaris biasanya dikenakan antara 1% dan 2,5% dari harga jual, biasanya tergantung pada kompleksitas akuisisi dan ruang lingkup layanan yang diminta. Notaris akan memastikan bahwa properti tersebut dapat diakses, bebas dari hipotek yang belum dibayar dan bahwa properti tersebut memiliki sertifikat tanah, izin bangunan, dan bukti pajak yang telah dibayar.

8. Lakukan Uji Tuntas

Uji tuntas diperlukan sebelum membeli properti. Salah satu cara untuk melakukan uji tuntas adalah memeriksa sejarah dan status terkini dari sertifikat tanah, memastikan tidak ada sitaan di atas tanah, memeriksa batasan lingkungan, memeriksa izin konstruksi, memastikan akses tidak terbatas dan legal ke properti, dan memeriksa catatan pajak properti.

Itu dia! Semua yang perlu Anda ketahui tentang properti dan real estate Bali. Ikuti tips berikut ini dan Anda siap untuk membeli aset Anda sendiri di Bali!


Kamu juga bisa lho tinggal di Bali selama liburan dengan akomodasi dari Flokq! Akomodasi yang ditawarkan Flokq berkonsep co-living yang bisa kamu sewa dan pastinya seru banget untuk pengalaman baru!

Bali - Find My Home

Ingin tahu lebih lanjut? Hubungi tim Flokq di +62 813-1490-5690 atau klik tombol di bawah ini, ya!

Click here to check out Flokq’s Units in Bali

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

5 Tips Membuat Ruang Santai Minimalis: Ramah untuk Keluarga dan Sederhana!

5 Tips Membuat Ruang Santai Minimalis: Ramah untuk Keluarga dan Sederhana!

10 Daftar Rekomendasi Apartemen dengan Kolam Renang Pribadi

10 Daftar Rekomendasi Apartemen dengan Kolam Renang Pribadi

5 Apartemen Konsep Jepang dengan Suasana Tenang dan Nyaman

5 Apartemen Konsep Jepang dengan Suasana Tenang dan Nyaman

Sewa Apartemen Menara Latumenten di Jakarta Barat dan Dapatkan 10 Keunggulan Ini!

Sewa Apartemen Menara Latumenten di Jakarta Barat dan Dapatkan 10 Keunggulan Ini!

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *